Yuuuk
latihan membuat RPPM dan RPPH (KURIKULUM 2013)
Dalam kurikulum 2013 selain Prota (Program
tahunan ), Promes (program semester) guru wajib membuat RPPM (rencana
pelaksanaan pembelajaran mingguan) dan RPPH (rencana pelaksanaan pembelajaran
harian)
Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat sebelum pelaksanaan
pembelajaran. Rencana pembelajaran harus mengacu
kepada karakteristik (usia, sosial budaya dan kebutuhan individual) anak yang
terlibat dalam pembelajaran.
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran sebagai acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk:
• mendukung
keberhasilan pelaksanaan pembelajaran
• mengarahkan
guru untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan,
• mengarahkan
guru untuk membangun sikap, pengetahuan
dan keterampilan yang diharapkan dimiliki anak
• mendukung
keberhasilan pelaksanaan pembelajaran
Alur
perencanaan pembelajan
tema/sub tema
STPPA KI KD Muatan materi pembelajaran Kegiatan
waktu
Kompetensi Dasar
Kemampuan
dan muatan pembelajaran untuk suatu tema pembelajaran pada PAUD yang mengacu
pada Kompetensi Inti
1) Kelompok 1: kelompok Kompetensi
Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1; 2 rumusan KD
2) Kelompok 2: kelompok Kompetensi
Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2; 14 rumusan KD
3) Kelompok 3: kelompok Kompetensi
Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; 15 rumusan KD
4) Kelompok 4: kelompok Kompetensi
Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4. 15 rumusan KD
Uraian/Rumusan tentang kompetensi dasar PAUD
Kompetensi
Inti
|
Komeptensi
Dasar
|
KI-1: Menerima
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mempercayai
adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2 Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada
Tuhan
|
KI-2: Memiliki
perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri,
disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri,
jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan
keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
2.1 Memiliki
perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.4 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.5 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.6 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk
melatih kedisiplinan
2.7 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar
ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.8 Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.9 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta
bantuannya
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap kerjasama
2.11 Memiliki
perilaku yang dapat menyesuaikan diri
2.12
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
2.13 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
2.14 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap rendah
hati dan santun
kepada orang tua, pendidik dan/atau
pengasuh, dan teman
|
KI-3: Mengenali
diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar,
teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan
cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba);
menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan
mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
3.2 Mengenal
perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
3.3 Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan
motorik halus
3.4 Mengetahui
cara hidup sehat
3.5 Mengetahui
cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
3.6 Mengenal benda -benda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.7 Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.8 Mengenal
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9 Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
3.10 Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
3.13 Mengenal emosi
diri dan orang lain
3.14 Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
3.15 Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
|
KI-4: Menunjukkan
yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia
|
4.1 Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
4.2 Menunjukkan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
4.3 Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
4.4 Mampu menolong
diri sendiri untuk hidup sehat
4.5 Menyelesaikan
masalah sehari-hari secara kreatif
4.6 Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
4.7 Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi)
4.8 Menyajikan berbagai karyanya dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca,
tanah, air, batu-batuan, dll)
4.9 Menggunakan
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
4.10 Menunjukkan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.11 Menunjukkan
kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
4.12 Menunjukkan
kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
4.13 Menunjukkan reaksi
emosi diri secara wajar
4.14 Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
4.15 Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
Rambu-rambu
penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran:
• Mengacu pada kompetensi dasar (KD) yang memuat
sikap, pengetahuan, dan keterampilan utnuk mewujudkan ketercapaian Standar
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
yang mencakup nilai agama dan moral,
motorik, kognitif, bahasa, social emosional dan seni.
• Memuat materi yang sesuai dengan KD dan dikaitkan
dengan tema.
• Memilih kegiatan
selaras dengan muatan/ materi pembelajaran
• Mengembangkan kegiatan main yang berpusat pada anak
• Menggunakan pembelajaran tematik
• Mengembangkan cara berfikir saintifik
• Berbasis budaya lokal dan memanfaatkan lingkungan
alam sekitar, sebagai media bermain anak
Menurunkan KD menjadi Materi/Muatan
Ajar
Pada
pembelajaran PAUD hal yang terpenting adalah proses belajar yang menumbuhkan
anak senang belajar, senang melakukan proses saintis, BUKAN menekankan pada
penguasaan materi karena penilaian atau assessment pada program anak usia dini
merujuk pada tahap perkembangan. Inilah keunikan kurikulum 2013 Pendidikan Anak
Usia Dini. Namun demikian proses pembelajaran pada anak usia dini yang
dilakukan melalui kegiatan bermain juga memberikan penambahan pengetahuan,
sikap, dan keterampilan anak yang sesuai dengan Kompetensi Dasar dengan
memperhatikan kemampuan yang sesuai tahap perkembangan anak pada usia tertentu
pada umumnya. Oleh karena itu pendidik juga harus mampu menurunkan materi yang
sesuai dengan Kompetensi Dasar.
Perlunya Pemahaman Materi:
1.
Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan anak
2.
Memperluas pengalaman bermain yang
bermakna
3.
Menumbuhkan minat belajar anak
Langkah penyusunan materi:
1.
Pahami inti muatan dari setiap
kompetensi dasar. Kemampuan apa yang diharapkan dari KD tersebut.
2.
Pahami keluasan cakupan materi yang
termuat dalam KD
3.
Pahami kedalaman materi yang sesuai
dengan tahap perkembangan anak.
4.
Sesuaikan dengan visi yang ingin
diwujudkan dan Tujuan yang ingin dicapai pada anak didik selama belajar di
Satuan TK ..............
5.
Tentukan prioritas materi yang mendukung
pencapaian KD
RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) TAMAN KANAK-KANAK ........
SEMESTER /MINGGU
: 1/9 TEMA
: TANAMAN
KELOMPOK : 4 – 5 TAHUN
KD : 1.1, 2.1, 2.2,
2.8, 3.4, 4.4, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
No
|
Sub
Tema
|
Muatan
/ materi pembelajaran
|
Rencana
Kegiatan
|
I
|
Buah-Buahan
|
1.
Tanaman Buah Ciptaan Tuhan (1.1,3.8,4.8)
2.
Prilaku Hidup Sehat (2.1)
3.
Prilaku Mandiri (2.8)
4.
Kandungan vitamin dan manfaat
buah (3.6, 4.6)
5.
Karya Seni dengan berbagai media
(3.15, 4.15)
6.
Keajsaraan awal (3.12, 4.12)
|
Sentra Persiapan
1. Mengurutkan Gbr.Cara membersihkan buah (2.1)
2. Menirutulisan“nama macam2 buah (3.12–4.12)
3. Mengelompokkan Gbr. Buah sesuai warna
(2.8,3.6,4.6)
4. Menyusun puzel bentuk buah-buahan (1.1,3.8,4.8)
5. Mengambar macam-macam buah (3.15–4.15)
Sentra Bahan Alam
1.
Membentuk
Macam2 buah-buahan dari plastisin
(1.1,3.8,4.8)
2. Membuat warna dari buah naga (2.8,3.6–4.6)
3. Mewarnai gambar dengan bahan alam (buahnaga)
(2.1)
4. Mencap dengan buah naga (3.15,4.15,3.12,4.12)
Sentra Main Peran
1. Penjual Buah-buahan (1.1,3.8,4.8)
2. Penjual Sate Buah (3.15,4.15,3.12,4.12)
3. Tempat Pelayanan(2.1)
4. Penjual jus buah(2.8,3.6–4.6)
Sentra Seni
Kreatifitas
1.
Membuat
mainan buah-buhan dari ampas dan kertas krep (1.1,3.8,4.8)
2. Menggambar bebas (buah-buahan)(2.1)
3. Melipat keranjang buah (3.15,4.15)
4. Menggunting “Kartu“ nama buah yang
berwarna merah (2.8,3.6–4.6,3.12,4.12)
|
|
|||
|
|||
|
|||
|
|||
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELEJARAN HARIAN
PAUD / TK KELOMPOK 7
KELOMPOK
: 4 - 5 TAHUN
TEMA
/ SUB TEMA : TANAMAN /
BUAH-BUAHAN (BUAH NAGA)
KD
YANG DIKEMBANGKAN : 1.1, 3.8, 4.8, 2.8, 3.6, 4.6, 3.15, 4.15,
3.12, 4.12
Sentra : BahanAlam
Muatan
/ Materi :
Tanaman
Buah Ciptaan Tuhan (1.1,3.8,4.8)
Perilaku
Hidup Sehat (2.1, 2.2)
Prilaku
Mandiri (2.2)
Makan Buah
(3.4,4.4)
Kandungan
vitamin dan manfaat buah (3.6-4.6)
Karyaseni
dengan berbagai media (3.15,4.15)
Keaksaraan
awal (3.12-4.12)
Alat
dan Bahan : 1.
Alas dan Plastisin
2. Mangkuk, sarung tangan, buah naga, buah
anggur, saringan
3. Gambar Buah naga, pewarna alam, kuas
4. Kertas, buahnaga, spidol, krayon
Kegiatan Awal :
Penyambutan
siswa
Bermain bebas
Circle
time :
Salam, doa, menyanyi bersama
Berbagi bercerita
Pijakan
Lingkungan Main :
Penataan
Densitas
Pijakan
Sebelum Main :
Appersepsi,
PenjelasanTema, SOP Aturan Bermain (misal : membereskan setelah bermain, dll)
Pijakan
Saat Bermain
1.
Membentuk Macam2 buah dari plastisin
2. Membuat
warna dari buah naga dan anggur
3.
Mewarnai gambar dengan bahan alam (buah naga & anggur)
4. Mencap
dengan buah
Pijakan
Setelah Bermain
Recalling,
Memajang Hasil Karya Anak, Bercerita
Kegiatan Akhir
Doa, salam dan pulang