Kamis, 13 November 2014

yuuuk latihan membuat RPPM dan RPPH (KURIKULUM 2013)



Yuuuk latihan membuat RPPM dan RPPH (KURIKULUM 2013)

 Dalam kurikulum 2013 selain Prota (Program tahunan ), Promes (program semester) guru wajib membuat RPPM (rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan) dan RPPH (rencana pelaksanaan pembelajaran harian)
Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya dan kebutuhan individual) anak yang terlibat dalam pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk:
      mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran
      mengarahkan guru untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan,
      mengarahkan guru untuk membangun sikap,  pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dimiliki anak
      mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran
Alur perencanaan pembelajan                                                      tema/sub tema
 
STPPA                  KI              KD              Muatan materi pembelajaran               Kegiatan


                                                                                                       waktu

Kompetensi Dasar
Kemampuan dan muatan pembelajaran untuk suatu tema pembelajaran pada PAUD yang mengacu pada Kompetensi Inti
1)      Kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;  2 rumusan KD
2)      Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;  14 rumusan KD
3)      Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; 15 rumusan KD
4)      Kelompok 4: kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4. 15 rumusan KD

Uraian/Rumusan tentang kompetensi dasar PAUD
Kompetensi Inti
Komeptensi Dasar
KI-1: Menerima ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan

KI-2: Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman

2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.4 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.8 Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.9 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
2.10  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama
2.11 Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
2.13 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun
        kepada orang tua, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman

KI-3: Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain

3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
3.2 Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
3.6  Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.7 Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,  budaya, transportasi)
3.8 Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
3.10 Memahami bahasa  reseptif (menyimak dan membaca)
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui  bermain
3.13 Mengenal emosi diri dan orang lain
3.14 Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni

KI-4: Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia

4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
4.2 Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,   fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
4.7 Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.8  Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang  lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
4.13 Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
4.14 Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media

Rambu-rambu penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran:
      Mengacu pada kompetensi dasar (KD) yang memuat sikap, pengetahuan, dan keterampilan utnuk mewujudkan ketercapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan  Anak (STPPA) yang mencakup nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, social emosional dan seni.
      Memuat materi yang sesuai dengan KD dan dikaitkan dengan tema.
      Memilih kegiatan  selaras dengan muatan/ materi pembelajaran
      Mengembangkan kegiatan main yang berpusat pada anak
      Menggunakan pembelajaran tematik
      Mengembangkan cara berfikir saintifik 
      Berbasis budaya lokal dan memanfaatkan lingkungan alam sekitar, sebagai media bermain anak

Menurunkan KD menjadi Materi/Muatan Ajar
Pada pembelajaran PAUD hal yang terpenting adalah proses belajar yang menumbuhkan anak senang belajar, senang melakukan proses saintis, BUKAN menekankan pada penguasaan materi karena penilaian atau assessment pada program anak usia dini merujuk pada tahap perkembangan. Inilah keunikan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Namun demikian proses pembelajaran pada anak usia dini yang dilakukan melalui kegiatan bermain juga memberikan penambahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan anak yang sesuai dengan Kompetensi Dasar dengan memperhatikan kemampuan yang sesuai tahap perkembangan anak pada usia tertentu pada umumnya. Oleh karena itu pendidik juga harus mampu menurunkan materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar.
Perlunya Pemahaman Materi:
         1.         Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak
         2.         Memperluas pengalaman bermain yang bermakna
         3.         Menumbuhkan minat belajar anak
Langkah penyusunan materi:
         1.         Pahami inti muatan dari setiap kompetensi dasar. Kemampuan apa yang diharapkan dari KD tersebut.
         2.         Pahami keluasan cakupan materi yang termuat dalam KD
         3.         Pahami kedalaman materi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
         4.         Sesuaikan dengan visi yang ingin diwujudkan dan Tujuan yang ingin dicapai pada anak didik selama belajar di Satuan TK ..............
         5.         Tentukan prioritas materi yang mendukung pencapaian KD

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) TAMAN KANAK-KANAK ........
SEMESTER /MINGGU      : 1/9                                                                 TEMA : TANAMAN
KELOMPOK                        : 4 – 5 TAHUN
KD                              : 1.1, 2.1, 2.2, 2.8, 3.4, 4.4, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15


No
Sub Tema
Muatan / materi pembelajaran
Rencana Kegiatan
I
Buah-Buahan
1.      Tanaman Buah Ciptaan Tuhan (1.1,3.8,4.8)
2.      Prilaku Hidup Sehat (2.1)
3.      Prilaku Mandiri (2.8)
4.      Kandungan vitamin dan manfaat buah (3.6, 4.6)
5.      Karya Seni dengan berbagai media (3.15, 4.15)
6.      Keajsaraan awal (3.12, 4.12)

Sentra Persiapan
1. Mengurutkan Gbr.Cara membersihkan buah (2.1)
2. Menirutulisan“nama macam2 buah (3.12–4.12)
3. Mengelompokkan Gbr. Buah sesuai warna (2.8,3.6,4.6)
4. Menyusun puzel bentuk buah-buahan (1.1,3.8,4.8)
5. Mengambar macam-macam buah (3.15–4.15)

Sentra Bahan Alam
1.      Membentuk Macam2 buah-buahan dari plastisin
     (1.1,3.8,4.8)
2. Membuat warna dari buah naga (2.8,3.6–4.6)
3. Mewarnai gambar dengan bahan alam (buahnaga) (2.1)
4. Mencap dengan buah naga (3.15,4.15,3.12,4.12)
Sentra Main Peran
1. Penjual Buah-buahan (1.1,3.8,4.8)
2. Penjual Sate Buah (3.15,4.15,3.12,4.12)
3. Tempat Pelayanan(2.1)
4. Penjual jus buah(2.8,3.6–4.6)
Sentra Seni Kreatifitas
1.      Membuat mainan buah-buhan dari ampas dan kertas krep (1.1,3.8,4.8)
2. Menggambar bebas (buah-buahan)(2.1)
3. Melipat keranjang buah (3.15,4.15)
4. Menggunting “Kartu“ nama buah yang berwarna  merah (2.8,3.6–4.6,3.12,4.12)






                                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELEJARAN HARIAN
                                                                       PAUD / TK KELOMPOK 7


KELOMPOK                                     : 4 - 5 TAHUN
TEMA / SUB TEMA              : TANAMAN / BUAH-BUAHAN (BUAH NAGA)
KD YANG DIKEMBANGKAN      :  1.1, 3.8, 4.8, 2.8, 3.6, 4.6, 3.15, 4.15, 3.12, 4.12
Sentra                                      : BahanAlam

Muatan / Materi :
Tanaman Buah Ciptaan Tuhan (1.1,3.8,4.8)
Perilaku Hidup Sehat (2.1, 2.2)
Prilaku Mandiri (2.2)
Makan Buah (3.4,4.4)
Kandungan vitamin dan manfaat buah (3.6-4.6)
Karyaseni dengan berbagai media (3.15,4.15)
Keaksaraan awal (3.12-4.12)

Alat dan Bahan : 1. Alas dan Plastisin
 2. Mangkuk, sarung tangan, buah naga, buah anggur, saringan
                                     3. Gambar Buah naga, pewarna alam, kuas
                                     4. Kertas, buahnaga, spidol, krayon
Kegiatan Awal :
Penyambutan siswa
Bermain bebas

Circle time :
Salam, doa, menyanyi bersama
Berbagi bercerita

Pijakan Lingkungan Main :
Penataan Densitas

Pijakan Sebelum Main :
Appersepsi, PenjelasanTema, SOP Aturan Bermain (misal : membereskan setelah bermain, dll)

Pijakan Saat Bermain
1. Membentuk Macam2 buah dari plastisin
2. Membuat warna dari buah naga dan anggur
3. Mewarnai gambar dengan bahan alam (buah naga & anggur)
4. Mencap dengan buah

Pijakan Setelah Bermain
Recalling, Memajang Hasil Karya Anak, Bercerita

Kegiatan Akhir
Doa, salam dan pulang