Muatan
pembelajaran/ materi pembelajaran PAUD
(TK_) untuk teman teman yang sudah request by email, nah sekarang saya share
silahkan……..
Program Pengembangan dan Muatan
Pembelajaran Kurikulum
TK
………………….. Kecamatan Kawedanan
No
|
Program Pengembangan
|
Kompetensi yang dicapai
|
Materi pembelajaran
|
1
|
Nilai Moral dan Agama
|
1.1
Mempercayai adanya
Tuhan melalui
Ciptannya
|
Mengetahui
sifat Tuhan sebagai pencipta, mengenal
ciptaan-ciptaan
Tuhan, membiasakan mengucapkan
kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan
|
1.2 Menghargai
diri sendiri, orang lain,dan lingkungan
sekitar
sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
Terbiasa
saling menghormati (toleransi)
agama,
mengucapkan keagungan Tuhan sesuai agamanya, merawat kebersihan diri, tidak
menyakiti diri atau teman, menghargai teman
hormat pada guru dan orang tua, menjaga dan
merawat tanaman,
binatang dan ciptaan Tuhan
|
||
2.13 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
Terbiasa
berbicara sesuai fakta, tidak curang dalam perkataan dan perbuatan, tidak berbohong,
menghargai kepemilikan orang lain,mengembalikan benda yang bukan
haknya,mengerti batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, terus terang,
anak senang melakukan sesuatu sesuai aturan atau kesepakatan, dan mengakui kelebihan diri atau temannya
|
||
|
|
3.1 Mengenal
kegiatan beribadah sehari-hari
4.1. Melakukan
kegiatan
beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
Doa-doa (doa
sebelum dan sesudah belajar,doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum dan
bangun tidur, doa untuk kedua oran tua),mengenal hari-hari besar agama,
hari-hari besar agama, cara ibadah sesuai hari besar agama,tempat ibadah,
|
3.2 Mengenal
perilaku
balk sebagai cerminan
akhlak mulia
4.2.
Menunjukkan
periaku santun
sebagai cerminan akhlak mulia
|
Perilaku baik
dan santun disesuaikan dengan agama dan adat setempat; misalnya tata cara
berbicara secara santun, cara berjalan melewati orang tua, cara meminta
bantuan, cara menyampaikankan terima kasih setelah mendapatkan bantuan, tata
cara beribadah sesuai
agamanya
misalnya; berdoa, tata cara makan, tata cara memberi salam, cara berpakaian menolong
teman, orang tua dan guru
|
||
2
|
Fisik Motorik
|
2.1 Memiliki
perilaku
yang
mencerminkan
hidup sehat
|
Kebiasaan anak
makan makanan bergizi seimbang, kebiasaan merawat diri, menjaga kebersihan
lingkungan
misalnya; kebersihan tempat belajar dan lingkungan, menjaga kebersihan alat
main
dan milik pribadi
|
3.3. Mengenal
anggota
tubuh, fungsi,
dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3.
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan
motorik kasar
dan halus
|
Nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh,cara merawat, kebutuhan agar anggota tubuh tetap
sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam kelenturan, kekuatan,
kestabilan, keseimbangan,
kelincahan,
kelenturan,koordinasi tubuh.
• Kegiatan
untuk latihan motorik kasar antara
lain
merangkak, berjalan, berlari, merayap,berjinjit, melompat, meloncat,
memanjat,, menendang, berguling dengan menggunakan gerakan secara terkontrol,
seimbang dan
lincah dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur (misal: menirukan
gerakan
benda, senam,
tarian, permainan tradisional.
• Keterampilan
motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan, kelenturan
pergelangan
tangan, kekuatan dan kelenturan jari-jari tangan, melalui kegiatan antara
lain;
meremas, menjumput, meronce,
menggunting,
|
||
3.4.
Mengetahui cara hidup sehat
4.4 Mampu
menolong
diri sendiri
untuk hidup sehat
|
Cara merawa
kebersihan diri (misal: mencuci tangan, berlatih toilet, merawat gigi, mulut,
telinga,
hidung, olahraga, mandi 2x sehari; memakai baju bersih), memilih makanan dan minuman
yang sehat, makanan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat
Cara
menghindarkan dir dari bahaya kekerasan
• Cara
menghindari diri dari benda-benda berbaha ya misalnya pisau, listrik,
pestisida,
kendara an
saat di jalan raya
• Cara
menggunakan toilet dengan benar tanpa bantuan
• Kebiasaan
buruk yang harus dihindari
|
||
3
|
Kognitif
|
2.2 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
Membiasakan
eksploratif,
• Cara
bertanya
• Cara mendapatkan jawaban
|
2.3 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
Pemahaman
tentang kreatif,
• Membiasakan kerja secara kreatif
|
||
3.5 Mengetahui
cara
memecahkan
masalah
sehari-hari
dan berperilaku kreatif
4.5
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
|
Cara mengenali
masalah,
• Cara
mengetahui penyebab masalah,
• Cara
mengatasi masalah,
•
Menyelesaikan kegiatan dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah.
|
||
3.6 Mengenal
bendabenda
disekitarnya(nama,
warna,
bentuk,
ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6
Menyampaikantentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang
dikenalnya
(nama,warna, bentuk,ukuran, pola, sifat,
suara,
tekstur, fungsi,dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
•
|
bentuk dua dimensi
(persegi, segi tiga, bulat, segi panjang),
• bentuk tiga
dimensi (kubus, balok, limas, tabung), ukuran (panjang-pendek,
• besar-kecil,
berat-ringan, sebentar-lama),bilangan (satuan, puluhan),
• tekstur
(kasar-halus, keras-lunak),
• suara
(cepat-lambat, keras-halus, tinggi rendah),
•
pengelompokkan (berdasarkan warna, bentuk,ukuran, fungsi
•
membandingkan benda berdasarkan ukuran
“lebih dari —
kurang dari”, “paling/ter)
• mengurutkan
benda berdasarkan seriasi (kecil-sedang-besar)
• mengurutkan
benda berdasarkan 5 seriasi (sangat
kecil- lebih
kecil- kecil- besar- lebih besar- paling besar),
• pola
ABC-ABC, ABCD-ABCD berdasarkan urutan
warna, bentuk,
ukuran, bunyi, , fungsi,sumber, dll.
• Mencocokkan
lambang bilangan dengan jumlah bilangan
• Hubungan satu
ke satu, satu ke banyak,kelompok ke kelompok
• Lambang bilangan
|
||
|
|
3.7 Mengenal lingkungan
social (keluarga, teman,
tempat
tinggal, tempat ibadah,budaya,transportasi)
4.7 Menyajikan
berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial
(keluarga, teman,
tempat tinggal,tempat ibadah, budaya, transportasi)dalam bentuk gambar,
bercerita,
bernyanyi, dan gerak tubuh
|
Keluarga
(hubungan dalam keluarga, peran,
kebiasaan,
garis keturunan, dst),
• teman (nama,
ciri-ciri,kesukaan,
tempat tinggal
dst),
• lingkungan
geografis (pedesaan/ pantai/pegunungan/kota),
• kegiatan
orang-orang (dipagi/sore hari, dst),pekerjaan (petani, buruh, guru, ),
• budaya
(perayaan terkait adat,
pakaian,
tarian, makanan, dst),
•
tempat-tempat umum (sekolah, pasar, kantor pos, kantor polisi, terminal,
dst),
• berbagai
jenis transportasi (transportasi darat, air, udara, transportasi dahulu, dan
sekarang).• Lambang negara
|
|
|
3.8 Mengenal lingkungan
alam(hewan, tanaman,
cuaca, tanah,
air,batu- batuan
4.8 Menyajikan
berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam
(hewan,
tanaman,cuaca, tanah, air,batu-batuan,
dalam bentuk gambar,
bercerita,bernyanyi, dan gerak tubuh
|
Hewan
misalnya; jenis (nama, ciri-ciri, bentuk),
• Kelompok
hewan berdasarkan makanan(herbivora, omnivora, karnivora,
• kelompok
hewan berdasarkan manfaat (hewan ternak , buas),
• tanaman
dikenalkan dengan jenis (tanaman darat/air, perdu , buah/hias/kayu
• bermacam
bentuk dan warna daun dan bermacam akar),
• berkembang
biak (biji/ stek/ cangkok/beranak/
• cara merawat
tanaman, dst,
• gejala alam
(angin, hujan, cuaca, siang malam, mendung, siklus air, dst), tanah, batu,
• sebab akibat kejadian, dst
|
3.9 Mengenal teknologi
sederhana (peralatan rumah
tangga,
peralatan bermain, peralatan pertukangan
4.9
Menggunakan
Teknologi sederhana
untuk
menyelesaikan
tugas dan kegiatannya(peralatan rumah tangga, peralatan
bermain,
peralatan
pertukangan
|
• Nama benda,
•
bagian-bagian benda,
• fungsi,
• cara
menggunakan secara tepat, dan cara merawat. Alat dan benda yang dimaksud dapat
berupa peralatan ekolah, perabot rumah
tangga,
perkakas kerja, peralatan elektronik,
barang-barang bekas pakai.
|
||
4
|
Sosial
emosional
|
2.5 Memiliki
perilaku
yang
mencerminkan
sikap percaya diri
|
• Cara memberi
salam pada guru atau teman,
• Cara untuk
berani tampil di depan teman,
guru, orang
tua dan lingkungan sosial lainnya,
• Ara menyampaikan keinginan dengan
santun.
|
2.6 Memiliki
perilaku
yang
mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
Aturan bermain,
aturan sekolah
• Cara
mengatur diri sendir misalnya membuat jadwal
• Cara mengingatkan teman bila
bertindak tidak sesuai aturan
|
||
2.7 Memiliki
perilaku
yang
mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang
lain berbicara)
untuk melatih kedisiplinan
|
• Cara antri
• Cara
menyelesaikan gagasannya hingga tuntas,
• berusaha
tidak menyakiti atau membalas
dengan kekerasan
|
||
2.8 Memiliki
perilaku
yang
mencerminkan
kemandirian
|
Pemahaman
tentang mandiri,
• Perilaku
mandiri,
• Cara
merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan
sesuatu tanpa
harus dibantu atau dengan bantuan
seperlunya
|
||
2.9 Memiliki
perilaku
yang
mencerminkan
sikap peduli
dan mau membantu jika diminta bantuannya
|
Keuntungan
mengalah
• Cara
menawarkan bantuan pada teman atau guru,
• Cara
menenangkan diri dan temannya dalam berbagai situasi,
• senang berbagi makanan atau mainan
|
||
2.10 Memiliki
perilaku
yang
mencerminkan sikap kerjasama
|
• Perilaku
anak yang menerima perbedaan teman dengan dirinya,
• Cara menghargai
karya teman,
• Cara
menghargai pendapat teman, mau berbagi
• Cara berterima kasih atas bantuan
yang diterima
|
||
2.11 Memiliki
perilaku
yang dapat menyesuaikan
diri
|
Kegiatan
transisi,
• Cara
menghadapi situasi berbeda
• Cara menyesuaikan did dengan cuaca
dan kondisi alam
|
||
|
|
2.12 Memiliki
perilaku
yang
mencerminkan
sikap tanggungjawab
|
Pemahaman
tentang tanggung jawab
• Pentingnya
bertanggung jawab
• Cara
bertanggung jawab (mau mengakui
kesalahan
dengan meminta maaf),
• Cara
merapihkan/membereskan mainan pada tempat semula,
• mengerjakan
sesuatu hingga tuntas,
• mengikuti
aturan yang telah ditetapkan walaupun sekali-kali masih harus diingatkan,
• senang
menjalankan kegiatan yang jadi tugasnya (misalnya piket sebagai pemimpin
harus membantu menyiapkan alat makan,
dst).
|
|
|
3.13 Mengenal
emosi diri
dan orang lain
4.13
Menunjukkan reaksi
emosi diri
secara
wajar
|
Cara
menghadapi orang yang tidak dikenal,
• Penyebab
sedih, marah,gembira, kecewa,atau mengerti jika ia menganggu temannya akan
marah, jika ia membantu temannya akan senang,
|
3.14 Mengenali
kebutuhan,keinginan,
dan minat diri
4.14
Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan
dan minat dengan cara yang
tepat
|
Cara
mengungkapkan apa yang dirasakannya
(lapar ingin
makan, kedinginan memerlukan baju hangat, perlu payung agar tidak kehujanan,
kepanasan, sakit perut perlu obat),
• Teknik
mengambil makanan sesuai kebutuhan, menggunakan alat main sesuai dengan
gagasan
yang
dimilikinya,
• membuat karya sesuai dengan
gagasannya, dst
|
||
5
|
Bahasa
|
2.13. Memiliki
perilaku
yang
mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orangtua, pendidik, dan teman
|
Cara berbicara
secara santun, menghargai teman dan orang yang lebih tua usianya
• Pemahaman
sikap rendah hati
• Contoh perilaku rendah hati
|
3.10 Memahami bahasa
reseptif
(menyimak dan membaca)
4.10
Menunjukkan
Kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan
membaca)
|
• cara
menjawab dengan tepat ketika ditanya,
• cara
merespon dengan tepat saat mendengar cerita atau buku yang dibacakan guru,
• melakukan
sesuai yang diminta dengan beberapa perintah,
• menceritakan
kembali apa yang sudahdidengarnya
|
||
3.11 Memahami bahasa
ekspresif(mengungkapkan
bahasa secara
verbal dan non verbal)
4.11
Menunjukkan
Kemampuan berbahasa
ekspresif (mengungkapkan
bahasa secara
verbal
dan non verbal)
|
•
Mengungkapkan keinginannya, menceritakan
kembali,
• bercerita
tentang apa yang sudah dilakukannya,
•
mengungkapkan perasaan emosinya dengan
melalui bahasa
secara tepat.
• Menggunakan buku untuk berbagai
kegiatan
|
||
|
|
3.12 Mengenal keaksaraan
awal melalui
bermain
4.12
Menunjukkan
Kemampuan keaksaraan
awal dalam berbagai
bentuk karya
|
• membaca
gambar, membaca symbol, menjiplak huruf,
• mengenali
huruf awal di namanya, menuliskan huruf-huruf namanya,menuliskan pikirannya
walaupun hurufnya masih terbalik atau tidak lengkap, hubungan bunyi dengan
huruf,mengucapkan kata yang sering diulang ulang tulisannya pada buku cerita,
mengeja huruf,membaca sendiri
|
6
|
Seni
|
2.4 Memiliki
perilaku
yang
mencerminkan
sikap estetis
|
• cara menjaga
kerapihan did, dan
• cara
menghargai hasil karya baik dalam bentuk gambar, lukisan, pahat, gerak, atau
bentuk seni lainnya,
• cara merawat
kerapihan-kebersihan-dan keutuhan benda mainan atau milik pribadinya
|
3.15 Mengenal
berbagai
karya dan
aktivitas seni
4.15 Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan
Menggunakan berbagai
media
|
Membuat
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni
musik, karya tangan dan lainnya
• Menampilkan hasil
karya seni
|