RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
: 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : TANAMAN
SUB.
TEMA : TANAMAN SAYUR
HARI
|
KD
|
CAKUPAN
MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
1.1,
1.2, 2.1, 3.3,4.3, 3.8, 4.8,3.12,4.12, 3.15,4.15
|
Sayur
ciptaan Tuhan (bersyukur) : bercakap-cakap, keaksaraan awal, menyusun huruf,
menghitung, menggambar
|
Macam
sayuran :
Bercakap
– cakap ttg macam sayuran
Menyebutkan
dan menuliskan nama sayuran yang dikenal anak
Menyusun
huruf yang masih acak menjadi kana/ nama tanaman sayur (iwas, mayab, letwor,
nguret)
Menhitung
jumlah sayuran
Menggambar
sayur kesukaan dg spidol
|
SELASA
|
1.1,1.2,
2.1, 2.2, 2.3, 3.3, 4.3,.3.5, 4.5, 3.8,.4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
|
Manfaat
wortel : bercakap-cakap, percobaan sains, keaksaraan awal, perilaku kreatif,
bermain puzzle, kolase
|
Manfaat
wortel :
Bercakap
–cakap ttg manfaat wortel
Membuat
jus wortel
Bermain
puzzle wortel
Melengkapi
kata yg belum sempurna W- - - - -
Meroce
wortel menjadi bentuk kalung
|
RABU
|
1.1,1.2,
2.1, 2.2, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
|
Manfaat
bayam :
(bersyukur)
keaksaraan awal, menghitung, mewarnai gambar, mengurutkan cerita gambar
|
Manfaat
bayam : bercakap – cakap ttg bayam
Menyebutkan
dan menuliskan kata yg mempunyai awalan suku kata BA(bayam, bayi
Menghitung
jumlah daun pada gambar bayam
Mewarnai
gambar sayur bayam
Mengurutkan
cerita gambar seri “aku suka makan sayur”
|
KAMIS
|
1.1,1.2,
2.3, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.15, 4.15
|
Sawi
ciptaan Tuhan (bersyukur): perilaku kraetif, kolase, mengelompokkan gambar,
membedakan ciptaan Tuhan, menebali garis,
|
Sawi
ciptaan Tuhan ( bersyukur) :
Bercakap
–cakap ttg sayur sawi
Kolase gambar sawi dg media ampas kelapa
Mengelompokkan
gambar sayuran yang berwarna hijau, menghitung jumlahnya
Membari
tanda (T) pada gambar sayur ciptaan Tuhan dan (M) yang buka
Menebali
garis putus – putus membuat bentuk sayur sawi
|
JUMAT
|
1.1,
1.2, 2.1, 3.3,4.3, 3.8,4.8, 3.10, 4.10, 3.15, 4.15
|
Terung
ciptaan Tuhan (bersyukur) : hafalan doa makan, mengurutkan gambar, mewarnai
gambar, menghubungkan gambar
|
Terung
ciptaan Tuhan :
hafalan
doa makan (mewarnai gambar anak yg sedang membaca doa makan )
mengurutkan
gambar terung dari yang terbesar sampai terkecil
mewarnai
gambar terung dengan media garis
menghubungkan
gambar sayur dengan warna (bayam – hijau, terung-ungu,wortel-oren,cabe-merah)
|
SABTU
|
1.1,1.2,2.1, 3.3, 4.3, 3.8, 4.8, 3,12,
4,12, 3.15, 4.15
|
Sayur
ciptaan Tuhan (bersyukur) :
Menghubungkan
gambar, mencetak, membandingkan, keaksaraan awal
|
Sayur
ciptaan Tuhan :
Menghubungkan
gambar sayur dengan namanya (tulisannya)
Mencetak
bentuk sayur dari palstisin/ clay
Membandingkan
dua kumpulan benda/sayur dg member tanda (≠ atau =)
Meniru
menulis macam sayur dalam bahasa inggris (,
vegetables : carrot, spinach, eggplant, bean, chili, tomato)
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
KELOMPOK : 5- 6
TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : Tanaman/ sayur
Model
Pembelajaran :
Area
Semester/bulan/Minggu
ke : 1/Nopember/15
Tema
/ Sub Tema :
Tanaman/Sayur
Kelompok
/ Usia :
B/5 – 6 Tahun
Hari / Tanggal :
Selasa / nopember 2016
Kegiatan:
1.
doa sebelum dan sesudah
belajar,
2.
Sayuran ciptaan Tuhan (bercakap- cakap tentang sayur wortel, cirri – cirri, manfaatnya ,
cara mengolahnya dll)
3.
Membuat jus woretl ( Area Sains/IPA)
4.
Bermain puzzle wortel (Area Matematika)
5.
Melengkapi kata yg belum sempurna W- - - - - (Area Baca Tulis)
6.
Meronce wortel menjadi bentuk kalung (
Area Seni)
Materi yang masuk dalam pembiasaan
1.
Bersyukur atas ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk
dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan
mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok
gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan Bahan
1.
Sayur wortel, gula, air, gelas, alat blender
2.
Lembar Kerja melengkapi kata yg belum sempurna W _ _ _ _ _
3.
Wortel, kacang panjang, benang, jarum
4.
Puzzle wortel
Pembukaan
1.
Bernyanyi “ aku suka sayur”
2.
Doa sebelum belajar
3.
Mengenalkan aturan bermain
4.
Berdiskusi ttg sayur wortel
5.
Diskusi yang harus dilakukan
sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
Inti
1.
Guru mengajak anak mengamati
alat dan bahan yang disediakan
2.
Guru menanyakan konsep warna
dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
3.
Guru menanyakan kepada anak
dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut?
4.
Guru mempersilakan anak
mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
5.
Anak melakukan kegiatan
sesuai yang diminati dan gagasannya:
a)
Area Seni Membuat kalung dengan meronce
b)
Area Keaksaraan: Melengkapi
kata yang belum sempurna
c)
Area berhitung/ matematika::
bermain puzle
d)
Area Sains / IPA : praktek langsung membuat jus
wortel
6.
Anak menceritakan kegiatan
main yang dilakukannya
7.
Guru menanyakan konsep yang
ditemukan anak di kegiatan mainnya.
Penutup
1.
Menanyakan perasaan selama
bermain hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa saja
yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Pemberian tugas kepada anak
untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan bertanya kepada orang tuanya tentang
tempat lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong kelahiran
4.
Bercerita pendek yang berisi
pesan-pesan
5.
Menginformasikan kegiatan
untuk esok hari
6.
Berdoa setelah belajar
D. Rencana Penilaian
a. Indikator
Penilaian
Program
Pengemb
|
KD
|
INDIKATOR
|
Nilai Agama
dan Moral
|
1.1
3.1-4.1
|
- Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai
ciptaan Tuhan
- Anak berdoa sebelum dan sesudah belajar
- Anak dapat member tanda V pada
gambar anak yg tertib dan tanda X yang
tidak tertib
|
Motorik
|
2.1
3.4-4.4
|
- Anak terbiasa mencuci tangan dan
menggosok gigi
- Anak dapat menyebutkan nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
|
Sosem
|
2.5,
2.6
|
- Anak terbiasa memberi
salam
- Anak terbiasa mengikuti aturan
|
Kognitif
|
2.2,
3.5-4.5/ 3,8,4.8
|
- praktek langsung membuat jus
wortel
- bermain puzzle wortel
|
Keaksaraan/menulis
dan membaca
|
3.2/4.2,
3.12-4.12
|
- Anak terbiasa berlaku ramah,
- Anak
dapat melengkapi kata sederhana
|
Seni
|
3.15-4.15
|
- Anak membuat bentuk kalung dg meronce wortel dan kacang panjang
|
2. Teknik Penilaian
Ø Catatan hasil karya
Ø Catatan anekdotal, dan
Ø Checklist
a.
CHECKLIST
Hari/ tanggal :
selasa, 27 juli 2016
Kelompok Usia : 5 – 6 tahun
No
|
Indikator Penilaian
|
Tingkat Kemampuan
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
1
|
Nilai
Agama Moral (NAM)
-Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai ciptaan Tuhan
-
Anak berdoa sebelum dan sesudah
belajar
|
|
|
|
|
2
|
Fisik Motorik
-Anak terbiasa mencuci tangan dan menggosok
gigi
-Anak dapat menyebutkan nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
|
|
|
|
|
3
|
Sosial Emosi
-
Anak terbiasa memberi salam
-Anak terbiasa mengikuti aturan
|
|
|
|
|
4
|
Kognitif
Anak praktek
langsung membuat jus wortel
Bermain puzzle wortel
|
|
|
|
|
5
|
Bahasa
Anak terbiasa berlaku ramah,
-Anak dapat melengkapi kata yg belum sempurna
|
|
|
|
|
6
|
SENI
Anak membuat bentuk kalung dari merone wortel
dan kacang
|
|
|
|
|
b.
CATATAN
ANEKDOT
Kelompok
Usia : 5 – 6 tahun Nama Guru :
Nama
Anak
|
Tempat
|
Waktu
|
Peristiwa/
Perilaku
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
CATATAN
HASIL KARYA ANAK
Kelompok
Usia : 5-6 tahun Nama Guru :
No
|
Tanggal
|
Hasil
Karya Anak
|
Hasil
Pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Materi
Membuat jus
wortel
meronce kalung dari wortel
bermain puzzle wortel W
- - -
- -