IDENTIFIKASI TEMA
SEMESTER 1
TK NEGERI PEMBINA
KAWEDANAN
TAHUN 2011/2012
|
NO
|
TEMA
|
SUB
TEMA
|
SPESIFIKASI
TEMA
|
ALOKASI
WAKTU
|
|
1
|
Aku Anak Sehat
|
Aku
|
Identitas diri ( misal
nama; nama, jenis kelamin, nama ayah, nama ibu, alamat rumah)
|
1 Mggu
|
|
Anggota tubuh ( Kepala,
tangan, kaki)
|
||||
|
Ciri-ciri tubuh ( warna
kulit, macam rambut, bentuk badan)
|
||||
|
Tempat
Tinggalku
|
Aku tinggal di…..
|
1Mggu
|
||
|
Jarak tempat tinggalku
dengan sekolahku
|
||||
|
Sejak kapan aku tinggal
|
||||
|
Dengan siapa aku tinggal
|
||||
|
Kesukaanku
|
Makanan Favorit
|
1 Mggu
|
||
|
Warna yang paling disukai
|
||||
|
Permainan
|
||||
|
Kegiatan yang disenangi
|
||||
|
Panca Indra
|
Alat/macam indra (
mata,telinga, hidung, kulit, lidah)
|
1 Mggu
|
||
|
Fungsi alat indra ( mata
untuk melihat dll)
|
||||
|
Macam-macam rasa (pahit,
manis, asin, asam)
|
||||
|
Macam-macam perabaan (
kasar, halus, tajam, panas, dingin)
|
||||
|
Macam-macam pembauan (
wangi, amis, busuk)
|
||||
|
Macam-macam suara ( keras,
lembut, nyaring, melengking)
|
||||
|
Macam-macam penglihatan (
jelas, buram, jauh, dekat, silau, gelap, terang, samar)
|
||||
|
2
|
Lingkungan dan sekitarnya
|
Keluargaku
|
Anggota keluargaku (ayah,
ibu, kakak, adik kakek, nenek)
|
1 Mggu
|
|
Fungsi anggota keluarga(
Ayah mencari nafkah)
|
||||
|
Kebiasaan dalam keluarga (
saya menyapu, ibu memasak)
|
||||
|
Tata tertib dalam keluarga
( sebelum pergi pamit dulu)
|
||||
|
Rumah
|
Guna rumah ( untuk
berteduh,melindungi diri dari panas dan hujan, tempat beristirahat, tempat
berkumpul keluarga)
|
1 Mggu
|
||
|
Macam rumah dilihat dari
bahan pembuatannya (di buat dari kayu, bambu, ijuk)
|
||||
|
Jenis-jenis rumah ( rumah tinggal, rumah adat,kantor, istana,
tempat ibadah,tempat berobat,rumah untuk binatang.)
|
||||
|
Bagian –bagian rumah (
pintu, jendela, atap, ruang tamu, garasi, kamar mandi,ruang tidur,dapur )
|
||||
|
Alat-alat danperkakas di dalam rumah (kursi,meja,
tempat tidur,kasur,taplak meja, pisau, sendok)
|
||||
|
Lingkungan rumah (kebun,
halaman, warung, tetangga)
|
|
|||
|
Sekolah
|
Kegunaan sekolah (di TK
tempat belajar dan bermain )
|
1 Mggu
|
||
|
Gedung sekolah (kantor,
kelas, ruang guru, ruang bermain, kamar mandi, perpustakaan, dapur dan gudang
)
|
||||
|
Halaman sekolah ( pagar,
tanaman, binatang peliaraan, alat permainan )
|
||||
|
Orang-orang yang ada di
sekolahan ( kepala sekolah, guru, murid, penjaga,tenaga,tenaga tata usaha)
|
||||
|
Alat- alat yang ada
disekolah ( alat permainan,perabot sekolah, obat-obatan)
|
||||
|
Tata tertib di sekolah (
berdoa sebelum makan,berbaris, bermain bergantian )
|
||||
|
Lingkungan sekolah ( orang
dan kegiatan yang ada di sekolah )
|
||||
|
3
|
Kebutuhan Hidup
|
Makanan dan
minuman
|
Manfaat makanandan minuman
(untuk menghilangkan lapar dan haus, untuk kesehatan )
|
1 Mggu
|
|
Jenis makanan dan
minuman
(4 sehat 5 sempurna )
|
||||
|
Asal makanan dan minuman
(padi, beras, nasi )
|
||||
|
Tata tertib makan dan
minum ( duduk dengan rapi )
|
||||
|
Alat makan dan minum (
piring, gelas, sendok )
|
||||
|
Tata cara menyajikan makan
dab minum ( di meja makan )
|
||||
|
Pakaian
|
Manfaat pakaian (untuk
kesehatan, keindahan,
|
1 Mggu
|
||
|
Cara memakai pakaian ( yang
benar dan yang salah )
|
||||
|
Jenis- jenis pakaian
(Baju,celana ,singlet, kemeja )
|
||||
|
Penggunaan pakaian sesuai
situasi,kebutuhan, iklim ( jika sekolah memakai seragam, jika sakit memakai
baju hangat )
|
||||
|
Pakain daerah (baju bodo,
kebaya , baju kurung )
|
||||
|
Kebersihan kesehatan dan
keamanan
|
Manfaat kesehatan dan
kebersihan (menghindari penyakit )
|
1 Mggu
|
||
|
Cara memelihara kesehatan
dan kebersihan diri (mandi, gosok gigi, berpakaian, )
|
||||
|
Cara memelihara kesehatan
dan kebersihan lingkungan ( lingkungan rumah, sekolah )
|
||||
|
Alat alat kebersihan (
sapu, lap )
|
||||
|
Akibat hidup tidak bersih
dan sehat ( sakit )
|
||||
|
Macam-macam penyakit yang
ditimbulkan akibat karena tidak menjaga kesehatan dan kebersihan ( diare,
cacingan, sakit kulit dll)
|
||||
|
Cara mencegah bahaya yang
disebabkan oleh benda-benda dan obat – obatan tertentu (korek api, pisau,
racun, paku, pecahan kaca dll)
|
||||
|
4
|
Flora dan keindahan
|
Pohon
Mangga
|
Yang Menciptakan Tuhan
|
1 Mggu
|
|
Cara Menanam pohon mangga
|
||||
|
Cara memelihara pohon
mangga
|
||||
|
Bagian-bagian pohon mangga
|
||||
|
Rasanya buah mangga
|
||||
|
Gunanya buah mangga
|
||||
|
Siapa yang menjual
|
|
|||
|
Dimana menjualnya
|
|
|||
|
Pohon Jambu
|
Yang Menciptakan Tuhan
|
1 Mggu
|
||
|
Cara Menanam pohon jambu
|
||||
|
Cara memelihara pohon jambu
|
||||
|
Bagian-bagian pohon jambu
|
||||
|
Rasanya buah jambu
|
||||
|
Siapa yang menjual
|
|
|||
|
Dimana menjualnya
|
|
|||
|
Bunga
|
Gunanya buah mangga
|
1 Mggu
|
||
|
Cara Menanam Bunga
|
||||
|
Cara merawat bunga
|
||||
|
Bagian-bagian dari bunga
|
||||
|
Gunanya bunga
|
||||
|
Siapa yang menjual
|
|
|||
|
Dimana menjualnya
|
|
|||
|
Tanaman
Perdu
|
Yang menciptakan bunga
adalah Tuhan
|
1 Mggu
|
||
|
Cara Menanam
|
||||
|
Cara merawat
|
||||
|
Bagian-bagian tanaman perdu
|
||||
|
Gunanya
|
||||
|
5
|
Fauna dan kehidupannya.
|
Binatang
yang hidup di darat
|
Diciptakan oleh Tuhan
|
1 Mggu
|
|
Jenis makanannya
|
||||
|
Perkembangbiakannya
|
||||
|
Bahayanya binatang
|
||||
|
Ciri-ciri binatang
|
||||
|
Kegunaan binatang
|
||||
|
Cara memelihara binatang
|
||||
|
Binatang
yang hidup di Air
|
Diciptakan oleh Tuhan
|
1 Mggu
|
||
|
Jenis makanannya
|
||||
|
Perkembangbiakannya
|
||||
|
Bahayanya binatang
|
||||
|
Ciri-ciri binatang
|
||||
|
Kegunaan binatang
|
||||
|
Cara memelihara binatang
|
||||
|
Binatang
yang hidup di udara
|
Diciptakan oleh Tuhan
|
1 Mggu
|
||
|
Jenis makanannya
|
||||
|
Perkembangbiakannya
|
||||
|
Bahayanya binatang
|
||||
|
Ciri-ciri binatang
|
||||
|
Kegunaan binatang
|
||||
|
Cara memelihara binatang
|
IDENTIFIKASI TEMA
SEMESTER 2
TK NEGERI PEMBINA
KAWEDANAN
TAHUN 2011/2012
|
NO
|
TEMA
|
SUB
TEMA
|
SPESIFIKASI
TEMA
|
ALOKASI
WAKTU
|
|
1
|
Profesi dan Hasil Karyanya.
|
Macam –
macam Pekerjaan
|
Guru, dokter, polisi,
sopir, Pak pos dll.
|
3 Mggu
|
|
Tugas –
tugas/ pekerjaan dari macam-macam pekerjaan
|
Pak pos tugasnya mengantar
surat
|
|||
|
Dokter menolong orang sakit
|
||||
|
Petani Menanam padi,
sayuran dll.
|
||||
|
Tempat
Bekerja
|
Guru di Sekolah
|
|||
|
Dokter di rumah sakit
|
||||
|
Alat – alat perlengkapan
yang dipakai bekerja
|
Dokter ; thermometer,
stetoskop, jarum suntik dll
|
|||
|
2
|
Tamasya
|
Kendaraan
|
Macam – macam Kendaraan
|
3 Mggu
|
|
Kendaraan darat (mobil,
sepeda truk dll)
|
||||
|
Kendaraan Laut ( Kapal,
perahu )
|
||||
|
Kendaraan Udara ( Pesawat
terbang, balon udara dll.)
|
||||
|
Guna Kendaraan ( alat
pengangkutan orang dan barang )
|
||||
|
Nama pengendara/pengemudi (
pilot untuk pesawat, masinis untuk kereta api dll.)
|
||||
|
Tempat pemberhentian dan
pemberangkatan kendaraan ( stasiun,
bandara, terminal, pelabuhan)
|
||||
|
Dengan apa saja kendaraan
dapat bergerak ( mesin, bensin, ditarik kuda)
|
||||
|
Bagian – bagian dari
kendaraan ( roda, kemudi, bagasi dll.)
|
||||
|
Rekreasi
|
Kegunaaan rekreasi
|
|||
|
Tempat – tempat rekreasi
|
||||
|
Perlengkapan rekreasi
|
||||
|
Tata tertib rekreasi (
tidak boleh mencoret – coret )
|
||||
|
3
|
Media Komunikasi dan tehnologi
|
Macam –
macam alat komunikasi
|
( radio, telpon, televisi,
Koran, majalah, dll.)
|
2 Mggu
|
|
Guna alat
Komunikasi
|
Radio untuk mendengarkan
berita
|
|||
|
Bentuk
fisik alat – alat komunikasi
|
Bentuk fisik alat – alat
komunikasi
|
|||
|
Cara
mempergunakan alat – alat komunikasi
|
Televisi dilihat
|
|||
|
Radio di dengar, dll
|
||||
|
Macam
–macam benda pos
|
Perangko, amplop, dll.
|
|||
|
4
|
Negaraku Tercinta
|
Tanah Airku
|
Nama negaraku; Indonesia
|
3 Mggu
|
|
Lambang negaraku; Burung
garuda
|
||||
|
Kota tempat tinggal kita
|
||||
|
Bendera Negara ( merah putih )
|
||||
|
Lagu kebangsaan ( Indonesia raya )
|
||||
|
Presiden dan wakil presiden
|
||||
|
Lagu-lagu wajib yang mudah di hafalan
|
||||
|
Macam-macam suku bangsa yang ada di Indonesia yang paling
dekat dengan anak
|
||||
|
Pahlawan yang paling di kenal di daerah tersebut
|
||||
|
Pulau-pulau yang ada di indonesia
|
||||
|
Bangsa lain yang tinggal di indonesia
|
||||
|
Hari-hari besar nasional
|
||||
|
Kota tempat tinggalku
|
||||
|
Kehidupan di kota, desa,
pesisir dan pegunungan
|
Keadaan lingkungan kota,
desa, pesisir dan pegunungan
|
|||
|
Tata cara
kehidupan/kebiasaan di kota, desa, pesisir dan pegunungan
|
||||
|
Macam – macam mata
pencaharian di kota, desa, pesisir dan pegunungan
|
||||
|
5
|
Alam Semesta
|
Matahari,
Bulan, Bintang dan Bumi
|
Kegunaan Matahari, Bulan,
Bintang dan Bintang
|
3 Mggu
|
|
Yang menciptakan matahari,
Bulan, Bintang, dan bumi
|
||||
|
Kapan dapat dilihat ( misal ; bila malam, siang, tidak hujan)
|
||||
|
Gejala Alam
|
Macam – macam gejala alam,
yaitu siang dan malam, banjir, gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor,
angin puyuh, halilintar/petir, ombak, pelangi
|
|||
|
Sebab terjadinya
gejala-gejala alam
|
||||
|
Pemeliharaan lingkungan
supaya tidak terjadi gejala alam yang merugikan
|
||||
|
6
|
Sumber kehidupanku
|
Air
|
Guna/manfaat air ( diminum,
untuk masak, mandi)
|
3 Mggu
|
|
Bahaya air ( banjir,
kekurangan air, air limbah)
|
||||
|
Asal Air ( dari sumur,
tanah, gunung, hujan)
|
||||
|
Sifat Air ( jernih/keruh, tidak berwarna, tidak berbau
dll.)
|
||||
|
Udara
|
Kegunaan Udara (untuk
bernafas)
|
|||
|
Angin
|
||||
|
Api
|
Sumber-sumber Api (
matahari, batubara, korek api, listrik)
|
|||
|
Warna-warna Api (merah)
|
||||
|
Sifat-sifat Api (panas)
|
||||
|
Kegunaan Api ( untuk masak,
penerangna, penghangat, penggerak atau sumber energy)
|
||||
|
Bahaya yang ditimbulkan (
terbakar, kebakaran, tersengat listrik)
|
||||
|
Arang, Bara, Asap, Abu
|