RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5-6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA :
REKREASI/Tempat Rekreasi
HARI
|
Tujuan
|
Strategi
Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1. Menyebutkan tempat rekreasi
2. Mengisi table
3. Membedalkan ciptaan Tuhan
4. Menceritakan pengalaman
|
Pembelajaran
langsung
|
1.1, 2.2 ,2.5
, 3.5/4.5 3.6/ 4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
|
Bersyukur bisa
rekreasi, menceritakan gambar,keaksaraan, tabel, membedakan ciptan Tuhan
|
Tempat
Rekreasi:
Bercakap –
cakap ttg tempat rekreasi
Hafalan doa
mau pergi
Menyebutkan
nama gambar tempat rekreasi dan menceritakan pengalaman
Menyebutkan
dan menulis tempat rekreasi
Mengisi tabel
tempat rekreasi kesukaan teman teman
Memberi warna
biru tempat rekreasi ciptaan Tuhan dan warna merah yg bukan
|
SELASA
|
Anak dapat :
1. Membedakan banyak sedikit
2. Menebali huruf putus putus
3. Menggambar dg media pasir
4. Membedakan ciptaan Tuhan
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2., 2.2, 3.5/ 4.5 3.6/4.6, 3.11/4.11, 3.15/4.15
|
Pantai Ciptaan
Tuhan
Mengenal kebalikan(banyak
sedikit), menebali huruf, menggambar pantai, mengenal ciptaan Tuhan
|
Pantai:
Tanya jawab
ttg pantai
Memberi warna
kuning pada ember yg isinya pasir sedikit dan warna hijau untuk ember yg
isinya pasir banyak (gbr dipantai)
Menebali huruf
pada tulisan yg masih putus –putus(gbr benda yang ditemui di pantai)
Menggambar
pantai dg media spidol
Memberi tanda
V pd benda ciptaan Tuhan dan X yg bukan(benda di pantai)
|
RABU
|
Anak dapat :
1. Mencari jejak
2. Menyebutkan perlengkapan renang
3. Berperilaku bersih
4. 3 M (mewarnai, mencocok, menempel
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2, 2.3 2.8,
3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.11/4.11, 3.12/4.12,
|
Kolam Renang
Mengelompokkan
benda, keaksaraan, mengenal baik buruk, 3 M, maze
|
Kolam Renang
Bercakap cakap
tentang kolam renang
Mencari jalan menuju pantai
Menyebutkan
dan menulis alat berenang
Menebali huruf
B untuk anak yang menjaga kebersihan dan S yang tidak
Mewarnai,
mencocok dan menempel pelampung Tasya
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1. Membilang benda/gambar
2. Mengurutkan cerita gambar seri
3. Berkreasi dg balok
4. Berperilaku sabar menunggu giliran
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2, 2.2, 2.3,
3.6/4.6, 3.5/4.5 3.12/4.12 3.15/4.15
|
Kebun Binatang
Membilang,
keaksaraan awal, sabar menunggu giliran, bermain
balok
|
Kebun binatabg
Tanya jawab
tentang Kebun Binatang
Menghitung
jumlah gambar binatang
Mengurutkan
cerita gambar seri no 1- 4
Bermain balok
membuat loket kebun binatang
Menebali huruf
S gambar anak yang sabar/antri tiket dan huruf TS yang tidak
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1. Menghitung jumlah benda
2. Menyusun huruf acak
3. Mewarnai gambar
4. Berkreasi dg balok
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2, 2.4, 2.5,
3.5/4.5, 3.10/4.10, 3.12/4.12
|
Telaga
Sarangan
Membilang,
keaksaraan, mewarnai, ciptaan Tuhan, perilaku
kreatif
|
Telaga
Sarangan
Menghitung
jumlah gmbar kapal boat yang ada di
telaga sarangan
Menyusun huruf
menjadi kata (Lapak, Aduk, Agalet, Risap, Etas)
Mewarnai benda ciptaan Tuhan di telaga sarangan
Membuat
bendungan telaga sarangan dari balok
|
SABTU
|
Anak dapat
1. Mentaati aturan main
2. Menghitung ikan
|
Pembelajaran
langsung dam tidak langsung
|
2.3, 2.8, 3.3/4.3, 3.15/4.15
|
OutBond:
Menghitung
jumlah ikan,
|
Puncak Tema:
Outbond
Menagkap ikan di kolam sekolah
Menghitung
jumlah ikan
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA: Rekreasi/ Kendaraan
HARI
|
TUJUAN
|
STRATEGI Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1. Menyebutkan macam kendaraan
2. Hafalan doa naik kendaraan
3. Menggambar kendaraan
4. Mencocok dan menempel gambar mobil
5. Keaksaraan awal
|
Pembeelajaran langsung
|
1.1, 2.2, 2.5, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.12/4.12,
3.15/4.15
|
Macam Kendaraan
Hafalan doa, menciptakan bentuk, keaksaraan, mencocok dan menempel gambar mobil
|
Macam kendaraan :
Bercakap – cakap tentang macam kendaraan
Hafalan doa naik kendaraan
Menggambar
kendaraan sesuai bangun geometri yang ada
Menyebutkan
dan menulis macam kendaraan
Mencocok dan menempel gambar mobil
|
SELASA
|
Anak dapat :
1. Menyanyi lagu baru
2. Mengelompokkan gambar
3. Berkreasi dg plastisin
4. Menceritakan gambar
5. Mewarnai gambar
|
Pembeelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.6, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.11/4.11,
3.14/4.14, 3.15/4.15
|
Kendaraan darat
Mengelompokkan benda, bermain plastisin,
menceritakan gambar, mengenal sikap tertib
Lagu “tamasya”
|
Kendaraan
darat
Tanya jawab ttg macam kendaraan darat
Menyanyi lagu “Tamasya/ Beca”
Memberi warna hijau untuk kendaaraan darat, kuning
kendaraan laut dan merah udara
Bermain plastisin membuat bentuk kendaraan darat
Menceritakan gambar Pergi ke Solo, meniru menulis
kata
Mewarnai gambar anak yang tertib saat naik
kendaraan/ Bis
|
RABU
|
Anak dapat :
1. Menyanyikan lagu baru
2. Menghubungkan angka 1-20
3. Menyebutkan kata yb berawalan Ka
4. Melipat kertas
5. Mewarnai gambar
|
Pembeelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.3/4.3, 3.5/4.5,
3.12/4.12/3.15/4.15
|
Kendaraan Laut/Air
Lagu “Kapal api”
Membilang, keaksaraan, melipat, hafalan doa
|
Kendaraan Laut/Air
Tanya jawab tentang macam kendaraan laut/ air
Menyanyikan lagu “Kapal Api”
Menghubungkan angka 1- 20 membuat gambar Kapal Api
Menyebutkan dan menuliskan kata yang mempunyai awalan
Ka (Kapal, kaca, kaya, kayu, kadal, katak, kambing, kasur)
Melipat dan menempel bentuk kapal api
Mewarnai gambar anak yang membaca doa naik
kendaraan laut
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1. Menyanyi lagu baru
2. Melipat kertas
3. Mencari kata acak
4. Mewarnai kaligrafi
|
Pembeelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.12, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.10/4.10, 3.15/4.15
|
Kendaraan Udara
Melipat,
maze, mencari kata, lagu “Pesawat Terbang”, mewarnai
|
Kendaraan Udara
Tanya jawab tentang kendaraan udara
Menyanyi lagu “pesawat terbang”
Melipat bentuk pesawat menempel dengan rapih
Mencari/ melingkari kata pesawat pada deretan
huruf acak yang ada
Mewarnai kaligrafi Subhanallah dengan tehnik
gradasi
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1. Menyanyikan lagu baru
2. Menghubungkan gambar dengan pasangannya
3. Keaksaraan awal
4. Menghitung membaca dan menulis
|
Pembeelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.6,
3.2/4.2, 3.5/4.5., 3.11/4.11
3.15/4.15
|
Pengendara
Lagu : “Naik Delman”
Memasangkan/menjodohkan, , Keaksaraan awal. Menghitung membaca dan
menulis
|
bercakap – cakap ttg pengendara kendaraan
Menyanyikan lagu “ Naik Delman”
Menghubungkan kendaraan dengan pengendaranya
(pilot, sopir, masinis, kusir, nahkoda)
Menyebutkan dan menuliskan tempat pemberhentian
kendaraan (stasiun, pelabuhan, terminal, bandara)
Menghitung, membaca dan menulis jumlah kendaraan
|
SABTU
|
Anak dapat :
1. Menyanyikan lagu baru
2. Menebalkan , menjodohkan dan mengucapkan alat transportasi
3. Berkreasi dg balok
4. Mencocok dan menempel gambar Kereta Api
|
Pembeelajaran langsung dan tidak langsung
|
1.2, 2.2, 2.6, 3.3/4.3,3.14/4.14 3.15/4.15
|
Bermain di luar “Naik Kereta Api”
Lagu baru : naik KA (versi bhs inggris)
Memasangkan gambar dg namanya
Bermain balok
Mencocok dan menempel gambar Kereta Api
|
Puncak Tema :
1. Bermain di luar (fisik motorik)
2. Memasangkan gambar dengan namanya (bus, car, train, boat, plane)
3. Membuat bentuk kendaraan dari balok
4. Mencocok dan menempel gambar Kereta Api
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA :
Rekreasi/ macam perlengkapan
HARI
|
TUJUAN
|
STRATEGI Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1. Menyebutkan perlengkapan rekreasi
2. Melipat kertas
3. Mengelompokkan gambar
4. Menjalin kerjasama
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.5, 2.6, 3.2/4.2, 3.5/4.5, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Macam perlengkapan rekreasi:
Mengelompokkan gambar, keaksaraan, melipat,
mengenal baik buruk
|
Macam perlengkapan rekreasi:
Melingkari gambar perlengkapan rekreasi
Menyebutkan dan menulis perlengkapan rekreasi
Melipat keranjang bekal
Menebali huruf S gambar anak yg bisa bekerjasama
dan TS yang tidak
|
SELASA
|
Anak dapat :
1. Mewarnai gambar
2. Berkreasi dg 3 M
3. Mengurutkan cerita gambar seri
4. Menjaga kebersihan
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.7/4.7,
3.12/4.12
3.15/4.15
|
Perlengkapan ke pantai
Mengelompokkan gambar, 3 M, mengurutkan gambar,
mengenal sikap tertib
|
Perlengakapan ke pantai :
Mewarnai gambar perlengkapan/ alat yg dipakai ke
pantai
Mengurutkan cerita gambar seri 1-4
(pergi ke pantai)
3 M (mewarnai , menggunting, menempel) topi pantai
Memberi tanda V pada gambar anak yang menjaga
kebersihan lingkungan dan X yg tidak
|
RABU
|
Anak dapat :
1. Menyusun pola gambar
2. Menceritakan gambar
3. Mengelompokkan benda
4. Mewarnai gambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.12/4.12,
3/15/4.15
|
Perlengkapan ke kolam renang
Menyusun pola, menceritakan gambar, sabar menunggu
giliran, mewarnai gambar
|
Perlengkapan ke kolam renang
Tanya jawab perlengkapan ke kolam renang
Menyusun pola ABC( gambar pelampung 3 bentuk)
Menceritakan gambar Berenang Bersama Teman, meniru
menulis
Melingkari gambar anak yg mau antri naik luncuran
kolam renang
Mewarnai gambar berenang bersama teman
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1. Mengurutkan gambar
2. Keaksaraan awal
3. Mencocok gambar
4. Mewarnai gambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.10/4.10,
3/15/4.15
|
Perlengkapan ke kebun binatang;
Mengurutkan gambar, keaksaraan, mencocok, mengenal
ketertiban
|
Perlengkapan ke kolam renang
Mengurutkan bekal/kotak minuman dari yg terkecil
sampai terbesar
Menyebutkan dan menulis kata yang mempunyai awalan
ke (kebun, kelas, keras,kera,kesal, kentang)
Mencocok gambar pisang untuk monyet
Mewarnai gambar anak yg tertib memberi makan
binatang
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1. Menceritakan gambar
2. Menghubungkan angka 1-15
3. Kolase
4. Gerak dan lagu
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.12/4.12
3/15/4.15
|
Perlengkapan kemah/ke gunung : menceritakan
gambar, membilang, lagu : naik ke puncak gunung, kolase
|
Perlengkapan kemah/ke gunung:
Menceritakan gambar Berkemah, meniru menulis
kalimat : berkemah bersama teman
Menghubungkan angka 1 – 15 membentuk tenda
Kolase bentuk api unggun dengan sobekan kertas
Gerak dan lagu : Naik ke puncak gunung
|
SABTU
|
Anak dapat :
1. Cooking class
|
Pembelajaran tidak langsung
|
1.2, 2.2,
2.3, 2.4 3.6/4.6. 3.15/4.15
|
Cooking class
|
Puncak Tema Cooking Class:
Membuat bekal untuk rekreasi :
|