PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU (PPI)
1.
Identita Anak :
a.
Nama Anak : Abimanyu
b.
Umur Anak : 6 tahun
c.
Jenis Ketunaan : Tuna Grahita
d.
Program Pengembangan : Kognitif (3.6/4.6), Seni (3.15/4.15)
e. Kompetensi dasar (KD : 3.6. Mengenal benda -benda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran,
pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6.
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
: 3.15. Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
:
4.15. Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
f. Kegiatan /Materi : Kognitif
: Mengenal konsep benda apel
Seni : Bermain plastisin (membuat
bentuk apel )
g. Alat dan bahan : Plastisin/ Clay, buah apel
2. Kelebihan Anak :
a. Abi mempunyai minat di bidang seni
b. Minat belajarnya cukup tinggi
3.
Kelemahannya :
a. kemampuan motoriknya masih lemah
b. Abimanyu
anaknya moody (emosi , minat dan keinginannya) mudah berubah
4.
Tujuan Pembelajaran :
a. mengenalkan konsep buah apel
a. melatih motorik
anak agar anak mampu meremas, mengepal,
memegang
b.,agar anak mampu
membuat karya seni sederhana membuat
bentuk dari clay / plastisin
5. Metode pembelajaran :
a. Demonstrasi
b. Tanya jawab
c. Pemberian Tugas
6. Evaluasi :
Pengamatan keaktifan
anak
LEMBAR INSTRUMEN PENGAMATAN
(lembar pengamatan guru)
·
Tabel
Pengamatan Keaktifan dan Tanya Jawab ABK
No
|
Nama Siswa
|
Sangat Aktif
|
Aktif
|
Cukup Aktif
|
Kurang Aktif
|
Tidak Aktif
|
1.
|
……………
|
………….
|
……..
|
……………
|
…………….
|
……………
|
2.
|
……………
|
…………
|
……..
|
……………
|
…………….
|
……………
|
3.
|
……………
|
…………
|
…….
|
……………
|
…………….
|
……………
|
4.
|
……………
|
…………
|
…….
|
……………
|
…………….
|
……………
|
5.
|
……………
|
…………
|
…….
|
……………
|
…………….
|
……………
|