Selasa, 22 Oktober 2019

Instrumen Penilaian Diri Guru PKP PB Zonasi



PENILAIAN DIRI GURU
Nama Sekolah
TK Negeri Pembina Kawedanan
Nama Guru
Dra . Suratiningsih
Lama Mengajar
28 Tahun

No
KOMPETENSI
Penilaian Diri Terhadap Kompetensi Terkait
A
Pedagogik

1
Karakteristik Anak Didik
Saya sudah mengidentifikasi  dan mengenal karakteristik setiap peserta didik melalui pengamatan pada saat pembelajaran
2
Pengelolaan Kelas
Saya mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama kepada semua peserta didik untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
3
3 Aspek HOTS
a.    Aspek Transfer Knowledge
Saya sudah melakukan aspek transfer knowledge dengan memfalitasi siswa untuk menguasai pembelajaran yang aktif dan bervariasi

b.    Aspek Critical dan creative thingking
Saya sudah melakukan aspek critical dan creative ( yang sudah masuk dalam kegiatan pembelajaran)

c.    Aspek problem solving
Saya sudah melakukan aspek problem solving ( yang sudah masuk dalam kegiatan pembelajaran)
4
Analisa Kompetensi Dasar
Saya baru  berusaha untuk dapat melakukan Analisa  KD disesuaikan karakteristik siswa
5
Perumusan indikator  pencapaian kompetensi (IPK)
Saya sudah merumuskan Indikator pencapaian kompetensi (IPK) dalam proses pembuatan tolok ukur yang digunakan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi.
6
Model pembelajaran
Saya sudah mempersiapkan metode pembelajaran seperti diskusi kelompok, bercerita, demonstrasi, praktek langsung  ,bermain peran, ceramah ,bercakap – cakap/ tanya jawab,  dll sesuai RPP.
Model pembelajaran yang saya gunakan dalam pembelajaran Model AREA, yang mengarah ke model pembelajaran HOTS (model cara berfikir tinggi)
7
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) berorientasi HOTS
Saya sudah membuat RPP sebelum pembelajaran.
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berorientasi HOTS adalah RPP yang memuat perencanaan pembelejaran yang memperhatikan pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi.( melalui SAINTIFIC)
8
Pengembangan soal HOTS
Saya sudah  menerapkan pengembangan soal HOTS.
Karena dapat  membuat kegiatan yang merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi.
B
Profesional
Saya sudah mempersiapkan RPP yang tersusun secara sistematis sesuai format, dan melaksanakannya mulai dari awal sampai akhir pembelajaran.
Profesional adalah suatu kemampuan yang diperoleh dari proses pendidikan. Dengan kata lain, orang yang disebut professional adalah orang yang melakukan sesuatu tidak dengan asal-asalan/ amatiran.
10
Penguasaan Materi , Struktur dan Konsep Mata Pelajaran Yang Diampu
Saya sudah mempersiapkan terhadap penguasaan materi, struktur dan konsep mata pelajaran yang diampu ini kemampuan yang dimiliki saya pada materi ajar, tata cara bagaimana materi ajar itu disusun dan rangkaian fakta yang membentuk sebuah mata pelajaran.
11
Pengembangan Profesional Melalui tindakan yang reflektif
Saya melakukan pengembangan professional melalui tindakan yang reflektif ini merupakan suatu usaha/upaya yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme melalui kegiatan memikirkan kembali apa yang sudah dilakukan

    Magetan , 26 Oktober 2019

         SURATININGSIH