PENILAIAN
DIRI GURU
Nama
Sekolah
|
TK
Negeri Pembina Kawedanan
|
Nama
Guru
|
Dra
. Suratiningsih
|
Lama
Mengajar
|
28
Tahun
|
No
|
KOMPETENSI
|
Penilaian
Diri Terhadap Kompetensi Terkait
|
A
|
Pedagogik
|
|
1
|
Karakteristik
Anak Didik
|
Saya
sudah mengidentifikasi dan mengenal
karakteristik setiap peserta didik melalui pengamatan pada saat pembelajaran
|
2
|
Pengelolaan
Kelas
|
Saya
mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama kepada semua
peserta didik untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
|
3
|
3
Aspek HOTS
a.
Aspek Transfer Knowledge
|
Saya
sudah melakukan aspek transfer knowledge dengan memfalitasi siswa untuk
menguasai pembelajaran yang aktif dan bervariasi
|
|
b.
Aspek Critical dan creative thingking
|
Saya
sudah melakukan aspek critical dan creative ( yang sudah masuk dalam kegiatan
pembelajaran)
|
|
c.
Aspek problem solving
|
Saya
sudah melakukan aspek problem solving ( yang sudah masuk dalam kegiatan
pembelajaran)
|
4
|
Analisa
Kompetensi Dasar
|
Saya
baru berusaha untuk dapat melakukan
Analisa KD disesuaikan karakteristik
siswa
|
5
|
Perumusan
indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
Saya
sudah merumuskan Indikator pencapaian kompetensi (IPK) dalam proses pembuatan
tolok ukur yang digunakan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi.
|
6
|
Model
pembelajaran
|
Saya sudah
mempersiapkan metode pembelajaran seperti diskusi kelompok, bercerita,
demonstrasi, praktek langsung ,bermain
peran, ceramah ,bercakap – cakap/ tanya jawab, dll sesuai RPP.
Model
pembelajaran yang saya gunakan dalam pembelajaran Model AREA, yang mengarah
ke model pembelajaran HOTS (model cara berfikir tinggi)
|
7
|
Pengembangan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
berorientasi HOTS
|
Saya sudah
membuat RPP sebelum pembelajaran.
Pengembangan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berorientasi HOTS adalah RPP yang
memuat perencanaan pembelejaran yang memperhatikan pengembangan keterampilan
berpikir tingkat tinggi.( melalui SAINTIFIC)
|
8
|
Pengembangan
soal HOTS
|
Saya sudah
menerapkan pengembangan soal HOTS.
Karena
dapat membuat kegiatan yang merangsang
kemampuan berpikir tingkat tinggi.
|
B
|
Profesional
|
Saya sudah
mempersiapkan RPP yang tersusun secara sistematis sesuai format, dan
melaksanakannya mulai dari awal sampai akhir pembelajaran.
Profesional
adalah suatu kemampuan yang diperoleh dari proses pendidikan. Dengan kata
lain, orang yang disebut professional adalah orang yang melakukan sesuatu
tidak dengan asal-asalan/ amatiran.
|
10
|
Penguasaan
Materi , Struktur dan Konsep Mata Pelajaran Yang Diampu
|
Saya
sudah mempersiapkan terhadap penguasaan materi, struktur dan konsep mata
pelajaran yang diampu ini kemampuan yang dimiliki saya pada materi ajar, tata
cara bagaimana materi ajar itu disusun dan rangkaian fakta yang membentuk
sebuah mata pelajaran.
|
11
|
Pengembangan
Profesional Melalui tindakan yang reflektif
|
Saya
melakukan pengembangan professional melalui tindakan yang reflektif ini
merupakan suatu usaha/upaya yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme
melalui kegiatan memikirkan kembali apa yang sudah dilakukan
|
Magetan , 26 Oktober 2019
SURATININGSIH