PENDIDIKAN KARAKTER di TK
v Pengertian Karakter
v Adalah
watak, sifat, tabiat. (Kamus Besar
Indonesia Kontemporer)
v adalah
kualitas mental atau moral, nama atau reputasi. (Hornby & Parnwell)
v Karakter
baik dimanifestasikan dalam kebiasaan baik di kehidupan sehari-hari: pikiran
baik, hati baik, dan tingkah laku baik. Berkarakter baik berarti mengetahui
yang baik, mencintai kebaikan, dan melakukan yang baik. (Kevin Ryan & Karen
E.Bohlin)
v Pendidikan Karakter adalah
upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan
menginternalisasi nilai-nilai sehingga mereka memiliki perilaku yang terpuji
v Latar Belakang
- Belum dihayatinya nilai-nilai moral Spiritual
- Keterbatasan perangkat kebijakan terpadu dalam mewujudkan nilai-nilai moral spiritual
- Bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
- Memudarnya kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa
- Kian lunturnya budaya nasional
- Melemahnya kemandirian anak bangsa
- Pengaruh media yang cukup memprihatinkan
8.
Kurang terakomodasinya pendidikan
karakter bangsa dalam pendidikan formal, nonformal, dan informal
v FUNGSI
1.
Pengembangan : potensi peserta didik
2.
Perbaikan : memperkuat kiprah
pendidikan Nasional
3.
Penyaringan : budaya bangsa dan bangsa
lain
v TUJUAN
1.
Mengembangkan potensi
kalbu/nurani/afektif peserta didik
2.
Mengembangkan kebiasaan dan perilaku
peserta didik
3.
Menanamkan jiwa kepemimpinan dan
tanggung jawab peserta didik
4.
Mengembangkan kemampuan peserta didik
menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan
5.
Mengembangkan lingkungan hidup
sekolah sebagai lingkungan belajar yang
aman, jujur,penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan
yang tinggi dan penuh kekuatan.
v TIGA UNSUR MUTLAK DALAM
PENDIDIKAN KARAKTER
Knowing
the good, anak tidak hanya mengetahui tentang hal-hal yang
baik, tetapi mereka juga memahami perlunya melakukan hal-hal yang baik.
Feeling
the good, membangkitkan rasa cinta anak untuk melakukan
hal-hal yang baik dan berlatih merasakan efek dari perbuatan baiknya.
Acting
the good, anak dilatih dan dibiasakan untuk berbuat mulia.
(Ratna
Megawangi)
v CIRI –CIRI GURU BERKARAKTER MENYENANGKAN
Antuasias; semangat hidup
Berwibawa; menggerakkan orang
Positif; melihat setiap peluang
Supel; pandai bergaul
Humoris; lapanghati menerima salah
Luwes
Fasih
Tulus
Spontan
Menarik dan tertarik; mengaitkan
setiap informasi dengan kehidupan dan peduli pada sesama manusia
Menganggap setiap orang mampu
Menetapkan dan memelihara harapan
tinggi
v BAGAIMANA
TRADISI KARAKTER DIBANGUN
1.
Mulailah dari niat para pimpinan sekolah,
niat untuk menjadi sekolah yang bermutu dan berkarakter
2.
Rumuskan Visi yang benar
3.
Tetapkan jaminan mutu lulusan
4.
Standarisasi guru
5.
Jadikan ibadah sebagai misi utama
sekolah
v UNTUK
APA PENDIDIKAN
KARAKTER?
1.
Menjadi sekolah karakter, tempat meletakkan karakter pertama kali
2.
Mengajari nilai, respek dan tanggungjawab
3.
Mengembangkan kebajikan yang memungkinkan memandu dan mengisi kehidupan dan
membangun dunia yang lebih baik
4.
Memperbaiki moral dan budaya intelektual sekolah
v KONSEP
PENGEMBANGAN KARAKTER
Dr. Ratna Megawangi,
pencerus karakter di Indonesia
Ada 9 Pilar
1.
Cinta Tuhan dan kebenaran ((love
Allah, trust, reverence, loyalty )
2.
Tanggung jawab, kedisiplinan, dan
kemandirian (responsibility,
excellence,
self reliance, discipline, orderliness)
3.
Amanah (trustworthiness, reliability,
honesty )
4.
Hormat dan santun (respect,
courtessy, obedience)
5.
Kasih sayang, kepedulian, dan
kerjasama (love, compassion, caring, empathy,
generousity, moderation, cooperation)
6.
Percaya diri, kreatif, dan pantang
menyerah (confidence, assertiveness,
creativity, resourcefulness, courage,
determination and enthusiasm)
7.
Keadilan dan kepemimpinan (justice,
fairness, mercy, leadership)
8.
Baik dan rendah hati (kindness,
friendliness, humility, modesty)
9.
Toleransi dan cinta damai (tolerance,
flexibility, peacefulness, unity)
v IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK
18 NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK
1.Nilai Religius
2.Nilai Jujur
3.Nilai Toleransi
4.Nilai Disiplin
5.Nilai Kerja Keras
6.Nilai Kreatif
7.Nilai Mandiri
8.Nilai Demokrasi
9.
Nilai Rasa Ingintahu
10. Nilai Semangat Kebangsaan
11. Nilai Cinta Tanah Air
12.
Nilai Menghargai Prestasi
13. Nilai Bersahabat Komunikatif
14. Nilai Cinta Damai
15. Nilai Gemar Membaca
16. Nilai Peduli Lingkungan
17. Nilai Peduli
Sosial
18. Nilai Tanggung Jawab
RENCANA KEGIATAN
HARIAN
Kelompok : A1
Minggu/semester : 10 / I
Tema/Subtema : Negaraku Tercinta/ kotaku magetan
Hari/Tanggal : Senin, 19 maret 2012
Kelompok : A1
Minggu/semester : 10 / I
Tema/Subtema : Negaraku Tercinta/ kotaku magetan
Hari/Tanggal : Senin, 19 maret 2012
Indikator
|
Kegiatan pemnbelajaran
|
Metode
|
Alat dan Sumber Belajar
|
Penilaian Perkembangan Anak
|
|||
Alat
|
Hasil
|
||||||
NAM ( 52) Melaksanakan tata tertib di
|
Upacara Bendera
|
Bercakap-cakap
|
Anak
|
Observasi
|
NAM.52
|
||
sekolah ( Semangat
Kebangsaan)
|
I. Kegiatan Awal
|
Demonstrasi
|
Gbr Kota Magetan
|
Percakapan
|
1. Jefri, Deo, Ardo
|
||
NAM(26)Berdoa sblm dan ssd kegiatan (Religius)
|
Berdoa – Salam
|
Pemberian Tugas
|
Lembar
|
Penugasan
|
3. Resti, Zahra,
|
||
Berbagi dan bercerita
|
Tanya Jawab
|
kerja
|
Hasil karya
|
NAM.26
|
|||
Bhs(14 ) Menjawab pertanyaan tentang
|
Tanya Jawab tentg kota tempat tinggal anak-anak
|
Unjuk Kerja
|
1. Reksa, Fadli,
|
||||
keterangan/informasi
|
II. Kegiatan Inti
|
3. Rifdah, Caca, Aziz
|
|||||
v
Area Bahasa
|
Bhs.14
|
||||||
Bhs( 35 ) Menebali huruf
|
Menebali tulisan “magetan” dan
|
1.Kesa, Restu
|
|||||
(gemar membaca)
|
mewarnai gambarnya
|
3. Caca, jefri, Yuyut
|
|||||
v
Area Seni
|
Bhs. 35
|
||||||
Fisik ( 66 ) Kolase(Kreatif)
|
Kolase gambar Genteng
|
1. Fadli, deo
|
|||||
v
Area Matematika
|
3. Caca,reksa, resti
|
||||||
Kog(33) Membilang banyak benda dr 1-10
|
Membilang jumlah genteng dan batubata
|
Fisik. 66
|
|||||
v
Area Musik
|
1. zahra, veda,
|
||||||
Fisik(68) Menyanyi 15 lagu anak-anak
|
Menyanyi lagu “ Magetan Kumandang”
|
3. reksa,rifdah,resti,yuyut,caca
|
|||||
(Mandiri)
|
III. Istirahat
|
Kog. 33
|
|||||
Cuci tangan, berdoa sblm dan ssdh makan
|
1.reksa, deo. Fadli
|
||||||
Bermain bebas
|
3. Caca, yuyut, resti, rifdah
|
||||||
IV. Kegitan akhir
|
Fisik 68
|
||||||
SE (
3 )Melaksanakan tugas yang diberikan sampai selesai
|
Tanya jawab tentang tugas yang sudah
diberikan bisa diselesaikan atau
tidak?
|
3. Semua
|
|||||
( Tanggung jawab)
|
Diskusi tentang kegiatan satu hari
|
SE.3
|
|||||
.
|
Berdoa salam, Pulang
|
3. semua
|
|||||
Guru
Kelompok A1
|