LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester/
Minggu : I/I
Tema : DIRIKU
Sub
Tema/Sub-sub Tema : IDENTITAS/Nama
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
·
Mengenal identitas dirinya sendiri
·
Mengenalkan keaksaraan awal
|
Pembelajaran
Langsung
|
NAM
1.2
FM
2.1
KOG
3.7, 4.7
SOSEM
2.12
BAHASA
3.12, 4.12
SENI
3.15, 4.15
|
·
Menghargai diri sendiri
·
Perilaku hidup sehat
·
Mengenal testur
·
Tanggung jawab
·
Keaksaraan awal
·
Aktivitas seni
|
Sentra
persiapan
1. Menebali
nama sendiri 2.1,3.7,.4.7
2. Menempel
nama di loker 2.1, 3.7, 4.7
3. Menyusun
nama dengan kartu huruf 3.12, 4.12
4. Mengelompokkan
nama dengan huruf awal sama dengan teman 2.12
Sentra
balok
1. Mengenal
kasar halus bermain puzlle 3.7,4.7
2. Membentuk
loker dari balok 2.1, 2.12
3. Mencari
perbedaan gb. 2 anak berangkat sekolah 3.12,.4.12
4. Melingkari
perlengkapan ke sekolah 3.7,.4.7
Sentra
bahan alam
1. Kolase
nama dr ampas kelapa 3.15,.4.15
2. Membungkus
daun pisang diisi ampas kelapa 3.12,.4.12
3. Menimbang
bungkusan daun kelapa 3.12,.4.12
4. Mengecap
nama dengan Mangga 2.1 3.7, 4.7
Sentra
peran
1. Bermain
awal masuk sekolah
2. Ayah
dan ibu mengantar kesekolah 2.1
3. Anak
berangkat sekolah 2.12
4. Guru
menyambut anak baru di gerbang sekolah 3.12,.4.12
5. Teman
mengajak bermain bersama 2.1
Sentra
alam
1. Outbond
2. Kerja
bakti membersihkan lingkungan sekolah 2.12, 2.1, 1.2
3. Melukis
bebas dengan Mangga 3.15, 4.15
Sentra
seni
1. Mengecap
gb. Nama dengan batang daun pepaya 3.12,.4.12
2. Melipat
kertas berbentuk tas, dompet 2.1
3. Menempel
guntingan bebas 3.15,.4.15
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester/Minggu :
I/II
Tema : DIRIKU
Subtema/Sub-sub
Tema : TUBUHKU/Badanku
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
·
Mengenal macam-macam dan Fungsi
anggota tubuh
|
Pembelajaran
Langsung
|
1.1(NAM)
3.3, 4.3 (FM)
2.3 (K)
3.12, 412(B)
2.10(SE)
2.4(SN)
|
· Mengenal
ciptaan Tuhan
· Fungsi
fungsi bagian Tubuh
· Kebiasaan
anak yang memiliki daya cipta
· Menuliskan
pikirannya
· Menghargai
karya teman
· Menghargai
hasil karya baik
|
Sentra
Persiapan
1. Menarik
garis/menghubungkan gambar bagian-bagian tubuh dan fungsinya yang sesuai.(FM
3.3, 4.3)
2. Memasangkan
gambar bag. tubuh sesuai jenisnya(binatang)(K 2.3)(SN 2.4)
3. Mendengarkan
suara benda dan menggambar apa yang didengarnya.(SE 2.10), (SN 2.4)
4. Menulis
huruf awal pada kata telinga.(B 3.12, 4.12)
Sentra Balok
1.
Mendengarkan perintah
dan membuat bangunan(SN 2.4) (SE 2.10)
2.
Menyusun balok huruf
pada kata “k dan a” dan memasangkannya(K 2.3)(B 3.12, 4.12)
3.
Menyusun puzzle
gambar kaki(SE 2.10)
Sentra
Seni
1.
Mendengar dan
melakukan perintah untuk menggambar benda (K 2.3)
2.
Mendengarkan lagu
anak dan menceritakan tentang apa (SN 2.4)
3.
Membentuk dengan
plastisin cerita tentang lagu yang didengarnya.(K 2.3),( SE 2.10)
Sentra
Bahan Alam
1.
Mendengarkan suara
batu yang dipukul-pukul(NAM 1.1)
2.
Membuat perkusi dari
botol yang didisi biji kacang dan batu kecil(KG 2.3) (SE 2.10)(SN 2.4)
3.
Mendengarkan suara
air yang dituang dalam botol(NAM 1.1)(SE
2.10)(SN 2.4)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester/Bulan/Minggu : I/III
Tema : DIRIKU
Subtema/Sub-sub
tema : PANCA INDRA/Mata
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
·
Mengenal Ciptaan Tuhan
·
Mengetahui macam-macam dan fungsi
Panca Indra
|
Pembelajaran
Langsung
|
1.1(NAM)
3.3, 4.3 (FM)
2.3 (KG)
3.12, 412(B)
2.10(SE)
3.15, 4.15(SN)
|
·
Mengenal Ciptaan
Tuhan
·
Keterampilan Motorik
halus
·
Aktif dalam melakukan
sesuatu
·
Menjiplak huruf
·
Perilaku menerima
perbedaan
·
Mengenal berbagai
hasil karya
|
Sentra
Persiapan
1. Menggunting
potongan gambar mata(FM 3.3,3.4)
2. Merekatkan
potongan gambar mata(FM 3.3, 3.4)(SN 3.15,
4.15)
3. Menebalkan
kata m-a-t-a(B 3.12,4.12)
4. Menemukan
dan mengambil benda yang ada pada gambar (K 2.3)
Sentra
Peran
1. Seorang
Guru(NAM 1.1), (FM 3.3, 4.3)
2. Seorang
Murid(K 2.3), (B 3.12,4.12)
3. Seorang
Dokter(SN 3.15, 4.15)
4. Seorang
Pasien(SE, 3.10)
Sentra
Imtaq
1. Menemukan
huruf hijayah (mata)(K 2.3)
2. Menebalkan
huruf hijayah (mata)(FM 3.3, 3.4)(B 3.12, 4.12)(SN 3.15, 4.15)
3. Cerita
bergambar tentang ciptaan Tuhan dan
fungsi (NAM 1.1)(SE 3.10)
Sentra
Seni
1.
Menggambar mata dan
mewarnainya(FM 3.3,3.4), (K 2.3)
2.
Membentuk dengan
plastisin gambar apa yang dilihatnya(NAM 1.1)(FM 3.3, 4.3)(SE 3.10)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester/Bulan/Minggu : I/ IV
Tema :
DIRIKU
Sub
Tema/Sub-sub Tema : Kesukaanku/Makanan
Kelompok
Usia :
3-4 tahun
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
KD
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
Anak
dapat mengungkapkan benda yang di sukai dan tidak
|
Pembelajaran
Langsung
|
1.1 NAM
3.4, 4.4 FM
3.6, 3.7 KOG
3.14, 4.14 SOSEM
3.11, 4.11 BAHASA
2.4 SENI
|
·
Mengetahui sifat –
sifat Tuhan
·
Mengelompokkan
berdasar fungsi
·
Mengenal baik dan
buruk
·
Mengenal benda di
sekitar kita
·
Mengungkapkan
kebutuhan dan keinginan diri
·
Menjaga keindahan
|
Sentra Persiapan
:
1. Menarik
garis makanan kesukaan 3.4, 4.4
2. Menjodohkan
gb. Makanan dengan angka yang sesuai 3.6, 4.6
3. Menempel
gb. 4 sehat 5 sempurna 2.4
4. Menyusun
kata b-a-k-s-o 3.6, 4.6
Sentra Bahan Alam
1. Memilih
sayuran 3.11, 4.11
2. memotong
sayuran 3.4,.4.4
3. mencuci
sayuran 1.1
4. sayuran
dikemas dalam wadah 3.11, 4.11
Sentra IMTAQ
1. Mengamati
bahan makanan 1.1
2. mengelompokkan
ciptaan tuhan dan buatan manusia 3.6, 4.6, 1.1
3. Mewarnai
gb. Anak berdoa 2.4
4. 3M
makanan sehat 3.4, 4.4, 3.6, 4.6
Sentra Alam
1. J alan
jalan ke kebun 3.14, 4.14, 3.4, 4.4
2. mengumpulkan daun yang bisa di masak 3.11, 4.11 3.4,.4.4 3.6, 4.6
3. bermain tanah di bentuk bulat dan gepeng
3.6,.4.6
Sentra Balok
1. Membuat
meja makan dari balok 3.6,.4.6 2.4
2. Menghitung
jumlah balok 3.11, 4.1
3. Menebali
angka 3.11, 4.11
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester/Bulan/Minggu :
I/V
Tema :
DIRIKU
Sub
Tema/Sub-sub Tema :Kesukaanku/Minuman
Kelompok
Usi a
: 3-4 Tahun
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
KD
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
Mengenal
makanan bergizi
Mengenal
konsep bilangan dan warna
|
Pembelajaran
Langsung
|
1.2
(NAM)
2.1(
FM)
2.2(
K)
3.14,.4.14
(SE)
3.12,
4.12 (B)
3.15,
4.15 (SN)
|
1. Menghargai
teman
2. Makanan
bergizi
3. Mencoba
hal yang baru
4. Mengambil
makanan sesuai kebutuhan
5. Keaksaraan
awal
6. Mengenal
karya lukis
|
Sentra
peran :
1.
Rumah Makan
2.
Pelayan (NAM 1.2)
3.
Koki( K 2.2)
4.
Pembeli / pelanggan (SE 3.14, 4.14)
Sentra
matematika :
1.
Mengurutkan cerita bargambar seri 1- 4
membuat jus buah( NAM 2.1), ( K 2.2)
2.
Menebali anak yang suka antri dan tidak antri ( SE
3.14, 4.14)
3.
Menyusun kata jus melon( B 3.1 2 ,
4.12)
4.
Menjumlah gelas kosong (SE 3.14,4.14)
5.
Menyusun gelas kosong ( SN 3.15, 4.15)
Sentra
Persiapan :
1.
Bermain plastisin bentuk gelas dan
botol (B 3.12, 4.12)
2.
Mencocok gambar minuman susu ( SN
3.15, 4.15)
3.
Mencocokkan minuman panas dan dingin (
B 3.12, 4.12)
4.
Mewarnai gambar susu (S 3.15,.4.15)
Sentra Alam
1.
Bermain air(K 2.2)
2.
Mencampur warna ( B 3.12 4.12)
3.
Memas(ukkan air ke botol (NAM 1.2), (K
2.2)
Sentra
Seni
1.
Mewarnai gambar bekal makanan (SN
3.15, 4.15)
2.
Kolase gambar minuman soda(K 2.2)
3.
Menggambar bebas minuman kesukaan ( B
3.12, 4.12)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester :
I /VI
Tema :
DIRIKU
Sub
Tema/Sub-sub Tema : Kesukaanku/Mainan
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
Berani
bercerita
Dapat
membilang
|
Pembelajaran
Langsung
|
3.2,
4.2 (NAM)
2.1(
FM)
2.2(
K)
2.9(
SE)
3.11,
4.11( B)
2.4
(SN)
|
·
Berbicara santun
·
Menjaga keamanan diri
·
Mau berusaha
·
Bekerja sama
·
Bercerita mainan kesukaan
·
Menjaga kerapihan
|
Sentra Persiapan :
1. Membilang
roda mobilan dan motor mainan (K 2.2)
2. Memasangkan
gambar Sesuai jumlah roda ( FM 2.1)
3. Mengurutkan
gambar dar besar ke kecil gambar mobil ( B 3.11, 4.11)
4. Melingkari
gambar Mainan kesukaan ( K 2.2)
Sentra Seni
1. Finger
painting ( SN 2.4)
2. Mencari
jejak ke toko mainan ( K 2.2), (B 3.11, 4.11)
3. Melipat
kertas bentuk pesawat (SE 2.9)
4. Memajang
hasil finger painting di dinding kelas
(SN 2.4)
Sentra Balok
1.
Bermain balok jalan kereta api
(SE 2.9),(B 3.11, 4.11)
2. Mennghitunng
gambar mobil (K 2.2) (FM 2.1)
3. Memberi
tanda (√) dan tanda (×) pada gambar anak yang mau berbagi dan yang tidak mau
berbagi(K 2.2),(FM 2.1) (NAM 3.2, 4.2 )
Sentra alam :
Out bond :
1. Bermain
air (B 3.11, 4.11)
2. Bermain
papan titian(FM 2.1)(SE, 2.9)
3. Bermain
lompat tali (FM 2.1)
Sentra matematika :
1.
Menghitung jumlah mainan (K, 2.2)
2.
Bermain biji salak (FM 2.1)(K 2.2)
3.
Menebali angka 1-5( K 2.2)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester : I/VII
Tema :
KELUARGAKU
Sub
Tema/Sub-sub tema : Keluargaku/Anggota
Keluarga
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
KD
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
Mengenal
anggota keluarga
Mengetahui
konsep Bilangan
|
Pembelajaran
langsung
|
NAM 3.2, 4.2
FM 3.4,.4.4
KOG 3.6,.4.6
SOSEM 2.9
BAHASA 2.12, 4.12
SENI 2.4
|
·
Perilaku akhlak mulia
·
Perilaku hidup sehat
·
Menggelompokkan
·
Belajar membantu
orang lain
·
Keaksaraan awal
·
Merawat kebersihan
|
Sentra matematika
1. Menghitung
jumlah anggota keluarga pd foto 3.12,4.12
2. Menghubungkan
sesuai jenis kelamin 3.3,4.3,3.7,4.7
3. Melengkapi
gb. Ayah 3.7, 4.7
4. Melingkari
angka sesuai jumlah 3.7, 4.7 2.1
Sentra alam
1. Outbond
2. Bermain
halang rintang 3.3, 4.3
3. Menali
sepatu 3.3, 4.3 3.7,.4.7
Sentra memasak / cooking class
1. Membuat
roti oles 3.2, 4.2
2. Menuang
susu dalam gelas 2.9, 3.4,.4.4
Sentra persiapan
1. Kolase
pigura dengan biji – bijian 2.4
2. Mengecap
gb. Baju dengan pelepah pisang 3.6, 4.6
3. Mencocok
gb. Baju laki laki dan perempuan 3.6, 4.7
4. Mewarnai
gb. Baju 2.4
Sentra balok
1. Membuat
pigura dari balok 3.4, 4.4
2. Menghubungkan
angka 1 – 5 pada gambar baju 3.4,.4.4
, 3.7,.4.7
3. Menjumlah
gambar baju dan tas 3.7,4.7
4. Memasangkan
baju sesuai jenis kelamin 2.12,.4.12
Sentra peran
1. Makan
bersama keluarga
2. Ayah membantu membersihkan meja makan .3.2, 4.2
3. Ibu
memasak di dapur 2.12, 4.12
4. Kakak
mengelap peralatan makan 3.4, 4.4
5. Adik
membantu ayah membersihkan meja makan 3.2, 4.2
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester/Minggu : I/VIII
Tema : Lingkungan
Sub
Tema/Sub-sub Tema : Rumah/Alamat
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN
PEMBEALAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
Mengetahui
alamat rumah tempat tiggalnya
|
Pembelajran
Langsung
|
3.1, 4.1(NAM)
3.4, 4.4 (FM)
3.5, 4.5 (K)
2.5( SE)
3.10, 4.10 (B)
3.15, 4.15 (SN)
|
·
Berdoa sebelum dan
sesudah kegiatan
·
Mengenal bilangan
·
Mewarnai
·
Bercerita
·
Bernyanyi
|
Sentra persiapan
1.
Menarik garis alat
kebersihan dan pasangannya. (SE 2.5), (FM 3.4,.4.4)
2.
Mengurutkan besar ke
kecil gambar Rumah (K 3.5, 4.5)
3.
Menempel No. Rumah
pada gambar Rumah (K 3.5, 4.5)
4.
Bercerita keadaan
rumah (B 3.10, 4.10)
Sentra matematika
1.
Berhitung jumlah
gambar Rumah (FM 3.4,.4.4 )(K 3.5, 4.5)
2.
Menghubungkan angka 1-5 pd gb. Rumah (K 3.5, 4.5)
3.
Mencari jejak pulang ke
rumah (SN 3.15, 4.15)
4.
Menggolongkan rumah kecil, sedang , dan besar (K3.5, 4.5)
Sentra Balok
1. Membuat
rumah dari balok ( FM 3.4, 4.4)(SN, 3.15, 4.15)
2. Mewarnai
gambar rumah ( SN 3.15, 4.15)
3. Mempola
berdasarkan bentuk ( FM 3.4,.4.4)(SN
3.14,.4.15)
Sentra alam
1. Bermain
pasir ( F 3.4, 4.4)
2. Membentuk
rumah (K 3.5, 4.5)
3. Mencetak
pasir(K 3.5, 4.5), (SN 3.15,4.15)
Sentra Seni
1. Mozaik
gambar dengan biji – bijian ( SN 3.15,.4.15)
2. Melukis
halaman rumah ( SN 3.15,4.15) (K 3.5,.4.5)
3. 3
M gambar rumah(SN 3.15, 4.15)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester/Bulan/Minggu : I/IX
Tema : LINGKUNGAN
Sub
Tema/Sub-SubTema : SEKOLAHKU
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
Dapat
menjaga kebersihan sekolah
Mengenal
perbuatan baik dan buruk
|
Pembelajaran
langsung
|
3.2, 4.2( NAM)
2.1 (FM)
3.7,4.7 (K)
2.12 (SE)
3.12,.4.12(B)
2.4 (SN)
|
·
Sopan santun
·
Membereskan mainan/
tangung jawab
·
Keaksaraan awal
·
Menjaga kebersihan
|
Sentra
Persiapan
1. Memberi
warna merah pada gambar anak membuang sampah sembarangan dan tanda hijau pada
gb. Anak membuang sampah pada tempatnya ( FM 2.1)(NAM 3.2, 4.2)
2. Melingkari
tempat umum yang ada di sekitar sekolah ( K 3.7,.4.7)
3.
Menarik garis
kegiatan yang dilakukan pada waktu pagi sebelum berangkat sekolah( K 3.7,4.7
)(B 3.12,.4.12)
Sentra Peran
1. Murid
dan bu guru (SE 2.12)
2. Mengajar
di kelas(FM 2.1)
3. Bermaian
dihalaman sekolah (SE 2.12) (B 3.12,.4.12)
Sentra
Matematika
1. Menebali
kata “Sekolahku” ( B 3.12,4.12)
2. Menebali
gambar tersenyum jika anak menjaga kebersihan lingkungan sekolah(FM 2.1)
3. Menghubungkan
angka 1-5 gambar jalan ke sekolah ( SN
2.4),(K 3.7,4.7)
4. Melingkari
gambar sekolah ( K 3.7,4.7)
Sentra
Bahan Alam
1. Kolase
gambar sekolah dengan daun kering ( K
3.7,4.7)
2. Mengecap
gambar jalan dan pohon dengan Mangga ( FM 2.1, (K 3.7,4.7)
3. Melukis
dengan pelepah pisang ( K 3.7,.4.7)( NAM 3.2,4.2)
Sentra
Memasak / Cooking class
1.
Mengocok telur (FM
2.1)
2.
memotong sayuran dan
sosis ( K 3.7,.4.7)
3.
Menggoreng telur ( SE
2.12)
4.
Menyajikan omelet ( B
3.12,4.12)
5.
Membereskan tempat memasak ( SE 2.12)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester/Bulan/Minggu : I/X
Tema :
LINGKUNGAN
Subtema/Sub-sub
Tema : SEKOLAH/ Peralatan sekolah
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
Mengenal
Peralatan sekolah
|
Pembelajaran
Langsung
|
3.1, 4.1(NAM)
3.3, 4.3 (FM)
2.3 (K)
3.12, 4.12(B)
2.11(SE)
2.4(SN)
|
·
Do’a-do’a
·
Menjaga kebersihan
·
Bermain leggo
·
Menulishuruf
·
Bermain dengan teman
se kelas
·
Menjaga keindahan
diri sendiri
|
Sentra
Persiapan
1. Menarik
garis gambar seragam dengan pasangannya(FM 3.3, 4.3)
2. Menemukan
huruf awal pada kata “topi” (B 3.12, 4.12)
3. Melingkari
gambar yang merupakan peralatan sekolah(K, 2.3)
4. Memberi
tanda( √) cara merawat kebersihan sekolah(SN 2.4)
Sentra
Bahan Alam
1. Mencium
beberapa bunga dan menceritakannya(SE 2.11)(FM 3.3, 3.4)
2. Mencium
dua jenis makanan dengan mata tertutup dan menceritakan apa yang diciumnya(FM
3.3, 4.3)
Sentra
Peran
1.
Sebagai seorang
guru(FM 3.3, 4.3)
2.
Sebagai seorang murid
(K 2.3)
Sentra
Sains
1.
Menunjukkan gambar peralatan
Sekolah(K 2.3)
2.
Menjelaskan fungsi
peralatan sekolah (FM 3.3, 4.3)
3.
Mewarnai gambar tas
dengan Mangga(SN 2.4)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester : I/XI
Tema : BINATANG
Sub
Tema/Sub-sub Tema : Binatang Peliharaan /Kupu-kupu
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
KD
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
||||||
Mengetahui jenis
binatang peliharaan
Dapat menyebutkan
binatang berkaki 2
Mengenal ciptaan Tuhan
dan Manusia
|
Pembelajaran Langsung
|
|
·
Kupu-kupu ciptaan
Tuhan
·
Keterampilan motorik
halus
·
Mengurutkan gambar kupu-kupu
dari besar ke kecil
·
Perilaku cerminan
sikap percaya diri
·
Memahami bahasa
ekspresif
·
Keaksaraan awal
·
Membuat hasil karya
|
Sentra
persiapan
1. Mengurutkan
gambar kupu-kupu dari besar ke kecil (K 3.6, 4.6)
2. Memasangkan
jumlah gambar kupu-kupu dengan angkanya(B.3.11,4.11)
3. Menggambar
kupu-kupu(F.3.3,4.3)(S.3.15,4.15)
4. Membilang
1 – 5 (B 3.12, 4.12)
Sentra
peran
1. Bercakap-cakap
tentang kupu-kupu (B 3.11, 4.11)
2. Menyanyi
lagu “Kupu-kupu” (S 3.15, 4.15) (SE 2.5, 2.6)
3. Bermain
puzzle gambar kupu-kupu (F 3.3, 4.3)
4. Ibu
memasak 3 sayap kupu-kupu (K 3.6, 4.6)
Sentra
balok
1. Memasangkan
gbr kupu-kupu dan telur sesuai pasangannya (K 3.6, 4.6)
2. Menempel
bentuk geometri menjadi kandang kupu-kupu (S 3.15, 4.15)
3. Menghubungkan
bentuk geometri (B 3.12, 4.12)
4. Menggambar
kupu-kupu (F 3.3, 4.3
Sentra
bahan alam
1. Mengecap
gambar kupu-kupu menggunakan pelepah pisang (B 3.12, 4.12)
2. Kolase
gambar kupu-kupu dengan daun pisang (S 3.15, 4.15)
3. Mengelompokkan
makanan kupu-kupu (K 3.8, 4.8)
4. Melukis
kulit telur kupu-kupu (S 3.15, 4.15)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester/Minggu : I/XII
Tema : BINATANG
Sub
Tema/Sub-sub Tema : Binatang Berkaki 4/Sapi
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
KD
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
RENCANA KEGIATAN
|
||||||
Mengenal macam-macam
binatang bedasarkan kakinya
Mengenal macam-macam
suara binatang dan menirukannya
|
Pembelajaran Langsung
|
|
·
Sapi ciptaan Tuhan
·
Keterampilan motorik halus
·
Mengurutkan gambar kupu-kupu dari besar ke kecil
·
Perilaku cerminan sikap percaya diri
·
Memahami bahasa ekspresif
·
Keaksaraan awal
·
Membuat hasil karya
|
Sentra persiapan
1. Mengelompokkan gambar sapi berdasarkan
ukuran (K 3.6, 4.6)
2. Menghitung jumlah kaki sapi (K 3.6, 4.6) (B
3.12, 4.12)
3. Menyusun huruf acak menjadi kata “sapi” (B
3.12, 4.12)
4. Meniru kata “sapi” (B 3.11, 4.11)
5. Bercakap-cakap tentang sapi (B 3.11, 4.11)
6. Mewarnai gambar anak yamg memberi makan sapi
(SE 2.9)
7. Menebak suara binatang (B 3.12, 4.12)
8. Menyanyi lagu tentang sapi (B 3.11, 4.11)
Sentra peran
1. Menjadi peternak sapi (S 2.4)
2. Menirukan suara sapi (B 3.11, 4.11)
3. Bermain boneka sapi (SE 2.8)
4. Menyusun puzzle huruf sapi (B 3.11, 4.11)
5. Menebali kata “sapi” (F 3.3, 4.3)
6. Mewarnai makanan sapi (S 3,15, 4.15)
7. Menyajikan minuman susu sapi (S 3.15, 4.15)
8. Bermain tepuk sapi (F 3.3, 4.3)
Sentra balok
1. Bercerita tentang sapi (B 3.11, 4.11)
2. Membuat kandang dari balok (K 3.6, 4.6)
3. Mengurutkan sapi berdasarkan ukuran (K 3.6, 4.6)
4. Mencocok gambar sapi (F 3.3, 4.3)
5. Membedakan ukuran sapi (K 3.6, 4.6)
6. Menghitung jumlah kaki sapi (B 3.12, 4.12)
7. Menggambar sapi dengan krayon (S 3.15, 4.15)
8. Memasangkan gambar sapi dengan makanannya (K
3.8, 4.8)
Sentra bahan alam
1. Membentuk sapi dari plastisin (S 3.15, 4.15)
2. Mozaik gambar sapi dengan kacang hijau (F
3.3, 4.3)
3. Melukis sapi dengan pewarna (S 3.15, 4.15)
4. Fingerpainting gambar sapi (F 3.3, 4.3)
5. Mencocok gambar sapi (K 3.6, 4.6)
6. Menempel gambar sapi (K 3.6, 4.6)
7. Menyeduh susu sapi (SE 2.5)
8. Mencuci gelas (SE 2.6) (F 3.3, 4.3)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester : I/XIII
Tema : BINATANG
Sub
Tema/Sub-sub Tema : Binatang Hutan/Kera
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
KD
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
RENCANA KEGIATAN
|
||||||
Mengetahui macam-macam
binatang hutan dan suaranya
|
Pembelajaran Langsung
|
|
·
Kera ciptaan Tuhan
·
Keterampilan motorik halus
·
Perilaku cerminan sikap percaya diri
·
Memahami bahasa ekspresif
·
Keaksaraan awal
·
Membuat hasil karya
|
Sentra persiapan
1. Mengelompokkan gambar sapi berdasarkan
ukuran (K 3.6, 4.6)
2. Menghitung
jumlah kaki Kera
(K 3.6, 4.6) (B 3.12, 4.12)
3. Menyusun
huruf acak menjadi kata “kera” (B 3.12, 4.12)
4. Meniru kata “kera” (B 3.11, 4.11)
5. Bercakap-cakap tentang kera
(B 3.11, 4.11)
6. Mewarnai gambar anak yamg memberi makan kera (SE 2.9)
7. Menebak suara binatang (B 3.12, 4.12)
8. Menyanyi lagu tentang kera (B 3.11, 4.11)
Sentra peran
1. Menirukan suara kera (B 3.11, 4.11)
2. Bermain boneka kera (SE 2.8)
3. Menyusun puzzle huruf kera (B 3.11, 4.11)
4. Menebali kata “kera” (F 3.3, 4.3)
5. Mewarnai makanan kera (S 3,15, 4.15)
6. Menyajikan minuman susu kera (S 3.15, 4.15)
7. Bermain tepuk kera (F 3.3, 4.3)
Sentra balok
1. Bercerita tentang kera (B 3.11, 4.11)
2. Membuat kandang dari balok (K 3.6, 4.6)
3. Mengurutkan kera berdasarkan ukuran (K 3.6, 4.6)
4. Mencocok gambar kera (F 3.3, 4.3)
5. Membedakan ukuran kera (K 3.6, 4.6)
6. Menghitung jumlah kaki kera
(B 3.12, 4.12)
7. Menggambar kera dengan krayon (S 3.15, 4.15)
8. Memasangkan gambar kera dengan makanannya (K 3.8, 4.8)
Sentra bahan alam
1. Mozaik gambar kera dengan kapas (F 3.3, 4.3)
2. Melukis kera dengan pewarna (S 3.15, 4.15)
3. Fingerpainting gambar kera
(F 3.3, 4.3)
4. Mencocok gambar kera (K 3.6, 4.6)
5. Menempel gambar kera (K 3.6, 4.6)
6. Menyeduh susu (SE 2.5)
7. Mencuci gelas (SE 2.6) (F 3.3, 4.3)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester : I/XI
Tema : BINATANG
Sub
Tema/Sub-sub Tema : Binatang Udara /Kupu
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN
|
KD
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
||||||
Mengetahui jenis
binatang peliharaan
Dapat menyebutkan binatang
berkaki 2
Mengenal ciptaan Tuhan
dan Manusia
|
Pembelajaran Langsung
|
|
·
Kupu-kupu ciptaan
Tuhan
·
Keterampilan motorik
halus
·
Mengurutkan gambar kupu-kupu
dari besar ke kecil
·
Perilaku cerminan
sikap percaya diri
·
Memahami bahasa
ekspresif
·
Keaksaraan awal
·
Membuat hasil karya
|
Sentra
persiapan
1. Mengurutkan
gambar kupu-kupu dari besar ke kecil (K 3.6, 4.6)
2. Memasangkan
jmlh gbr kupu-kupu dengan angkanya(B.3.11,4.11)
3. Menggambar
kupu-kupu(F.3.3,4.3)(S.3.15,4.15)
4. Membilang
1 – 5 (B 3.12, 4.12)
Sentra
peran
1. Bercakap-cakap
tentang kupu-kupu (B 3.11, 4.11)
2. Menyanyi
lagu “Kupu-kupu” (S 3.15, 4.15) (SE 2.5, 2.6)
3. Bermain
puzzle gambar kupu-kupu (F 3.3, 4.3)
4. Ibu
memasak 3 sayap kupu-kupu (K 3.6, 4.6)
Sentra
balok
1. Memasangkan
gbr kupu-kupu & telur sesuai pasangannya (K 3.6, 4.6)
2. Menempel
bentuk geometri mjd kandang burung (S 3.15, 4.15)
3. Menghubungkan
bentuk geometri (B 3.12, 4.12)
4. Menggambar
kupu-kupu (F 3.3, 4.3
Sentra
bahan alam
1. Mengecap
gambar kupu-kupu menggunakan pelepah pisang (B 3.12, 4.12)
2. Kolase
gambar kupu-kupu dengan daun pisang (S 3.15, 4.15)
3. Mengelompokkan
makanan kupu-kupu (K 3.8, 4.8)
4. Melukis
kulit telur kupu-kupu (S 3.15, 4.15)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester/Bulan/Minggu : I/XV
Tema : Tanaman
Subtema/Sub-sub Tema :
TANAMAN HIAS/ BUNGA
Kelompok : 3-4
Tahun
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
STRATEGI PEMEBALAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
RENCANA KEGIATAN
|
Mengenal macam bunga dan baunya
|
Pembelajaran Langsung
|
3.1, 4.1(NAM)
3.3, 4.3 (FM)
2.2 (K)
2.5(SE)
3.10, 4.10(B)
3.15,4.15(SN)
|
·
Do’a-doa
·
Keterampilan motorik halus
·
Kebiasaan anak yang selalu ingin tertarik pada sesuatu hal
·
Berani tampil di depan teman
·
Menjawab dengan tepat ketika ditanya
·
Mengenal berbagai hasil karya dan aktifitas seni
|
Sentra Persiapan
1. Menggunting gambar BUNGA(FM 3.3, 4.3)
2. Menempelkan potongan kertas kecil pd gbr BUNGA(SN
3.15, 4.15)
3. Mengerjakan maze(mencari jejak) pada
gambar(K 2.2)
4. Melingkari gambar BUNGA(B 3.10 4.10)
Sentra Seni
1. Mencap dengan BUNGA(SN 3.15, 4.15)(FM 3.3,
4.3)
2. Menggambar BUNGA(SN 3.15, 4.15)(FM 3.3, 4.3)
3. Membuat BUNGA dng plastisin (FM 3.3, 4.3)(SN
3.15, 4.15)
Sentra Alam
1.
Mengamati pohon BUNGA (K 2.2)
2.
Mengamati BUNGA(K 2.2)(B 3.10, 4.10)
3.
Mencium bau BUNGA(B 3.10, 4.10)
4.
Memetik BUNGA kering(FM 3.3, 4.3)
5.
Membuat topi dari daun kering (SN 3.15, 4.15)
Sentra Balok
1.
Menyusun puzzle gambar BUNGA (K 2.2)
2.
Membuat bangunan sederhana(SN 3.15, 4.15)(B 3.10, 4.10)
3.
Menemukan balok huruf L pada kata BUNGA (FM 3.3, 4.3)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KB
BINA TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester/Bulan/Minggu : I/XVI
Tema : Tanaman
Subtema/Sub-sub
tema : Buah/ Mangga
Kelompok
Usia : 3-4 Tahun
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
STRATEGI
PEMEBLAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
RENCANA
KEGIATAN
|
Mengenal
macam-macam buah
Mengetahui
macam rasa buah
|
Pembelajaran
Langsung
|
1.1(NAM)
3.3, 4.3 (FM)
3.6, 4.6 (KG)
2.5(SE)
3.11, 4.11(B)
3.15,4.15(SN)
|
·
Mengenal ciptaan
Tuhan
·
Keterampilan
Motorik
halus
·
Pengelompokan benda
·
Bangga menunjukkan
hasil karyanya
·
Menjawab dengan tepat
ketika ditanya
·
Mengenal berbagai
hasil karya dan aktifitas seni
|
Sentra Persiapan
1.
Melingkari gambar Mangga
yg bentuk dan ukurannya sama(KG, 3.6, 4.6)
2.
Mengelompokkan gambar
Mangga yang berwarna kuning(KG, 3.6, 4.6)
3.
Menggunting gambar Mangga(FM,
3.3, 4.3)
4.
Merekatkan/menempel
gbr Mangga(SN, 3.15, 4.15)(FM, 3.3, 4.3)(SE, 2.5)
Sentra Bahan Alam
1.
Memilah Mangga
berdasarkan besar-kecil(KG, 3.6, 4.6)
2.
Menumbuk Mangga yang
kecil(FM, 3.3, 4.3)
3.
Mencampur Mangga
dengan air(FM, 3.3, 4.3)
4.
Memberi warna pada
gambar dengan Mangga(SN, 3.15, 4.15)(SE, 2.5)
Sentra Peran
1.
Penjual Mangga(KG,
3.6, 4.6)(B, 3.11, 4.11)
2.
Pembeli Mangga(B,3.11,
4.11)
3.
Ibu membuat jamu(FM,
3.3, 4.3)
4.
Kakak menyajikan
jamu(SN, 3.15, 4.15)
Sentra Seni
1.
Menempelkan Mangga
kering pada sebuah gambar(FM, 3.3, 4.3)(SN, 3.15, 4.15)
2.
Membuat bentuk Mangga
dengan plastisin(FM, 3.3, 4.3)(SN, 3.15, 4.15)(KG, 3.6, 4.6)
3.
Mencap dengan Mangga(SN,
3.15, 4.15)(B,3.11, 4.11)
|
LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
KB BINA TUNAS BANGSA
AKTA NOTARIS
ANDHIKA BUDIANTO,SH.,M.Kn. No 352 Tanggal 14 Nopember 2015
SK.MENKUMHAM.AHU-0010837.AH.01.07.TAHUN2016
Jl. Kauman, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan
Provinsi JawaTimur Kode Pos 63382
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
KB BINA
TUNAS BANGSA KAWEDANAN
Semester : I/XVII
Tema : TANAMAN
Subtema/Sub-sub
Tema : Toga/Jahe
Kelompok : 3-4 Tahun
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
RENCANA KEGIATAN
|
Mengenal jenis dan fungsi tanaman toga
|
Pembelajaran langsung
|
1.2 (NAM)
2.1 (FM)
3.6, 4.6 (K)
2.5(SE)
3.10, 4.10(B)
3.15,4.15(SN)
|
·
Merawat tanaman
·
Menyayangi tanaman
·
Mengurutkan
·
Berani megemukakan pendapat
·
Menceritakan kembali apa yang sudah didengarkannya
·
Mengenal berbagai hasil karya dan aktifitas seni
|
Sentra Persiapan
1.
Memberi tanda centang(√) pd anak yg merawat tanaman.(NAM 1.2)(FM
2.1)
2.
Memberi tanda silang (×) pda anak yang merusak tanaman(NAM 1.2, FM
2.1)
3.
Mengurutkan gambar jahe dari yang kecil-besar(K 3.6, 4.6)(SN 3.15,
4.15)
4.
Mengurutkan gambar cara merawat jahe yang benar dan
menceritakannya.(K 3.6, 4.6)(B 3.10, 4.10)
Sentra Bahan alam
1.
Mencuci jahe(SN 3.15, 4.15)(B 3.10, 4.10)
2.
Memilah dan mengurutkan jahe dari kecil-besar(K 3.6, 4.6)
3.
Menanam jahe(NAM 1.2)(FM 2.1)(B 3.10, 4.10)
4.
Menyiram jahe(NAM 1.2)(FM 2.1)
Sentra Peran
1.
Penjual dan pembeli Jahe(K 3.6, 4.6)
2.
Ibu membuat wedang jahe(SN 3.15, 4.15)
3.
Kakak menghidangkan wedang jahe(SN 3.15, 4.15)
Sentra Imtaq
1.
Melingkari gambar anak yang berbuat baik pada tanaman(NAM 1.2)
2.
Mengurutkan cara merawat tanaman yang baik(FM 2.1)
3.
Melingkari huruf hijayah yang berbunyi jahe(B 3.10, 4.10)
4.
Menebalkan huruf hijayah jahe(SN 3.15, 4.15)
|