Selasa, 22 Oktober 2019

LK -5 PENGEMBANGAN RPP PKP PB ZONASI PAUD



LK 5 PENGEMBANGAN RPP
NAMA : NINING SURATININGSIH
FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : TK NEGERI PEMBINA KAWEDANAN
TEMA/Sub. Tema          : Alat Komunikasi/ TELEPON
KELAS / SEMESTER    : B/2
MATERI POKOK           : Membuat Telepon- teleponan dari benang
ALOKASI WAKTU         : 07.30 – 10.00

A.   Kompetensi Inti (KI)
 KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
B.   Kompetensi Dasar (KD) , Indikator Pencapaian Kompetensi
NO
KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
Kompetensi Pengetahuan
3.9 Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
Membuat alat – alat tehnologi sederhana misal : baling – baling, pesawat – pesawatan, kereta – kereta apian, mobil- mobilan, telepon – teleponan dengan benang
2
Kompetensi Ketrampilan
4.9 Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
Membuat alat – alat tehnologi sederhana misal : baling – baling, pesawat – pesawatan, kereta – kereta apian, mobil- mobilan, telepon – teleponan dengan benang

C.   Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan aktivitas membuat telepon – teleponan dengan benang diharapkan anak dapat :
1.    Membuat peralatan tehnologi sederhana ( telepon – teleponan) dengan benang
2.    Berkreasi dengan berbagai media
3.    Mendengarkan temannya berbicara
4.    Menghubungkan  alat/ bahan untuk membuat telepon – teleponan dari benang
5.    Menyusun urutan angka berikutnya di gambar telepon
D.   Materi Pembelajaran
1.    Membuat/ menciptakan  telepon – teleponan dengan benang
2.    Berkreasi dengan berbagai media
3.    Mendengarkan temannya berbicara
4.    Menghubungkan gambar bahan membuat telepon dengan tulisannya
5.    Menyusun angka pada gambar telepon
E.   Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Berdiskusi
3.    Demonstrasi
4.    Pemberian Tugas/ Praktek langsung
F.    Media Pembelajaran
1.    Benang Nilon
2.    Kaleng
3.    Tusuk gigi/ lidi
G.   Sumber  Belajar
1.    Paket UP Kognitif  Mengenal Tehnologi Sederhana di TK
H.   Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
A.   Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan
(Persiapan Orientasi)
-       Penerapan SOP Pembukaan
-       Doa , Salam (NAM) religius
07.30 – 07.40
Apersepsi
-       Berdiskusi tentang macam –macam alat komunikasi/ telepon
-       Kelas berbagi jujur
-       Mengamati gambar telepon, mengumpulkan informasi tentang telepon
07.40 -  07.50
Critical thinking, creativity
Motivasi
-       Bermain tepuk “telepon” (seni)
-       Menyanyi lagu “telepon berdering” (seni)
-       Mengenalkan kegiatan & aturan bermain
07.50 – 08.00
B.   KEGIATAN INTI
Area Matematika
literasi numerasi
-       Menyusun  gambar  angka pada gambar telepon ( kognitif) kemandirian/ integritas

08.00 – 09.00
Transfer knowledge (kgt pembelajaran yang menggambarkan (c4-c6)
Area Baca Tulis
literasi baca tulis
-       Menghubungkan gambar bahan/ alat membuat alat telepon dengan tulisannya (bahasa) kerja keras/ integritas
Area Bermain Peran literasi digital

-       Praktek langsung / mendemonstrasikan “ telepon” dengan teman ( sosem) keberanian
Area Sains
literasi sains
literasi finansial

-       Praktek langsung membuat/ menciptakan  “telepon” dengan benang (motorik)karater/PKP gotong royong/bekerjasama
C.   ISTIRAHAT
         
        -Doa, makan minum, bermain bersama teman
09.00 – 09.30
D.   KEGIATAN PENUTUP
Recalling
-       Merapihkan alat – alat yang telah digunakan/ tanggung jawab
    - Menceritakan kgt yang telah dilakukan, kendala dan solusi serta   menunjukkan hasil karyanya
09.30 – 09.45
Problem solving
Penutup
-       Berdiskusi kegiatan apa saja yang telah dimainkan, mainan apa yang paling disukai
-       Menginformasikan kegiatan untuk besok
     -    Penerapan SOP penutupan
09.45 – 10. 00

I.      PENILAIAN
a.    Tehnik Penialaian
1)    Sikap
-               Sikap Berdoa
-               Berbicara sopan saat praktek telepon (unjuk kerja)
2)    Keterampilan
-               Dapat membuat/ mencipta  telepon dengan benang (hasil karya)
3)     Pengetahuan
-              Menghubungkan gambar  bahan/ alat membuat alat telepon (P. Tugas) dengan tulisannya
-               Menyusun angka pada gambar telepon ( P. Tugas)
J.    Bahan Ajar
1.    LKS
2.    Gambar