Minggu, 09 Maret 2014

Ayo Belajar Membuat PTK



PENYUSUNAN LAPORAN PTK

 FORMAT LAPORAN PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)
1.     Judul
2.     Halaman Pengesahan
3.     Kata Pengantar
4.     Abstrak
5.     Daftar Isi
6.     Bab I : Pendahuluan :
a.     Latar Belakang
b.     Perumusan Masalah
c.      Tujuan Penelitian
d.     Definisi Operasional
7.     Bab II : Kajian Pustaka
8.     Bab III: Pelaksanaan Penelitian
a.     Subyek Penelitian
b.     Lokasi, waktu Penelitian
c.      Data dan Sumber Data
d.     Instrumen Penelitian
e.     Tekhnik Analisis  Data
f.       Tahap – tahap Penelitian/ Prosedur Tiap Siklus (perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, Refleksi)
9.     Bab IV : Hasil dan Pembahasan
10.                        Bab V: Kesimpulan dan Saran


PEMBAHASAN
1.     Judul : Halaman Judul = memuat judul penelitian, nama peneliti, nama institusi dan tahun
2.     Lembar Pengesahan : berisi pengesahan oleh guru pemandu/ pembimbing, dan  Kepala Sekolah tempat penelitian
3.     Kata Pengantar : berisi kata sambutan dan topik yang akan dibahas peneliti
4.     Abstrak : Berisi  intisari unsur – unsu penelitian : permasalahan, tujuan,  prosedur penelitian, kesimpulan dan saran , ditulis tidak melebihi 1 halaman ( tambahkan kata kunci dibawah judul)
5.     Daftar Isi : Berisi daftar judul – judul didalam laporan dan nomor halamannya.
6.     BAB I : PENDAHULUAN :
a.     Latar Belakang berisi tentang uraian masalah  pembelajaran, identifikasi dan analisis masalah, akar penyebab masalah dan pentingnya masalah itu untuk diteliti/ diatasi
b.     Perumusan Masalah : berisi  hasil identifikasi  dan analisis masalah .Sebagai rumusan masalah ditulis dalam kalimat tanya , yang akan dipecahkan dalam penelitian.
c.      Tujuan Penelitian : ditulis sesuai rumusan masalah dan tindakan perbaikan .
d.     Manfaat Penelitian : berisi tentang penjelasan manfaat  penelitian bagi guru, siswa, lembaga dan pengembangan pembelajaran.
e.     Definisi Operasional : berisi tentang pengertian atau maksud atau batasan dari istilah utama yang digunakan khususnya dalam judul penelitian

7.     BAB II : KAJIAN PUSTAKA
a.     Uraian konsep, teori, pendapat ahli, hasil – hasil penelitian yang relevan dengan masalah dan menjadi landasan tindakan yang dirancang dalam bentuk kerangka pikir untuk meyakinkan tindakan  perbaikan yang direncanakan dapat mengatasi masalah.
b.     Dari kajian pustaka harus menghasilkan hipotesis tindakan, yaitu hasil pemecahan masalah sementara yang didasarkan pada kajian pustaka.
8.     BAB III : PELAKSANAAN PENELITIAN
URAIAN TENTANG :
a.     Subyek Penelitian
b.     Lokasi dan waktu penelitian
c.      Data dan sumber data
d.     Instrumen Penelitian
e.     Tehnik Analisa Data
f.       Kriteria Keberhasilan Penelitian
g.     Tahap – tahap penelitian /Prosedur setiap siklus
9.     BAB IV: HASIL DAN PEMBAHASAN
a.     Uraian tentang data hasil penelitian mulai dari  observasi awal ,pelaksanaan pada siklus 1, dan seterusnya
b.     Sajian hasil analisis data diurutkan sesuai rumusan masalah
c.      Pembahasan dapat ditulis terpadu dengan sajian hasil penelitian atau ditulis terpisah setelah sajian hasil penelitian. Setiap hasil sajian penelitian ditulis disertai pembahasan, argumentasi.
Hasil – hasil penelitian : data- data sebelumpenelitian (fakata – fakta yang ditulis dalam latar belakang) :
1.     Siklus 1
.................tabel hasil belajar yang sudah direkap, analisis data, contoh siswa tuntas 45 % (deskripsikan).
2.     Siklus 2 dan seterusnya
10.            BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
a.     Berisi uraian singkat tentang kesimpulan dan saran
b.     Ksimpulan bisa diawali paragraf  gambaran siklus – siklus
c.      Kesimpulan mengacu pada rumusan masalah
d.     Saran mengacu pada hasil penelitiian.
11.            Daftar Pustaka
a.     Daftar semua referensi (buku, artikel, jurnal,dokumen resmi, dll) yang digunakan sebagai acuan penelitian.
b.     Perhatikan tekhnik penulisannya (biasanya mencakup nama penulis, tahun penerbitan, judul buku, atau nama jurnal, dan nomor/ edisi/volume, nama kota penerbit, nama penerbit).
12.            Lampiran – Lampiran:
a.     RPP, Lembar observasi, instrumen penelitian,hasil kegiatan belajar, foto kegiatan, dan dokumen penunjang lain.