KELOMPOK
: 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : AIR UDARA API
HARI
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
1.1, 2.1,2.2,
3.4, 4.4, 3.5/ 4.5, 3.6/ 4.6, 3.8/4.8, 3.12/4.12 3.15/4.15
|
Air ciptaan
Tuhan, mengenal manfaat air, bermain
plastisin, menulis nama benda yang ada disekitarnya, memindahkan air dengan
spon (menakar)
|
AIR :
Air ciptaan
Tuhan
Bercakap –
cakap tentang air
Membuat bentuk
tempat air dari palstisin (alat : plastisin)
Menuliskan
nama alat/ benda yang ada disekitar anak belajar (air, baskom, botol, spon,
pewarna)
Menakar air
dengan bantuan spon /memindahkan air dg spon (alat : air, baskom, spon,
pewarna, baki kotak plastik)
|
SELASA
|
1.1., 2.1,
2.2, 3.3/4.3, 3.4/4.4, 3.9/4.9,
3.11/4.11
|
Membedakan
ciptaan Tuhan, mencuci kaos kaki
sendiri , menjemur kaos kaki, , menghubungkan gambar air dan manfaatnya, bercerita kegiatan cuci
kaos kaki
|
Manfaat Air :
Memberi warna
hijau ciptaan Tuhan dan warna merah yg
bukan ciptaan Tuhan(alat: gambar, krayon)
Menghubungkan
gambar air dengan manfaat air (alat : gambar,
spidol)
Mencuci kaos
kai dan menjemur dengan benar (alat: kaos kaki, ember/bak, sabun cuci,
jemuran dari rafia)
Menceritakan
kegiatan mencuci kaos kaki
|
RABU
|
1.2, 2.1, 2.2,
3.2/4.2, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.12/4.12
|
Memberi tanda
V untuk gambar anak yang hemat air dan X yg tidak hemat, membuat teh manis, menulis nama benda
|
Manfaat Air :
Memberi tanda
V untuk anak yang hemat air dan X yang tidak hemat (alat: gambar)
Mewarnai
gambar anak yang hemat air (alat : gambar, krayon)
Praktek
langsung membuat teh manis (alat : air, gula, teh, gelas, sendok)
Menulis nama
alat yang digunakan untuk membuat teh manis (air, gula, gelas, sendok)
|
KAMIS
|
1.2, 2.1, 2.8,
3.2/4.2, 3.4/4.4, 3.9/4.9, 3.10/4.10
|
Doa masuk
kamar mandi, mengenal peralatan mandi,
mengurutkan cerita gambar seri, menghitung benda
|
Manfaat air :
Mewarnai gambar
anak membaca doa masuk kamar mandi
Mengelompokkan
gambar alat untuk mandi
Menghitung
jumlah alat untuk mandi
Memberi nomer
urut 1 – 4 cerita gambar seri kegiatan
mandi
|
JUMAT
|
1.2, 2.6, 3.1/4.1, 3.3/4.3, 3.14/4.14,
|
Doa berwudhu,
sholat dluha, mewarnai gambar ,
memberi no urutan berwudhu 1-8
|
Manfaat air:
Hafalan doa
wudhu
Praktek
langsung sholat dluha
Mengurutkan
/memberi nomer urutan gerakan wudhu 1- 8
Mewarnai
gambar anak yang sedang sholat
|
SABTU
|
2.2, 2.5, 2.8, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.14.4.14
|
Membuat roket
sederhana, memancing ikan mainan, menyirami bunga .
|
Puncak Tema
Air:
Praktek
langsung membuat roket mainan ( alat yg dibutuhkan : air berwarna, baskom,
gelas plastik, spon, plastik rol panjang 40 cm, corong plastik)
Memancing ikan
mainan (alat: bak, air, ikan mainan, alat pancing mainan)
Menyirami
bunga dengan botol aqua ( alat : botol aqua yang tutpnya dilubangi)
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : AIR UDARA API
Hari /Tanggal : Senin......
KD: 1.1, 2.1,2.2, 3.4, 4.4, 3.5/
4.5, 3.6/ 4.6, 3.8/4.8, 3.12/4.12, 3.15/4.15
Model
Pembelajaran : Kelompok
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoasebelumdansesudahbelajar,
2.
Bercakap
– cakap tentang manfaat air
3.
Mengenalmanfaat air
4.
bermainplastisin
5.
menulisnamabenda yang
adadisekitarnya, memindahkan air denganspon (menakar)
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
BersyukursebagaiciptaanTuhan
2.
Mengucapkansalammasukdalam
SOP penyambutandanpenjemputan
3.
Doasebelumbelajardanmengenalaturanmasukkedalam
SOP pembukaan
4.
Mencucitanganmasukdalam
SOP sebelumdansesudahmakan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
plastisin
2.
air, baskom, spon,
pewarna, bakikotakplasti
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
|
Waktu
|
Alat dan Sumber
|
|
Pembukaan
|
1. Bercakap
– cakap manfaat air
|
30’
|
Gambar macam – macam manfaat air
|
Inti
|
2. Menakar
air dengan bantuan spon
3. Menuliskan
nama alat/ benda yang ada disekitar anak belajar (air, baskom, botol, spon,
pewarna
4. .Membuat
bentuk tempat air dari palstisin/ clay
|
60’
|
air,
baskom, spon, pewarna, baki kotak plastik
kertas,
pensil
plastisisn/clay
|
Istirahat
|
Cuci tangan, makan,
minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
5.
Bermain tebak gambar
6.
Refleksi dan
informasi
7.
Doa salam pulang
|
30’
|
Gambar macam manfaat air
|
E. PENILAIAN
1.
LingkupPerkembangan, STPPA, danIndikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar Tingkat
Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai
Agama
dan Moral
|
3.
Mengucapkan doa sebelum dan /atau sesudah melakukan sesuatu.
4.
Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6.
Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Berdoa sebelum melakukan kegiatan
b. Berdoa sesudah melakukan kegiatan
c. Berpakaian rapi
d. Membalas salam dari guru
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.3Melakuakan permainan fisik dengan aturan
|
2.1
3.5
4.5
|
c. bermain tebak gambar
|
III
|
Kognitif
|
a.1 Menunjukkan aktivitas yang bersifat
eksploratifdan menyelidik
|
3.5
4.5
|
a. Menakar/ mengukur air
|
IV
|
Bahasa
|
c.4 Memahami hubungan antara bunyi dan
bentuk huruf
|
3.12
4.12
|
a.menulis nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.3Mengendalikan diri secara wajar
|
2.2
|
a. rasa ingin tahu
|
VI
|
Seni
|
b.6membuat karya seperti
bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan
|
3.15
4.15
|
a. Membuat bentuk tempat minum dengan plastisin/clay
|
2.
TeknikPenilaian
a)
Catatanhasilkarya
b)
Catatananekdot,
dan
c)
Skalacapaianperkembangan(rating
scale
Karena
format RPPM atau RPPH bersifat luwes maka teman – teman boleh menggunakan
format yang paling dianggap simple dan disukai, sedangkan untuk model
pembelajaran boleh memakai model area, sudut atau BCCT/ Sentra. Good luck