Selasa, 20 Maret 2018

Contoh Kurikulum 2013 PAUD



BAGIAN III
DOKUMEN II
KTSP
TAMAN KANAK- KANAK NEGERI PEMBINA KAWEDANAN
KABUPATEN MAGETAN
A.                Program Semester (PROSEM)

      Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas , serta penilaian dan proses capaian perkembangan. Silabus harus disusun  secara sitematis dan berisikan komponen – komponen yang berkaitan untuk memenuhi target pencapaian program pengembangan pembentukan perilaku dan kemampuan dasar silabus berisi :  R    
1.      Seperangkat rencana dan kegiatan pembelajaran berupa : Perencanaan Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelaaran Harian (RPPH).
2.      Rencana Pengelolaan kelas berupa : Rencana Penataan Lingkungan , Rencana Kegiatan : Pembukaan, Kegitan Inti dan Kegiatan Penutup
      Program semester merupakan program pembelajaran yang berisi  jaringan – jaringan  tema yang ditata secara urut dan sistematis , alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema dan sebarannya ke dalam semester 1 dan semester 2.
      Perencanaan program semester berisi Kompetensi dasar (KD), penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan nilai agama dan moral (NAM), social emosi (SOSEM), Kognitif, bahasa, fisik motorik dan seni.Penulisan KD dapat ditulis lengkap atau dapat ditulis kodenya saja. Tema dapat dikembangkan menjadi sub tema sampai sub – sub tema  , alokasi waktu  dengan menyesuaikan hari efektif kalender pendidikan yang bersifat fleksibel.
 
DAFTAR TEMA DAN CAKUPAN TEMA
KURIKULUM 2013 PAUD TK  NEGERI PEMBINA KAWEDANAN
SEMESTER I
NO
TEMA
SUB. TEMA
CAKUPAN MATERI
1
AKU
Identitas
Nama, usia, jenis kelamin, alamat rumah lengkap
Tubuhku
Anggota tubuh, bagian-bagian anggota tubuh, fungsi, gerak, kebersihan, ciri-ciri khas, kesehatan dan keamanan diri
Panca Indera
Panca indera, macam panca indera, manfaat/ fungsi, cara merawatnya
Kesukaanku
Makanan, minuman, mainan, dan macam-macam kegiatan
2
Lingkunganku
Rumahku
Fungsi rumah
- Bagian-bagian rumah
- Jenis peralatan 
- Fungsi
   - Cara menggunakan
Sekolahku
Gedung dan halaman sekolah, ruang belajar, tempat bermain dan alat-alat permainan, orang-orangyang ada di sekolah, tata tertib sekolah
Masyarakat
Teman sebaya, tempat bermain, tata tertib/ aturan bermain dg teman
3
Kebutuhanku
Makanan/ minuman
Jenis makanan sehat/ gizi seimbang, kebersihan makanan/ minuman, fungsi
Pakaian
Jenis/ macam  pakaian, fungsi pakaian, cara merawat, adab berpakaian
Kesehatan
Cara menjaga kebersihan diri, kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan
4
Binatang
Binatang Air
Jenis /macam binatang air, fungsi binatang air, cirri cirri dan cara merawat,makanannya
Binatang Darat
Jenis/ macam binatang darat, fungsi, cirri – cirri dan cara memelihara, makanannya
Binatang Udara
Jenis/ macam binatang udara, fungsi, cirri dan cara memelihara,makanannya
Binatang Buas
Jenis /macam binatang buas, fungsi, cirri- cirri, bahaya dan manfaat binatang buas, makanannya
5
Tanaman
Sayur
Jenis/ macam sayuran, manfaat, cirri – cirri dan cara merawat
Buah
Jenis/ macam buah, manfaat, cirri – cirri dan cara merawat
Hias/ Bunga
Jenis/ macam buah, manfaat, cirri – cirri dan cara merawat
SEMESTER II
1
Rekreasi
Tempat Rekreasi
Macam tempat rekresai,tata tertib/ peraturan , cara memelihara
Alat/Perlengkapan
Jenis Perlengkapan/ alat rekreasi, cara memelihara
2
Kendaraan
Kendaraan darat
Jenis kendaraan
- Fungsi dan kegunaan
- Nama pengendara
-Tempat pemberhentian
Kendaraan laut
Jenis kendaraan
- Fungsi dan kegunaan
- Nama pengendara
-Tempat pemberhentian
Kendaraan udara
Jenis kendaraan
- Fungsi dan kegunaan
- Nama pengendara
-Tempat pemberhentian
3
Pekerjaan
Macam / Jenis Profesi
Jenis/macam profesi, cita - citaku
Alat/ perlengkapan
Alat/ perlengkapan pekerjaan. Cara merawat dan cara menggunakannya
Tempat Bertugas
Tempat bertugas,cara merwat dan cara menggunakannya
4
AIR UDARA API
AIR
Manfaat/ guna air, sifat air, bahaya air, cara memelihara
UDARA
Manfaat/ guna api, sifat api, bahaya api, cara memelihara
API
Manfaat/ guna udara, sifat udara, bahaya udara, cara memelihara
4
ALAT KOMUNIKASI
Macam Alat Komunikasi
Macam / jenis alat komunikasi
Manfaat Alat Komunikasi
Cara menggunakan dan merawatnya
Manfaat alat komunikasi
5
TANAH AIR
Negaraku
Dasar Negara, lambang Negara, benderaku, lagu kebangsaan, Presiden dan wakil presiden
Kehidupan di desa dan di Kota
Kehidupan didesaku, program unggulan, produk unggulan
6
Alam semesta
Gejala alam
Macam gejala alam, bahaya, cara menghindari
Benda – benda langit
Jenis benda-benda langit
(matahari, bulan, bintang)
- Manfaat benda-benda langit







PROGRAM SEMESTER TK NEGERI PEMBINA KAWEDANAN

KD ( Kompetensi Dasar)
TEMA
SUB TEMA
ALOKASI WAKTU
1.1, 1.2, 3.1-4.1 (NAM)
Diriku
Tubuhku
1 minggu
2.1, 3.3, 4.3,3.4,4.4, (fisik motorik)
Identitas
1 minggu
2.5,2.6,2.7,2.8,3.13,4.13 (sosem)
Panca indera
1 minggu
2.2,3.6,4.6,3.7,4.7,3.8,4.8 (kognitif)
kesukaanku
1 minggu
2.13,3.10,4.10,3.11,4.11,3.12,4.12 (Bhs)


3.15,4.15 (Seni)



Puncak tema : Diriku

ALOKASI SEMESTER I :  17  MINGGU

B.  RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM MINGGUAN (RPPM)
              Perencanaan program mingguan merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. Perencanaan kegiatan mingguan dapat berbentuk jaringan tema (web), jaringan tema berisi projek – projek yang akan dikembangkan menjdai kegiatan – kegiatan pembelajaran.
              Rencana Pelaksanaan Program Mingguan (RPPM) dikembangakn dari kegiatan semester , namun penyajiannya lebih lengkap dan lebih operasional . dalam program mingguan sudah diidentifikasi tema dan sub tema , pemetaan kompetensi dasar dan indicator yang akan dicapai dalam satu minggu dan muatan materi yang akan dibangun ke anak serta sejumlah aktivitas bermain (kegiatan bermain) sesuai dengan tema dan indicator yang akan dicapai serta penetapan media. Alat dan bahan yang akan digunakan.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  :  DIRI SENDIRI/ IDENTITAS
HARI
TUJUAN
STRATEG
Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
1.berani tampil kedepan
2.dapat mewarnai gambar
3.dapat membilang
4.dapat menyanyikan lagu baru
Pembelajaran langsung
1.1, 2.2 ,2.5  3.6/4.6 3.7/ 4.7 3.11/ 4.11 3.15/ 4.15

Aku  ciptaan Tuhan, perkenalan diri, mewarnai gambar, berhitung, lagu “aku adalah aku”
Aku:
aku ciptaan Tuhan, bercakap – cakap tentang aku
praktek langsung perkenalan diri  (nama , usia, alamat)
mewarnai gambar sesuai jenis kelamin
menghitung usia teman (umurku 5 tahun, umur bunga....., umur andi.....)
menyanyi lagu “ aku adalah aku”
SELASA
1.dapat mengenal keaksaraan awal
2.dapat mengurutkan angka
3.dapat mengenal sikap tertib
4.dapat menyanyi lagu baru
5.dapat berkreasi dg plastisin
Pembelajaran langsung
1.2.,  2.2, 3.2/ 4.2 3.6/4.6,  3.12/4.12, 3.15/4.15
Identitas diri : nama, umur, alamat, membilang, mewarnai gambar, mengenal baik dan buruk, lagu “selamat Ulang Tahun”.
Identitas diri :
Melengkapi kalimat sederhana ( namaku....umurku....rumahku......)
Mengurutkan angka 1-10 membentuk kue ulang tahun
Memberi tanda V pada gambar anak yg tertib dan X yg tidak tertib di pesta ULTAH
Menyanyi lagu Selamat Ulang Tahun
Membuat kue ulang tahun dari plastisin/clay
RABU
1.dapat membilang
2. dapat berkreasi dg plastisin
3.dapat memasangkan gambar
4.dapat menebalkan tulisan
Pembelajaran langsung
1.2, 2.3 2.8, 3.7/4.7, 3.6/4.6, 3.11/4.11, 3.15/4.15,
Identitas Diri:ciri-ciri
Membilang, bermain plastisin, memasangkan gambar, menebalkan tulisan, bermain Siapa Aku
Identitas Diri : ciri- ciriku
Tanya jawab tentang ciri – ciriku
Membilang/menghitung jumlah anak laki –laki dan anak perempuan di kelasku
Membuat bentuk Aku dengan plastisin/clay
Memasangkan gambar aku dan seragamku
Menebalkan tulisan yang masih bergaris putus –putus sesuai gambarnya
KAMIS
1.dapat mencari perbedaan benda
2.dapat melipat kertas
3. dapat melengkapi gambar
4.dapat mengenal keaksaraan awal
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.3, 3.6/4.6, 3.5/4.5 3.12/4.12 3.15/4.15
Identitas Diri
Perbedaan anak laki –laki dan perempuan, melipat kertas, melengkapi gambar,
menulis
Identitas diri : bercakap – cakap ttg ciri temanku
Mencari 4 perbedaan pada gambar anak laki-laki dan anak perempuan
Melipat bentuk baju seragamku
Melengkapi gambar “ Temanku” yang belum selesai/sempurna
Menulis nama teman baikku

JUMAT
1.dapat mengenal sikap toleransi
2.dapat membilang
3.dapat memasangkan gbr
4.dapat mengurutkan cerita gambar seri
Pembelajaran langsung
1.2, 2.4, 2.5, 31.5/ 4.15, 3.13/ 4.13, 3.12/ 4.12
Identitasku
Rajin beribadah, sikap toleransi, memasangkan gambar, mengurutkan nomer 1- 4 pada cerita gambar seri
Identitas Diri: Agamaku
Memberi warna hijau pada gambar anak yg toleransi beragama dan warna merah yang tidak
Menghitung jumlah gambar anak yang rajin beribadah dan jumlah anak yg tidak
Memasangkan gambar anak yang beribadah (umat) dengan tempat ibadahnya
Memberi urutan nomer 1 – 4 pada cerita gambar seri
SABTU
1.dapat mengenal lingkungan sekolah
2.dapat menggambar
3. dapat mewarnai gambar
Pembelajaran langsung dan tak langsung
  2.3, 2.8, 3.3/4.3, 3.15/4.15
Identitasku
Mengenal bahasa inggris, menggambar, jalan – jalan, lagu akau anak sehat
Identitas Diri
Bercakap – cakap tentang rumahku dan rumah temanku
Jalan – jalan disekitar lingkungan TK
Menggambar rumah temanku (rumah yang ditemui waktu jalan – jalan)
Mewarnai gambar BOY untuk anak laki – laki dan Girl untuk anak perempuan



C. RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM  HARIAN  (RPPH)
              Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) adalah acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari RPPH disusun dan dilaksanakan oleh pendidik / guru. Format RPPH tidak baku tetapi memuat komponen – kompeonen yang telah ditetapkan.
Bagian – bagian komponen Rencana Pelaksanaan Program Harian (RPPH) terdiri dari : (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, (7) rencana penilaian

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  :  DIRI SENDIRI/ IDENTITAS

Model Pembelajaran                           : Area
Semester/bulan/Minggu ke                 : 1/Agusutus/ 4
Tema / Sub Tema                                            : Diriku/Identitas
Kelompok / Usia                                              : B/5 – 6 Tahun
         Hari / Tanggal                                       : Selasa / 2-8-2017

Kegiatan:

1.   doa sebelum dan sesudah belajar,
2.   aku ciptaan Tuhan (bercakap- cakap tentang identitas diri : nama, umur, jenis kelamin, cirri – cirri tubuh dll)
3.   memberi tanda V pada anak yg tertib dan X yg tidak tertib
4.   melengkapi kalimat sederhana
5.   lagu "Selamat Ulang Tahun"
6.   mengurutkan angka 1 – 14 membuat bentuk kue ULTAH
7.   membuat kue ULTAH dari plastisin/ clay

Materi yang masuk dalam pembiasaan

1.   Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.   Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.   Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.   Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

Alat dan Bahan

1.   Kertas gambar kue ULTAH , pensil , krayon
2.   Lembar Kerja melengkapi  kalimat sederhana, pensil
3.   Lembar kerja , spidol merah dan spidol biru
4.   Gambar pesta ulang tahun
5.   Plastisin / clay

Pembukaan

1.   Bernyanyi “ Selamat Ulang Tahun”
2.   Doa sebelum belajar
3.   Mengenalkan aturan bermain
4.   Berdiskusi identitas diri (nama, umur, jenis kelamin, cirri – cirri tubuh lainnya)
5.   Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
6.   Berdiskusi tentang kelompok berdasarkan warna (merah, biru, kuning, hijau).

 Inti

1.   Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang disediakan
2.   Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
3.   Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut?
4.   Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
5.   Anak melakukan kegiatan sesuai yang diminati dan gagasannya:
a)         Area Seni Membuat  Bentuk Kue Ulang  Tahun dari plastisin/ clay
b)         Area Keaksaraan: Melengkapi kalimat sederhana
c)        Area berhitung/ matematika:: mengurutkan angka 1-14 membuat bentuk kue Ulang tahun
d)        Area  Agama : memberi  tanda  V  untuk anak yg tertib dan X  untuk gambar anak yang sikapnya tidak tertib
6.   Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
7.   Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnya.

 Penutup

1.   Menanyakan perasaan selama bermain hari ini
2.   Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.   Pemberian tugas kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan bertanya kepada orang tuanya tentang tempat lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong kelahiran
4.   Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
5.   Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
6.   Berdoa setelah belajar

D. Rencana Penilaian

a. Indikator Penilaian

Program
Pengemb

KD

INDIKATOR
Nilai Agama
dan Moral
1.1


3.1-4.1
-     Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai
ciptaan Tuhan
 -   Anak berdoa sebelum dan sesudah belajar
-     Anak dapat member tanda V pada gambar anak yg tertib dan tanda  X yang tidak tertib



Motorik
2.1


3.4-4.4
-     Anak terbiasa mencuci tangan dan
menggosok gigi
-     Anak dapat menyebutkan nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
Sosem
2.5,
2.6
-     Anak terbiasa memberi salam
-     Anak terbiasa mengikuti aturan
Kognitif
3.6-4.6
-     Anak mengurutkan angka 1 – 14 membuat bentuk kue ULTAH
Keaksaraan/menulis dan membaca
1.13
3.10-4.10
-     Anak terbiasa berlaku ramah,
-     Anak dapat melengkapi kalimat sederhana
Seni
3.15-4.15
-      Anak membuat bentuk kue ULTAH dari plastisin/ clay

2. Teknik Penilaian
Ø Catatan hasil karya
Ø Catatan anekdotal, dan
Ø Checklist
a.      CHECKLIST
Hari/ tanggal :2-8-2017                                                                                     Kelompok Usia : 5-6 tahun
No
Indikator Penilaian
Tingkat Kemampuan
BB
MB
BSH
BSB
1
Nilai Agama Moral (NAM)
-Anak terbiasa bersyukur   dirinya sebagai ciptaan Tuhan
 -   Anak berdoa sebelum dan  sesudah belajar
-           Anak dapat memberi tanda V pada gambar anak yg tertib dan tanda  X yang tidak




2
Fisik Motorik
-Anak terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi
-Anak dapat menyebutkan nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat




3
Sosial Emosi
- Anak terbiasa memberi salam
-Anak terbiasa mengikuti aturan




4
Kognitif Anak mengurutkan angka 1 – 14 membuat bentuk kue ULTAH




5
Bahasa
Anak terbiasa berlaku ramah,
-Anak dapat melengkapi kalimat sederhana




6
SENI
Anak membuat bentuk kue ULTAH dari plastisin/ clay





b.      CATATAN ANEKDOT
Kelompok Usia : 5 – 6 tahun           Nama Guru :
Nama Anak
Tempat
Waktu
Peristiwa/ Perilaku































































c.       CATATAN HASIL KARYA ANAK

Kelompok Usia : 5-6 tahun                              Nama Guru :

No
Tanggal
Hasil Karya Anak
Hasil Pengamatan