BAGIAN III
DOKUMEN II
KTSP
TAMAN KANAK- KANAK NEGERI PEMBINA
KAWEDANAN
KABUPATEN MAGETAN
A.
Program Semester (PROSEM)
Silabus merupakan seperangkat rencana dan
pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas , serta penilaian dan
proses capaian perkembangan. Silabus harus disusun secara sitematis dan berisikan komponen –
komponen yang berkaitan untuk memenuhi target pencapaian program pengembangan
pembentukan perilaku dan kemampuan dasar silabus berisi : R
1.
Seperangkat rencana dan kegiatan pembelajaran
berupa : Perencanaan Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
dan Rencana Pelaksanaan Pembelaaran Harian (RPPH).
2.
Rencana Pengelolaan kelas berupa :
Rencana Penataan Lingkungan , Rencana Kegiatan : Pembukaan, Kegitan Inti dan
Kegiatan Penutup
Program semester merupakan program
pembelajaran yang berisi jaringan –
jaringan tema yang ditata secara urut
dan sistematis , alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema dan
sebarannya ke dalam semester 1 dan semester 2.
Perencanaan program semester berisi
Kompetensi dasar (KD), penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan nilai
agama dan moral (NAM), social emosi (SOSEM), Kognitif, bahasa, fisik motorik
dan seni.Penulisan KD dapat ditulis lengkap atau dapat ditulis kodenya saja.
Tema dapat dikembangkan menjadi sub tema sampai sub – sub tema , alokasi waktu dengan menyesuaikan hari efektif kalender
pendidikan yang bersifat fleksibel.
DAFTAR TEMA DAN CAKUPAN TEMA
KURIKULUM 2013 PAUD TK
NEGERI PEMBINA KAWEDANAN
SEMESTER
I
NO
|
TEMA
|
SUB. TEMA
|
CAKUPAN MATERI
|
||
1
|
AKU
|
Identitas
|
Nama, usia, jenis kelamin, alamat
rumah lengkap
|
||
Tubuhku
|
Anggota
tubuh, bagian-bagian anggota tubuh, fungsi, gerak, kebersihan, ciri-ciri
khas, kesehatan dan keamanan diri
|
||||
Panca Indera
|
Panca indera, macam
panca indera, manfaat/ fungsi, cara merawatnya
|
||||
Kesukaanku
|
Makanan, minuman, mainan, dan
macam-macam kegiatan
|
||||
2
|
Lingkunganku
|
Rumahku
|
Fungsi
rumah
-
Bagian-bagian rumah
- Jenis peralatan
- Fungsi
- Cara menggunakan
|
||
Sekolahku
|
Gedung dan halaman sekolah, ruang belajar, tempat bermain dan alat-alat
permainan, orang-orangyang ada di sekolah, tata tertib sekolah
|
||||
Masyarakat
|
Teman sebaya,
tempat bermain, tata tertib/ aturan bermain dg teman
|
||||
3
|
Kebutuhanku
|
Makanan/
minuman
|
Jenis makanan sehat/
gizi seimbang, kebersihan makanan/ minuman, fungsi
|
||
Pakaian
|
Jenis/
macam pakaian, fungsi pakaian, cara
merawat, adab berpakaian
|
||||
Kesehatan
|
Cara menjaga
kebersihan diri, kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan
|
||||
4
|
Binatang
|
Binatang Air
|
Jenis /macam
binatang air, fungsi binatang air, cirri cirri dan cara merawat,makanannya
|
||
Binatang Darat
|
Jenis/ macam
binatang darat, fungsi, cirri – cirri dan cara memelihara, makanannya
|
||||
Binatang Udara
|
Jenis/ macam
binatang udara, fungsi, cirri dan cara memelihara,makanannya
|
||||
Binatang Buas
|
Jenis /macam
binatang buas, fungsi, cirri- cirri, bahaya dan manfaat binatang buas,
makanannya
|
||||
5
|
Tanaman
|
Sayur
|
Jenis/ macam
sayuran, manfaat, cirri – cirri dan cara merawat
|
||
Buah
|
Jenis/ macam
buah, manfaat, cirri – cirri dan cara merawat
|
||||
Hias/ Bunga
|
Jenis/ macam
buah, manfaat, cirri – cirri dan cara merawat
|
||||
SEMESTER II
|
|||||
1
|
Rekreasi
|
Tempat
Rekreasi
|
Macam tempat
rekresai,tata tertib/ peraturan , cara memelihara
|
||
Alat/Perlengkapan
|
Jenis
Perlengkapan/ alat rekreasi, cara memelihara
|
||||
2
|
Kendaraan
|
Kendaraan
darat
|
Jenis
kendaraan
- Fungsi
dan kegunaan
- Nama
pengendara
-Tempat pemberhentian
|
||
Kendaraan laut
|
Jenis
kendaraan
- Fungsi
dan kegunaan
- Nama
pengendara
-Tempat pemberhentian
|
||||
Kendaraan
udara
|
Jenis
kendaraan
- Fungsi
dan kegunaan
- Nama
pengendara
-Tempat pemberhentian
|
||||
3
|
Pekerjaan
|
Macam / Jenis
Profesi
|
Jenis/macam
profesi, cita - citaku
|
||
Alat/
perlengkapan
|
Alat/
perlengkapan pekerjaan. Cara merawat dan cara menggunakannya
|
||||
Tempat
Bertugas
|
Tempat
bertugas,cara merwat dan cara menggunakannya
|
||||
4
|
AIR UDARA API
|
AIR
|
Manfaat/ guna
air, sifat air, bahaya air, cara memelihara
|
||
UDARA
|
Manfaat/ guna
api, sifat api, bahaya api, cara memelihara
|
||||
API
|
Manfaat/ guna
udara, sifat udara, bahaya udara, cara memelihara
|
||||
4
|
ALAT
KOMUNIKASI
|
Macam Alat
Komunikasi
|
Macam / jenis
alat komunikasi
|
||
Manfaat Alat
Komunikasi
|
Cara
menggunakan dan merawatnya
Manfaat alat
komunikasi
|
||||
5
|
TANAH AIR
|
Negaraku
|
Dasar Negara, lambang Negara,
benderaku, lagu kebangsaan, Presiden dan wakil presiden
|
||
Kehidupan di
desa dan di Kota
|
Kehidupan
didesaku, program unggulan, produk unggulan
|
||||
6
|
Alam semesta
|
Gejala alam
|
Macam gejala
alam, bahaya, cara menghindari
|
||
Benda – benda
langit
|
Jenis
benda-benda langit
(matahari, bulan, bintang)
- Manfaat benda-benda langit
|
||||
PROGRAM
SEMESTER TK NEGERI PEMBINA KAWEDANAN
KD ( Kompetensi Dasar)
|
TEMA
|
SUB TEMA
|
ALOKASI WAKTU
|
1.1, 1.2, 3.1-4.1 (NAM)
|
Diriku
|
Tubuhku
|
1 minggu
|
2.1, 3.3, 4.3,3.4,4.4, (fisik motorik)
|
Identitas
|
1 minggu
|
|
2.5,2.6,2.7,2.8,3.13,4.13 (sosem)
|
Panca indera
|
1 minggu
|
|
2.2,3.6,4.6,3.7,4.7,3.8,4.8 (kognitif)
|
kesukaanku
|
1 minggu
|
|
2.13,3.10,4.10,3.11,4.11,3.12,4.12 (Bhs)
|
|||
3.15,4.15 (Seni)
|
|||
Puncak tema : Diriku
|
ALOKASI
SEMESTER I : 17 MINGGU
B. RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM
MINGGUAN (RPPM)
Perencanaan program mingguan
merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu.
Perencanaan kegiatan mingguan dapat berbentuk jaringan tema (web), jaringan
tema berisi projek – projek yang akan dikembangkan menjdai kegiatan – kegiatan
pembelajaran.
Rencana Pelaksanaan Program
Mingguan (RPPM) dikembangakn dari kegiatan semester , namun penyajiannya lebih
lengkap dan lebih operasional . dalam program mingguan sudah diidentifikasi
tema dan sub tema , pemetaan kompetensi dasar dan indicator yang akan dicapai
dalam satu minggu dan muatan materi yang akan dibangun ke anak serta sejumlah
aktivitas bermain (kegiatan bermain) sesuai dengan tema dan indicator yang akan
dicapai serta penetapan media. Alat dan bahan yang akan digunakan.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
: 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : DIRI
SENDIRI/ IDENTITAS
HARI
|
TUJUAN
|
STRATEG
Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
1.berani tampil kedepan
2.dapat mewarnai gambar
3.dapat membilang
4.dapat menyanyikan lagu baru
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 2.2 ,2.5 3.6/4.6 3.7/ 4.7
3.11/ 4.11 3.15/ 4.15
|
Aku ciptaan Tuhan, perkenalan
diri, mewarnai gambar, berhitung, lagu “aku adalah aku”
|
Aku:
aku ciptaan Tuhan, bercakap – cakap tentang aku
praktek langsung perkenalan diri
(nama , usia, alamat)
mewarnai gambar sesuai jenis kelamin
menghitung usia teman (umurku 5 tahun, umur bunga....., umur
andi.....)
menyanyi lagu “ aku adalah aku”
|
SELASA
|
1.dapat mengenal keaksaraan awal
2.dapat mengurutkan angka
3.dapat mengenal sikap tertib
4.dapat menyanyi lagu baru
5.dapat berkreasi dg plastisin
|
Pembelajaran langsung
|
1.2., 2.2, 3.2/ 4.2
3.6/4.6, 3.12/4.12, 3.15/4.15
|
Identitas diri : nama, umur, alamat, membilang, mewarnai gambar,
mengenal baik dan buruk, lagu “selamat Ulang Tahun”.
|
Identitas diri :
Melengkapi kalimat sederhana ( namaku....umurku....rumahku......)
Mengurutkan angka 1-10 membentuk kue ulang tahun
Memberi tanda V pada gambar anak yg tertib dan X yg tidak tertib di
pesta ULTAH
Menyanyi lagu Selamat Ulang Tahun
Membuat kue ulang tahun dari plastisin/clay
|
RABU
|
1.dapat membilang
2. dapat berkreasi dg plastisin
3.dapat memasangkan gambar
4.dapat menebalkan tulisan
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.3 2.8, 3.7/4.7, 3.6/4.6, 3.11/4.11, 3.15/4.15,
|
Identitas Diri:ciri-ciri
Membilang, bermain plastisin, memasangkan gambar, menebalkan tulisan,
bermain Siapa Aku
|
Identitas Diri : ciri- ciriku
Tanya jawab tentang ciri – ciriku
Membilang/menghitung jumlah anak laki –laki dan anak perempuan di
kelasku
Membuat bentuk Aku dengan plastisin/clay
Memasangkan gambar aku dan seragamku
Menebalkan tulisan yang masih bergaris putus –putus sesuai gambarnya
|
KAMIS
|
1.dapat mencari perbedaan benda
2.dapat melipat kertas
3. dapat melengkapi gambar
4.dapat mengenal keaksaraan awal
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.6/4.6, 3.5/4.5 3.12/4.12 3.15/4.15
|
Identitas Diri
Perbedaan anak laki –laki dan perempuan, melipat kertas, melengkapi
gambar,
menulis
|
Identitas diri : bercakap – cakap ttg ciri temanku
Mencari 4 perbedaan pada gambar anak laki-laki dan anak perempuan
Melipat bentuk baju seragamku
Melengkapi gambar “ Temanku” yang belum selesai/sempurna
Menulis nama teman baikku
|
JUMAT
|
1.dapat mengenal sikap toleransi
2.dapat membilang
3.dapat memasangkan gbr
4.dapat mengurutkan cerita gambar seri
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.4, 2.5, 31.5/ 4.15, 3.13/ 4.13, 3.12/ 4.12
|
Identitasku
Rajin beribadah, sikap toleransi, memasangkan gambar, mengurutkan
nomer 1- 4 pada cerita gambar seri
|
Identitas Diri: Agamaku
Memberi warna hijau pada gambar anak yg toleransi beragama dan warna
merah yang tidak
Menghitung jumlah gambar anak yang rajin beribadah dan jumlah anak yg
tidak
Memasangkan gambar anak yang beribadah (umat) dengan tempat ibadahnya
Memberi urutan nomer 1 – 4 pada cerita gambar seri
|
SABTU
|
1.dapat mengenal lingkungan sekolah
2.dapat menggambar
3. dapat mewarnai gambar
|
Pembelajaran langsung dan tak langsung
|
2.3, 2.8, 3.3/4.3, 3.15/4.15
|
Identitasku
Mengenal bahasa inggris, menggambar, jalan – jalan, lagu akau anak
sehat
|
Identitas Diri
Bercakap – cakap tentang rumahku dan rumah temanku
Jalan – jalan disekitar lingkungan TK
Menggambar rumah temanku (rumah yang ditemui waktu jalan – jalan)
Mewarnai gambar BOY untuk anak laki – laki dan Girl untuk anak
perempuan
|
C. RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM HARIAN
(RPPH)
Rencana pelaksanaan pembelajaran
harian (RPPH) adalah acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari
RPPH disusun dan dilaksanakan oleh pendidik / guru. Format RPPH tidak baku
tetapi memuat komponen – kompeonen yang telah ditetapkan.
Bagian
– bagian komponen Rencana Pelaksanaan Program Harian (RPPH) terdiri dari : (1)
identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5)
kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, (7) rencana penilaian
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
KELOMPOK : 5- 6
TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : DIRI SENDIRI/ IDENTITAS
Model
Pembelajaran :
Area
Semester/bulan/Minggu
ke : 1/Agusutus/ 4
Tema / Sub Tema :
Diriku/Identitas
Kelompok / Usia :
B/5 – 6 Tahun
Hari /
Tanggal :
Selasa / 2-8-2017
Kegiatan:
1.
doa sebelum dan sesudah
belajar,
2.
aku ciptaan Tuhan (bercakap-
cakap tentang identitas diri : nama, umur, jenis kelamin, cirri – cirri tubuh
dll)
3.
memberi tanda V pada anak yg tertib dan X yg tidak tertib
4.
melengkapi kalimat sederhana
5.
lagu "Selamat Ulang
Tahun"
6.
mengurutkan angka 1 – 14
membuat bentuk kue ULTAH
7.
membuat kue ULTAH dari
plastisin/ clay
Materi yang masuk dalam pembiasaan
1.
Bersyukur sebagai ciptaan
Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk
dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan
mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan dan menggosok
gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
Alat dan Bahan
1.
Kertas gambar kue ULTAH ,
pensil , krayon
2.
Lembar Kerja melengkapi kalimat sederhana, pensil
3.
Lembar kerja , spidol merah dan spidol
biru
4.
Gambar pesta ulang tahun
5.
Plastisin / clay
Pembukaan
1.
Bernyanyi “ Selamat Ulang
Tahun”
2.
Doa sebelum belajar
3.
Mengenalkan aturan bermain
4.
Berdiskusi identitas diri
(nama, umur, jenis kelamin, cirri – cirri tubuh lainnya)
5.
Diskusi yang harus dilakukan
sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
6.
Berdiskusi tentang kelompok
berdasarkan warna (merah, biru, kuning, hijau).
Inti
1.
Guru mengajak anak mengamati
alat dan bahan yang disediakan
2.
Guru menanyakan konsep warna
dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
3.
Guru menanyakan kepada anak
dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut?
4.
Guru mempersilakan anak
mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
5.
Anak melakukan kegiatan
sesuai yang diminati dan gagasannya:
a)
Area Seni Membuat Bentuk Kue Ulang Tahun dari plastisin/ clay
b)
Area Keaksaraan: Melengkapi
kalimat sederhana
c)
Area berhitung/ matematika::
mengurutkan angka 1-14 membuat bentuk kue Ulang tahun
d)
Area Agama : memberi tanda V
untuk anak yg tertib dan X untuk gambar anak yang sikapnya tidak tertib
6.
Anak menceritakan kegiatan
main yang dilakukannya
7.
Guru menanyakan konsep yang
ditemukan anak di kegiatan mainnya.
Penutup
1.
Menanyakan perasaan selama
bermain hari ini
2.
Berdiskusi kegiatan apa saja
yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.
Pemberian tugas kepada anak
untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan bertanya kepada orang tuanya tentang
tempat lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong kelahiran
4.
Bercerita pendek yang berisi
pesan-pesan
5.
Menginformasikan kegiatan
untuk esok hari
6.
Berdoa setelah belajar
D. Rencana Penilaian
a. Indikator
Penilaian
Program
Pengemb
|
KD
|
INDIKATOR
|
Nilai Agama
dan Moral
|
1.1
3.1-4.1
|
- Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai
ciptaan Tuhan
- Anak berdoa sebelum dan sesudah belajar
- Anak dapat member tanda V pada
gambar anak yg tertib dan tanda X yang
tidak tertib
|
Motorik
|
2.1
3.4-4.4
|
- Anak terbiasa mencuci tangan dan
menggosok gigi
- Anak dapat menyebutkan nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
|
Sosem
|
2.5,
2.6
|
- Anak terbiasa memberi
salam
- Anak terbiasa mengikuti aturan
|
Kognitif
|
3.6-4.6
|
- Anak mengurutkan angka 1
– 14 membuat bentuk kue ULTAH
|
Keaksaraan/menulis
dan membaca
|
1.13
3.10-4.10
|
- Anak terbiasa berlaku ramah,
- Anak
dapat melengkapi kalimat sederhana
|
Seni
|
3.15-4.15
|
- Anak membuat bentuk kue ULTAH dari plastisin/ clay
|
2. Teknik Penilaian
Ø Catatan hasil
karya
Ø Catatan
anekdotal, dan
Ø Checklist
a.
CHECKLIST
Hari/ tanggal :2-8-2017
Kelompok Usia : 5-6 tahun
No
|
Indikator Penilaian
|
Tingkat Kemampuan
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
1
|
Nilai Agama Moral (NAM)
-Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai ciptaan Tuhan
-
Anak berdoa sebelum dan sesudah
belajar
- Anak dapat memberi tanda V pada gambar anak yg
tertib dan tanda X yang tidak
|
||||
2
|
Fisik Motorik
-Anak terbiasa mencuci
tangan dan menggosok gigi
-Anak dapat menyebutkan nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
|
||||
3
|
Sosial
Emosi
- Anak terbiasa memberi salam
-Anak terbiasa mengikuti aturan
|
||||
4
|
Kognitif Anak mengurutkan angka 1
– 14 membuat bentuk kue ULTAH
|
||||
5
|
Bahasa
Anak terbiasa berlaku ramah,
-Anak dapat melengkapi kalimat sederhana
|
||||
6
|
SENI
Anak membuat bentuk kue ULTAH dari plastisin/
clay
|
b.
CATATAN
ANEKDOT
Kelompok
Usia : 5 – 6 tahun Nama Guru :
Nama Anak
|
Tempat
|
Waktu
|
Peristiwa/ Perilaku
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
CATATAN
HASIL KARYA ANAK
Kelompok
Usia : 5-6 tahun Nama Guru :
No
|
Tanggal
|
Hasil Karya Anak
|
Hasil Pengamatan
|