KELOMPOK
: 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : Alat Komunikasi/ macam alat komunikasi
Semester/
Minggu: 2/ ....
HARI
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
1.2,
2.2,2.3 3.5/ 4.5, 3.12/4.12 3.15/4.15
|
Sikap bersyukur/
menghargai, prilaku ingin tahu, prilaku kreatif, mengenal macam alat
komunikasi, mengelompokkan benda , keaksaraan awal
|
Macam alat
komunikasi
Bercakap-
cakap ttg macam alat komunikasi
Menyusun huruf
yang masih acak menjadi nama alat komunikasi sesuai gambarnya( iletevis,
odari, lepenot, narok)
Mengelompokkan
gambar alat komunikasi, menulis jumlah gambar alat komunikasi
Membuat bentuk
alat komunikasi yang disukai anak dg clay
Menghubungkan
gambar alat komunikasi dg tulisannya
|
SELASA
|
1.2., 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.11/4.11, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Sikap bersyukur/
menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menunjuk dua kumpulan benda
(≠,=) , menggambar alat komunikasi , menghubungkan gambar,
keaksaraan awal |
Macam alat
komunikasi
Melingkari
huruf vokal pada kata yg sama dg vokal yg ditengah
Memberi
tanda (≠,=) pada dua kumpulan gambar alat komunikasi
Menghubungkan
gambar alat komunikasi dg tulisannya
Menggambar
alat komunikasi dg media krayon putih dan pensil
|
RABU
|
1.2, 2.2, 2.3 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.12/4.12, 3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, mengurutkan benda, mengenal
baik dan buruk, keaksaraan awal,
menggunting gambar,
|
Macam alat
komunikasi
Memberi tanda
V pada gambar anak yang tidak berebut dan X pada gambar anak yg berebut
Menulis urutan
gambar alat komunikasi dari yg terkecil sampai terbesar
Menyebutkan
dan menuliskan nama alat komunikasi
Menggunting
gambar alat komunikasi dan menempel pada tempat yg disediakan
|
KAMIS
|
1.2, 2.2, 2.8,
3.2/4.2, 3.5/4.45 3.9/4.9, 3.12/4.12, 3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, mencari perbedaanbenda,
mengenal baik dan buruk, keaksaraan
awal, mewarnai gambar
|
Macam alat
komunikasi
Mencari dan
memberi tanda 5 perbedaan gambar alat komunikasi (telepon)
Mengamati
gambar suasana gambar perpustakaan,
memberi tanda TS jika tidak setuju dan S bila setuju
Menyebutkan
dan menuliskan kata yang mempunyai awalan kata “KO” (komunikasi, koran, kotak, kodok, kosong, kota, kompor
Mewarnai
gambar anak yang bersikap tertib ketika diperpustakaan
|
JUMAT
|
1.2, 2.6, 3.1/4.1, 3.2/4.2 3.14/4.14,
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, mewarnai gambar,
mengenal waktu sholat, mengenal waktu.
|
Macam alat
komunikasi
Hafalan doa
belajar
Mewarnai
gambar anak yang sedang sholat
Mengenal waktu
sholat dan meniru menulis dg rapih (Subuh, dhuhur, ashar, maghrib, isya)
|
SABTU
|
2.2, 2.5, 2.8, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, mewarnai gambar,
keaksaraan awal, menyusun pola
|
Puncak Tema
Bermain “Kuda
Berbisik”
Mengenal alat
komunikasi dalam bhs inggris (book, news, television, radio,
telephon/handphone, magazine, letter}
Colour the
picture
Menyusun pola
gambar alat komunikasi sesuai contoh guru
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
: 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : Alat Komunikasi/ manfaat alat komunikasi
HARI
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|
SENIN
|
1.2, ,2.2, 2.5
3.5/ 4.5, 3.12/4.12 3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, prilaku ingin tahu, prilaku kreatif, prilaku mandiri,
mengenal emosi diri, membuat urutan bilangan 1-10,
|
Manfaat
telepon
Bercakap –
cakap ttg manfaat telepon
Menghubungkan
titik – titik angka 1-10 membuat
bentuk telepon
Memberi nomer
1-4 urutan cerita gambar seri
Memberi tanda
V pada gambar anak yg sopan menerima telepon dan X yang tidak memberi warna
pada gambar anak yang sopan menerima telepon
Menghubungkan
gambar telepon dg perangkat bagian dari telepon
|
|
SELASA
|
1.2., 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.11/4.11, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menjiplak bentuk
geometri, lagu “tukang pos”, keaksaraan awal, mengelompokkan gambar
|
Manfaat surat
Bercakap cakap
tentang manfaat surat
Menyanyikan
lagu “aku tukang pos”
Mengelompokkan
gambar benda yang bentuknya seperti surat
Menceritakan
gambar
|
|
RABU
|
1.2., 2.2,
2.3, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.11/4.11, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menebak kata,
keaksaraan awal, mengurutkan benda, mencocok kertas
|
Manfaat
televisi
Bercakap –
cakap tentang manfaat televisi
Memindah kata
pada kotak kata yang sudah ada huruf akhirnya
Memberi tanda
V pada anak yang benar sikap melihat TV dan X yang tidak benar
Mengurutkan
gambar TV dari yang terbesar ke yang terkecil
Mencocok
gambar bentuk TV dengan rapih
|
|
KAMIS
|
1.2., 2.2,
2.3, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.11/4.11, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menebak kata,
menunjuk dua kumpulan benda (≥ dan≤), mengenal baik dan buruk
|
Manfaat radio
Membuat bentuk
radio dari palstisin
Mencari dan
melingkari kata pada kotak kata acak yang ada hubungan dengan radio
Memberi
tanda (≥ dan≤),pada dua kumpulan
gambar benda
Menebali kata
S pada gambar anak yang dapat berbagi mendengarkan radio dan TS yang tidak
bisa berbagi
|
|
JUMAT
|
1.2, 2.6, 2.14
3.1/4.1, , 3.14/4.14,
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahu, prilaku kreatif, menghubungkan
gambar dan tulisan, mengenal kitab suci, mewarnai gambar
|
Macam alat
komunikasi
Hafalan surat
AL Asr”
Memberi tanda
V pada gambar yang sesuai (Kitab Al-Qur”an) dan tanda X pada gambar yg tdk
sesuai
Menyebutkan
dan menuliskan nama kitab suci (AlQuran, Injil, taurat, tripitaka)
Mewarnai
gambar anak yang sedang rajin mengaji
|
|
SABTU
|
2.2, 2.3, 2.8, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.15.4.15
|
Sikap
bersyukur/ menghargai, sikap ingin tahumengenal benda, karya seni,
|
Puncak Tema
Praktek
langsung membuat telepone dari kaleng
Membuat surat
untuk temanku
|