PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU (PPI)
1.
Identita Anak :
a.
Nama Anak : Abimanyu
b.
Umur Anak : 6 tahun
c.
Jenis Ketunaan : Tuna Grahita
d.
Program Pengembangan : Kognitif (3.6/4.6), Seni (3.15/4.15)
e. Kompetensi dasar (KD : 3.6. Mengenal benda -benda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran,
pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6.
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
: 3.15. Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
:
4.15. Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
f. Kegiatan /Materi : Kognitif
: Mengenal konsep benda apel
Seni : Bermain plastisin (membuat
bentuk apel )
g. Alat dan bahan : Plastisin/ Clay, buah apel
2. Kelebihan Anak :
a. Abi mempunyai minat di bidang seni
b. Minat belajarnya cukup tinggi
3.
Kelemahannya :
a. kemampuan motoriknya masih lemah
b. Abimanyu
anaknya moody (emosi , minat dan keinginannya) mudah berubah
4.
Tujuan Pembelajaran :
a. mengenalkan konsep buah apel
a. melatih motorik
anak agar anak mampu meremas, mengepal,
memegang
b.,agar anak mampu
membuat karya seni sederhana membuat
bentuk dari clay / plastisin
5. Metode pembelajaran :
a. Demonstrasi
b. Tanya jawab
c. Pemberian Tugas
6. Evaluasi :
Pengamatan keaktifan
anak
LEMBAR INSTRUMEN PENGAMATAN
(lembar pengamatan guru)
·
Tabel
Pengamatan Keaktifan dan Tanya Jawab ABK
No
|
Nama Siswa
|
Sangat Aktif
|
Aktif
|
Cukup Aktif
|
Kurang Aktif
|
Tidak Aktif
|
1.
|
……………
|
………….
|
……..
|
……………
|
…………….
|
……………
|
2.
|
……………
|
…………
|
……..
|
……………
|
…………….
|
……………
|
3.
|
……………
|
…………
|
…….
|
……………
|
…………….
|
……………
|
4.
|
……………
|
…………
|
…….
|
……………
|
…………….
|
……………
|
5.
|
……………
|
…………
|
…….
|
……………
|
…………….
|
……………
|
RENCAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP MODIFIKASI)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP MODIFIKASI)
NAMA SEKOLAH : TK Negeri Pembina
Kawedanan
Kelompok/ Usia : B/ 5 – 6 tahun
SEMESTER /Minggu :
I / 9
Tema/ Sub. Tema : Tanaman / Buah Apel
KD YANG DIKEMBANGKAN : 1.1,
2.1, 2.3, 2.8,3.5. 4.5 , 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.12, 4.12,3.14/4.14, 3.15, 4.15
I.
MUATAN
MATERI
Anak Reguler
|
ABK
(Anak Tuna Grahita)
|
1.
Mengurutkan buah apel
dari yg terkecil sampai terbesar
2.
3 M (mewarnai, mencocok,
menempel) gambar apel
3.Melengkapi
kata yg belum sempurna a _ _ _
4.
Menceritakan gambar “Pergi Ke Kebun Apel”
|
1.
mengurutkan buah apel
2.
membuat bentuk apel dari plastisin
3. menyempurnakan huruf
a yang masih berupa titik – titik
|
II.KEGIATAN PEMBELAJARAN :
NON ABK
|
ABK
|
TUNA GRAHITA
|
|
· PEMBUKAAN
Menertibkan
siswa sebelum memasuki kelas
(( BERBARIS)
|
· PEMBUKAAN
M Menertibkan
siswa sebelum memasuki kelas (BERBARIS)
.
|
· Appersepsi, PenjelasanTema, SOP Aturan Bermain (misal
: membereskan setelah bermain, dll)
|
·Appersepsi,
PenjelasanTema, SOP Aturan Bermain (misal : membereskan setelah bermain, dll)
|
Kegiatan
INTI :
1.
Guru mengajak anak
mengamati alat dan bahan yang disediakan
2.
Guru menanyakan
konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
3.
Guru menanyakan
kepada anak dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut?
|
Kegiatan INTI :
1.
1. Guru mengajak
anak mengamati alat dan bahan yang disediakan
2.
2. Guru menanyakan
konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
3.
3.Guru menanyakan kepada anak dimana
mereka pernah menemukan konsep tersebut?
|
4.
Guru
mempersilakan anak mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang
dipahami anak.
5.
Anak melakukan
kegiatan sesuai yang diminati dan gagasannya:
|
4. Guru membantu anak berkebutuhan khusus untuk
memilih kegiatan yang disukai
|
6.
Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
|
5. Anak menjawab pertanyaan ttg kegiatan main yang dilakukannya
|
PENUTUP
7.
Menanyakan perasaan selama
bermain hari ini
8.Berdiskusi kegiatan
apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
9.Menginformasikan
kegiatan untuk esok hari
10.Berdoa setelah
belajar
|
PENUTUP
6. Menanyakan perasaan selama bermain hari ini
7.
Menanyakan kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari
ini, mainan apa yang paling disukai
8.
Menginformasikan
kegiatan untuk esok hari
9.
Berdoa setelah
belajar
|
ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR:
1.
Lembar Kerja , buah apel
2.
Lembar Kerja melengkapi kata yg belum sempurna a _ _ _
3.
Gambar apel, jarum cocok, krayon,
lem,buku merekat
4.
Gambar Pergi Ke Kebun apelli/
menyempurnakan kata apel
5.
Membuat bentuk apel dari
plastisin (ABK)
6.
Lembar kerja menebali
huruf a (ABK)
PENILAIAN :
D. Rencana Penilaian
a. Indikator Penilaian
Program
Pengemb
|
KD
|
INDIKATOR
|
Nilai Agama
dan Moral
|
1.1
3.1-4.1
|
- Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai
ciptaan Tuhan
- Anak berdoa sebelum dan sesudah belajar
|
Motorik
|
2.1
3.4-4.4
|
- Anak terbiasa mencuci tangan dan
menggosok gigi
- Anak dapat menyebutkan nama anggota
tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
|
Sosem
|
2.5,
2.6
|
- Anak terbiasa memberi
salam
- Anak terbiasa mengikuti aturan
|
Kognitif
|
2.2,
3.3/4.3, 3,8,4.8
|
- Anak dapat mengurutkan
gambar buah apel dari yg terkecil sampai terbesar
|
Keaksaraan/menulis
dan membaca
|
3.2/4.2,
3.12-4.12
|
-
Anak dapat melengkapi kata apel
- Anak dapat menebali huruf a (ABK)
|
Seni
|
3.15-4.15
|
- Anak dapat mewarnai mencocok menempel gambar buah apel dg rapih
- Anak
dapat membuat bentuk apel dari plastisin (ABK)
-.
|
Bahasa
|
3.11,4.11
|
-
anak dapat menceritakan gambar pergi kekebun apel
|
2. Teknik Penilaian
Ø Catatan hasil karya
Ø Catatan anekdot, dan
Ø Checklist
a.
CHECKLIST
Hari/ tanggal :
selasa, nopember 2016 Kelompok Usia :
No
|
Indikator Penilaian
|
Tingkat Kemampuan
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
1
|
Nilai Agama Moral (NAM)
-Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai ciptaan Tuhan
- Anak berdoa sebelum dan sesudah belajar
|
|
|
|
|
2
|
Fisik Motorik
-Anak terbiasa mencuci
tangan dan menggosok
gigi
-Anak dapat menyebutkan nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
|
|
|
|
|
3
|
Sosial
Emosi
- Anak terbiasa memberi salam
-Anak terbiasa mengikuti aturan
|
|
|
|
|
4
|
Kognitif
Anak dapat
mengurutkan gambar dari yg terkecil sampai terbesar
|
|
|
|
|
5
|
Baca Tulis
-Anak dapat melengkapi kata yg belum sempurna
-Anak dapat menyempurnakan / menebali huru
a (ABK)
|
|
|
|
|
6
|
SENI
3 M
(mewarnai. Mencocok,menempel) gambar apel
Anak
dapat membuat bentuk apel dari plastisin (ABK)
|
|
|
|
|
7
|
Bahasa
Anak dpt
menceritakan gambar
|
|
|
|
|
b.
CATATAN
ANEKDOT
Kelompok
Usia : 5 – 6 tahun
Nama
Anak
|
Tempat
|
Waktu
|
Peristiwa/
Perilaku
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
CATATAN
HASIL KARYA ANAK
Kelompok
Usia : 5-6 tahun
No
|
Tanggal
|
Hasil
Karya Anak
|
Hasil
Pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR INSTRUMEN PENGAMATAN
(lembar pengamatan guru)
·
Tabel
Pengamatan Keaktifan Tanya Jawab dan Diskusi (siswa ABK)
No
|
Nama Siswa
|
Sangat Aktif
|
Aktif
|
Cukup Aktif
|
Kurang Aktif
|
Tidak Aktif
|
1.
|
……………
|
………….
|
……..
|
……………
|
…………….
|
……………
|
2.
|
……………
|
…………
|
……..
|
……………
|
…………….
|
……………
|
3.
|
……………
|
…………
|
…….
|
……………
|
…………….
|
……………
|
4.
|
……………
|
…………
|
…….
|
……………
|
…………….
|
……………
|
5.
|
……………
|
…………
|
…….
|
……………
|
…………….
|
……………
|
Keterangan non ABK:
Sangat aktif =
Aktif =
Cukup =
Kurang aktif =
Tidak aktif =
|
Keterangan
ABK:
Sangat aktif =
Aktif =
Cukup =
|