Selasa, 15 Oktober 2019

Contoh RPPM KLP B Semester 1



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)


TEMA
:   DIRIKU
KELOMPOK
:   B

SUB TEMA
: Identitas diri(Nama,jenis kelamin, Usia, nama ayah , Nama ibu )
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 1

KD                    :   1.1, 2.4, 2.5, 2.8, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12,3.15, 4.15.
TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN

Anak mengetahui identitas dirinya
Mengetahui jenis kelamin
Dan dapat membedakan antara laki-laki dan perempuan
*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

1.1  Mengenal Agama yang di anut
Mengenal agama yang di yakini

2.5.Berani tampil di depan umum
Menyebutkan identitas diri dengan lengkap

2.4 Merapikan Mainan
Merawat, merapikan mainan setelah bermain

3.1 / 4,1 Menyanyi lagu AKU
Menyanyi lagu Aku

3.2 / 4.2 Memberi &membalas salam
Membiasakan anak memberi dan membalas salam

               Mengenal Perilaku baik dan sopan
Menyebutkan/menunjukkan anak yang berperilaku baik

3.3/4.3        Bermain plastisin
Bermain Plastisin

              Meronce
Meronce membuat kalung

              Bermain Balok
Bermain Balok

3.6 / 4.6Perbedaan suara anak laki-laki dan perempuan
Mengelompokkan gambar anak menurut jenis kelamin

               Membilang
Menghitung teman menurut jenis kelamin

              Mengenal Bentuk Geometri
Menyebutkan macam-macam bentuk geomatri

              Mengelompokkan
Mengelompokkan Balok berdasarkan ukuran

3.10./ 4.10 Identitas anak dengan lengkap       
Menyebutkan perbedaan anatara anak laki-laki dan perenpuan

3.11 / 4. 11 Berkenalan
Berkenalan/Menebutkan nama teman satu kelas

                Bercerita
Menceritakan tentang alamat rumah

3,12 / 4.12 Menggerakkan jari-jari tangan 
Menulis nama panggilan anak , alamat , nama ayah & ibu

3.15 / 4.15 Mewarnai gambar   
Mewarnai gambar anak laki-laki dan perempuan

                  Menjiplak
Menjiplak jari tangan











RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   DIRIKU
KELOMPOK
:   B


SUB TEMA
: Tubuhku(Ciri-ciri Tubuh, Anggota Tubuh)
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 2


KD                               :   1.1, 2.1, 2.8,2.9,, 3.1/4.1, 3.2/4.2, 3.3/4.3, 3.6/4.6, 3.10/4.10, 3.11/4.11, 3.12/4.12,3.15/4.15

TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
Anak Mengenal Anggota tubuh,
Mengetahui fungsi anggota Tubuh
Mengetahui Ciptaan Tuhan

*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

1.1 Tubuhku ciptaan  Tuhan
Diskusi tentang tubuh ciptaan Tuhan
2.1 Menjaga kebersihan tubuh
Menggosok gigi sendiri, cuci tangan sendiri
2.8Mengurus dirinya sendiri
Menyisir rambut sendiri, memakai sepatu sendiri
2.9 Memiliki sikap peduli
Menunjukkan sikap yang peduli pada temannya
3.1/ 4, 1 Menyanyi lagu AKU
Menyanyi lagu Aku, dll
3.2./ 4.2.Menunjukkan perbuatan mulia
Meminta maaf dengan jabat tangan yang benar
3.3 / 4.3Anggota tubuhku
Menempel gambar bagian-bagian tubuh pada tempat yang benar
3.3./ 4.3..Kegunaan anggota tubuh
Menyebutkan fungsi /guna anggota tubuh
3.5/3.5  Mencari Perbedaan
Mencari perbedaanpada sebuah gambar
3.5 / 4.5 Mengurutkan benda dari besar-kecil
Mengurutkan gambar sepatu dari yg terkeci-terbesar
3.6/ 4.6 Memasangkan gambar yang sesuai
Menghubungkan gambar anggota tubuh dengan pasangannya
3.6/4.6 Urutan pola       
Mengurutkan  bilangan dengan benda- benda
3.6/4.6. Konsep bilangan       
Menghitung jari tangan dan jari kaki
3.10/4.10 Ciri-ciri tubuh       
Menulis nama-nama anggota tubuh
3.11/ 4.11 Pengenalan expresi wajah
Menunjuk teman yang sedang senang,sedih,marah
3,11./ 4.11. Gambar / cerita
Menceritakan pengalaman anak di pagi hari
3,12./ 4.12Menggerakkan jari-jari tangan
Menulis anggota tubuh yang berada di kepala
3.15/4.15 Menjiplak
Menjiplak jari – jari tangan
3.15 / 4.15 Menggambar
Bercerita tentang gambar










RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   DIRIKU
KELOMPOK
:   B


SUB TEMA
: PANCA INDRA
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 3


KD                                   :   1.1, 1.2, 2.1, 2.5, 2.8. 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12,3.15, 4.15

TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
Anak Mengenal Macam-Macam Panca Indra,
Mengetahui fungsi Panca Indra

*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

1.1Panca indra ciptaan Tuhan
Diskusi tentang panca indra
1.2.Menyayangi diri sendiri
Merawat panca indra
2.1.Menjaga kebersihan
Mewarnai gambar anak menggosok gigi
2.5Berani tampil di depan umum
Bercerita tentang pengalaman
2.8Mengurus dirinya sendiri
Bercerita tentang gambar yang dibuatnya
3.1/ 4,1 Mengenalkegiatan ibadah
Melakukan kegiatan praktek sholat
3.2./4.2 Mengetahui tata cara makan
Menunjukkan cara makan yang benar
3.3/ 4.3 Macam-macam  rasa ,suara ,bau 
Merasakan macam-macam makanan

Mencium bau
3.6/ 4.6.Perabaan (kasar-halus)
Membedakan benda berdasarkan kasar-halus

Mewarnai gambar yang kasar halus
3.6/4.6 Membilang
Membilang jumlah panca indra
3.6/4.6 Bermain Balok
Menyebutkan macam dan warna balok geometri
3.6/4.6 Mengurutkan pola
Mengurutkan pola gambar panca indra
3.10./,4.10. Macam-macam panca indra      
Menyebutkan dan menunjukkan macam-macam panca indra
3.11./4.11 Pengenalan expresi wajah
Melengkapi gambar wajah
3,12/ 4.12.Mengenal huruf vokal dan konsonan
Melengkapi huruf vokal pada gambar panca indra
3.14/ 4.14.Menggambar
Menggambar orang yang proporsional

Bermain tebak-tebakan (kata,bau ),bisik berantai,petak umpet

Menghitung hasil penjumlahan dengan benda

Membuat bentuk kaca mata pada gambar kepala









RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   AKU ANAK INDONESIA
KELOMPOK
:   B


SUB TEMA
:  PERINGATAN HUT RI KE -72
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 4


KD                                   :  

TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
Mengenalkan cinta Tanah Air
Bersikap kooperatif dalam perlombaan
Meningkatkan kebersamaan, kekompakan
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

2.2 mentaati aturan main
Lomba Makan Kerupuk
3.3/4.4 melakukan permainan khusus/ lomba
Lomba Memindah bendera
3.7/4.7 Memahami budaya nusantara
Lomba Memasukkan pensil dalam Botol
2.4 Bermain alat musik
Pawai drumband









































RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)


TEMA
:   DIRIKU
KELOMPOK
:   B


SUB TEMA
:  KESUKAANKU
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 5


KD                                   :   1,2,2.5, 3.3/4.3, 3.6/ 4.6,3.7/4.7,3.10/4.10, 3.11/4.11 3.13, 4.13, 3.14/4.14

TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
 Mengetahui apa saja yang di senangi

*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

1.2 Mengucap Syukur atas karunia Allah
Mengucapkan “ Alamdulillah” ketika mendapatkan sesuatu
3.1/4.1 mengenal macam-macam doa dan surat pendek
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
3.13/4.13 Bisa mengendalikan emosi secara wajar
Mau meminjamkan mainan kesukaan kepada teman
3.14/4.14 Mengetahui benda kesukaannya
Menunjujkan dan mewarnai gambar benda kesukaannya
2.5 Berbicara dengan sopan
Menyebutkan mainan kesukaan anak laki-laki
3.7/4.7Menunjukkan posisi benda
Menunjukkan posisi benda Atas, bawah, depan dan belakang
3.11/4.11 Bercerita
Bercerita tentang mainan kesukaaanya
3.10/4.10 Bermain
Bermain dengan benda kesukaannya
3.6/4.6 Membilang
Membilang gambar mainan
3.6/4.6 Mengenal macam-macam rasa
Menyebut dan mencari sebanyak-banyaknya makanan yang mempunyai rasa manis
3.6/4.6 Mengurutkan konsep banyak- sedikit
Mengurutkan minuman teh dari yang paling sedikit ke yang paling banyak

Menyebutkan perbedaan  2 macam mainan

Lomba mengambil mainan kesukaan dari dalam kotak sejauh 2 meter
3.3/3.4 Menggunting sesuai pola
Menggunting gambar makanan favorit

Mencipta bentuk mainan dari kepingan bentuk geometri

Meronce dengan sedotan












RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   LINGKUNGANKU
KELOMPOK
:   B


SUB TEMA
: KELUARGAKU ( Anggota, tugas masing-masing, kebiasaan, tata tertib
SEMESTER/MINGGU 
:   1 /6


KD                    :  :   1.1, 1.2, 2.1, 2.3. 2.4, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5,3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 49,3.15, 4.15

TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
Anak mengenal anggota keluarga
Mengetahui tugas anggota keluarga
Mengetahui tata tertib dalam keluarga

*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

1.1.Menjaga dan melestarikan lingkungan
1.Menyanyi lagu Kasih Ibu
1.2Kelestarian lingkungan
2.Menyebutkan anggota keluarga
2.1Kebersihan lingkungan
3.Menggunting gambar dot adik
2.3.Berkreasi menggunakan berbagai media
4.Kebiasaan minta ijin orang tua sebelum berangkat sekolah
2.4.Penataan lingkungan keluarga
5.Mewarnai gambar anggota keluarga
2.6.Berangkat sekolah
6.Mencari jejak gambar binatang piaraan
2.9.Gotong royong /tolong menolong
7.Bicara sopan dengan ayah/ibu
2.10.Mau bermain dengan teman
8.Tanya jawab tata tertib dalam keluarga
2.11.Menyesuaikan diri dengan lingkungan        
9.Suku kata awal nama anggota keluarga
3.1.dan 4.1.Menyanyi lagu Kasih Ibu
11.Diskusi tentang tugas-tugas anggota keluarga
3.2..dan 4.2.Bersikap sopan pada orang tua
12.Mengelompokkan benda/gambar yang biasa dipakai ayah,ibu
3.5.dan 4.5.Mencari jejak
14.Bercerita kebiasaan di rumah (mambantu membersihkan rumah)
3.6.dan 4.6.Pengenalan konsep & lambang bilangan
15.Memberi angka pada gambar adik
3.7.dan 4.7.Pengenalan nama anggota keluarga
16.Menggambar/mewarnai anggota keluarga
3.9.dan 4.9.Pengenalan alat-alat dalam keluarga        
17.Meroce membuat kalung
3.15. dan 4.15.Gerakan senam,tari
18.Memasangkan gambar sesuai pasangannya

19.Menirukan 3-4 urutan kata

20.Membilang jumlah anggta keluarga

22.Memberi tanda perbuatan benar dan salah

23.Membuat bentuk setrika dari plastisin









RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   LINGKUNGANKU
KELOMPOK
:   B


SUB TEMA
: RUMAHKU
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 7


KD                                   :   1.1, 1.2, 2.1, 2.3. 2.4, 2.6, 2.10, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6,3.7, 4.7, 3.9, 4.9,3.15,  4.15.

TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
Mengetahui guna Rumah
Mengeahui bagian-bagian rumah

*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

1.1.Menjaga keamanan rumah
1.Berdiskusi tentang guna rumah
1.2Kelestarian lingkungan rumah
2.Menyebutkan bagian-bagian rumah
2.1Kebersihan lingkungan rumah
3.Membersihkan rumah ( kelas)
2.3.Berkreasi menggunakan berbagai media
4.Membuat rumah dengan balok-balok
2.4.Penataan  ruang  tamu
5.Melipat kertas menjadi bentuk rumah
2.6.Berangkat sekolah minta ijin orang tua
6.Mengelompokkan gambar perkakas rumah
2.9.Gotong royong membuat rumah
7.Menyanyi lagu rumah kami
2.10.Mau bermain dengan teman di rumah
8.Membuat coretan, jalan menuju rumah
2.11.Menyesuaikan diri dengan lingkungan        
9.Menghubungkan gambar rumah ibadah sesuai agama
3.1. dan 4.1..Menyanyi lagu rumahku
11.Menggunting gambar perkakas rumah
3.2..dan 4.2..Bersikap sopan pada orang tua
12.Menghitung benda-benda yang ada di dalam rumah
3.4.dan 4.4.Membuang sampah pada tempatnya         
13.Menyebutkan ruangan-ruangan yang ada di rumah
3.5.2.dan 4.5.Mencari jejak rumahku
14.Menggambar bebas dengan krayon
3.6.dan 4.6.Lambang bilangan
15.Mewarnai gambar masjid
3.7.dan 4.7.Rumah tempat ibadah
16.Bergerak sesuai irama musik
3.9 dan 4.9.Pengenalan bagian-bagian rumah         
17.Memberi angka pada gambar bagian-bagian rumah
3.15 dan 4.15.Gerakan senam,tari
19.Membuat bentuk rumah dengan lidi-lidi

22.Menirukan 3 – 4 urutan kata ( rumahku sangat bersih )

25.Melengkapi kalimat

26.Membuat gambar sesuai angka

28.Melengkapi kata di bawah gambar rumah









RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   LINGKUNGANKU
KELOMPOK
:   B

SUB TEMA
:   SEKOLAHKU
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 8

KD                    `               :   1.1, 1.2, 2.1, 2.3. 2.4, 2.6,2.9, 2.10, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5,3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9. 3.12 , 4.12 ,   3.15, 4.15.
TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
Mengetahui apa saja yang ada di sekolah
Mengetahui macam-macam mainan dan alat-alat sekolah


*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

1.1.Menjaga dan melestarikan sekolahku
1.Menyanyi lagu Taman yang paling indah
1.2.Kelestarian lingkungan sekolah
2.Berdiskusi tentang guna sekolah
2.1.Kebersihan lingkungan sekolah
3.Mengelompokkan alat-alat sekolah
2.3.Berkreasi menggunakan berbagai media
4.Bermain di halaman
2.4.Penataan lingkungan kelas
5.Menggunting gambar ayunan
2.6.Berangkat sekolah tepat waktu
6.Menggambar bebas sekolahku
2.6.Memakai seragam sekolah
7.Merapikan mainan bersama-sama
2.9.Tolong menolong dengan teman
8.Kerja bakti membersihkan kelas
2.10.Merapikan mainan bersama-sama
9.Mencari jejak menuju sekolah
2.11.Tidak mengganggu teman        
10.Menyebutkan warga sekolah
2.14.Memperhatikan guru/teman bicara
11.Menebali suku kata awal sama, gambar alat – alat sekolah
3.1. dan 4.1.Menyanyi lagu Taman yang indah
12.Mencocok gambar buku
3.2dan 4.2.Bersikap sopan pada pendidik
13.Menghitung  pensil,buku, penghapus,krayon,  balok dll
3.4.dan 4.4..Membuang sampah pada tempatnya         
14.Gerak lagu
3.5.dan 4.5.Mencari jejak sekolahku
15.Merapikan kelas /mainan
3.6.dan 4.6.Urutan pola
16.Mengurutkan bilangan
3.7.dan 4.7.Pengenalan warga sekolah
17.Menirukan 2-3 urutan kata
3.9.dan 4.9.Pengenalan alat-alat untuk sekolah                  
18.Mengurutkan pola gambar alat-alat sekolah
3.12. dan 4.12.Pengenalan huruf vokal & konsonan
19.Memanjat, bergantung dan berayun
3.15. dan 4.15.Gerakan senam,tari
20.Mewarnai gambar alat permainan di luar kelas , gambar baju seragam

21.Menyebutkan huruf vokal dan konsonan nama alat – alat sekolah








RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   KEBUTUHANKU
KELOMPOK
:   B

SUB TEMA
: MAKANAN(Manfaat, sumber, jenis, alat-alat memasak )
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 9

KD                                   :   1.1, 2.2. 2.4, 2.6,2.13,3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7 4.7, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12,3.15, 4.15.
TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
Mengetahui apa saja yang di senangi

*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

1.1Bersyukur atas  nikmat Tuhan (makanan)
Berdiskusi tentang guna makanan bagi tubuh
2.2Mencoba memasak  nasi
Menceritakan cara memasak nasi
2.2 Membuat Adonan Donat
Membuat adonan donut dari tepung
2.4.Gerakan sederhana
Mencuci tangan yang benar sebelum makan
2.6 Tata tertib makan
Memperagakan makan yang tertib dan sopan ( memberi tanda )
3.3 dan 4.3.Makan dengan tangan kanan
Membersihkan alat-alat makan setelah digunakan
3.3 dan 4.3 Melipat membuat tisu
Melipat bentuk tisu
3.3 dan 4.3 Mencocok gambar
Mencocok gambar alat makan
3.4.dan 4.4.Makan yang teratur & makanan makanan yang bergizi
Memilih makanan yang sehat dan bergizi ( sebab akibat )
3.5.dan 4.5. Puzel          
Menyusul puzel gambar panci
3.6 dan 4.6 Mengelompokkan gambar
Mengelompokkan gambar makanan
3.6.dan 4.6.Meneruskan pola alat-alat makan
Meneruskan pola gambar alat-alat untuk makan
3.6.dan 4.6.Konsep bilangan
Menghitung gambar kue
3.7 dan 4.7 Menunjukkan posisi
Menyebutkan posisi gambar makanan
3.9.dan 4.9Pengenalan alat-alat makan , memasak
Menghubungkan gbr alat–alat memasak dng kartu kata
3.10 dan 4.10Percakapan dengan teman              
Menulis Bahan untuk membuat kue
3.12dan 4.12.Huruf awal sama nama makanan
Meniru menulis nama-nama makanan
3.15 dan 4.15 Makanan kesukaanku
Menghias kue

Menggambar peralatan memasak










RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   KEBUTUHANKU
KELOMPOK
:   B


SUB TEMA
:Pakaian
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 10


KD                                   :   1.1, 1.2. 2.2, 2.6,3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12,3.15, 4.15.

TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
Mengenal macam pakaian dan fungsi atau gunanya
*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

1.1. Bersyukur atas  nikmat Tuhan(bahan pakaian)
1.Berdiskusi tentang macam pakaian
1.2 Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
2.mewarnai gambar baju yang dipakai untuk ke masjid
2.2 Permainan eksploratif
3 Permainan warna .membuat batik dengan kelereng
2.6 Mentati peraturan (disiplin)
4.Berpakaian rapi di sekolah dg mencari 4 perbedaan seragam pd gmbr
3.1 dan 4.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
5.Mengucapkan doa memakai baju
                 Praktek sholat
6.Praktek sholat shubuh
3.3 dan 4.3 Menggambar
7.Menggambar bentuk baju
                   Perlengkapan pakaian
8.Menghias gambar topi dengan motif bunga
                   Menggunting
9.Menggunting pola celana / rok
3.6 dan 4.6 Mengenal benda berdasarkan fungsinya
10.Memasangkan gbr pakaian sesuai nomor yg tertera pada kaos
3.5.dan 4.5.Konsep bilangan
11. Membuat gambar sesuai bilanganya
3.6 dan 4.6 Mengenal perbedaan ukuran lebih banyak /sedikit
12.Memberi tanda (>,=,<) pada gambar benda
                   Mengelompokkan benda sesuai fungsinya
13.Melingkari merah pada gambar pakaian dan biru yg bukan pakaian
3.8 dan 4.8 Mengenali cuaca lingkungan sekitar
14. Melingkari gambar anak yg memakai pakaian sesuai cuaca dingin
3.11 dan 4.11 Membuat cerita dengan merangkaikan gambar seri
15.Menceritakan dan melengkapi kalimat sederhana cara merawat pakaian
3.12.dan 4.12Pengenalan kata dari gabungan huruf vocal & konsonan
16.Meniru menulis jenis2 pakaian
3.15 dan 4.15Membuat karya seni dengan cara menjahit
17.Menirukan gerakan menjahit rok/celana kertas dengan benang
                    Membuat karya seni dalam bentuk musik
18.Bermain drumband












RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   KEBUTUHANKU
KELOMPOK
:   B


SUB TEMA
: Kebersihan, Kesehatan, Keamanan
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 11


KD                                   :   1.1, 2.2. 2.4, 2.6, 2.7, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12,  3.14, 4.14

TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
Mengenal macam macam alat kebersihan, bahaya obat dan cara menjaga kebersihan diri
*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

1.1.4.Bersyukur atas  nikmat Tuhan(sehat)
1.Berdiskusi tentang mengapa harus sehat
2.2.1.M
2.Tata cara buang air yang benar
2.4.2.Gerakan sederhana
3.Menunjukkan alat-alat kebersihan badan
2.13.1.Tidak mengambil barang milik orang lain
6.Mengelompokkan macam-macam obat, benda – benda berbahaya
2.14.1.Kebiasaan mengucap terimakasih         
7.Membuat jamu jawa (kunyit)
3.1.2& 4.1.2.Berdoa  sebelum minum obat
8.Membuat bentuk sabun,sikat gigi,odol dengan plastisin
3.3.5 dan 4.3.5.Senam
9.Mencocok bentuk jaket
3.4.8.dan 4.4.8.Tata cara buang air yang benar
10.Montase gambar obat-obatan
3.5.1.dan 4.5.1.Konsep penjumlahan       
11.Menirukan 4 urutan kata
3.6.4.dan 4.6.4.Meneruskan pola alat kebersihan
12.Menimbang berat badan, mengukur lingkar kepala, tinggi badan
3.9.1.dan 4.9.1.Pengenalan alat-alat kebersihan
13.Menjumlahkan benda - benda
3.10.2 dan 4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata              
14.Melengkapi kata pada gambar alat-alat kebersihan
3.12.1.dan 4.12.1.Huruf vokal dan konsonan
15.Bermain lompat tali , bola
3.14.2.dan 4.14.2.Senang berolahraga
16.Menghubungkan gambar dengan kata ( alat – alat untuk mandi )

17.Membuat mainan dengan bekas bungkus sabun mandi

18.Bercerita tentang anak yang tidak menjaga kesehatan

19.Memilih benda – benda yang berbahaya bagi diri anak

21.Bermain peran

22.Menirukan gerakan sederhana










RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TEMA
:   BINATANG
KELOMPOK
:   B
SUB TEMA
: Binatang Darat
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 12
KD                                   :   1.1, 2.3, 2.4, 2.5.2.6, 2.9, 2.12, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.15, 4.15.     



MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
Mengetahui binatang darat, ciri-ciri, suara dan cara merawatnya
*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

1.1.Macam-macam binatang darat
1.Berdiskusi tentang binatang yang hidup di darat dan makananya
2.3.Gambar-gambar binatang darat
2.Mengelompokkan gambar binatang darat
2.4.Gerakan/jalannya  binatang
3Gerak lagu ayam trondol
2.5Cerita pengalaman anak
4.Bercerita tentang pengalaman memberi makan ayam
2.6Sportif dalam permainan
5.Permainan anak ayam
2.9.Cerita bergambar ttg tolong menolong
6.Mengurutkan gambar seri perkembangbiakan ayam
2.12.Memberi makan binatang
7.Memberi makanayam
3.2. & 4.2.Tidak menyakiti binatang         
8.Menebali tulisan pada gambar anak yang merawat binatang
3.3.& 4.3.Melompat seperti binatang
9.Mengurutkan gambar seri perkembangbiakan ayam
3.5.dan 4.5.Mencari jejak rumah binatang
10.Mencari jejak kandang ayam Bersyair ayamku
3.6.dan 4.6.Suara –suara binatang darat
11. Menirukan suara ayam,kucing dan sapi
3.6 dan 4.6 Membilang jumlah benda
11. Membilang jumlah gambar binatang darat
3.8.dan 4.8.Perkembang biakan binatang darat
12. Mengurutkan gambar seri tentang perkembangbiakan ayam
3.10.dan 4.10Suku kata awal/akhir nama binatang darat
13.Menyebutkan suku awal yang sama nama2 binatang darat
3.11.dan 4.11.Syair tentang  binatang darat
14.Bersyair ayamku Melengkapi kalimat yang sudah dimulai guru
3.13.dan 4.13.Beradaptasi dengan lingkungan
15.Menggambar binatang peliharaan
3.15.dan 4.15.Tertarik pada aktifitas seni
16.Melukis dengan bulu ayam

17.Meronce membuat hiasan jendela
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   BINATANG
KELOMPOK
:   B


SUB TEMA
: Binatang Air (ciri-ciri, dll)
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 13


KD                                   :   1.1, 2.3, 2.4, 2.5.2.6, 2.9, 2.12, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11,3.13, 4.13, 3.15, 4.15.        

TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
Mengetahui  binatang  apa saja yang hidup di air, makanan dan cirri-cirinya
*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi

1.1.Macam-macam binatang air
1.Berdiskusi tentang macam-macam binatang air, amphibi
2.3.Gambar-gambar binatang air
2.Mewarnai gambar binatang yang hidup di air
2.4.2.Gerakan/jalannya  binatang
3.Bercerita tentang ikan piaraannya Menirukan gerakan ikan berenang
2.5.6.Cerita pengalaman anak
4.Bercerita tentang ikan piaraannya
2.6.6.Mengembalikan mainan pada tempatnya
5.Membuat aquarium dari  balok
2.12.4.Memberi makan binatang (ikan)
7. Memberi makan ikan
3.2.7 & 4.2.7.Tidak menyakiti binatang         
8.Menebali suku kata awal nama binatang air
3.3 & 4.3.Meniru melipat bentuk sedrehana
9.Melipat bentuk ikan
3.5.2 dan 4.5.2.
10.Menyanyi lagu ikanku
3.6.7.dan 4.6.7.Konsep dan lambang bilangan
11.Menghitung jumlah gambar ikan
3.7.7.dan 4.7.7.Permainan menjaring ikan       
12.Permainan menjala ikan
3.8.7.dan 4.8.7.Perkembang biakan binatang air
13.Menghubungkan gambar binatang dengan lambang bilanganya
3.10.4.dan 4.10.4.Suku kata awal/akhir nama bntg air
14.Mengurutkan gambar ikan dari yang paling kecil-besar
3.13.4.dan 4.13.4.
17.Kolase gambar ikan dengan biji-bijian
3.15.4.dan 4.15.4.Tertarik pada aktifitas seni
18.Menggamabar bentuk ikan

19.Membuat berbagai bentuk ikan dari plastisin

20.Menceritakan isi gambar yang telah dibuatnya












RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   BINATANG
KELOMPOK
:   B


SUB TEMA
: Binatang yang bisa Terbang
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 14


KD                                   :   1.1, 2.3, 2.4, 2.5.2.6, 2.9, 2.12, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8, 4.8, 3.10,4.10,3.13, 4.13, 3.15, 4.15.

TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
Mengenal binatang apa saja yang bisa terbang, cirri-cirinya serta suaranya
*      Bercerita
*      Bermain
*      Bernyanyi
*      Tanya Jawab
*      Demonstrasi


1.1.Tidak menyakiti ciptaan Tuhan ( binatang )
1.Menggambar bebas binatang yang bisa terbang
2.3.Gambar-gambar binatang yang bisa terbang
2.Melingkari binatang yg bisa terbang
2.4.Gerakan binatang yang bisa terbang
3.Menirukan suara –suara burung , lebah
2.5.Cerita pengalaman anak
4.Bercerita tentang burung piaraanya
2.6.Mengembalikan mainan setelah digunakan
5.Mengurutkan gambar seri perkembang biakan kupu-kupu
2.9.Cerita bergambar ttg tolong menolong
6.Menceritakan gambar anak yang suka menolong
2.12.Memberi makan burung
7.Memberi makan burung piaraan
3.2.& 4.2.Berbuat baik terhadap makluk Tuhan          
8.Memberi  tanda  V pada gambar anak yang menyayangi binatang
3.3.& 4.3.Terbang seperti kupu/burung
9.Menirukan gerakan kupu-kupu terbang

10.Menempel bentuk kumbang dari kepingan geometri
3.5.dan 4.5.Konsep penjumlahan
11.Menghitung penjumlahan benda
3.6.dan 4.6. Membilang dengan benda  
12.Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
3.7.dan 4.7.Permainan menjaring kupu-kupu       
13.Bermain menjaring kupu-kupu di dalam kelas
3.8.dan 4.8.Perkembangbiakan kupu-kupu / burung
14.Mengurutkan metamorfosis kupu-kupu
3.10.dan 4.10.Suku kata awal/akhir nama
15.Menulis nama binatang yang berawalan “ku” (kupu,kumbang,kunang dll)
         Binatang yang bisa terbang
16.Melengkapi kata nama binatang yang bisa terbang
3.13.dan 4.13.Beradaptasi dengan lingkungan
17. Menyebutkan perbedaan kupu-kupu dan capung
3.15.dan 4.15.Tertarik pada aktifitas seni
18.Mencetak dengan jari bentuk capung

19.Menggunting bentuk gambar capung

20.Menggambar bentuk kupu-kupu

21.Mewarnai gambar capung









RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   TANAMAN
KELOMPOK
:   B


SUB TEMA
:  Tanaman jenis pohon
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 15


KD                                   :   1.1, 1.2, 2.2, 2.3. 2.4, 2.9, 2.10, 2.13, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11, 4.11, 3.12.4.12.3.13, 4.13,    3.15, 4.15.

TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN


1.1.3.Macam-macam tanaman jenis pohon
1.Membedakan tanaman berkayu dan tidak berkayu
1.2.7.Melestarikan tanaman
2.Menganyam dengan daun  kelapa/bilah-bilah bambu
2.2.1.Menyiram tanaman
3.Menyebutkan bagian-bagian tanaman
2.3.2.Berkreasi dengan bahan alam
4.Mengurutkan pola gambar bagian-bagian tanaman
2.4.4.Berkebun
5.Mengelompokkan daun berdasarkan bentuknya
2.9.1. Gotong royong
6.Berjalan di atas papan titian dari kayu
2.10.4.Dapat bekerja kelompok         
7.Menghubungkan gambar dengan kata ( bagian – bagian tanaman )
2.13.3.Mengembalikan milik orang lain
8.Membuat topi dari daun-daunan
3.2.1.dan 4.2.1.Mengucap terima kasih
9.Mengulang kalimat sederhana
3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik halus
10.Mengurutkan gambar seri pertumbuhan tanaman
 11. Menggambar bentuk pohon
3.6.2.dan 4.6.2.Pengenalan bentuk -bentuk        
12.Menyebutkan huruf vokal dan konsonan
3.8.6.dan 4.8.6.Pertumbuhan tanaman
13.Bermain dengan balok-balok
3.11.6.dan 4.11.6.Mengulang kalimat
14.Memasangkan benda sesuai  pasangannya
3.12.1.dan 4.12.1. Pengenalan huruf vokal dan kkonsonan      
15.Mengelompokkan kata yg sejenis
3.13.5.dan 3.13.5.Kerja kelompok
16.Memindahkan biji jagung ke dalam gelas aqua
3.15.2.dan 4.15.2. Perbedaan bunyi/warna benda      
17.Mengurutkan bilangan sesuai jumlah pohon
benda disekitar.
18.Mozaik bentuk pohon menggunakan sobekan kertas lipat dan daun pisang kering

19.Mencetak dengan menggunakan pelepah pisang

20.Menirukan gerakan pohon tertiup angin









RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   TANAMAN
KELOMPOK
:   B


SUB TEMA
: Tanaman Hias
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 16


KD                                   :   1.1, 1.2, 2.2, 2.3. 2.4, 2.9, 2.10, 2.13, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11, 4.11, 3.12.4.12.3.13, 4.13,3.15, 4.15.

TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN


1.1.3.Macam-macam tanaman hias
1.Bersyukur atas nikmat Tuhan
1.2.7.Melestarikan tanaman
2.Menyiram bunga ditaman
2.2.1.Menyiram bunga
3.Menanam bunga bersama-sama
2.3.2.Berkreasi dengan bahan alam
4.Mencetak dengan jari pada gambar terung
2.4.4.Berkebun
5.Mengelompokkan benda berdasarkan bentuk,warna dll
2.9.1. Gotong royong
6.Menggambar bebas tanaman hias. perdu
2.10.4.Dapat bekerja kelompok         
7.Menceritakan pertumbuhan tanaman bunga / perdu
2.13.3.Mengembalikan milik orang lain
8.Menulis nama-nama bunga , tanaman  oerdu
3.2.1.dan 4.2.1.Mengucap terima kasih
9.Menghitung bunga , daun
3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik halus
10.Penjumlahan dengan benda – benda  ( bunga / terung / tomat )
3.6.2.dan 4.6.2.Pengenalan bentuk -bentuk  bunga      
11.Kerja kelompok membuat bunga dari kertas dengan cara melipat
3.8.6.dan 4.8.6.Peetumbuhan tanaman
12.Permaian fisik :”Bunga  tertutup,bunga terbuka”
3.11.6.dan 4.11.6.Mengulang kalimat
13.Meneruskan pola bagian2 bunga :putik,benang sari, kelopak,mahkota
3.12.1.dan 4.12.1. Pengenalan huruf vokal dan       
14.Gerak dan lagu “ Lihat kebunku “
konsonan
15.Berdiskusi tentang tanaman hias & perdu ( bagian – bagian tanaman )
3.13.5.dan 3.13.5.Kerja kelompok
16.Menyanyi lagu “Semua Bunga”
3.15.2.dan 3.15.2. Perbedaan warna bunga    
17.Meronce bunga melati

18.Melengkapi huruf vokal dari nama – nama bunga

19.Melengkapi gambar bunga dengan lipatan kertas

20.Berdiskusi tentang cara melestarikan tanaman









MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   TANAMAN
KELOMPOK
:   B

SUB TEMA
:  Sayuran
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 17

KD                                   :   1.1, 1.2, 2.2, 2.3. 2.4, 2.9, 2.10, 2.13, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11, 4.11, 3.12.4.12.3.13, 4.13, 3.15, 4.15.
TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN



1.1.3.Macam-macam tanaman jenis sayur , apotik hidup
1.Berdiskusi tentang macam-macam sayuran

1.2.7.Melestarikan tanaman
2.Membedakan bentuk,warna sayuran

2.2.1.Mencoba hal baru
3.Diskusi tentang tanaman apotik hidup

2.3.2.Berkreasi dengan bahan alam
4.Membeli sayur di pasar

2.4.4.Berkebun
5.Menebali huruf nama-nama sayuran

2.9.2. Tenggang rasa
6.Mencetak gambar dengan batang kangkung

2.13.3.Mengembalikan milik orang lain
7.Memasak sayur bersama

3.2.1.dan 4.2.1.Mengucap terima kasih
8.Mengelompokkan tanaman jenis sayuran

3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik halus
10.Menceritakan cara memasak sayur

3.6.2.dan 4.6.2.Pengenalan bentuk -bentuk  sayuran      
11.Menganyam bentuk keranjang sayur

3.8.6.dan 4.8.6.Pertumbuhan tanaman
12.Bermain peran sebagai tukang sayur

3.11.6.dan 4.11.6.Mengulang kalimat
13.Menanam sayur

3.12.1.dan 4.12.1. Pengenalan huruf vokal dan konsonan      
14.Diskusi tentang cara menanam sayuran

3.13.5.dan 3.13.5.Kerja kelompok
15.Menjplak dengan daun bayam

3.15.2.dan 3.15.2. Perbedaan warna   sayuran  
16.Mengulang kalimat


17.Diskusi tentang asupan gizi dalam sayuran


18.Meronce dengan wortel


20.Memotong sayuran


21.Mengisi mangkok dengan sayur


22.Menghitung daun bayam











RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)

TEMA
:   TANAMAN
KELOMPOK
:   B

SUB TEMA
: Tanaman Buah
SEMESTER/MINGGU 
:   1 / 18

KD                                   :   1.1, 1.2, 2.2, 2.3. 2.4, 2.9, 2.10, 2.13, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11, 4.11, 3.12.4.12.3.13, 4.13,3.15, 4.15.
TUJUAN
STRATEGI
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN



1.1.3.Macam-macam tanaman jenis buah & umbi
1.Bercakap tentang tanaman jenis buah,umbi

1.2.7.Melestarikan tanaman
2.Menceritakn cara makan buah yang benar

2.2.1.Mencoba hal baru
3.Bermain mengelompokkan buah-buahan dari plastik

2.3.2.Berkreasi dengan bahan alam
4.Membedakan bentuk,warna buah

2.4.4.Berkebun
5.Berceita tentang pengalaman

2.9.2. Tenggang rasa
6.Berdiskusi tentang tanaman umbi-umbian

2.10.4.Dapat bekerja kelompok         
7.Menggambar bebas macam-macam buah

2.13.3.Mengembalikan milik orang lain
8.Montase gambar buah-buahan

3.2.1.dan 4.2.1.Mengucap terima kasih
9.Membuat jus buah

3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik halus
10.Menggoreng / makan makanan dari umbi jalar

3.6.2.dan 4.6.2.Pengenalan bentuk buah2an      
11.Menimbang buah dengan timbangan mainan

3.8.6.dan 4.8.6.Pertumbuhan  tanaman
12.Berjalan ke samping membawa buah di atas kepala

3.11.6.dan 4.11.6.Mengulang kalimat
13.Mengelompokkan tanaman jenis buah /umbi

3.12.1.dan 4.12.1. Pengenalan huruf vokal dan  konsonan     
14.Melengkapi huruf vokal nama-nama buah

3.13.5.dan 3.13.5.Kerja kelompok
15.Pengenalan bentuk-bentuk buah

3.15.2.dan 3.15.2. Perbedaan warna  buah 
16.Mengisi pola gambar jambu dengan bentuk lingakaran


17.Melempar dan menangkap kantong biji-bijian


18.Menghitung jumlah buah


19.Membuat bentuk buah sesuai angka


20.Membuat kalung dari tangkai daun ketela