RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
TEMA
|
:
DIRIKU
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: Identitas diri(Nama,jenis kelamin,
Usia, nama ayah , Nama ibu )
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 1
|
|||||
KD
: 1.1, 2.4, 2.5, 2.8, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12,3.15,
4.15.
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
|||||
Anak mengetahui identitas dirinya
Mengetahui jenis kelamin
Dan dapat membedakan antara laki-laki
dan perempuan
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.1
Mengenal Agama yang di anut
|
Mengenal agama yang di yakini
|
|||||
2.5.Berani tampil di depan umum
|
Menyebutkan identitas diri dengan
lengkap
|
|||||||
2.4 Merapikan Mainan
|
Merawat, merapikan mainan setelah bermain
|
|||||||
3.1 / 4,1 Menyanyi lagu AKU
|
Menyanyi lagu Aku
|
|||||||
3.2 / 4.2 Memberi &membalas salam
|
Membiasakan anak memberi dan membalas
salam
|
|||||||
Mengenal Perilaku baik dan
sopan
|
Menyebutkan/menunjukkan anak yang
berperilaku baik
|
|||||||
3.3/4.3 Bermain plastisin
|
Bermain Plastisin
|
|||||||
Meronce
|
Meronce membuat kalung
|
|||||||
Bermain Balok
|
Bermain Balok
|
|||||||
3.6 / 4.6Perbedaan suara anak
laki-laki dan perempuan
|
Mengelompokkan gambar anak menurut
jenis kelamin
|
|||||||
Membilang
|
Menghitung teman menurut jenis
kelamin
|
|||||||
Mengenal Bentuk Geometri
|
Menyebutkan macam-macam bentuk
geomatri
|
|||||||
Mengelompokkan
|
Mengelompokkan Balok berdasarkan
ukuran
|
|||||||
3.10./ 4.10 Identitas anak dengan
lengkap
|
Menyebutkan perbedaan anatara anak
laki-laki dan perenpuan
|
|||||||
3.11 / 4. 11 Berkenalan
|
Berkenalan/Menebutkan nama teman satu
kelas
|
|||||||
Bercerita
|
Menceritakan tentang alamat rumah
|
|||||||
3,12 / 4.12 Menggerakkan jari-jari
tangan
|
Menulis nama panggilan anak , alamat
, nama ayah & ibu
|
|||||||
3.15 / 4.15 Mewarnai gambar
|
Mewarnai gambar anak laki-laki dan
perempuan
|
|||||||
Menjiplak
|
Menjiplak jari tangan
|
|||||||
RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TEMA
|
:
DIRIKU
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: Tubuhku(Ciri-ciri Tubuh, Anggota
Tubuh)
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 2
|
|||||
KD : 1.1, 2.1, 2.8,2.9,, 3.1/4.1, 3.2/4.2, 3.3/4.3,
3.6/4.6, 3.10/4.10, 3.11/4.11, 3.12/4.12,3.15/4.15
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
|||||
Anak Mengenal Anggota tubuh,
Mengetahui fungsi anggota Tubuh
Mengetahui Ciptaan Tuhan
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.1 Tubuhku ciptaan Tuhan
|
Diskusi tentang tubuh ciptaan Tuhan
|
|||||
2.1 Menjaga kebersihan tubuh
|
Menggosok gigi sendiri, cuci tangan
sendiri
|
|||||||
2.8Mengurus dirinya sendiri
|
Menyisir rambut sendiri, memakai
sepatu sendiri
|
|||||||
2.9 Memiliki sikap peduli
|
Menunjukkan sikap yang peduli pada
temannya
|
|||||||
3.1/ 4, 1 Menyanyi lagu AKU
|
Menyanyi lagu Aku, dll
|
|||||||
3.2./ 4.2.Menunjukkan perbuatan mulia
|
Meminta maaf dengan jabat tangan yang
benar
|
|||||||
3.3 / 4.3Anggota tubuhku
|
Menempel gambar bagian-bagian tubuh
pada tempat yang benar
|
|||||||
3.3./ 4.3..Kegunaan anggota tubuh
|
Menyebutkan fungsi /guna anggota
tubuh
|
|||||||
3.5/3.5 Mencari Perbedaan
|
Mencari perbedaanpada sebuah gambar
|
|||||||
3.5 / 4.5 Mengurutkan benda dari
besar-kecil
|
Mengurutkan gambar sepatu dari yg
terkeci-terbesar
|
|||||||
3.6/ 4.6 Memasangkan gambar yang
sesuai
|
Menghubungkan gambar anggota tubuh
dengan pasangannya
|
|||||||
3.6/4.6 Urutan pola
|
Mengurutkan bilangan dengan benda- benda
|
|||||||
3.6/4.6. Konsep bilangan
|
Menghitung jari tangan dan jari kaki
|
|||||||
3.10/4.10 Ciri-ciri tubuh
|
Menulis nama-nama anggota tubuh
|
|||||||
3.11/ 4.11 Pengenalan expresi wajah
|
Menunjuk teman yang sedang
senang,sedih,marah
|
|||||||
3,11./ 4.11. Gambar / cerita
|
Menceritakan pengalaman anak di pagi
hari
|
|||||||
3,12./ 4.12Menggerakkan jari-jari
tangan
|
Menulis anggota tubuh yang berada di kepala
|
|||||||
3.15/4.15 Menjiplak
|
Menjiplak jari – jari tangan
|
|||||||
3.15 / 4.15 Menggambar
|
Bercerita tentang gambar
|
|||||||
RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TEMA
|
:
DIRIKU
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: PANCA INDRA
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 3
|
|||||
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.5, 2.8. 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3,
4.3, 3.6, 4.6, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12,3.15, 4.15
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
Anak Mengenal Macam-Macam Panca Indra,
Mengetahui fungsi Panca Indra
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.1Panca indra ciptaan Tuhan
|
Diskusi tentang panca indra
|
|||||
1.2.Menyayangi diri sendiri
|
Merawat panca indra
|
|||||||
2.1.Menjaga kebersihan
|
Mewarnai gambar anak menggosok gigi
|
|||||||
2.5Berani tampil di depan umum
|
Bercerita tentang pengalaman
|
|||||||
2.8Mengurus dirinya sendiri
|
Bercerita tentang gambar yang
dibuatnya
|
|||||||
3.1/ 4,1 Mengenalkegiatan ibadah
|
Melakukan kegiatan praktek sholat
|
|||||||
3.2./4.2 Mengetahui tata cara makan
|
Menunjukkan cara makan yang benar
|
|||||||
3.3/ 4.3 Macam-macam rasa ,suara ,bau
|
Merasakan macam-macam makanan
|
|||||||
|
Mencium bau
|
|||||||
3.6/ 4.6.Perabaan (kasar-halus)
|
Membedakan benda berdasarkan
kasar-halus
|
|||||||
|
Mewarnai gambar yang kasar halus
|
|||||||
3.6/4.6 Membilang
|
Membilang jumlah panca indra
|
|||||||
3.6/4.6 Bermain Balok
|
Menyebutkan macam dan warna balok
geometri
|
|||||||
3.6/4.6 Mengurutkan pola
|
Mengurutkan pola gambar panca indra
|
|||||||
3.10./,4.10. Macam-macam panca
indra
|
Menyebutkan dan menunjukkan
macam-macam panca indra
|
|||||||
3.11./4.11 Pengenalan expresi wajah
|
Melengkapi gambar wajah
|
|||||||
3,12/ 4.12.Mengenal huruf vokal dan
konsonan
|
Melengkapi huruf vokal pada gambar
panca indra
|
|||||||
3.14/ 4.14.Menggambar
|
Menggambar orang yang proporsional
|
|||||||
|
Bermain tebak-tebakan (kata,bau ),bisik
berantai,petak umpet
|
|||||||
|
Menghitung hasil penjumlahan dengan
benda
|
|||||||
|
Membuat bentuk kaca mata pada gambar
kepala
|
|||||||
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
TEMA
|
:
AKU ANAK INDONESIA
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: PERINGATAN HUT RI KE -72
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 4
|
|||||
KD :
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
Mengenalkan cinta Tanah Air
Bersikap kooperatif dalam perlombaan
Meningkatkan kebersamaan, kekompakan
|
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
2.2 mentaati aturan main
|
Lomba Makan Kerupuk
|
|||||
3.3/4.4 melakukan permainan khusus/
lomba
|
Lomba Memindah bendera
|
|||||||
3.7/4.7 Memahami budaya nusantara
|
Lomba Memasukkan pensil dalam Botol
|
|||||||
2.4 Bermain alat musik
|
Pawai drumband
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|
|
|||||
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
TEMA
|
:
DIRIKU
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
:
KESUKAANKU
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 5
|
|||||
KD : 1,2,2.5, 3.3/4.3, 3.6/ 4.6,3.7/4.7,3.10/4.10,
3.11/4.11 3.13, 4.13, 3.14/4.14
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
Mengetahui apa saja yang di senangi
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.2
Mengucap Syukur atas karunia Allah
|
Mengucapkan “ Alamdulillah” ketika mendapatkan
sesuatu
|
|||||
3.1/4.1
mengenal macam-macam doa dan surat pendek
|
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
|
|||||||
3.13/4.13
Bisa mengendalikan emosi secara wajar
|
Mau meminjamkan mainan
kesukaan kepada teman
|
|||||||
3.14/4.14
Mengetahui benda kesukaannya
|
Menunjujkan dan mewarnai gambar benda kesukaannya
|
|||||||
2.5
Berbicara dengan sopan
|
Menyebutkan mainan kesukaan anak laki-laki
|
|||||||
3.7/4.7Menunjukkan posisi benda
|
Menunjukkan posisi benda Atas, bawah, depan dan
belakang
|
|||||||
3.11/4.11 Bercerita
|
Bercerita tentang mainan kesukaaanya
|
|||||||
3.10/4.10 Bermain
|
Bermain dengan benda kesukaannya
|
|||||||
3.6/4.6 Membilang
|
Membilang gambar mainan
|
|||||||
3.6/4.6 Mengenal macam-macam rasa
|
Menyebut dan mencari
sebanyak-banyaknya makanan yang mempunyai rasa manis
|
|||||||
3.6/4.6 Mengurutkan konsep banyak-
sedikit
|
Mengurutkan minuman teh dari
yang paling sedikit ke yang paling banyak
|
|||||||
|
Menyebutkan perbedaan 2
macam mainan
|
|||||||
|
Lomba mengambil mainan
kesukaan dari dalam kotak sejauh 2 meter
|
|||||||
3.3/3.4 Menggunting sesuai pola
|
Menggunting gambar makanan favorit
|
|||||||
|
Mencipta bentuk mainan dari
kepingan bentuk geometri
|
|||||||
|
Meronce dengan sedotan
|
|||||||
|
|
|||||||
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
TEMA
|
:
LINGKUNGANKU
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: KELUARGAKU ( Anggota, tugas masing-masing,
kebiasaan, tata tertib
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 /6
|
|||||
KD
: : 1.1, 1.2, 2.1,
2.3. 2.4, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5,3.6, 4.6, 3.7,
4.7, 3.9, 49,3.15, 4.15
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
Anak mengenal anggota keluarga
Mengetahui tugas anggota keluarga
Mengetahui tata tertib dalam keluarga
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.1.Menjaga dan melestarikan
lingkungan
|
1.Menyanyi lagu Kasih Ibu
|
|||||
1.2Kelestarian lingkungan
|
2.Menyebutkan anggota keluarga
|
|||||||
2.1Kebersihan lingkungan
|
3.Menggunting gambar dot adik
|
|||||||
2.3.Berkreasi menggunakan berbagai
media
|
4.Kebiasaan minta ijin orang tua
sebelum berangkat sekolah
|
|||||||
2.4.Penataan lingkungan keluarga
|
5.Mewarnai gambar anggota keluarga
|
|||||||
2.6.Berangkat sekolah
|
6.Mencari jejak gambar binatang
piaraan
|
|||||||
2.9.Gotong royong /tolong menolong
|
7.Bicara sopan dengan ayah/ibu
|
|||||||
2.10.Mau bermain dengan teman
|
8.Tanya jawab tata tertib dalam
keluarga
|
|||||||
2.11.Menyesuaikan diri dengan
lingkungan
|
9.Suku kata awal nama anggota
keluarga
|
|||||||
3.1.dan 4.1.Menyanyi lagu Kasih Ibu
|
11.Diskusi tentang tugas-tugas
anggota keluarga
|
|||||||
3.2..dan 4.2.Bersikap sopan pada
orang tua
|
12.Mengelompokkan benda/gambar yang
biasa dipakai ayah,ibu
|
|||||||
3.5.dan 4.5.Mencari jejak
|
14.Bercerita kebiasaan di rumah
(mambantu membersihkan rumah)
|
|||||||
3.6.dan 4.6.Pengenalan konsep &
lambang bilangan
|
15.Memberi angka pada gambar adik
|
|||||||
3.7.dan 4.7.Pengenalan nama anggota
keluarga
|
16.Menggambar/mewarnai anggota
keluarga
|
|||||||
3.9.dan 4.9.Pengenalan alat-alat
dalam keluarga
|
17.Meroce membuat kalung
|
|||||||
3.15. dan 4.15.Gerakan senam,tari
|
18.Memasangkan gambar sesuai
pasangannya
|
|||||||
|
19.Menirukan 3-4 urutan kata
|
|||||||
|
20.Membilang jumlah anggta keluarga
|
|||||||
|
22.Memberi tanda perbuatan benar dan
salah
|
|||||||
|
23.Membuat bentuk setrika dari
plastisin
|
|||||||
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
TEMA
|
:
LINGKUNGANKU
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: RUMAHKU
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 7
|
|||||
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.3. 2.4, 2.6, 2.10, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1,
3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6,3.7, 4.7, 3.9, 4.9,3.15, 4.15.
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
Mengetahui guna Rumah
Mengeahui bagian-bagian rumah
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.1.Menjaga keamanan rumah
|
1.Berdiskusi tentang guna rumah
|
|||||
1.2Kelestarian lingkungan rumah
|
2.Menyebutkan bagian-bagian rumah
|
|||||||
2.1Kebersihan lingkungan rumah
|
3.Membersihkan rumah ( kelas)
|
|||||||
2.3.Berkreasi menggunakan berbagai
media
|
4.Membuat rumah dengan balok-balok
|
|||||||
2.4.Penataan ruang
tamu
|
5.Melipat kertas menjadi bentuk rumah
|
|||||||
2.6.Berangkat sekolah minta ijin
orang tua
|
6.Mengelompokkan gambar perkakas
rumah
|
|||||||
2.9.Gotong royong membuat rumah
|
7.Menyanyi lagu rumah kami
|
|||||||
2.10.Mau bermain dengan teman di
rumah
|
8.Membuat coretan, jalan menuju rumah
|
|||||||
2.11.Menyesuaikan diri dengan
lingkungan
|
9.Menghubungkan gambar rumah ibadah
sesuai agama
|
|||||||
3.1. dan 4.1..Menyanyi lagu rumahku
|
11.Menggunting gambar perkakas rumah
|
|||||||
3.2..dan 4.2..Bersikap sopan pada
orang tua
|
12.Menghitung benda-benda yang ada di
dalam rumah
|
|||||||
3.4.dan 4.4.Membuang sampah pada
tempatnya
|
13.Menyebutkan ruangan-ruangan yang
ada di rumah
|
|||||||
3.5.2.dan 4.5.Mencari jejak rumahku
|
14.Menggambar bebas dengan krayon
|
|||||||
3.6.dan 4.6.Lambang bilangan
|
15.Mewarnai gambar masjid
|
|||||||
3.7.dan 4.7.Rumah tempat ibadah
|
16.Bergerak sesuai irama musik
|
|||||||
3.9 dan 4.9.Pengenalan bagian-bagian
rumah
|
17.Memberi angka pada gambar
bagian-bagian rumah
|
|||||||
3.15 dan 4.15.Gerakan senam,tari
|
19.Membuat bentuk rumah dengan
lidi-lidi
|
|||||||
|
22.Menirukan 3 – 4 urutan kata (
rumahku sangat bersih )
|
|||||||
|
25.Melengkapi kalimat
|
|||||||
|
26.Membuat gambar sesuai angka
|
|||||||
|
28.Melengkapi kata di bawah gambar
rumah
|
|||||||
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
TEMA
|
:
LINGKUNGANKU
|
KELOMPOK
|
:
B
|
||||
SUB TEMA
|
:
SEKOLAHKU
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 8
|
||||
KD
` : 1.1, 1.2, 2.1, 2.3. 2.4, 2.6,2.9, 2.10, 2.11, 2.14, 3.1,
4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5,3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9. 3.12 , 4.12
, 3.15, 4.15.
|
|||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
||||
Mengetahui apa saja yang ada di sekolah
Mengetahui macam-macam mainan dan
alat-alat sekolah
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.1.Menjaga dan melestarikan
sekolahku
|
1.Menyanyi lagu Taman yang paling
indah
|
||||
1.2.Kelestarian lingkungan sekolah
|
2.Berdiskusi tentang guna sekolah
|
||||||
2.1.Kebersihan lingkungan sekolah
|
3.Mengelompokkan alat-alat sekolah
|
||||||
2.3.Berkreasi menggunakan berbagai
media
|
4.Bermain di halaman
|
||||||
2.4.Penataan lingkungan kelas
|
5.Menggunting gambar ayunan
|
||||||
2.6.Berangkat sekolah tepat waktu
|
6.Menggambar bebas sekolahku
|
||||||
2.6.Memakai seragam sekolah
|
7.Merapikan mainan bersama-sama
|
||||||
2.9.Tolong menolong dengan teman
|
8.Kerja bakti membersihkan kelas
|
||||||
2.10.Merapikan mainan bersama-sama
|
9.Mencari jejak menuju sekolah
|
||||||
2.11.Tidak mengganggu teman
|
10.Menyebutkan warga sekolah
|
||||||
2.14.Memperhatikan guru/teman bicara
|
11.Menebali suku kata awal sama,
gambar alat – alat sekolah
|
||||||
3.1. dan 4.1.Menyanyi lagu Taman yang
indah
|
12.Mencocok gambar buku
|
||||||
3.2dan 4.2.Bersikap sopan pada
pendidik
|
13.Menghitung pensil,buku, penghapus,krayon, balok dll
|
||||||
3.4.dan 4.4..Membuang sampah pada
tempatnya
|
14.Gerak lagu
|
||||||
3.5.dan 4.5.Mencari jejak sekolahku
|
15.Merapikan kelas /mainan
|
||||||
3.6.dan 4.6.Urutan pola
|
16.Mengurutkan bilangan
|
||||||
3.7.dan 4.7.Pengenalan warga sekolah
|
17.Menirukan 2-3 urutan kata
|
||||||
3.9.dan 4.9.Pengenalan alat-alat
untuk sekolah
|
18.Mengurutkan pola gambar alat-alat
sekolah
|
||||||
3.12. dan 4.12.Pengenalan huruf vokal
& konsonan
|
19.Memanjat, bergantung dan berayun
|
||||||
3.15. dan 4.15.Gerakan senam,tari
|
20.Mewarnai gambar alat permainan di
luar kelas , gambar baju seragam
|
||||||
|
21.Menyebutkan huruf vokal dan
konsonan nama alat – alat sekolah
|
||||||
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
TEMA
|
:
KEBUTUHANKU
|
KELOMPOK
|
:
B
|
||||
SUB TEMA
|
: MAKANAN(Manfaat, sumber, jenis,
alat-alat memasak )
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 9
|
||||
KD : 1.1, 2.2. 2.4, 2.6,2.13,3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.5,
4.5, 3.6, 4.6, 3.7 4.7, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12,3.15, 4.15.
|
|||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
||||
Mengetahui apa saja yang di senangi
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.1Bersyukur atas nikmat Tuhan (makanan)
|
Berdiskusi tentang guna makanan bagi
tubuh
|
||||
2.2Mencoba memasak nasi
|
Menceritakan cara memasak nasi
|
||||||
2.2 Membuat Adonan Donat
|
Membuat adonan donut dari tepung
|
||||||
2.4.Gerakan sederhana
|
Mencuci tangan yang benar sebelum
makan
|
||||||
2.6 Tata tertib makan
|
Memperagakan makan yang tertib dan
sopan ( memberi tanda )
|
||||||
3.3 dan 4.3.Makan dengan tangan kanan
|
Membersihkan alat-alat makan setelah
digunakan
|
||||||
3.3 dan 4.3 Melipat membuat tisu
|
Melipat bentuk tisu
|
||||||
3.3 dan 4.3 Mencocok gambar
|
Mencocok gambar alat makan
|
||||||
3.4.dan 4.4.Makan yang teratur &
makanan makanan yang bergizi
|
Memilih makanan yang sehat dan
bergizi ( sebab akibat )
|
||||||
3.5.dan 4.5. Puzel
|
Menyusul puzel gambar panci
|
||||||
3.6 dan 4.6 Mengelompokkan gambar
|
Mengelompokkan gambar makanan
|
||||||
3.6.dan 4.6.Meneruskan pola alat-alat
makan
|
Meneruskan pola gambar alat-alat
untuk makan
|
||||||
3.6.dan 4.6.Konsep bilangan
|
Menghitung gambar kue
|
||||||
3.7 dan 4.7 Menunjukkan posisi
|
Menyebutkan posisi gambar makanan
|
||||||
3.9.dan 4.9Pengenalan alat-alat makan
, memasak
|
Menghubungkan gbr alat–alat memasak dng
kartu kata
|
||||||
3.10 dan 4.10Percakapan dengan
teman
|
Menulis Bahan untuk membuat kue
|
||||||
3.12dan 4.12.Huruf awal sama nama
makanan
|
Meniru menulis nama-nama makanan
|
||||||
3.15 dan 4.15 Makanan kesukaanku
|
Menghias kue
|
||||||
|
Menggambar peralatan memasak
|
||||||
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
TEMA
|
:
KEBUTUHANKU
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
:Pakaian
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 10
|
|||||
KD : 1.1, 1.2. 2.2, 2.6,3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6,
3.8, 4.8, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12,3.15, 4.15.
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
Mengenal
macam pakaian dan fungsi atau gunanya
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.1. Bersyukur atas nikmat Tuhan(bahan pakaian)
|
1.Berdiskusi tentang macam pakaian
|
|||||
1.2 Menjaga kebersihan diri dan
lingkungan
|
2.mewarnai gambar baju yang dipakai
untuk ke masjid
|
|||||||
2.2 Permainan eksploratif
|
3 Permainan warna .membuat batik
dengan kelereng
|
|||||||
2.6 Mentati peraturan (disiplin)
|
4.Berpakaian rapi di sekolah dg
mencari 4 perbedaan seragam pd gmbr
|
|||||||
3.1 dan 4.1 Mengenal kegiatan
beribadah sehari-hari
|
5.Mengucapkan doa memakai baju
|
|||||||
Praktek sholat
|
6.Praktek sholat shubuh
|
|||||||
3.3 dan 4.3 Menggambar
|
7.Menggambar bentuk baju
|
|||||||
Perlengkapan pakaian
|
8.Menghias gambar topi dengan motif
bunga
|
|||||||
Menggunting
|
9.Menggunting pola celana / rok
|
|||||||
3.6 dan 4.6 Mengenal benda
berdasarkan fungsinya
|
10.Memasangkan gbr pakaian sesuai
nomor yg tertera pada kaos
|
|||||||
3.5.dan 4.5.Konsep bilangan
|
11. Membuat gambar sesuai bilanganya
|
|||||||
3.6 dan 4.6 Mengenal perbedaan ukuran
lebih banyak /sedikit
|
12.Memberi tanda (>,=,<) pada
gambar benda
|
|||||||
Mengelompokkan benda
sesuai fungsinya
|
13.Melingkari merah pada gambar
pakaian dan biru yg bukan pakaian
|
|||||||
3.8 dan 4.8 Mengenali cuaca
lingkungan sekitar
|
14. Melingkari gambar anak yg memakai
pakaian sesuai cuaca dingin
|
|||||||
3.11 dan 4.11 Membuat cerita dengan
merangkaikan gambar seri
|
15.Menceritakan dan melengkapi
kalimat sederhana cara merawat pakaian
|
|||||||
3.12.dan 4.12Pengenalan kata dari
gabungan huruf vocal & konsonan
|
16.Meniru menulis jenis2 pakaian
|
|||||||
3.15 dan 4.15Membuat karya seni
dengan cara menjahit
|
17.Menirukan gerakan menjahit
rok/celana kertas dengan benang
|
|||||||
Membuat karya seni dalam
bentuk musik
|
18.Bermain drumband
|
|||||||
|
|
|||||||
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TEMA
|
:
KEBUTUHANKU
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: Kebersihan, Kesehatan, Keamanan
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 11
|
|||||
KD : 1.1, 2.2. 2.4, 2.6, 2.7, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3,
3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12, 3.14, 4.14
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
Mengenal
macam macam alat kebersihan, bahaya obat dan cara menjaga kebersihan diri
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.1.4.Bersyukur atas nikmat Tuhan(sehat)
|
1.Berdiskusi tentang mengapa harus
sehat
|
|||||
2.2.1.M
|
2.Tata cara buang air yang benar
|
|||||||
2.4.2.Gerakan sederhana
|
3.Menunjukkan alat-alat kebersihan
badan
|
|||||||
2.13.1.Tidak mengambil barang milik
orang lain
|
6.Mengelompokkan macam-macam obat,
benda – benda berbahaya
|
|||||||
2.14.1.Kebiasaan mengucap
terimakasih
|
7.Membuat jamu jawa (kunyit)
|
|||||||
3.1.2& 4.1.2.Berdoa sebelum minum obat
|
8.Membuat bentuk sabun,sikat
gigi,odol dengan plastisin
|
|||||||
3.3.5 dan 4.3.5.Senam
|
9.Mencocok bentuk jaket
|
|||||||
3.4.8.dan 4.4.8.Tata cara buang air
yang benar
|
10.Montase gambar obat-obatan
|
|||||||
3.5.1.dan 4.5.1.Konsep
penjumlahan
|
11.Menirukan 4 urutan kata
|
|||||||
3.6.4.dan 4.6.4.Meneruskan pola alat
kebersihan
|
12.Menimbang berat badan, mengukur
lingkar kepala, tinggi badan
|
|||||||
3.9.1.dan 4.9.1.Pengenalan alat-alat
kebersihan
|
13.Menjumlahkan benda - benda
|
|||||||
3.10.2 dan 4.10.2.Menirukan 3-4
urutan kata
|
14.Melengkapi kata pada gambar
alat-alat kebersihan
|
|||||||
3.12.1.dan 4.12.1.Huruf vokal dan
konsonan
|
15.Bermain lompat tali , bola
|
|||||||
3.14.2.dan 4.14.2.Senang berolahraga
|
16.Menghubungkan gambar dengan kata (
alat – alat untuk mandi )
|
|||||||
|
17.Membuat mainan dengan bekas
bungkus sabun mandi
|
|||||||
|
18.Bercerita tentang anak yang tidak
menjaga kesehatan
|
|||||||
|
19.Memilih benda – benda yang
berbahaya bagi diri anak
|
|||||||
|
21.Bermain peran
|
|||||||
|
22.Menirukan gerakan sederhana
|
|||||||
RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TEMA
|
:
BINATANG
|
KELOMPOK
|
:
B
|
SUB TEMA
|
: Binatang Darat
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 12
|
KD : 1.1, 2.3, 2.4, 2.5.2.6, 2.9, 2.12, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3,
3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.15, 4.15.
|
|
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
Mengetahui
binatang darat, ciri-ciri, suara dan cara merawatnya
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.1.Macam-macam binatang darat
|
1.Berdiskusi tentang binatang yang
hidup di darat dan makananya
|
2.3.Gambar-gambar binatang darat
|
2.Mengelompokkan gambar binatang
darat
|
||
2.4.Gerakan/jalannya binatang
|
3Gerak lagu ayam trondol
|
||
2.5Cerita pengalaman anak
|
4.Bercerita tentang pengalaman memberi makan ayam
|
||
2.6Sportif dalam permainan
|
5.Permainan anak ayam
|
||
2.9.Cerita bergambar ttg tolong
menolong
|
6.Mengurutkan gambar seri perkembangbiakan
ayam
|
||
2.12.Memberi makan binatang
|
7.Memberi makanayam
|
||
3.2. & 4.2.Tidak menyakiti
binatang
|
8.Menebali tulisan pada gambar anak yang merawat binatang
|
||
3.3.& 4.3.Melompat seperti
binatang
|
9.Mengurutkan gambar seri perkembangbiakan
ayam
|
||
3.5.dan 4.5.Mencari jejak rumah
binatang
|
10.Mencari jejak kandang ayam Bersyair ayamku
|
||
3.6.dan 4.6.Suara –suara binatang
darat
|
11. Menirukan suara ayam,kucing dan sapi
|
||
3.6 dan 4.6 Membilang jumlah benda
|
11. Membilang jumlah gambar binatang darat
|
||
3.8.dan 4.8.Perkembang biakan
binatang darat
|
12. Mengurutkan gambar seri tentang perkembangbiakan ayam
|
||
3.10.dan 4.10Suku kata awal/akhir
nama binatang darat
|
13.Menyebutkan suku awal yang sama nama2 binatang darat
|
||
3.11.dan 4.11.Syair tentang binatang darat
|
14.Bersyair ayamku Melengkapi kalimat yang sudah dimulai
guru
|
||
3.13.dan 4.13.Beradaptasi dengan
lingkungan
|
15.Menggambar binatang peliharaan
|
||
3.15.dan 4.15.Tertarik pada aktifitas
seni
|
16.Melukis dengan bulu ayam
|
||
|
17.Meronce membuat hiasan jendela
|
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
TEMA
|
:
BINATANG
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: Binatang Air (ciri-ciri, dll)
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 13
|
|||||
KD : 1.1, 2.3, 2.4, 2.5.2.6, 2.9, 2.12, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3,
3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11,3.13, 4.13,
3.15, 4.15.
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
Mengetahui binatang
apa saja yang hidup di air, makanan dan cirri-cirinya
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.1.Macam-macam binatang air
|
1.Berdiskusi tentang macam-macam
binatang air, amphibi
|
|||||
2.3.Gambar-gambar binatang air
|
2.Mewarnai gambar binatang yang hidup
di air
|
|||||||
2.4.2.Gerakan/jalannya binatang
|
3.Bercerita tentang ikan piaraannya
Menirukan gerakan ikan berenang
|
|||||||
2.5.6.Cerita pengalaman anak
|
4.Bercerita tentang ikan piaraannya
|
|||||||
2.6.6.Mengembalikan mainan pada
tempatnya
|
5.Membuat aquarium dari balok
|
|||||||
2.12.4.Memberi makan binatang (ikan)
|
7. Memberi makan ikan
|
|||||||
3.2.7 & 4.2.7.Tidak menyakiti
binatang
|
8.Menebali suku kata awal nama
binatang air
|
|||||||
3.3 & 4.3.Meniru melipat bentuk
sedrehana
|
9.Melipat bentuk ikan
|
|||||||
3.5.2 dan 4.5.2.
|
10.Menyanyi lagu ikanku
|
|||||||
3.6.7.dan 4.6.7.Konsep dan lambang
bilangan
|
11.Menghitung jumlah gambar ikan
|
|||||||
3.7.7.dan 4.7.7.Permainan menjaring
ikan
|
12.Permainan menjala ikan
|
|||||||
3.8.7.dan 4.8.7.Perkembang biakan
binatang air
|
13.Menghubungkan gambar binatang
dengan lambang bilanganya
|
|||||||
3.10.4.dan 4.10.4.Suku kata
awal/akhir nama bntg air
|
14.Mengurutkan gambar ikan dari yang
paling kecil-besar
|
|||||||
3.13.4.dan 4.13.4.
|
17.Kolase gambar ikan dengan
biji-bijian
|
|||||||
3.15.4.dan 4.15.4.Tertarik pada
aktifitas seni
|
18.Menggamabar bentuk ikan
|
|||||||
|
19.Membuat berbagai bentuk ikan dari
plastisin
|
|||||||
|
20.Menceritakan isi gambar yang telah
dibuatnya
|
|||||||
RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TEMA
|
:
BINATANG
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: Binatang yang bisa Terbang
|
SEMESTER/MINGGU
|
: 1 / 14
|
|||||
KD : 1.1, 2.3, 2.4, 2.5.2.6, 2.9, 2.12, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3,
3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.8, 4.8, 3.10,4.10,3.13, 4.13, 3.15, 4.15.
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
Mengenal
binatang apa saja yang bisa terbang, cirri-cirinya serta suaranya
|
Bercerita
Bermain
Bernyanyi
Tanya Jawab
Demonstrasi
|
1.1.Tidak menyakiti ciptaan Tuhan (
binatang )
|
1.Menggambar bebas binatang yang bisa
terbang
|
|||||
2.3.Gambar-gambar binatang yang bisa
terbang
|
2.Melingkari binatang yg bisa terbang
|
|||||||
2.4.Gerakan binatang yang bisa
terbang
|
3.Menirukan suara –suara burung ,
lebah
|
|||||||
2.5.Cerita pengalaman anak
|
4.Bercerita tentang burung piaraanya
|
|||||||
2.6.Mengembalikan mainan setelah
digunakan
|
5.Mengurutkan gambar seri perkembang
biakan kupu-kupu
|
|||||||
2.9.Cerita bergambar ttg tolong
menolong
|
6.Menceritakan gambar anak yang suka
menolong
|
|||||||
2.12.Memberi makan burung
|
7.Memberi makan burung piaraan
|
|||||||
3.2.& 4.2.Berbuat baik terhadap
makluk Tuhan
|
8.Memberi tanda
V pada gambar anak yang menyayangi binatang
|
|||||||
3.3.& 4.3.Terbang seperti
kupu/burung
|
9.Menirukan gerakan kupu-kupu terbang
|
|||||||
|
10.Menempel bentuk kumbang dari
kepingan geometri
|
|||||||
3.5.dan 4.5.Konsep penjumlahan
|
11.Menghitung penjumlahan benda
|
|||||||
3.6.dan 4.6. Membilang dengan benda
|
12.Mencocokkan bilangan dengan
lambang bilangan
|
|||||||
3.7.dan 4.7.Permainan menjaring
kupu-kupu
|
13.Bermain menjaring kupu-kupu di
dalam kelas
|
|||||||
3.8.dan 4.8.Perkembangbiakan
kupu-kupu / burung
|
14.Mengurutkan metamorfosis kupu-kupu
|
|||||||
3.10.dan 4.10.Suku kata awal/akhir
nama
|
15.Menulis nama binatang yang
berawalan “ku” (kupu,kumbang,kunang dll)
|
|||||||
Binatang yang bisa terbang
|
16.Melengkapi kata nama binatang yang
bisa terbang
|
|||||||
3.13.dan 4.13.Beradaptasi dengan lingkungan
|
17.
Menyebutkan perbedaan kupu-kupu dan capung
|
|||||||
3.15.dan 4.15.Tertarik pada aktifitas
seni
|
18.Mencetak dengan jari bentuk capung
|
|||||||
|
19.Menggunting bentuk gambar capung
|
|||||||
|
20.Menggambar bentuk kupu-kupu
|
|||||||
|
21.Mewarnai gambar capung
|
|||||||
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN
(RPPM)
TEMA
|
:
TANAMAN
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: Tanaman jenis pohon
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 15
|
|||||
KD : 1.1, 1.2, 2.2, 2.3. 2.4, 2.9, 2.10, 2.13, 3.2, 4.2, 3.3,
4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11, 4.11, 3.12.4.12.3.13, 4.13, 3.15, 4.15.
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
|
|
1.1.3.Macam-macam tanaman jenis pohon
|
1.Membedakan tanaman berkayu dan
tidak berkayu
|
|||||
1.2.7.Melestarikan tanaman
|
2.Menganyam dengan daun kelapa/bilah-bilah bambu
|
|||||||
2.2.1.Menyiram tanaman
|
3.Menyebutkan bagian-bagian tanaman
|
|||||||
2.3.2.Berkreasi dengan bahan alam
|
4.Mengurutkan pola gambar
bagian-bagian tanaman
|
|||||||
2.4.4.Berkebun
|
5.Mengelompokkan daun berdasarkan
bentuknya
|
|||||||
2.9.1. Gotong royong
|
6.Berjalan di atas papan titian dari
kayu
|
|||||||
2.10.4.Dapat bekerja kelompok
|
7.Menghubungkan gambar dengan kata (
bagian – bagian tanaman )
|
|||||||
2.13.3.Mengembalikan milik orang lain
|
8.Membuat topi dari daun-daunan
|
|||||||
3.2.1.dan 4.2.1.Mengucap terima kasih
|
9.Mengulang kalimat sederhana
|
|||||||
3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik
halus
|
10.Mengurutkan gambar seri
pertumbuhan tanaman
11. Menggambar bentuk pohon
|
|||||||
3.6.2.dan 4.6.2.Pengenalan bentuk
-bentuk
|
12.Menyebutkan huruf vokal dan
konsonan
|
|||||||
3.8.6.dan 4.8.6.Pertumbuhan tanaman
|
13.Bermain dengan balok-balok
|
|||||||
3.11.6.dan 4.11.6.Mengulang kalimat
|
14.Memasangkan benda sesuai pasangannya
|
|||||||
3.12.1.dan 4.12.1. Pengenalan huruf
vokal dan kkonsonan
|
15.Mengelompokkan kata yg sejenis
|
|||||||
3.13.5.dan 3.13.5.Kerja kelompok
|
16.Memindahkan biji jagung ke dalam
gelas aqua
|
|||||||
3.15.2.dan 4.15.2. Perbedaan
bunyi/warna benda
|
17.Mengurutkan bilangan sesuai jumlah
pohon
|
|||||||
benda disekitar.
|
18.Mozaik bentuk pohon menggunakan
sobekan kertas lipat dan daun pisang kering
|
|||||||
|
19.Mencetak dengan menggunakan
pelepah pisang
|
|||||||
|
20.Menirukan gerakan pohon tertiup
angin
|
|||||||
RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TEMA
|
:
TANAMAN
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: Tanaman Hias
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 16
|
|||||
KD : 1.1, 1.2, 2.2, 2.3. 2.4, 2.9, 2.10, 2.13, 3.2, 4.2, 3.3,
4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11, 4.11, 3.12.4.12.3.13, 4.13,3.15, 4.15.
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
|
|
1.1.3.Macam-macam tanaman hias
|
1.Bersyukur atas nikmat Tuhan
|
|||||
1.2.7.Melestarikan tanaman
|
2.Menyiram bunga ditaman
|
|||||||
2.2.1.Menyiram bunga
|
3.Menanam bunga bersama-sama
|
|||||||
2.3.2.Berkreasi dengan bahan alam
|
4.Mencetak dengan jari pada gambar
terung
|
|||||||
2.4.4.Berkebun
|
5.Mengelompokkan benda berdasarkan
bentuk,warna dll
|
|||||||
2.9.1. Gotong royong
|
6.Menggambar bebas tanaman hias.
perdu
|
|||||||
2.10.4.Dapat bekerja kelompok
|
7.Menceritakan pertumbuhan tanaman
bunga / perdu
|
|||||||
2.13.3.Mengembalikan milik orang lain
|
8.Menulis nama-nama bunga ,
tanaman oerdu
|
|||||||
3.2.1.dan 4.2.1.Mengucap terima kasih
|
9.Menghitung bunga , daun
|
|||||||
3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik
halus
|
10.Penjumlahan dengan benda –
benda ( bunga / terung / tomat )
|
|||||||
3.6.2.dan 4.6.2.Pengenalan bentuk
-bentuk bunga
|
11.Kerja kelompok membuat bunga dari
kertas dengan cara melipat
|
|||||||
3.8.6.dan 4.8.6.Peetumbuhan tanaman
|
12.Permaian fisik :”Bunga tertutup,bunga terbuka”
|
|||||||
3.11.6.dan 4.11.6.Mengulang kalimat
|
13.Meneruskan pola bagian2 bunga
:putik,benang sari, kelopak,mahkota
|
|||||||
3.12.1.dan 4.12.1. Pengenalan huruf
vokal dan
|
14.Gerak dan lagu “ Lihat kebunku “
|
|||||||
konsonan
|
15.Berdiskusi tentang tanaman hias
& perdu ( bagian – bagian tanaman )
|
|||||||
3.13.5.dan 3.13.5.Kerja kelompok
|
16.Menyanyi lagu “Semua Bunga”
|
|||||||
3.15.2.dan 3.15.2. Perbedaan warna
bunga
|
17.Meronce bunga melati
|
|||||||
|
18.Melengkapi huruf vokal dari nama –
nama bunga
|
|||||||
|
19.Melengkapi gambar bunga dengan
lipatan kertas
|
|||||||
|
20.Berdiskusi tentang cara
melestarikan tanaman
|
|||||||
MINGGUAN
(RPPM)
TEMA
|
:
TANAMAN
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: Sayuran
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 17
|
|||||
KD : 1.1, 1.2, 2.2, 2.3. 2.4, 2.9, 2.10, 2.13, 3.2, 4.2, 3.3,
4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11, 4.11, 3.12.4.12.3.13, 4.13, 3.15, 4.15.
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
|
|
1.1.3.Macam-macam tanaman jenis sayur
, apotik hidup
|
1.Berdiskusi tentang macam-macam
sayuran
|
|||||
1.2.7.Melestarikan tanaman
|
2.Membedakan bentuk,warna sayuran
|
|||||||
2.2.1.Mencoba hal baru
|
3.Diskusi tentang tanaman apotik
hidup
|
|||||||
2.3.2.Berkreasi dengan bahan alam
|
4.Membeli sayur di pasar
|
|||||||
2.4.4.Berkebun
|
5.Menebali huruf nama-nama sayuran
|
|||||||
2.9.2. Tenggang rasa
|
6.Mencetak gambar dengan batang
kangkung
|
|||||||
2.13.3.Mengembalikan milik orang lain
|
7.Memasak sayur bersama
|
|||||||
3.2.1.dan 4.2.1.Mengucap terima kasih
|
8.Mengelompokkan tanaman jenis
sayuran
|
|||||||
3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik
halus
|
10.Menceritakan cara memasak sayur
|
|||||||
3.6.2.dan 4.6.2.Pengenalan bentuk
-bentuk sayuran
|
11.Menganyam bentuk keranjang sayur
|
|||||||
3.8.6.dan 4.8.6.Pertumbuhan tanaman
|
12.Bermain peran sebagai tukang sayur
|
|||||||
3.11.6.dan 4.11.6.Mengulang kalimat
|
13.Menanam sayur
|
|||||||
3.12.1.dan 4.12.1. Pengenalan huruf
vokal dan konsonan
|
14.Diskusi tentang cara menanam
sayuran
|
|||||||
3.13.5.dan 3.13.5.Kerja kelompok
|
15.Menjplak dengan daun bayam
|
|||||||
3.15.2.dan 3.15.2. Perbedaan
warna sayuran
|
16.Mengulang kalimat
|
|||||||
|
17.Diskusi tentang asupan gizi dalam
sayuran
|
|||||||
|
18.Meronce dengan wortel
|
|||||||
|
20.Memotong sayuran
|
|||||||
|
21.Mengisi mangkok dengan sayur
|
|||||||
|
22.Menghitung daun bayam
|
|||||||
RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
TEMA
|
:
TANAMAN
|
KELOMPOK
|
:
B
|
|||||
SUB TEMA
|
: Tanaman Buah
|
SEMESTER/MINGGU
|
:
1 / 18
|
|||||
KD : 1.1, 1.2, 2.2, 2.3. 2.4, 2.9, 2.10, 2.13, 3.2, 4.2, 3.3,
4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.11, 4.11, 3.12.4.12.3.13, 4.13,3.15, 4.15.
|
||||||||
TUJUAN
|
STRATEGI
|
MUATAN
/ MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
|||||
|
|
1.1.3.Macam-macam tanaman jenis buah
& umbi
|
1.Bercakap tentang tanaman jenis
buah,umbi
|
|||||
1.2.7.Melestarikan tanaman
|
2.Menceritakn cara makan buah yang
benar
|
|||||||
2.2.1.Mencoba hal baru
|
3.Bermain mengelompokkan buah-buahan
dari plastik
|
|||||||
2.3.2.Berkreasi dengan bahan alam
|
4.Membedakan bentuk,warna buah
|
|||||||
2.4.4.Berkebun
|
5.Berceita tentang pengalaman
|
|||||||
2.9.2. Tenggang rasa
|
6.Berdiskusi tentang tanaman
umbi-umbian
|
|||||||
2.10.4.Dapat bekerja kelompok
|
7.Menggambar bebas macam-macam buah
|
|||||||
2.13.3.Mengembalikan milik orang lain
|
8.Montase gambar buah-buahan
|
|||||||
3.2.1.dan 4.2.1.Mengucap terima kasih
|
9.Membuat jus buah
|
|||||||
3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik
halus
|
10.Menggoreng / makan makanan dari
umbi jalar
|
|||||||
3.6.2.dan 4.6.2.Pengenalan bentuk
buah2an
|
11.Menimbang buah dengan timbangan
mainan
|
|||||||
3.8.6.dan 4.8.6.Pertumbuhan tanaman
|
12.Berjalan ke samping membawa buah
di atas kepala
|
|||||||
3.11.6.dan 4.11.6.Mengulang kalimat
|
13.Mengelompokkan tanaman jenis buah
/umbi
|
|||||||
3.12.1.dan 4.12.1. Pengenalan huruf
vokal dan konsonan
|
14.Melengkapi huruf vokal nama-nama
buah
|
|||||||
3.13.5.dan 3.13.5.Kerja kelompok
|
15.Pengenalan bentuk-bentuk buah
|
|||||||
3.15.2.dan 3.15.2. Perbedaan
warna buah
|
16.Mengisi pola gambar jambu dengan
bentuk lingakaran
|
|||||||
|
17.Melempar dan menangkap kantong
biji-bijian
|
|||||||
|
18.Menghitung jumlah buah
|
|||||||
|
19.Membuat bentuk buah sesuai angka
|
|||||||
|
20.Membuat kalung dari tangkai daun
ketela
|
|||||||