Sebentar lagi akhir semester ganjil dan ibu guru (bunda) Paud saatnya
membaagikan laporan perkembangan anak (Raport) , maka tidak ada salahnya
kalau kita saling share bagaimana cara menuliskan laporan perkembangan
anak (rapor). Dalam kesempatan ini saya akan share…Silahkan , bisa
dipakai untuk bahan rujukan atau pertimbangan.
LAPORAN
PERKEMBANGAN ANAK
LAPORAN
PERKEMBANGAN ANAK
TAHUN AJARAN 2015/2016
NAMA ANAK
|
:
|
CLARISA OLIVIA JANSEN
|
|
USIA
|
:
|
5-6 TAHUN
|
NOMOR INDUK
|
:
|
2015029
|
|
SEMESTER
|
:
|
I (GASAL)
|
Dekripsi
Perkembangan Anak
1.
NILAI NILAI AGAMA DAN MORAL
Alhamdulillah ananda Risa
anak yang membanggakan terlihat dari
banyaknya capaian perkembangan pada semester ini yang mencapai sesuai harapan
dan sangat baik. Beberapa perkembangan yang dicapai Risa adalah:
Ø
Mengenal
Tuhan sebagai pencipta nampak saat ia mengatakan bahwa dirinya ciptaan Tuhan.
Ø
Ia
dapat melakukan gerakan shalat, senang mendengarkan cerita dalam kitab suci
Ø
Mampu
mengenal perilaku baik yang ditunjukkan dengan suka menolong dan berbagi
makanan serta mainan. Sikapnya santun selalu mengucapkan salam dengan
tersenyum.
Beberapa
perkembangan yang perlu mendapatkan perhatian khusus dikarenakan belum
berkembang diantaranya adalah:
Ø
Membaca
doa sebelum belajar, diharapkan orang tua di rumah sering mengajak dan
membiasakan anak berdoa sebelum belajar
Ø
Mengembalikan
benda yang bukan haknya, diharapkan orang tua di rumah membiasakan anak untuk
mengembalikan benda pada yang berhak.
|
2.
FISIK
MOTORIK
Capaian perkembangan pada
semester ini yang sesuai harapan dan sangat baik oleh Risa adalah:
Ø
Menggunakan anggota tubuhnya untuk pengembangan
motorik kasar dan halusdiantaranya :
Ø
Ia dapat bergerak dengan lincah dan luwes
dalam setiap kegiatan seperti melompat, memanjat, berlari, dsb.
Ø
Melakukan gerakan-gerakan menggunakan
jari-jari tangannya seperti menggunting, meronce, menggambar dan menulis.
Ø
Melakukan kegiatan sehari-hari secara mandiri
seperti memakai sepatu, minum dan makan sendiri, ke toilet sendiri, dengan
meminta bantuan ibu guru ketika mengalami kesulitan.
Perkembangan yang perlu
mendapatkan perhatian khusus dikarenakan mulai berkembang diantaranya:
Ø
Menjaga keamanan dirinya dari benda-benda yang
berbahaya.
Ø
Orangtua diharapkan dapat mengingatkan
benda-benda yang berbahaya di rumah, dan cara menggunakannya.
|
3.
KOGNITIF
Capaian perkembangan pada
semester ini yang sesuai harapan dan sangat baik oleh Risa adalah:
Ø
Mengenal teknologi sederhana dan fungsi alat
tersebut. Risa mengerti apa fungsi
alat pompa dan cara menggunakannya
Ø
Risa mengenal benda-benda di sekitarnya dari
warna, bentuk, ukuran, fungsi, sifat dan berbagai ciri-ciri yang ada pada
benda itu. Ketika bermain peran “Berbelanja di Supermarket”, Risa memilih benda-benda yang akan dibeli
berdasarkan kelompoknya.
Ø
Risa dapat mengenali lingkungan sosialnya. Ia
mengetahui bahwa rumahnya berdekatan dengan masjid .
Perkembangan yang belum
berkembang dan perlu mendapatkan perhatian khusus yaitu:
Ø
Menyelesaikan masalah secara kreatif di
kegiatan mainnya. Orangtua memberikan banyak kesempatan bagi Risa untuk memilih sesuatu, sering dilibatkan
dalam menyelesaikan masalah sederhana. Misal: ketika anak menumpahkan air
secara tidak sengaja, orangtua dapat mengajak anak untuk menemukan cara menyelesaikannya.
|
4.
KEMAMPUAN
BAHASA
Capaian perkembangan pada
semester ini yang sesuai harapan adalah:
Ø
Mengenal keaksaraan dengan menuliskan nama
dirinya secara lancar, walaupun kadang ia menuliskan huruf "d" terbalik dengan huruf "b",
Beberapa kata sederhana mulai dapat ditunjukkannya melalui merangkai
kartu-kartu huruf atau huruf-huruf plastik, atau Membentuk huruf menggunakan
playdough yang dipilin dan digulung menjadi kata-kata.
Perkembangan yang perlu
mendapatkan perhatian khusus dikarenakan belum berkembang dan mulai
berkembang diantaranya: Mengekspresikan perasaan dan keinginannya melalui
bahasa lisan.
|
5.
SOSIAL
EMOSI
Risa sudah dapat mengenal emosi diri sendiri. Pada saat
ia senang, ia dapat bercerita bahwa ia senang mendapatkan hadiah dari ibunya.
Namun Risa perlu belajar untuk
mengenali perasaan orang lain. Kadang Risa mengambil barang milik teman tanpa meminta
izin sehingga menimbulkan protes dari temannya.
Sebaiknya Risa perlu dibimbing untuk lebih peka dan peduli
pada orang lain
|
6.
SENI
Ø
Risa mampu menunjukkan karya dan aktivitas seni
dengan menggunakan berbagai media. Ia senang menggambar dan melukis
menggunakan kuas dan cat. Risa juga
sering secara ekspresif menunjukkan kekaguman pada karya seni teman dengan Berkata,
”Ih... Bagus....”, begitu seru Risa pada saat melihat gambar temannya yang
berwarna-warni
|
PERTUMBUHAN
|
KEHADIRAN
|
1.
BERAT BADAN :
2.
TINGGI BADAN :
|
1.
SAKIT :
2.
IJIN
:
3.
TANPA KETERANGAN :
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
Magetan , Desember 2016
GURU KELOMPOK B
|
KOMENTAR ORANG TUA :
………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………….
|