Senin, 05 September 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  1/6
HARI/TANGGAL :  Senin,       agustus- 2016
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Lingkungan Sekolah
KD: 1.2, 2.1, 3.5,4.5, 3.6,4.6, 3.7, 4.7, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket.
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Sekolahku indah :  bersyukur bisa sekolah
Perilaku tanggung jawab,
Keaksaraan awal, maze, menggambar, mewarnai gambar
1.Penyambutan (SOP)







Kegt. Pagi : doa pagi
                    Fisik motorik


Anak terbiasa berdoa




2.Pembukaan (SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap ttg  sekolahku
- apersepsi


Anak dapat menjawab pertanyaan




3.Inti







Area Baca Tulis
- Menyebutkan dan menuliskan bagian sekolah
Mengumpulkan
Buku tugas, pensil
Anak dapat  menyebutkan dan menulis bagian sekolah




Area  Matematika
Maze mencari jalan menuju ke sekolah
Mengumpulkan
Lembar kerja
Anak dapat mencari jejak jalan menuju sekolah





Area Seni
 Menggambar sekolahku dg media lilin dan cat air
Mengkomunikasikan
Buku gambar, pensil,  cat air
Anak dapat menggambar dgcat air





Area  Balok
Tepat waktu. Mewarnai gambar anak yang tepat waktu ke sekolah
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
Lembar kerja, krayon
Anak  dapat bersikap disiplin





4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama


Sikap   waktu makan





5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam


Sikap berdoa





 Mengetahui                                                                                                                                        Magetan,   agustus - 2016             Kepala  TK                                                                                                                                                    Guru Klp. B


           








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  1/6
HARI/TANGGAL :  Selasa,       agustus- 2016
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Lingkungan / Sekolah
KD: 1.2, 2.1, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.12, 4.12
Materi
Kegiatan Belajar
Ket.
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Sekolahku indah : bersyukur bias sekolah, perilaku disiplin, menebalkanlkan garis, bermain balok,keaksaraan awal
1.Penyambutan (SOP)







Kegt. Pagi : doa pagi
                    Fisik motorik


Anak terbiasa berdoa




2.Pembukaan (SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap ttg  kelasku
- apersepsi


Anak dapat menjawab pertanyaan




3.Inti







Area  Agama
- Kebersihan sebagaian dari iman Memberi tanda V pada gambar anak yg menjaga kebersihan dan X yang buang sampah sembarangan
Mengumpulkan
Lembar kerja
Anak dapat  terbiasa hidup bersih




Area Baca Tulis
- Menulis benda yang ada di kelas
Mengkomunikasikan
Buku tugas, pensil
Anak dapat menulis benda yang ada di kelas





Area  Balok
Membuat sekolah dari balok
Mengkomunikasikan
Balok
Anak dapat  berkreasi dengan balok





Area  Motorik
Menebalkan garis putus –putus bentuk geometri hiasan dinding kelas, membilang jumlan bangun geometri yang sama
Mengumpulkan
Lembar kerja
Anak  dapat mengenal dan menghitung keeping geometri





4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama


Sikap   waktu ngun gemakan





5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam


Sikap berdoa





 Mengetahui                                                                                                                                        Magetan,   agustus - 2016             Kepala  TK                                                                                                                                           Guru Klp. B
                                                                                                                                      




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  1/6
HARI/TANGGAL : rabu,        agustus- 2016
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Lingkungan / SEkolah
KD:, 1.2, 2.5, 2.13, 3.4, 4.4, 3.6, 4.6, 3.12, 4.12, 3.15,4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket.
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Warga sekolah : aku sayang mereka , keaksaraan awal, membilang,menebali kata, mewarnai gambar
1.Penyambutan (SOP)







Kegt. Pagi : doa pagi
                    Fisik motorik


Anak terbiasa berdoa




2.Pembukaan (SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap cakap ttg   warga sekolah
- apersepsi


Anak dapat menjawab pertanyaan




3.Inti







Area Matematika
- Menghitung jumlah warga sekolah : guru….,kepala sekolah….,tukang kebun ….)
Mengumpulkan
Lembar kerja
Anak dapat menghitung dengan benar




Area Baca Tulis
Menulis warga sekolah (guru,murid, kepala sekolah, tukang kebun)
Mengumpulkan
Buku tugas, pensil
Anak dpt menyebutkan dan menulis war sekolahg





Area Seni
- Mewarnai gambar anak yang memberi salam pada guru
Mengkomunikasikan
Lembar kerja, krayon
Anak dapat  mewarnai gambar dg rapih





Area  Motorik halus
Menebali kata rajin di bawah gambar anak yang rajin belajar dan malas pada gambar anak yg malas
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
Lembar kerja
Anak  dapat menebali kata dengan rapih, terbiasa berperilaku rajin





4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama


Sikap   waktu makan





5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam


Sikap berdoa





 Mengetahui                                                                                                                                        Magetan,   agustus - 2016             Kepala  TK                                                                                                                                                    Guru Klp. B






   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  1/6
HARI/TANGGAL : kamis,        agustus- 2016
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Lingkungan / Sekolah
KD : 2..12, 3.6, 4.6,  3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket.
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Alat sekolah harus kurawat : membandingkan , keaksaraan awal, melipat, mengurutkan cerita
1.Penyambutan (SOP)







Kegt. Pagi : doa pagi
                    Fisik motorik


Anak terbiasa berdoa




2.Pembukaan (SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap ttg  alat untuk belajar
Menyanyi “hari pertama ke sekolah
- apersepsi


Anak dapat menjawab pertanyaan




3.Inti







Area  Matematika
- Membandingkan dua kumpulan benda (= atau ≠)
Mengumpulkan
Lembar kerja
Anak dapat membandingkan dua kumpulan benda




Area Bahasa
- Mengurutkan cerita gambar seri “ Merapihkan buku sendiri”
Mengkomunikasikan
Lembar kerja
Anak dapat mengurutkan cerita gambar seri





Area Seni
- Melipat bentuk Buku, memberi nama / identitas (nama sekolah, alamat, kelompok/kelas)
Mengkomunikasikan
Kertas lipat, pensil
Anak dapat membuat lipatan bentuk buku





Area  Baca Tulis
Menyebutkan dan menulis alat untuk sekolah
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
Buku tugas, pensil
Anak  dapat menuliskan alat untuk sekolah





4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama


Sikap   waktu makan





5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam


Sikap berdoa





 Mengetahui                                                                                                                                        Magetan,   agustus - 2016             Kepala  TK                                                                                                                                                    Guru Klp. B






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  1/6
HARI/TANGGAL : Jumat,        agustus- 2016
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Lingkungan / Sekolah
KD: 1.2, 2.6, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.15, 4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket.
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Tugasku / siswa : hafalan doa, memasangkan gambar, membilang benda. 3 M (mewarnai, menggunting, menempel)
1.Penyambutan (SOP)







Kegt. Pagi : doa pagi
                    Fisik motorik


Anak terbiasa berdoa




2.Pembukaan (SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap tugas siswa
- menyanyi lagu ke sekolah
- apersepsi


Anak dapat menjawab pertanyaan




3.Inti







Area Matematika
- Menghitung jumlah perlengkapan sekolah (buku…., pensil….., setip….)
Mengumpulkan
Lembar kerja
Anak dapat menghitung dengan benar




Area  Agama
- Hafalan doa : doa belajar
Mewarnai gbr anak yg sedang berdoa belajar
Mengkomunikasikan
Lembar kerja
Anak dapat menyebutkan dan menirukan hafalan doa





Area Seni
- 3 M ( mewarnai, menggunting, menempel ) gambar tas sekolah
Mengkomunikasikan
Gambar, gunting, krayon, lem, bk merekat
Anak dapat mewarnai, menggunting, menempek dg rapih





Area  Bahasa
Memasngkan gbr perlengkapan seragam sekolah
Mengumpulkan
Lembar kerja
Anak  dapat memasangkan gambar perlengkapan sekolah





4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama


Sikap   waktu makan





5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam


Sikap berdoa





 Mengetahui                                                                                                                                        Magetan,   agustus - 2016             Kepala  TK                                                                                                                                                       Guru Klp. B






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  1/6
HARI/TANGGAL : Sabtu,         agustus- 2016
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Lingkungan / Sekolah
KD: 1..2, 2.6, 2.12, 3.3, 4.3, 3.12, 4.12, 3.15,4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket.
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Aku rajin belajar :
Keaksaraan awal, mewarnai gambar, menggambar dg media pasir, menyusun pola
1.Penyambutan (SOP)







Kegt. Pagi : doa pagi
                    Fisik motorik


Anak terbiasa berdoa




2.Pembukaan (SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap tugas siswa
- apersepsi


Anak dapat menjawab pertanyaan




3.Inti







Area  Baca Tulis
- Mengenal alat sekolah dalam bahasa inggris (book, pencil, bag, eraser)
Mengumpulkan
Buku tugas, pensil
Anak dapat meniru menulis dengan benar




Area Matematika
- Menyusun pola / memperkirakan urutan berikutnya
Mengkomunikasikan
Lembar kerja
Anak dapat menyusun pola gambar / memperikrakan urutan berikutnya





Area Seni
- Mewarnai gambar alat sekolah
Mengkomunikasikan
Gambar, krayon
Anak dapat mewarnai gambar dg rapih





Area  pasir
Menggambar sekolahku dg media pasir
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
pasir
Anak  dapat berkreasi dengan pasir





4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama


Sikap   waktu makan





5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam


Sikap berdoa





 Mengetahui                                                                                                                                        Magetan,   agustus - 2016             Kepala  TK                                                                                                                                                    Guru Klp. B