RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 1/6
HARI/TANGGAL : Senin,
agustus- 2016
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Lingkungan Sekolah
KD: 1.2, 2.1, 3.5,4.5, 3.6,4.6, 3.7, 4.7, 3.12, 4.12,
3.15, 4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Sekolahku indah :
bersyukur bisa sekolah
Perilaku tanggung jawab,
Keaksaraan awal, maze, menggambar, mewarnai gambar
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg sekolahku
-
apersepsi
|
|
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area Baca Tulis
- Menyebutkan dan menuliskan bagian sekolah
|
Mengumpulkan
|
Buku tugas,
pensil
|
Anak dapat menyebutkan dan menulis bagian
sekolah
|
|
|
|
|
|
Area Matematika
Maze mencari jalan menuju ke sekolah
|
Mengumpulkan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat mencari jejak jalan menuju sekolah
|
|
|
|
|
|
|
Area Seni
Menggambar
sekolahku dg media lilin dan cat air
|
Mengkomunikasikan
|
Buku gambar, pensil,
cat air
|
Anak dapat menggambar dgcat air
|
|
|
|
|
|
Area Balok
Tepat
waktu. Mewarnai gambar anak yang tepat waktu ke sekolah
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja,
krayon
|
Anak dapat
bersikap disiplin
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, agustus - 2016 Kepala TK Guru
Klp. B
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 1/6
HARI/TANGGAL : Selasa,
agustus- 2016
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Lingkungan / Sekolah
KD:
1.2, 2.1, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.12, 4.12
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Sekolahku indah : bersyukur bias sekolah, perilaku
disiplin, menebalkanlkan garis, bermain balok,keaksaraan awal
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap – cakap ttg kelasku
-
apersepsi
|
|
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area Agama
- Kebersihan
sebagaian dari iman Memberi tanda V pada gambar anak yg menjaga kebersihan
dan X yang buang sampah sembarangan
|
Mengumpulkan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat terbiasa hidup bersih
|
|
|
|
|
|
Area Baca Tulis
-
Menulis benda yang ada di kelas
|
Mengkomunikasikan
|
Buku tugas,
pensil
|
Anak dapat menulis benda yang ada di kelas
|
|
|
|
|
|
|
Area Balok
Membuat sekolah dari balok
|
Mengkomunikasikan
|
Balok
|
Anak dapat berkreasi
dengan balok
|
|
|
|
|
|
Area Motorik
Menebalkan garis putus –putus bentuk
geometri hiasan dinding kelas, membilang jumlan bangun geometri yang sama
|
Mengumpulkan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat mengenal dan menghitung keeping
geometri
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu ngun gemakan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, agustus - 2016 Kepala TK Guru Klp. B
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 1/6
HARI/TANGGAL : rabu, agustus- 2016
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Lingkungan / SEkolah
KD:, 1.2, 2.5, 2.13, 3.4, 4.4, 3.6, 4.6, 3.12, 4.12,
3.15,4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Warga sekolah : aku sayang mereka , keaksaraan awal,
membilang,menebali kata, mewarnai gambar
|
1.Penyambutan (SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap cakap ttg warga
sekolah
-
apersepsi
|
|
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area Matematika
-
Menghitung jumlah warga sekolah : guru….,kepala
sekolah….,tukang kebun ….)
|
Mengumpulkan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat
menghitung dengan benar
|
|
|
|
|
|
Area Baca Tulis
Menulis warga sekolah (guru,murid, kepala sekolah,
tukang kebun)
|
Mengumpulkan
|
Buku tugas,
pensil
|
Anak dpt
menyebutkan dan menulis war sekolahg
|
|
|
|
|
|
|
Area Seni
- Mewarnai gambar anak yang memberi salam pada guru
|
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja,
krayon
|
Anak dapat mewarnai gambar dg rapih
|
|
|
|
|
|
Area Motorik halus
Menebali
kata rajin di bawah gambar anak yang rajin belajar dan malas pada gambar anak yg malas
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat menebali kata dengan rapih, terbiasa
berperilaku rajin
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, agustus - 2016 Kepala TK Guru Klp. B
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 1/6
HARI/TANGGAL : kamis, agustus- 2016
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Lingkungan / Sekolah
KD : 2..12, 3.6, 4.6,
3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Alat sekolah harus kurawat : membandingkan ,
keaksaraan awal, melipat, mengurutkan cerita
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg alat untuk
belajar
Menyanyi “hari pertama ke sekolah
-
apersepsi
|
|
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area Matematika
-
Membandingkan dua kumpulan benda (= atau ≠)
|
Mengumpulkan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat membandingkan dua kumpulan benda
|
|
|
|
|
|
Area Bahasa
- Mengurutkan cerita gambar seri “ Merapihkan buku
sendiri”
|
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat mengurutkan cerita gambar seri
|
|
|
|
|
|
|
Area Seni
- Melipat bentuk Buku, memberi nama
/
identitas (nama sekolah,
alamat, kelompok/kelas)
|
Mengkomunikasikan
|
Kertas lipat, pensil
|
Anak dapat membuat lipatan bentuk buku
|
|
|
|
|
|
Area Baca Tulis
Menyebutkan dan menulis alat untuk sekolah
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Buku tugas, pensil
|
Anak dapat menuliskan alat untuk sekolah
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, agustus - 2016 Kepala TK Guru Klp. B
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 1/6
HARI/TANGGAL : Jumat, agustus- 2016
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Lingkungan / Sekolah
KD: 1.2, 2.6, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.15, 4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Tugasku / siswa : hafalan doa, memasangkan gambar,
membilang benda. 3 M (mewarnai, menggunting, menempel)
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap tugas siswa
- menyanyi lagu ke sekolah
-
apersepsi
|
|
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area Matematika
- Menghitung jumlah perlengkapan sekolah (buku…., pensil….., setip….)
|
Mengumpulkan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat menghitung dengan benar
|
|
|
|
|
|
Area Agama
-
Hafalan doa : doa belajar
Mewarnai
gbr anak yg sedang berdoa belajar
|
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat menyebutkan dan menirukan hafalan doa
|
|
|
|
|
|
|
Area Seni
- 3 M ( mewarnai, menggunting,
menempel ) gambar tas sekolah
|
Mengkomunikasikan
|
Gambar, gunting,
krayon, lem, bk merekat
|
Anak dapat mewarnai, menggunting, menempek dg rapih
|
|
|
|
|
|
Area Bahasa
Memasngkan gbr perlengkapan seragam sekolah
|
Mengumpulkan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat memasangkan
gambar perlengkapan sekolah
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, agustus - 2016 Kepala TK Guru Klp. B
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 1/6
HARI/TANGGAL : Sabtu, agustus- 2016
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Lingkungan / Sekolah
KD: 1..2, 2.6, 2.12, 3.3, 4.3, 3.12, 4.12, 3.15,4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Aku rajin belajar :
Keaksaraan
awal, mewarnai gambar, menggambar dg media pasir, menyusun pola
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap tugas siswa
-
apersepsi
|
|
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area Baca Tulis
- Mengenal alat sekolah
dalam bahasa inggris (book, pencil, bag, eraser)
|
Mengumpulkan
|
Buku tugas,
pensil
|
Anak dapat meniru menulis dengan benar
|
|
|
|
|
|
Area Matematika
- Menyusun
pola / memperkirakan urutan berikutnya
|
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat menyusun pola gambar / memperikrakan urutan berikutnya
|
|
|
|
|
|
|
Area Seni
- Mewarnai gambar alat sekolah
|
Mengkomunikasikan
|
Gambar, krayon
|
Anak dapat mewarnai gambar dg rapih
|
|
|
|
|
|
Area pasir
Menggambar sekolahku dg
media pasir
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
pasir
|
Anak dapat berkreasi dengan pasir
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, agustus - 2016 Kepala TK Guru
Klp. B