Permainan
sains sederhana
Jumpa
lagi Bunda Paud, kali ini kita ajak anak – anak murid kita bermain sains yuuk,
biar tidak jenuh kita ajak mereka belajar menemukan dan memecahkan masalah yang
ada. Bukankah pembelajaran dalam
Kurikulum 2013 PAUD juga diwajibkan menggunakan pendekatan saintifik
Kali
ini kita belajar sains dengan mengambil tema : Air Udara dan Api. Kegiatan apa
saja yah kira – kira yang bisa membuat anak – anak jadi asyik belajar dan jadi
senang belajar.
TEMA : AIR UADAR API
Kelompok/Umur: B/ 5- 6
tahun
Permainan : memompa
balon tanpa meniup
Bidang Pengembangan :
1.
Kognitif : menceritakan apa yang terjadi
jika.............
2.
Bahasa : menceritakan kejadian secara
sederhana dg urut
KD : 1.1, 2.2, 3.5/4.5,
3.8/4.8, 3.9/4.9, 3.11/4.11
Alat dan bahan : balon,
botol, cuka, soda kue
Langkahnya :
1.
Tuang cuka kedalam botol saampai kira –
kira 1/4 tinngi botol
2.
Masukan soda kue kedalam balon
3.
Masukan lubang balon kedalam botol
4.
Tegakkan balon, sehinnga soda kue jatuh
kedasar botol
5.
Apa yang terjadi ? campuran cuka dan
soda akan mengembangkan balon
Tujuan : untuk
membuktikan bahwa cuka bereaksi dg soda yang akan menghasilkan gas, selanjutnya
gas itulah yg membuat balon mengembang.
Permainan : Gelembung
warna
Bidang Pengembang
Bidang Pengembangan :
1. Kognitif
: menceritakan apa yang terjadi jika.............
2. Bahasa
: menceritakan kejadian secara sederhana dg urut
3. Seni
: permainan warna dg berbagai media
KD : 1.1, 2.2, 2.3, 3.5/4.5,
3.8/4.8, 3.9/4.9, 3.11/4.11,3.15/4.15
Alat dan bahan : air,
sedikit bubuk deterjen, satu sendok teh gula, pewarna makana, sedotan, kertas
putih, toples
Langkahnya :
1.
Larutkan gula kedalam air, lalu larutkan
bubuk deterjen dan pewarna makanan dalam toples, tiup dengan menggunakan
sedotan
2.
Setelah menghasilkan gelembung –
gelembung letakkan kertas putih diatas toples, kemudian angkat
3.
Lalu ulangi untuk warna yang berbeda
4.
Setelah itu keringkan
5.
Apa yang terjadi ? motif gelembung warna
akan terbentuk dikertas
Tujuan : membuktikan
bahwa larutan gula dan sabun membentuk kulit elastis disekeliling udara. Udara terperangkap
sehingga menghasilkan gelembung warna.
Permainan : kapur barus
yang berloncata
Bidang Pengembangan :
6.
Kognitif : menceritakan apa yang terjadi
jika.............
7.
Bahasa : menceritakan kejadian secara
sederhana dg urut
KD : 1.1, 2.2, 3.5/4.5,
3.8/4.8, 3.9/4.9, 3.11/4.11
Alat dan bahan :
toples, baking soda, cuka , kapur barus, air
Langkahnya :
1.
Isi toples dg 1 sendok makan baking soda
2.
Masukkan kapur barus
3.
Tambahkan air secukupnya
4.
Masukkan cuka sedikit demi sedikit
5.
Apa yang terjadi ? setelah baking soda
bereaksi terkena cuka, kapur akan bergerak naik turun secara bergantian,dan
meloncat keluar
Tujuannya : membuktikan
bahwa kekuatan reaksi baking soda dan cuka dapat menggerakkan kapur barus.
Permainan : lilin tetap
menyala didalam gelas
Bidang Pengembangan :
6.
Kognitif : menceritakan apa yang terjadi
jika.............
7.
Bahasa : menceritakan kejadian secara
sederhana dg urut
KD : 1.1, 2.2, 3.5/4.5,
3.8/4.8, 3.9/4.9, 3.11/4.11
Alat/ bahan :3 lilin, gelas,
3 piring, air, korek api
Langkahnya :
1.
Siapkan ketiga piring lalu letakkan
lilin diatas piring
2.
Nyalahkan ketiga lilin
3.
Berilah satu piring dengan air,
sedangkan yang dua piring tidak
4.
Tutuplah lilin dg gelas yang dipiringnya
ada airnya, dan lilin yang piringnya tidak ada airnya , sedangkan lilin satunya biarkan
menyala tanpa ditutup gelas
5.
Apa yang terjadi lilin yang tidak
ditutup gelas tetap menyala , lilin yang ditutup gelas tanpa alasnya diberi air
perlahan akan mati, dan lilin yang ditutup gelas tapi alasnya diberi air akan
tetap menyala
Tujuannya : membuktikan
bahwa lilin yang dinyalakan diatas alas yang diberi air akan tetap menyala
karena mendapat oksigen dari air, ketika oksigennya habis lilinpun akan mati.
Permainan : Kromatografi
( mengurai warna)
Bidang Pengembangan :
6.
Kognitif : menceritakan apa yang terjadi
jika.............
7.
Bahasa : menceritakan kejadian secara
sederhana dg urut
KD : 1.1, 2.2, 3.5/4.5,
3.8/4.8, 3.9/4.9, 3.11/4.11
Alat dan bahan : . Kertas
saring obat (di gunting panjang 10 x 3 cm).
Spidol 4 warna: Hijau tua, coklat,
hitam, orange. Cawan berisi air
Langkahnya :
1.
Tulis satu noda pada kertas saring 3 cm
dari bawah dengan spidol
2.
Celupkan kertas saring kedalam air
di bawah noda dan tunggu beberapa
saat.
3.
Kemudian balik kertas saring dan tunggu
beberapa saat.
4.
Apa yang terjadi. Noda warna yang telah ditulis/digambar dalam kertas saring akan
membiaskan warna asal ( misalnya warna
oren akan mmbiaskan warna merah
dihasilkan dari merah muda, kuning dan ungu).
Selamat
mencoba dan sampai ketemu dengan permainan sains lainnya yang lebih seru tentunya
dengan tema yang berbeda.