Rabu, 18 Oktober 2017

PENYUSUNAN KTSP (KURIKULUM 2013 ) PAUD

Alur Penyusunan KTSP
Perhatikan Alur Penyusunan KTSP
Analisis Konteks Penyusunan Pengesahan
1. Analisis Konteks
a. Satuan PAUD membentuk Tim Pengembang Kurikulum Satuan PAUD (TPKS
PAUD). Tim dapat terdiri atas: kepala sekolah, guru, ketua yayasan, pengawas,
komite sekolah
b. TPKS PAUD melakukan analisis konteks mempelajari, dan menganalisis:
• dokumen perundang-undangan,
• kondisi, peluang, dan tantangan yang terkait dengan peserta didik, pendidik,
sarana, prasarana, biaya, dan nilai-nilai yang mendasari, serta program yang
akan dilakukan.
2. Penyusunan Dokumen KTSP PAUD
• Satuan PAUD melakukan rapat kerja penyusunan kurikulum dengan
memperhatikan hasil analisis konteks yang telah dilakukan.
• Rapat kerja dipimpin oleh kepala sekolah.
• Peserta rapat kerja adalah seluruh warga yang ada di satuan pendidikan (misalnya
guru, petugas TU, petugas kebersihan).
• Rapat kerja dapat melibatkan komite sekolah, narasumber dan pihak lain yang terkait
• Draf kurikulum dapat dikaji ulang (di-review) dan direvisi .
3. Pengesahan Dokumen KTSP PAUD
Dokumen KTSP yang telah disusun oleh setiap satuan PAUD perlu disahkan oleh pejabat yang berwenang seperti dinas pendidikan setempat dan/atau ketua
yayasan/pengelola.
Cara pengesahan dapat dilakukan dengan cara:
a. Pengawas/penilik setempat melihat kelayakan KTSP yang disusun
b. Kepala Satuan PAUD mengajukan Kurikulum yang sudah ditetapkan oleh Satuan
PAUD/Ketua Yayasan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk disahkan atau
setidaknya diketahui.
c. Dinas Pendidikan atau pejabat yang ditunjuk sesuai dengan kewenangannya
mengesahkan dokumen kurikulum yang bersangkutan.
4. Pelaksanaan KTSP
KTSP yang telah disusun harus dilaksanakan dan menjadi tanggung jawab bersamaseluruh warga yang ada pada satuan PAUD tersebut.
Apa Saja
Isi Dokumen KTSP?
Visi
Misi
Visi merupakan cita-cita jangka panjang yang ingin diwujudkan atau diraih oleh satuan
PAUD. Berisi gagasan besar yang ingin dicapai oleh satuan PAUD yang berorientasi ke
depan (jangka panjang), tidak untuk dicapai pada kondisi saat ini.
Contoh Rumusan Visi
“Membentuk generasi yang sehat, cerdas, kreatif, mandiri, ceria dan berakhlak mulia”
Contoh Rumusan Misi
1. Menyelenggarakan layanan pengembangan holistik integratif.
2. Memfasilitasi kegiatan belajar yang aktif dan menyenangkan sesuai dengan tahapan
perkembangan, minat, dan potensi anak.
3. Membangun pembiasaan perilaku hidup bersih, sehat dan berakhlak mulia secara mandiri.
4. Membangun kerjasama dengan orang tua, masyarakat, dan lingkup terkait dalam rangka
pengelolaan PAUD yang professional, bertanggung jawab dan berdaya saing nasional.
Misi adalah upaya yang harus dilaksanakan sebagai penjabaran visi yang telah dirumuskan
setiap satuan pendidikan.
Visi perlu disusun oleh satuan PAUD untuk:
1. menjadi arah yang ingin dicapai oleh satuan.
2. membangun kesamaan pemahaman pada semua pelaksanaan (pendidik dan tenaga
kependidikan) yang ada di satuan PAUD sebagai cita-cita bersama yang ingin
diwujudkan.
3. membangun motivasi pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua untuk meraih
cita-cita bersama.
Misi digunakan oleh satuan PAUD untuk:
1. acuan/rujukan dalam penyusunan program.
2. memberikan keluwesan dan ruang gerak pengembangan kegiatan di satuan pendidikan
3. menggambarkan kekhasan atau keunggulan layanan di satuan PAUD
Cara penyusunan misi:
1. menjabarkan indikator dari setiap nilai atau cita-cita yang ada dalam visi.
2. menetapkan fasilitasi yang harus dilakukan satuan PAUD untuk mendukung indikator
yang ada dalam visi.
Apa Komponen Dokumen 1 KTSP? 3. menjabarkan strategi yang akan diambil satuan PAUD untuk mencapai visi.
Dokumen I KTSP adalah dokumen yang
bersifat umum berisi berbagai informasi yang
berhubungan dengan karakteristik satuan PAUD.
Komponen minimal Dokumen I PAUD berisi:
• visi,
• misi,
tujuan satuan pendidikan,
• muatan Pembelajaran,
• pengaturan beban belajar dan
• kalender pendidikan.
KTSP
DOKUMEN 1 DOKUMEN 2
Dokumen KTSP terdiri dari dua dokumen, yaitu
Dokumen 1 dan Dokumen 2.
Tujuan
Tujuan berisi rumusan hasil keluaran/output yang dicapai pada waktu tertentu. Visi
dirumuskan untuk pencapaian jangka waktu panjang, sedangkan tujuan dirumuskan
untuk pencapaian misi jangka waktu pendek atau dikaitkan dengan lulusan yang
diharapkan.
Contoh rumusan tujuan:
1. Mewujudkan anak yang sehat, jujur, senang belajar, dan mandiri
2. Mewujudkan anak yang mampu merawat dan peduli terhadap diri sendiri, teman, dan
lingkungan sekitarnya.
3. Menjadikan anak yang mampu berfi kir, berkomunikasi, bertindak produktif dan kreatif
melalui bahasa, musik, karya, dan gerakan sederhana.
4. Menjadikan anak beragama sejak dini.
5. Menciptakan iklim belajar yang kondusif bagi penyelenggaraan pendidikan, perawatan,
pengasuhan, dan perlindungan anak.
6. Menjadi lembaga rujukan PAUD tingkat kabupaten/kota /propinsi/nasional.
Muatan Pembelajaran
Muatan pembelajaran adalah cakupan materi yang ada pada KD sebagai bahan yang
akan dijadikan kegiatan-kegiatan untuk mencapai kompetensi sikap spiritual, sikap
sosial, pengetahuan dan keterampilan\berisi kumpulan materi yang akan dikenalkan
pada anak untuk mendukung pencapaian kompetensi setiap anak.
Bagaimana menentukan muatan pembelajaran?
• Lakukan analisis setiap KD, temukan kata kunci yang diharapkan dicapai dari setiap KD
• Jabarkan dari setiap materi yang ada pada KD
• Kembangkan materi menjadi kegiatan yang sesuai dengan tema/subtema
Muatan pembelajaran yang ditetapkan oleh satuan PAUD untuk dijadikan kegiatan
perlu memperhatikan:
1. tahapan perkembangan dan kebutuhan anak
2. kompetensi Dasar yang ingin dicapai
3. visi, misi dan tujuan lembaga
4. kearifan lokal
5. keunggulan lembaga
Muatan Pembelajaran/Materi berisi konsep-konsep yang akan dikenalkan pada anak
untuk mencapai pemenuhan Kompetensi yang diharapkan. Muatan pembelajaran/
Materi merujuk pada Kompetensi Dasar dan dikembangkan oleh satuan PAUD. Satuan
PAUD dapat mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan visi dan misinya.
Misalnya, jika satuan PAUD yang memiliki visi pengembangan entrepreneurship atau
kepemimpinan atau budaya dapat memperkaya materi di atas.