RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : DIRI
SENDIRI/ IDENTITAS
HARI
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/ 4.6
3.12/4.12 3.15/4.15
|
Aku
ciptaan Tuhan, perkenalan diri, mewarnai gambar, berhitung, lagu “aku
adalah aku”
|
Aku:
aku ciptaan Tuhan, bercakap – cakap
tentang aku
praktek langsung perkenalan diri (nama , usia, alamat)
mewarnai gambar sesuai jenis kelamin
menghitung usia teman (umurku 5 tahun,
umur ani....., umur andi.....)
menyanyi lagu “ aku adalah aku”
|
SELASA
|
1.2.,
2.2, 3.5/ 4.5 3.6/4.6,
3.11/4.11, 3.15/4.15
|
Identitas diri : nama, umur, alamat,
membilang, mewarnai gambar, mengenal baik dan buruk, lagu “selamat Ulang
Tahun”.
|
Identitas diri :
Melengkapi kalimat sederhana (
namaku....umurku....rumahku......)
Mengurutkan angka 1-10 membentuk kue
ulang tahun
Memberi tanda V pada gambar anak yg
tertib dan X yg tidak tertib di pesta ULTAH
Menyanyi lagu Selamat Ulang Tahun
|
RABU
|
1.2, 2.3 2.8, 3.5/4.5, 3.6/4.6,
3.11/4.11, 3.12/4.12,
|
Identitas Diri:ciri-ciri
Membilang, bermain plastisin,
memasangkan gambar, menebalkan tulisan, bermain Siapa Aku
|
Identitas Diri : ciri- ciriku
Tanya jawab tentang ciri – ciriku
Membilang/menghitung jumlah anak laki
–laki dan anak perempuan di kelasku
Membuat bentuk Aku dengan
plastisin/clay
Memasangkan gambar aku dan seragamku
Menebalkan tulisan yang masih bergaris
putus –putus sesuai gambarnya
|
KAMIS
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.6/4.6, 3.5/4.5 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Identitas Diri
Perbedaan anak laki –laki dan
perempuan, melipat kertas, melengkapi gambar,
menulis
|
Identitas diri : bercakap – cakap ttg
ciri temanku
Mencari 4 perbedaan pada gambar anak
laki-laki dan anak perempuan
Melipat bentuk baju seragamku
Melengkapi gambar “ Temanku” yang
belum selesai/sempurna
Menulis nama teman baikku
|
JUMAT
|
1.2, 2.4, 2.5, 3.5/4.5, 3.10/4.10,
3.12/4.12
|
Identitasku
Rajin beribadah, sikap toleransi,
memasangkan gambar, mengurutkan nomer 1- 4 pada cerita gambar seri
|
Identitas Diri: Agamaku
Memberi warna hijau pada gambar anak
yg toleransi beragama dan warna merah yang tidak
Menghitung jumlah gambar anak yang
rajin beribadah dan jumlah anak yg tidak
Memasangkan gambar anak yang beribadah
(umat) dengan tempat ibadahnya
Memberi urutan nomer 1 – 4 pada cerita
gambar seri
|
SABTU
|
2.3, 2.8, 3.3/4.3, 3.15/4.15
|
Identitasku
Mengenal bahasa inggris, menggambar,
jalan – jalan, lagu akau anak sehat
|
Identitas Diri
Bercakap – cakap tentang rumahku dan
rumah temanku
Jalan – jalan disekitar lingkungan TK
Menggambar rumah temanku (rumah yang
ditemui waktu jalan – jalan)
Mewarnai gambar BOY untuk anak laki –
laki dan Girl untuk anak perempuan
|
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
: 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA
/SUB.TEMA: Diri Sendiri/ Tubuhku
HARI
|
KD
|
CAKUPAN
MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
1.1,
2.2, 2.5, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.12/4.12, 3.15/4.15
|
Tubuhku
ciptaan Tuhan
Menyebutkan
nama benda, membilang dengan benda, melengkapi gambar, gerak dan lagu
|
Tubuhku
:
Tanya
jawab tentang tentang tubuhku (bagian tubuh)
Menyebutkan
nama anggota tubuh sesuai dengan arah panah
Memasangkan
gambar anggota tubuh dg bilangan yg sesuai
Menempel
gambar bagian tubuh
Gerak
dan lagu “krpala pundak lutut kaki”
|
SELASA
|
1.2,
2.2, 2.6, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.11/4.11,
3.14/4.14,
3.15/4.15
|
Tubuhku:
Menghububgkan
tulisan dg simbol, mengurutkan gambar, menggunting gambar, mengenal benar salah,
|
Tubuhku
:
Tanya
jawab tentang fungsi anggota tubuh
Melingkari
huruf vokal pada nama gambar anggota tubuh
Memberi
nomer 1-5 urutan gambar dari yg terkecil sampai gambar terbesar
Mmenggunting
gambar AKU
Memberi
warna hijau pada gambar anak yg bisa menjaga kebersihan dan warna merah yg
tidak bisa
|
RABU
|
1.2,
2.2, 2.3, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.12/4.12/3.15/4.15
|
Panca
Indera
Menyebutkan
kembali kata yg baru didengar, menyusun pola, memasangkan gambar, mewarnai gambar
|
Panca
indera:
Bercakap
– cakap ttg panca indera
Memperhatikan
gambar dan mengulang kata yang baru didengar
Menyusun
pola gambar (mata.hidung.telinga....,...,...)
Memasangkan
gambar panca indera dan pasangannya (mata-TV, telinga-radio,
mata-bunga,lidah-ice cream, kulit-benda kasar/halus)
Mewarnai
gambar anak yang mandiri mengurus diri sendirpe
|
KAMIS
|
1.2,
2.2, 2.12, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6,
3.10/4.10, 3.15/4.15
|
Panca
Indera:
Prilaku
/sikap ingin tahu, menebali kata ,
menulis, kolase,
|
Panca
Indera:
Tanya
jawab tenatang fungsi/ guna panca indera
Mendengarkan
bacaan guru menunjukkan gambar dan melingkari tulisan (mata melihat gambar ,
lidah merasakan kue, telinga mendengarkan musik, kulit meraba kapas halus,
hidung mencium bau bunga)
Menebali
kata panca indera yang masih berupa garis putus putus sesuai gambar
Menulis
macam rasa (pedas, manis, pahit, asin, sepet)
Kolase
gambar ice cream dg media kapas
|
JUMAT
|
1.2,
2.2, 2.6, 3.2/4.2, 3.5/4.5., 3.11/4.11
3.15/4.15
|
Panca
indera
Lagu
: mataku yang indah, mengurutkan
cerita , memberi tanda = dan ≠, bermain peran,
|
Panca
indera
Tanya
jawab tentang pentingnya mata (cara
merawat mata)
Menyanyikan
lagu “Mataku yg Lentik”
Mengurutkan
n0 1- 4 cerita gambar seri “ pergi ke dokter mata”
Memberi
tanda = dan ≠,pada dua kumpulan gambar/benda
Bermain
peran “pergi ke dokter mata”
|
SABTU
|
1.2,
2.2, 2.6, 3.3/4.3,3.14/4.14 3.15/4.15
|
Gembira
bermain
|
Puncak
Tema Negaraku :
Praktek
langsung mencoba macam – macam rasa ( cabe – pedas, garam – asin, gula manis,
kopi pahit, salak sepet)
Bermain
tebak siapa saya (mata ditutup mencari asal suara meraba dan menebak nama )
Mengenal
bahasa inggris ( mewarnai gambar dan menebali kata ( Salt, Sugar, Coffee,
Chili, Zalaca)
|
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
: 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : Diri Sendiri? Kesukaanku
HARI
|
KD
|
CAKUPAN
MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
1.2,
2.5, 2.6, 3.2/4.2, 3.5/4.5, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Kesukaanku
: mainan
Bersyukur
mempeunyai maian kesukaan, bercerita ttg gambar, membilang, menggambar
|
Kesukaanku
: mainan
Bercakap-
cakat ttg mainan kesukaan
Memberi
tanda V pada gambar anak yg bisa merawat mainan dan X yang tidak bisa
Menceritakan
gambar yang telah disediakan dg kalimat sederhana
Menarik
garis dari no 1-15 membuat bentuk mainan mobil
Menggambar
mainan kesayangan
|
SELASA
|
1.2,
2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.7/4.7, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Kesukaan
: mainan
Memasangkan
benda, menyusun huruf, bermain plastisin/clay, membedakan ciptaan Tuhan,
|
Kesukaan
: mainan
Memasangkan
jumlah benda dg bilangan yg sesuai
Menyusun
huruf menjadi kata sesuai gambar (libom, akenob, alob,gnerelek)
Membuat
bentuk mainan kesukaanku dari plastisin/clay
Memberi
tanda V pada ciptaan Tuhan dan X yang bukan
|
RABU
|
1.2,
2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.12/4.12, 3/15/4.15
|
Kesukaanku
Mengurutkan
benda, menghubungkan gambar, mewarnai gambar , menebali huruf.
|
Kesukaanku
Mengurutkan
gambar mobil-mobilan dari yang terbesar sampai terkecil
Menghubungkan
gambar dg tulisannya
Mewarnai
gambar mainan kesukaanku dg media spidol
Menebali
huruf S bila suka mainan dan TS bila tidak suka
|
KAMIS
|
1.2,
2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.10/4.10, 3/15/4.15
|
Kesukaanku
:makanan/minuman
Mengurutkan
cerita, memberi tanda <,= atau>, kolase, mengenal sikap baik dan buruk
|
Kesukaan
: makana/minuman
Tanya
jawab makanan/minuman kesukaan
Mengurutkan
cerita gambar seri 1-4 menjadi cerita membuat donat
Kolase
gambar donat dg guntingan kertas kecil-kecil
Memberi
tanda <,= atau> pada dua kumpulan benda
Mewarnai
gambar anak yang mau berbagi bekal
|
JUMAT
|
1.2,
2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.12/4.12 3/15/4.15
|
Kesukaanku
:hobby
3
M, maze, keaksaraan, mewarnai gambar
|
Kesukaanku
: Hobby/aktivitas
Tanya
jawab tentang hobby
Mewarnai,
mencocok, menempel gambar bola
Menyebutkan
dan menulis kata yg mempunyai awalan Bo (bola, botol, boneka, bosan, bom)
Mewarnai
gambar /kaligrafi Bismillah dengan tenik garis
Mencari
jejak jalan ke lapangan bola
|
SABTU
|
1.2, 2.2, 2.3, 2.4 3.6/4.6. 3.15/4.15
|
Kesukaanku
|
Puncak
Tema Kesukaanku :
Bermain
bola
Praktek
langsung membuat mainan mobil mobilan dari kulit jeruk
Bermain
boneka tangan
|