Jumat, 22 November 2019

contoh sejarah singkat berdirinya TK



BAGIAN I
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
PROFIL LEMBAGA
A.    SEJARAH SINGKAT TK  NEGERI PEMBINA KAWEDANAN

TK Negeri Pembina Kawedanan merupakan lembaga pendidikan Taman Kanak Kanak Negeri milik Pemerintah Daerah  yang berlokasi di Jalan Kauman RT 11 RW 02 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Berdirinya Taman Kanak - Kanak Negeri Pembina  Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan berawal dari usulan Kepala UPTD Kecamatan Kawedanan ( tahun 2007) yang selanjutnya ditindak lanjuti Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan maka pada tahun 2008 didirikan TK Negeri pembina Kawedanan dengan tujuan dapat memberikan model atau contoh TK – TK lain yang ada di Kecamatan Kawedanan baik dalam proses pembelajarannya atau sarana prasarananya, Selain itu TK Negeri Pembina Kawedanan juga diharapkan mampu  memberikan pendidikan sedini mungkin pada anak – anak usia dini yang jumlahnya cukup banyak di lingkungan Kelurahan Kawedanan   dan  untuk membantu menyiapkan anak – anak usia dini  masuk ke sekolah dasar (SD). Pada saat berdiri TK Negeri Pembina mampu menampung anak usia dini 38 anak. Dan diasuh 2 guru 1 Kepala TK, 1 pesuruh TK . saat itu  Sarana prasarana masih minim, maka Kepala TK dan guru dituntut bekerja cerdas dan keras untuk mencapai Lembaga yang maju dan terdepan.
Dengan terobosan – terobosan baru yang dilakukan Kepala TK dan Guru serta Komite  seiring berjalannya waktu, akhirnya jumlah murid bertambah dan rombongan belajar yang semula hanya dibuka dua (2) rombel kini sudah mampu membuka lima (5) rombel dengan rincian KLP A1, KLP A2, KLP B1, KLP B2  dan KLP B3. Sedangkan prestasi yang diraih baik oleh anak – anak (peserta didik), Kepala TK, Guru atau Lembagapun semakin meningkat , tidak hanya berprestasi di tingkat Kecamatan, Kabupaten tapi juga sudah meraih prestasi di  tingkat propinsi Jawa Timur. Untuk Lembaga sendiri TK Negeri Pembina meraih juara III Lomba Widya pakerti Nugraha tingkat Jawa Timur, Juara II Lomba UKS tingkat Jawa Timur.
Selain prestasi tersebut TK Negeri Pembina Kawedanan juga dipercaya oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan sebagai  TK Inklusi pada tahun 2015 dan sebagai TK percontohan untuk pendidikan Inklusi dan Sekolah berkarakter , terakhir pada bulan Nopember tahun 2019 TK Negeri Pembina juga ditunjuk sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA) untuk percontohan di kecamatan Kawedanan, yang deklarasinya dilakukan serentak seluruh Indonesia dengan ditandai Sehari Belajar Di Luar Kelas ( Outdoor Classroom Day/ OCD) pada tanggal 7 nopember 2019.
 Kedepannya TK Negeri Pembina berusaha untuk tetap berbenah baik dalam program kerja disertai program unggulan lembaga, juga program pengembangan sarana prasarananya, serta program pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia ) dengan selalu meningkatkan pengembangan diri  gurunya. yang semuanya dimaksudkan untuk dapatnya TK Negeri Pembina memenuhi fungsinya sebagai TK percontohan yang tidak hanya di lingkup Kecamatan Kawedanan, Distrik Gorang Gareng tapi juga Kabupaten Magetan. . Demikian sejarah singkat berdidrinya TK Negeri Pembina  Kecamatan Kawedanan  Kabupaten Magetan.