RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 4-5 TAHUN / KELOMPOK A
TEMA : TANAMAN
SUB. TEMA : TANAMAN SAYUR
HARI
|
TUJUAN
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1. Menceritakan gambar
2. Menggambar
3. Mengurutkan benda
4. Bermain plastisin
|
Pembelajaarn langsung
|
1.1, 1.2, 2.1,
3.3,4.3, 3.8, 4.8,3.12,4.12, 3.15,4.15
|
Sayur ciptaan Tuhan (bersyukur) : bercakap-cakap,
keaksaraan awal, mengurutkan, menggambar, bermain plastisin
|
Macam sayuran :
Bercakap – cakap ttg macam sayuran
Menceritakan gambar “menanam tanaman”
Menggambar sayur kesukaan dg spidol
Mengurutkan benda berdasarkan urutannya
Bermain plastisin
|
SELASA
|
Anak dapat :
1. Membuat jus wortel
2. Mengelompokkan gambar
3. Meronce
4. Bermain puzle
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1,1.2, 2.1,
2.2, 2.3, 3.3, 4.3,.3.5, 4.5, 3.8,.4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
|
Manfaat wortel : bercakap-cakap, percobaan sains,
keaksaraan awal, perilaku kreatif, bermain puzzle, membedakan /mengelompokkan
benda
|
Manfaat wortel :
Bercakap –cakap ttg manfaat wortel
Membuat jus wortel
Bermain puzzle wortel
Memberi tanda S bila gambar sayuran dan huruf B bila buah
Meronce wortel menjadi bentuk kalung
|
RABU
|
Anak dapat :
1. Membilang
2. Mewarnai gambar
3. Mengurutkan cerita
4. Menyebutkan bagian tanaman sayur bayam
|
Pembelajaarn langsung
|
1.1,1.2, 2.1, 2.2, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.12, 4.12,
3.15, 4.15
|
Manfaat bayam :
(bersyukur) keaksaraan awal, menghitung, mewarnai
gambar, mengurutkan cerita gambar, mengenal tanaman sayur bayam
|
Manfaat bayam :
bercakap – cakap ttg bayam
Menghitung jumlah daun pada gambar bayam
Mewarnai gambar sayur bayam
Mengurutkan cerita gambar seri “aku suka makan
sayur”
Menyebutkan bagian tanaman dayur batam
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1. Mengelompokkan gambar
2. Mengenal ciptaan Tuhan
3. Melingkari huruf vocal pada kata sayur sawi
4. Kolase
|
Pembelajaarn langsung
|
1.1,1.2, 2.3, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.15, 4.15
|
Sawi ciptaan Tuhan (bersyukur): perilaku kraetif,
kolase, mengelompokkan gambar, membedakan ciptaan Tuhan, keaksaraan awal,
|
Sawi ciptaan Tuhan ( bersyukur) :
Bercakap –cakap ttg sayur sawi
Mengelompokkan gambar sayuran yang berwarna hijau,
menghitung jumlahnya
Membari tanda (T) pada gambar sayur ciptaan Tuhan
dan (M) yang bukan
Melingkari huruf vocal pada kata sayur sawi
Kolase sayur sawi
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1. Hafalan doa
2. Mengurtkan gambar
3. Mewarnai gambar
4. Menghubungkan gambar
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1, 1.2, 2.1, 3.3,4.3, 3.8,4.8, 3.10, 4.10, 3.15,
4.15
|
Terong ciptaan Tuhan (bersyukur) : hafalan doa
makan, mengurutkan gambar, mewarnai gambar, menghubungkan gambar, maze
|
Terong ciptaan Tuhan :
hafalan doa makan (mewarnai gambar anak yg sedang
membaca doa makan )
mengurutkan gambar terung dari yang terbesar sampai
terkecil
mewarnai gambar terung dengan media garis
menghubungkan gambar sayur dengan warna (bayam –
hijau, terung-ungu,wortel-oren,cabe-merah)aze ke kebun sayur kakek
|
SABTU
|
Anak dapat :
1. Menghubungkan gambar
2. Bermain plastisin
3. Menebali kata
4. Percobaan sains
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1,1.2,2.1, 3.3, 4.3, 3.8, 4.8, 3,12, 4,12, 3.15, 4.15
|
Sayur ciptaan Tuhan (bersyukur) :
Menghubungkan gambar, mencetak, membandingkan,
keaksaraan awal, sikap ingin tahu
|
Sayur ciptaan Tuhan :
Menghubungkan gambar sayur dengan namanya
(tulisannya)
Mencetak bentuk
sayur dari palstisin/ clay
Menebali kata dalam bahasa inggris (carrot, bean,
chili, tomato)
Praktek langsung membuat warna alam dari daun bayam merah
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 4-5
TAHUN / KELOMPOK A
TEMA : TANAMAN
SUB. TEMA : TANAMAN BUAH
HARI
|
TUJUAN
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1. Menggmbar
2. Mengelompokkan gambar
3. Mengenal ciptaan Tuhan
4. Menebali kata buah
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1, 1.2, 2.1,
3.3,4.3, 3.8, 4.8,3.12,4.12, 3.15,4.15
|
Buah ciptaan Tuhan (bersyukur) : keaksaraan awal,
menggambar, mengelompokkan gambar, membedakan ciptaan Tuhan
|
Macam buah - buahan :
Bercakap – cakap ttg macam buah - buahan
Menggambar aneka buah yang disukai anak
Mengelompokkan gambar buah berdasarkan kulitnya
(kasar-halus)
Memberi tanda (T) kalau ciptaan Tuhan dan (M) yang
bukan ciptaan Tuhan
Menebali kata buah
|
SELASA
|
Anak dapat :
1. 3 M
2. Mengurutkan gambar
3. Mengenal sikap baik
4. Menyusun kepingan puzle
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1,1.2,
2.1, 2.3, 3.3, 4.3,, 3.8,.4.8, 3.12,
4.12, 3.15, 4.15
|
Buah apel :
3 M (mewarnai, mencocok, menempel), mengurutkan
apel, puzzle, sikap jujur
|
Buah apel
Bercakap –cakap tentang bua apel
3 M (mewarnai, mencocok, menempel) gambar buah apel
Mengurutkan buah apel dari yang terkecil sampai
terbesar
Menulis huruf ba untuk anak yg jujur dan bu yang
tidak
Menyusun kepingan gambar apel menjadi utuh “
|
RABU
|
Anak dapat :
1. Memeram buah
2. Menghitung buah
3. Bermain palstisin
4. Mengenal bagian tanaman mangga
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1,1.2, 2.2, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.12, 4.12, 3.15,
4.15
|
Buah mangga : memeram buah, keaksaraan awal,
menghitung,, perilaku ingin tahu
|
Buah Mangga :
Bercakap-cakap tentang buah mangga
Memeram buah mangga
Menghitung buah mangga yang dipetik
Membuat bentuk buah mangga dari plastisin
Mengenal bagian tanaman mangga (mengamati pohon
mangga di halaman)
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1. Menyusun pola
2. Menghubungkan gambar
3. Bermain pasir
4. Mozaik
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1,1.2, 2.3, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.15, 4.15
|
Buah pisang ; menyusun pola, melingkari kata,
menghubungkan gambar, bermain pasir
|
Buah pisang
Bercakap- cakap ttg buah pisang
Menyusun pola warna pada gambar pisang (hijau,
kuning, merah……)
Menghubungkan gambar buah dengan tulisannya
Bermain pasir
Mozaik Keranjang buah
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1. Kolase
2. Bermain puzzle
3. Menyempurnakan garis
4. Menebali kata
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1, 1.2, 2.1, 3.3,4.3, 3.8,4.8, 3.12, 4.12, 3.15,
4.15
|
pepaya ciptaan Tuhan (bersyukur) : kolase, bermain
puzzle, menyempurnakan garis, kekasraan awal
|
Buah papaya
Bercakap – cakap ttg buah papaya
Kolase buah papaya
Bermain puzzle papaya
Menyempurnakan garis putus – putus membuat bentuk
buah pepaya
Menebali kata bagian tanaman pepaya
|
SABTU
|
Anak dapat :
1. Membuat pola
2. Menceritakan gambar
3. Berkreasi dg bahan alam
4. Bermain peran
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1,1.2,2.3, 2.5, 3.3, 4.3, 3.8, 4.8, 3,12, 4,12, 3.15, 4.15
|
Buah ciptaan Tuhan (bersyukur) :
Menyusun pola, mengelompokkan benda, perilaku kreatif,
bermain peran
|
buah ciptaan Tuhan :
Bercakap –cakap tentang buah jeruk
Membuat pola sate buah (papaya, apel,nanas….)
Menceritakan gambar
Membuat mainan dari kulit jeruk bali
Bermain peran “penjual buah”
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 4-5
TAHUN / KELOMPOK A
TEMA : TANAMAN
SUB. TEMA : TANAMAN HIAS/BUNGA
HARI
|
TUJUAN
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1. Bersikap tanggung jawab
2. Membilang
3. Mewarnai gambar
4. Berkreasi dg palstisin
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1, 1.2, 2.1,
3.3,4.3, 3.8, 4.8,3.12,4.12, 3.15,4.15
|
Bunga ciptaan Tuhan (bersyukur) : bercakap-cakap,
keaksaraan awal, menyusun huruf, menghitung, mewarnai gambar
|
Macam tanaman hias/ bunga :
Bercakap – cakap ttg macam bunga
Memberi tanda (V) pada gambar anak yang merawat
tanaman dan (X) yang merusak
Menhitung jumlah bunga yang mekar dan bunga yang
kuncup
Mewarnai bunga kesukaan dg cat air
Berkreasi dg plastisin
|
SELASA
|
Anak dapat :
1. Menyanyi
2. Mencari jejak
3. Melengkapi kata
4. Mengurutkan cerita
5. Mencocok
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1,1.2, 2.1
,2.3, 3.3, 4.3,.3.5, 4.5, 3.8,.4.8,
3.12, 4.12, 3.15, 4.15
|
Bunga matahari
Menyanyi, mencari jejak, melengkapi kata,
mengurutkan cerita gambar seri, perilaku kreatif
|
Bunga Mawar:
Bercakap –cakap tentang bunga mawar
Menyanyi lagu Lihat kebunku
Mencari jejak ke taman bunga (maze)
Melengkapi kata yg belum sempurna M _ _ _ _
Mengurutkan cerita gambar seri “menanam bunga”
Mencocok gambar bentuk bunga
|
RABU
|
Anak dapat :
1. Keaksaraan awal
2. Melipat
3. Menyusun pola
4. Menebali garis
|
Pembelajaarn langsung
|
1.1,1.2, 2.1, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.12, 4.12, 3.15,
4.15
|
Bunga tulip
Keaksaraan awal, melipat, menyusun pola, menggambar
|
Bunga tulip : bercakap – cakap ttg bunga tulip
Meniru menulis 5 nama bunga
Melipat bentuk bunga tulip, menempel dg rapih
Menyusun pola warna pada gambar bunga (merah,
kuning, ping,……)
Menebali garis putus – putus menjadi bentuk bunga
tulip
|
KAMIS
|
Ank dapat :
1. Mengurutkan gambar
2. Berkreasi dg stempel
3. Menghubungkan gambar
4. Bermain balok
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1,1.2, 2.3, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.15, 4.15
|
Bunga matahari :
Mengurutkan gambar, perilaku kreatif, stempel ,
menghubungkan gambar, bermain balok
|
Bunga matahari
Mengurutkan bunga matahari dari yang terkecil sampai
tertinggi
Membuat kelopak bunga matahari dengan stempel jari
Menghubungkan gambar benda dengan bau (tulisannya)
Bermain balok (membuat taman bunga
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1. Menebali kata yasmine
2. Mewarnai gambar
3. Percobaan sains
4. Bermain puzle
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1, 1.2, ,2.2, 3.3,4.3, 3.8,4.8, 3.12, 4.12, 3.15,
4.15
|
Bunga melati : keaksaraan awal, mewarnai gambar,
percobaan sains, bermain puzzle
|
Bunga melati
Bercakap- cakap ttg cirri bunga melati
Menebali kata bunga melati dalam bahasa arab (
yasmine)
Mewarnai gmbar anak yang merawat kebun bunga
Percobaan sains : membuat warna hijau daun melati
Bermain puzzle bunga melati
|
SABTU
|
Anak dapat :
1. Sikap tanggung jawab
2. Menghubungkan gambar
3. Menebali kata
4. Mewarnai gambar
|
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
|
1.1,1.2,2.4, 3.3, 4.3, 3.8, 4.8, 3,12, 4,12, 3.15, 4.15
|
Bunga ciptaan Tuhan :
Menyirami bunga, menghubungkan gambar, keaksaraan
awal, mewarnai gambar
|
Bunga ciptaan
Tuhan :
bercakap – cakap tentang macam bunga berdasarkan
cirri – cirinya
praktek
langsung menyirami bunga di depan kelas
menghubungkan gambar bunga dengan namanya
menebali nama
bunga dalam bahasa inggris ( flower : aster, lily, tulip, rose,
jasmine,sunflower)
mewarnai gambar bunga yang disukai
|