Rabu, 18 Oktober 2017

RPPM KLP A (usia 4-5 tahun), Tema : TANAMAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 4-5  TAHUN / KELOMPOK A
TEMA  : TANAMAN
SUB. TEMA : TANAMAN SAYUR
HARI
TUJUAN
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.      Menceritakan gambar
2.      Menggambar
3.      Mengurutkan benda
4.      Bermain plastisin
Pembelajaarn langsung
1.1, 1.2, 2.1, 3.3,4.3, 3.8, 4.8,3.12,4.12, 3.15,4.15
Sayur ciptaan Tuhan (bersyukur) : bercakap-cakap, keaksaraan awal, mengurutkan, menggambar, bermain plastisin
Macam sayuran :
Bercakap – cakap ttg macam sayuran
Menceritakan gambar “menanam tanaman”
Menggambar sayur kesukaan dg spidol
Mengurutkan benda berdasarkan urutannya
Bermain plastisin

SELASA
Anak dapat :
1.      Membuat jus wortel
2.      Mengelompokkan gambar
3.      Meronce
4.      Bermain puzle
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
1.1,1.2, 2.1, 2.2, 2.3, 3.3, 4.3,.3.5, 4.5, 3.8,.4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Manfaat wortel : bercakap-cakap, percobaan sains, keaksaraan awal, perilaku kreatif, bermain puzzle, membedakan /mengelompokkan benda
Manfaat wortel :
Bercakap –cakap ttg manfaat wortel
Membuat jus wortel
Bermain puzzle wortel
Memberi tanda S bila gambar sayuran dan huruf  B bila buah
Meronce wortel menjadi bentuk kalung
RABU
Anak dapat :
1.      Membilang
2.      Mewarnai gambar
3.      Mengurutkan cerita
4.      Menyebutkan bagian tanaman sayur bayam
Pembelajaarn langsung
1.1,1.2, 2.1, 2.2, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Manfaat bayam :
(bersyukur) keaksaraan awal, menghitung, mewarnai gambar, mengurutkan cerita gambar, mengenal tanaman sayur bayam
Manfaat bayam : bercakap – cakap ttg bayam
Menghitung jumlah daun pada gambar bayam
Mewarnai gambar sayur bayam
Mengurutkan cerita gambar seri “aku suka makan sayur”
Menyebutkan bagian tanaman dayur batam
KAMIS
Anak dapat :
1.      Mengelompokkan gambar
2.      Mengenal ciptaan Tuhan
3.      Melingkari huruf vocal pada kata sayur sawi
4.      Kolase

Pembelajaarn langsung
1.1,1.2, 2.3, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.15, 4.15
Sawi ciptaan Tuhan (bersyukur): perilaku kraetif, kolase, mengelompokkan gambar, membedakan ciptaan Tuhan, keaksaraan awal,
Sawi ciptaan Tuhan ( bersyukur) :
Bercakap –cakap ttg sayur sawi
Mengelompokkan gambar sayuran yang berwarna hijau, menghitung jumlahnya
Membari tanda (T) pada gambar sayur ciptaan Tuhan dan (M) yang bukan
Melingkari huruf vocal pada kata sayur sawi
Kolase sayur sawi
JUMAT
Anak dapat :
1.      Hafalan doa
2.      Mengurtkan gambar
3.      Mewarnai gambar
4.      Menghubungkan gambar
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
1.1, 1.2, 2.1, 3.3,4.3, 3.8,4.8, 3.10, 4.10, 3.15, 4.15
Terong ciptaan Tuhan (bersyukur) : hafalan doa makan, mengurutkan gambar, mewarnai gambar, menghubungkan gambar, maze
Terong ciptaan Tuhan :
hafalan doa makan (mewarnai gambar anak yg sedang membaca doa makan )
mengurutkan gambar terung dari yang terbesar sampai terkecil
mewarnai gambar terung dengan media garis
menghubungkan gambar sayur dengan warna (bayam – hijau, terung-ungu,wortel-oren,cabe-merah)aze ke kebun sayur kakek
SABTU
Anak dapat :
1.      Menghubungkan gambar
2.      Bermain plastisin
3.      Menebali kata
4.      Percobaan sains
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
  1.1,1.2,2.1, 3.3, 4.3, 3.8, 4.8, 3,12, 4,12, 3.15, 4.15
Sayur ciptaan Tuhan (bersyukur) :
Menghubungkan gambar, mencetak, membandingkan, keaksaraan awal, sikap ingin tahu
Sayur ciptaan Tuhan :
Menghubungkan gambar sayur dengan namanya (tulisannya)
Mencetak bentuk  sayur dari palstisin/ clay
Menebali kata dalam bahasa inggris (carrot, bean, chili, tomato)
Praktek langsung membuat warna  alam dari daun bayam merah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 4-5 TAHUN / KELOMPOK A
TEMA  : TANAMAN
SUB. TEMA : TANAMAN BUAH
HARI
TUJUAN
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.      Menggmbar
2.      Mengelompokkan gambar
3.      Mengenal ciptaan Tuhan
4.      Menebali kata buah
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
1.1, 1.2, 2.1, 3.3,4.3, 3.8, 4.8,3.12,4.12, 3.15,4.15

Buah ciptaan Tuhan (bersyukur) : keaksaraan awal, menggambar, mengelompokkan gambar, membedakan ciptaan Tuhan
Macam buah - buahan :
Bercakap – cakap ttg macam buah - buahan
Menggambar aneka buah yang disukai anak
Mengelompokkan gambar buah berdasarkan kulitnya (kasar-halus)
Memberi tanda (T) kalau ciptaan Tuhan dan (M) yang bukan ciptaan Tuhan
Menebali kata buah
SELASA
Anak dapat :
1.      3 M
2.      Mengurutkan gambar
3.      Mengenal sikap baik
4.      Menyusun kepingan puzle
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
1.1,1.2, 2.1,  2.3, 3.3, 4.3,, 3.8,.4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Buah apel :
3 M (mewarnai, mencocok, menempel), mengurutkan apel, puzzle, sikap jujur
Buah apel
Bercakap –cakap tentang bua apel
3 M (mewarnai, mencocok, menempel) gambar buah apel
Mengurutkan buah apel dari yang terkecil sampai terbesar
Menulis huruf ba untuk anak yg jujur dan bu yang tidak
Menyusun kepingan gambar apel  menjadi utuh “
RABU
Anak dapat :
1.      Memeram buah
2.      Menghitung buah
3.      Bermain palstisin
4.      Mengenal bagian tanaman mangga
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
1.1,1.2, 2.2, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Buah mangga : memeram buah, keaksaraan awal, menghitung,, perilaku ingin tahu
Buah Mangga :
Bercakap-cakap tentang buah mangga
Memeram buah mangga
Menghitung buah mangga yang dipetik
Membuat bentuk buah mangga dari plastisin
Mengenal bagian tanaman mangga (mengamati pohon mangga di halaman)
KAMIS
Anak dapat :
1.      Menyusun pola
2.      Menghubungkan gambar
3.      Bermain pasir
4.      Mozaik

Pembelajaarn langsung dan tak langsung
1.1,1.2, 2.3, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.15, 4.15
Buah pisang ; menyusun pola, melingkari kata, menghubungkan gambar, bermain pasir
Buah pisang
Bercakap- cakap ttg buah pisang
Menyusun pola warna pada gambar pisang (hijau, kuning, merah……)
Menghubungkan gambar buah dengan tulisannya
Bermain pasir
Mozaik Keranjang buah
JUMAT
Anak dapat :
1.      Kolase
2.      Bermain puzzle
3.      Menyempurnakan garis
4.      Menebali kata
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
1.1, 1.2, 2.1, 3.3,4.3, 3.8,4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
pepaya ciptaan Tuhan (bersyukur) : kolase, bermain puzzle, menyempurnakan garis, kekasraan awal
Buah papaya
Bercakap – cakap ttg buah papaya
Kolase buah papaya
Bermain puzzle papaya
Menyempurnakan garis putus – putus membuat bentuk buah pepaya
Menebali kata bagian tanaman pepaya
SABTU
Anak dapat :
1.      Membuat pola
2.      Menceritakan gambar
3.      Berkreasi dg bahan alam
4.      Bermain peran
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
  1.1,1.2,2.3, 2.5, 3.3, 4.3, 3.8, 4.8, 3,12, 4,12, 3.15, 4.15
Buah ciptaan Tuhan (bersyukur) :
Menyusun pola, mengelompokkan benda, perilaku kreatif, bermain peran
buah ciptaan Tuhan :
Bercakap –cakap tentang buah jeruk
Membuat pola sate buah (papaya, apel,nanas….)
Menceritakan gambar
Membuat mainan dari kulit jeruk bali
Bermain peran “penjual buah”






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 4-5 TAHUN / KELOMPOK A
TEMA  : TANAMAN
SUB. TEMA : TANAMAN  HIAS/BUNGA
HARI
TUJUAN
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.      Bersikap tanggung jawab
2.      Membilang
3.      Mewarnai gambar
4.      Berkreasi dg palstisin
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
1.1, 1.2, 2.1, 3.3,4.3, 3.8, 4.8,3.12,4.12, 3.15,4.15

Bunga ciptaan Tuhan (bersyukur) : bercakap-cakap, keaksaraan awal, menyusun huruf, menghitung, mewarnai gambar
Macam tanaman hias/ bunga :
Bercakap – cakap ttg macam bunga
Memberi tanda (V) pada gambar anak yang merawat tanaman dan (X) yang merusak
Menhitung jumlah bunga yang mekar dan bunga yang kuncup
Mewarnai bunga kesukaan dg cat air
Berkreasi dg plastisin
SELASA
Anak dapat :
1.      Menyanyi
2.      Mencari jejak
3.      Melengkapi kata
4.      Mengurutkan cerita
5.      Mencocok
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
1.1,1.2, 2.1 ,2.3,   3.3, 4.3,.3.5, 4.5, 3.8,.4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Bunga matahari
Menyanyi, mencari jejak, melengkapi kata, mengurutkan cerita gambar seri, perilaku kreatif
Bunga Mawar:
Bercakap –cakap tentang bunga mawar
Menyanyi lagu Lihat kebunku
Mencari jejak ke taman bunga (maze)
Melengkapi kata yg belum sempurna M _ _ _ _
Mengurutkan cerita gambar seri “menanam bunga”
Mencocok gambar  bentuk bunga
RABU
Anak dapat :
1.      Keaksaraan awal
2.      Melipat
3.      Menyusun pola
4.      Menebali  garis
Pembelajaarn langsung
1.1,1.2, 2.1, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Bunga tulip
Keaksaraan awal, melipat, menyusun pola, menggambar
Bunga tulip : bercakap – cakap ttg bunga tulip
Meniru menulis 5 nama bunga
Melipat bentuk bunga tulip, menempel dg rapih
Menyusun pola warna pada gambar bunga (merah, kuning, ping,……)
Menebali garis putus – putus menjadi bentuk bunga tulip
KAMIS
Ank dapat :
1.      Mengurutkan gambar
2.      Berkreasi dg stempel
3.      Menghubungkan gambar
4.      Bermain balok
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
1.1,1.2, 2.3, 3.3, 4.3, 3.8,4.8, 3.15, 4.15
Bunga matahari :
Mengurutkan gambar, perilaku kreatif, stempel , menghubungkan gambar, bermain balok
Bunga matahari
Mengurutkan bunga matahari dari yang terkecil sampai tertinggi
Membuat kelopak bunga matahari dengan stempel jari
Menghubungkan gambar benda dengan bau (tulisannya)
Bermain balok (membuat taman bunga
JUMAT
Anak dapat :
1.      Menebali kata yasmine
2.      Mewarnai gambar
3.      Percobaan sains
4.      Bermain puzle
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
1.1, 1.2, ,2.2, 3.3,4.3, 3.8,4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Bunga melati : keaksaraan awal, mewarnai gambar, percobaan sains, bermain puzzle
Bunga melati
Bercakap- cakap ttg cirri bunga melati
Menebali kata bunga melati dalam bahasa arab ( yasmine)
Mewarnai gmbar anak yang merawat kebun bunga
Percobaan sains : membuat warna hijau daun melati
Bermain puzzle bunga melati
SABTU
Anak dapat :
1.      Sikap tanggung jawab
2.      Menghubungkan gambar
3.      Menebali kata
4.      Mewarnai gambar
Pembelajaarn langsung dan tak langsung
  1.1,1.2,2.4, 3.3, 4.3, 3.8, 4.8, 3,12, 4,12, 3.15, 4.15
Bunga ciptaan Tuhan :
Menyirami bunga, menghubungkan gambar, keaksaraan awal, mewarnai gambar
Bunga  ciptaan Tuhan :
bercakap – cakap tentang macam bunga berdasarkan cirri – cirinya
 praktek langsung menyirami bunga di depan kelas
menghubungkan gambar bunga dengan namanya
menebali  nama bunga dalam bahasa inggris ( flower : aster, lily, tulip, rose, jasmine,sunflower)
mewarnai gambar bunga yang disukai