INDIKATOR
PENCAPAIAN PERKEMBANGANANAK USIA DINI
KELOMPOK
USIA 4 - 6 TAHUN
(SUMBER:
KURIKULUM 2013 PAUD)
No
|
KD/Kompetensi Dasar
|
Kelompok Usia 4- 5 6tahun/ Kelompok A
|
Kelompok Usia 5 – 6 tahun/ Kelompok B
|
|
1
|
1.1.Mempercayai adanyaTuhan melalui ciptaan-Nya
|
Penjelasannya :
1.
Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD
pada KI Sikap Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial tidak dirumuskan secara
tersendiri. Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini dilakukan secara tidak
langsung, tetapi melalui pembelajaran untuk mencapai KD-KD pada KI
Pengetahuan dan KI Keterampilan, serta melalui pembiasaan dan keteladanan.
2.
Dengan kata lain, sikap positif anak akan terbentuk
ketika dia memiliki pengetahuan dan mewujudkan pengetahuan itu dalam bentuk
hasil karya dan/atau unjuk kerja. Contoh sikap positif itu adalah perilaku
hidup sehat, jujur, tanggung jawab, peduli, kreatif, kritis, percaya diri,
disiplin, mandiri, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, dan santun.
|
||
2
|
1.2.
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
|||
3
|
2.1.
Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
|||
4
|
2.2.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
|||
5
|
2.3.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
|||
6
|
2.4.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
|||
7
|
2.5.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
|||
8
|
2.6. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan
sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
|
|||
9
|
2.7.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar(maumenunggugiliran,maumendengarketikaoranglain
berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
Kompetensi Dasar (KD) untuk KI-1 dan KI-2 tidak dirumuskan secara
tersendiri.
Penjelasannya :
1.
Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD
pada KI Sikap Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial tidak dirumuskan secara
tersendiri. Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini dilakukan secara tidak
langsung, tetapi melalui pembelajaran untuk mencapai KD-KD pada KI
Pengetahuan dan KI Keterampilan, serta melalui pembiasaan dan keteladanan.
2.
Dengan kata lain, sikap positif anak akan terbentuk
ketika dia memiliki pengetahuan mewujudkan pengetahuan itu dalam bentuk hasil
karya dan/atau unjuk kerja. Contoh sikap positif itu adalah perilaku hidup
sehat, jujur, tanggung jawab, peduli, kreatif, kritis, percaya diri,
disiplin, mandiri, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, dan santun.
|
||
10
|
2.8.
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
|||
11
|
2.9.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika
diminta bantuannya
|
|||
12
|
2.10.Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepadaorang lain
|
|||
13
|
2.11.Memiliki
perilaku yang dapat menye- suaikan diri
|
|||
14
|
2.12.Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab
|
|||
15
|
2.13.Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
|||
16
|
2.14.Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun
kepada orang tua, pendidik, dan teman
|
|||
17
|
3.1. Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1.Melakukan
kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
Mulai
mengucap-kan doa-doa pendek dan melakukan ibadah sesuai dengan agama yang
dianutnya
|
1.
Mengucapkan doa-doa pendek, melakukan ibadah
sesuai dengan agama nya (misal:doa sebelum memulai dan selesai kegiatan)2.
2.
Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang
dianutnya (misal: tidak bohong)
3.
Menyebutkanhari-hari besar agama
4.
Menyebutkan tempat
ibadah agama
|
|
18
|
3.2. Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
4.2.Menunjukkan
perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
1. Bersikap
sopan dan peduli melalui perkataan dan perbuatannya dengan bimbingan (misal:
mengucap- kan maaf, permisi, terima kasih)
2.
Mulai menunjukkan sikap mau menolong orang tua,
pendidik, dan teman
|
1. Berperilaku
sopan dan peduli melalui perkataandan perbuatannya secara spontan (misal:
mengucapkan maaf, permisi, terima kasih)
2.
Mau menolongorang tua, pendidik, dan
|
|
19
|
3.3. Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakan nya
untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3.Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan
motorik kasar dan halus
|
1.
Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dan
halus yang seimbang terkontrol dan lincah
2.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
melakukan gerakan bergelayutan (berkibar)
3.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
melakukan gerakan melompat meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
4.
Melakukan kegiatanyang menunjukkan anak mampu
melempar sesuatu secara terarah
5.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
menangkap bola dengan tepat
6.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
melakukan gerakan antisipasi (misal: permainan lempar bola)
7.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
menendang bola secara terarah
8.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
memanfaatkan alat permainan di dalam dan luar ruang
9.
Melakukan kegiatanyang menunjukkan anak mampu
mengguna- kan anggota badan untuk melakukan gerakan halus yang terkontrol
(misal: meronce)
|
1.
Melakukan berbagai gerakan terkoordinasi
secara terkontrol, seimbang, dan lincah
2.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
melakukan gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam
menirukan berbagai gerakan yang teratur(misal: senam dan tarian)
3.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
melakukan permainan fisik dengan aturan
4.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
terampil menggunakan tangan kanan dan kiridalam berbagai aktivitas mengancing
kan baju, menalisepatu, menggambar, menempel menggunting
|
|
|
3.4. Mengetahui cara hidup sehat
4.4.Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
1.
Mulai terbiasa melakukan hidup bersih dan
sehat
2.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
mengenali bagian tubuh yang harus dilindungi dan cara melindungi dari
kekerasan, termasuk kekerasan seksual
3.
Mulai terbiasa mengkonsumsi makanan dan
minuman yang bersih, sehat dan bergizi
4.
Menggunakan toilet tanpa bantuan
|
1.
Melakukan kebiasaanhidup bersih dan sehat
(misal: mandi2x sehari; memakai baju bersih; membuang sampah pada tempatnya)
2.
Mampumelindungi diri dari percobaan kekerasan,
termasuk kekerasan seksual dan bullying(misal dengan berteriak dan/atau
berlari)
3.
Mampumenjaga keamanan diri dari benda-
berbahaya (misal: listrik, pisau, pembasmi serangga)
4.
Terbiasamengkonsumsi makanan dan minuman yang
bersih, sehat, dan bergizi
5.
Menggunakan toilet denganbenar tanpa
|
|
|
3.5. Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari
dan berperilaku kreatif
4.5.Menyelesaikanmasalahsehari-hari secara kreatif
|
1.
Mampumemecahkan masalah sederhana yang
dihadapi dibantu oleh orangdewasa
2.
Melanjutkankegiatan sampai selesai
|
1.
Mampumemecahkan sendiri masalah sederhana yang
dihadapi
2.
Menyelesaikan tugas meskipun menghadapi
kesulitan
|
|
|
3.6. Mengenal benda-benda disekitarnya (nama,
warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya)
4.6.Menyampaikan tentang apa dan bagaimana
benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola,
sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil
karya
|
1.
Melakukan kegiatan yang menunjuk- kan anak
mampu mengenal benda dengan mengelom- pokkan berbagai benda berdasarkan
ukuran (misal:besar-kecil, panjang-pendek,tebal-tipis berat-ringan)
2.
Melakukan kegiatan yang menunjuk- kan anak
mampu mengenal benda dengan memasangkan benda denganpasangannya
3.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
mengenal benda dengan mengurut kan
benda berdasarkan ukuran dari yang terpendek sampai yang terpanjang,
terkecil- terbesar
4.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna melalui kegiatan
mengelompokkan
5.
Melakukankegiatanyang menunjukkan anak mampu
mengenal konsep besar-kecil, banyak-sedikit, panjang-pendek, berat-ringan
tinggi-rendah melalui kegiatan membandingkan
|
1.
Melakukankegiatan yang menunjukkan anak mampu
mengenal benda dengan mengelom- pokkan berbagai benda di lingkungannya
berdasar- kan ukuran, pola, fungsi, sifat, suara, tekstur, fungsi,
danciri-ciri lainnya
2.
Melakukankegiatan yang menunjukkan anak mampu
mengenal benda dengan menghubungkan satu benda dengan benda yang lain
3.
Melakukan kegiatan yangmenunjukkan mampu
mengenal benda dengan menghubung- kan nama benda dengan tulisan sederhana
melalui berbagai aktivitas (misal: menjodohkan, menjiplak, meniru)
4.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
mengenal benda berdasarkan lima seriasi atau lebih, bentuk, ukuran, warna,
atau jumlah melalui kegiatan mengurutkan benda
5.
Melakukankegiatan yang menunjukkan anak mampu
mengenal konsep besar-kecil, banyak-sedikit, panjang-pendek, berat-ringan,
tinggi-rendah dengan mengukur menggunakan alat ukur tidak baku
|
|
|
||||
|
3.7.Mengenal lingkungan social (keluarga,teman,tempattinggal,tempat
ibadah, budaya, transportasi)
4.7.Menyajikan berbagai karya yang berhubungan
dengan lingkungan social (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita,bernyanyi, dan gerak
tubuh
|
1.
Menyebutnama anggota keluarga lain, teman, dan
jenis kelamin mereka
2.
Menyebuttempat di lingkungan sekitarnya
3.
Menyebutkan arah ke tempat yang sering
dikunjungi pada radius yang lebih jauh (pasar, taman bermain)
4.
Menyebutkan dan mengetahui perlengkapan /
atribut yang berhubungan dengan pekerjaan orang-orang yang ada di sekitarnya
5.
Mengikuti aturan
|
1.
Menyebutkannama anggota keluarga dan teman
serta ciri-ciri khususmereka secara lebih rinci (warna kulit, warnarambut,
jenis rambut, dll)
2.
Menjelaskanlingkungan sekitarnya secara
sederhana
3.
Menyebutkanarah ke tempat yang sering
dikunjungi dan alat transportasi yang digunakan
4.
Menyebutkanperan-peran dan pekerjaan termasuk
didalamnya perlengkapan/atribut dan tugas-tugas yang dilakukan dalam
pekerjaan tersebut
5.
Membuat danmengikuti aturan
|
|
|
3.8. Mengenal lingkungan alam (hewan,
tanaman,cuaca,tanah,air,batu-batuan, dll)
4.8.Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh
|
1.
Menunjuk nama dankegunaan benda-benda alam
2.
Mengungkapkan hasil karya yang dibuatnya
secara sederhana yang berhubungan dengan benda-benda yang ada di lingkungan
alam
3.
Menunjukkan proses perkembangbiakan makhluk
hidup (misal: kupu-kupu, ayam, katak)
|
1.
Menceritakan peristiwa-peristiwa alam dengan
melakukan percobaan sederhana
2.
Mengungkapkan hasil karya yang dibuatnya
secara lengkap/ utuh yang berhubungan denganbenda-benda yang ada di
lingkungan alam
3.
Menceritakanperkembangbiakan makhluk
|
|
|
3.9. Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumahtangga,peralatanbermain,
peralatan pertukangan, dll)
4.9.Menggunakan teknologi sederhana untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan
bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
1.
Menggunakan cara penggunaan benda-benda
teknologi sederhana (misal: gunting, sekop, palu, cangkul, pisau, gunting
kuku, sikat gigi, sendok pembuka tutup botol, spons, roda pada kendaraan)
2.
Mengenali bahan-bahanpembuatan tehnologi
sederhana
|
1.
Melakukankegiatan dengan menggunakan alat
teknologi sederhana sesuai fungsinya secara aman dan bertanggung jawab.
2.
Membuat alat-alat teknologi sederhana (misal:
baling-baling, pesawat-pesawatan, kereta-kereta apian, mobil-mobilan,
telepon- teleponan dengan benang)
3.
Melakukan proses kerja sesuai dengan
prosedurnya (misal: membuat teh dimulai dari menyediakan air panas, teh,
gula, dan gelas
|
|
|
3.10.Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10.Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif
(menyimak dan membaca)
|
1.
Menceritakan kembaliapa yang didengar dengan
kosakata yang terbatas
2.
Melaksanakan perintah sederhana sesuai dengan
aturan yang disampaikan (misal: aturan makan bersama)
|
1.
Menceritakan kembali apayang didengar dengan
kosakata yang lebih
2.
Melaksanakan perintah yang lebih kompleks
sesuai dengan aturan yang disampaikan (misal: aturan untuk melakukan kegiatan
memasakikan
|
|
|
3.11.Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkanbahasasecaraverbal
dan non verbal)
4.11.Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkanbahasasecara
verbal dan non verbal)
|
1.
Menggunakan kalimat pendek untuk berinteraksi
dengan anak atau orang dewasa untuk menyatakan apa yang dilihat dan dirasa
2.
Menceritakan gambar yang ada dalam buku
3.
Berbicara sesuai dengan kebutuhan (kapan harus
bertanya, berpendapat)
4.
Bertanya denganmenggunakan lebih dari 2 kata
kata tanyaseperti: apa,mengapa, bagaimana, dimana
|
1.
Mengungkapkan keinginan, perasaan, dan
pendapat dengan kalimat sederhana dalam berkomunikasi dengan anak atau orang
dewasa
2.
Menunjukkan perilaku senang membaca buku
terhadap buku-buku yang dikenali
3.
Mengungkapkan perasaan, ide dengan pilihan
kata yang sesuai ketika berkomunikasi
4.
Menceritakan kembaliisi cerita secara
|
|
|
3.12.Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12.Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam
berbagai bentuk karya
|
1.
Menulishuruf-huruf yang dicontohkan dengan
cara meniru
2.
Menceritakan isi buku walaupun tidak sama
tulisan dengan bahasa yang diungkapkan
3.
Menghubungkan benda-benda konkret dengan
lambang bilangan 1-10
|
1.
Menunjukkan bentuk- bentuk simbol (pra
menulis)
2.
Membuatgambar dengan beberapa coretan/ tulisan
yang sudah berbentuk huruf/kata
3.
Menulishuruf-huruf dari namanya sendiri
4.
Menyebutkanangka bila diperlihatkan lambang
bilangannya
5.
Menyebutkan jumlah benda dengan cara
menghitung
|
|
|
3.13.Mengenal emosi diri dan orang lain
4.13.Menunjukkan reaksi emosidiris ecara wajar
|
1.
Menjalinpertemanan dengan anak lain
2.
Mempertahankan haknya untuk melindungi diri
dengan bantuan orang lain, misal: meminta bantuan pada orang dewasa
|
1.
Beradaptasisecara wajar dalam situasi baru
2.
Mempertahan kan hak-haknya untuk melindungi
diri
|
|
|
3.14.Mengenali kebutuhan,keinginan,dan minat diri
4.14.Mengungkapkan
kebutuhan,keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
1.
Memilih satumacam dari2-3 pilihan yang
tersedia (misal: mainan, makanan, pakaian)
2.
Memilihsatu dari berbagai kegiatan/ benda yang
disediakan
|
1.
Memilih satumacam dari 3 atau lebih pilihan
yang tersedia
2.
Memilihkegiatan/ benda yang paling sesuai
dengan yang dibutuhkan dari beberapa pilihan yang ada
|
|
|
3.15.Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15.Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
1.
Menghargai penampilan karya seni anak lain
dengan bimbingan (misal dengan bertepuk tangan dan memuji)
2.
Menampil kan karya seni sederhana di depan
anak atau orang lain
|
1.
Menghargai penampilan karya seni anak lain (misal
dengan bertepuk tangan dan memuji)
2.
Membuat karya seni sesuai kreativitasnya misal
seni musik,visual, gerak dan tari yang dihasilkannya dan dihasilkan orang
lain
|