I
|
Tempat
rekreasi
|
1. Besyukur bisa
rekreasi (1.2,3.8,4.8)
2. Prilaku / sikap ingin tahu (2.2)
3. Prilaku / sikap tanggung jawab (2.12)
4. Menyelesaikan masalah sederhana (3.5/4.5)
5. Mangenal lingkungan sosial (3.7/ 4.7)
6. Memahamai bahasa reseptif (3.11/4.11)
7. Keaksaraan awal (3.12, 4.12)
8. Mengenal kebutuhan. Minat diri (3.14/4.14)
9. Karya Seni dengan berbagai media (3.15, 4.15)
|
Sentra
Persiapan
1.
Menyebutkan
dan menuliskan tempat rekreasi
2.
Memberi warna kuning
pada ember yg isinya pasir sedikit dan warna hijau untuk ember yg isinya
pasir banyak (gbr dipantai)
3.
Menceritakan gambar Rekreasi ke Pantai
4.
Menghitung jumlah benda yang ada di
pantai (sesuai gambar)
5.
Melingkari kata yang ada hubungannya
dg pantai dikotak huruf acak (pelampung, ember, pasir)
Sentra
Bahan Alam
1. Menakar pasir dengan
gelas plastik
2. Menghitung jumlah
kerang
3. Membuat istana pasir
4. Meniup plastik
gula (dijadikan pelampung)
Sentra
Balok / rancang Bangun
1.
Membuat perahu nelayan dari balok
2.
Memasangkan benda sesuai dengan bentuk
geometri
3.
Menebali lingkaran untuk gambar benda
yang ada di pantai dan kotak untuk benda yang tidak ada di pantai
4.
Menghitung jumlah benda yang berbentuk
geometri yang ada di pantai
Sentra
Seni Kreatifitas
1. Melipat dan menempel bentuk perahu
2. Menggambar tempat rekreasi yang disukai
3. Kolase gambar istana pasir
4. memberi nama tempat rekreasi
kesukaan dengan media spidol
Sentra
IMTAK
1.
Menebali huruf (T) tempat rekreasi
ciptaan Tuhan dan huruf (M) yg bukan
2.
Mewarnai gambar anak
yang dapat menjaga kebersihan pantai
3.
Mewarnai kaligrafi “ Al/Ghaniy) dg
tehnik garis
4.
Membilang menghitung gambar benda di pantai (angka
arab)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPSEMESTER/MINGGU :
2/.....HARI/TANGGAL
: Senin,......
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB
TEMA : Rekreasi/
Tempat Rekreasi
Sentra : Seni Budaya
KD: 1.2, 2.2,2.6, 2.12, 3.5/4.5,3.7, 4.7,
3.8, 4.8,3.11.4.11, 3.12, 4.12,3.14,4.14 3.15, 4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket./ Metode
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
Bersyukur bisa rekreasi,
menceritakan gambar,melipat, menggmbar, kolase, member nama/ keaksaraan
awal
|
I. PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø PenataanLingkungan,
Penyambutan
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø Doa Pag iBersama
|
P. Tugas
|
|
|
|
|
Semua
|
|
Ø Fisikmotorik
|
Demonstrasi
|
|
|
|
|
Semua
|
|
Ø Doa,
Salam, Absensi
|
|
|
|
|
|
|
|
II. ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Toilet
Training
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa sebelum Makan
|
P. Tugas
|
|
Sikap
berdoa
|
|
|
Semua
|
|
|
Makan
Bersama
|
P.Tugas
|
|
Sikap makan
|
|
|
Semua
|
|
|
Bermain
Bebas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. PijakanLingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Sentra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. PijakanSebelum Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Story telling
|
Bercerita
|
Buku cerita
|
Dpt bercerita
|
|
|
|
|
|
Review materi
|
Tanya jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
BedahTema
|
Bercakap - cakap
|
gambar
|
Dpt menjawab
|
|
|
|
|
|
V. PijakanSaat Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Melipat dan menempel bentuk perahu
|
mengkomunikasikan
|
Kertas lipat lem buku merekat
|
Anak dapat melipat dan menempel
|
Vandi
Ardi,
kanza
|
Eka,
rafael,
arung
|
Rayhan , beril,abril,
,yusuf,zafira
|
Mario, risa fatah,rere, intan,aira
|
|
Menggambar tempat rekreasi yang disukai
|
mengkomunikasikan
|
Kertas Gambar, krayon
|
Anak dapat menggambar tempat rekreasi
|
|
|
Semua
|
|
|
.Kolase
gambar istana pasir
|
mengkomunikasikan
|
Gambar, sobekan kertas, lem
|
Anak dapat membuat gambar dg tehnik kolase
|
|
|
lainnya
|
Abril,rayhan,rere, yusuf, intan,
|
|
Memberi nama tempat rekreasi kesukaan dengan media spidol
|
Mengasosiasikan
|
Gambar
|
Anak dpt membeei nama tempat rekreasi
|
|
|
Semua
|
|
|
VI. PijakanSetelah Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa salam pulang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Kelompok …B1
|
|
GURU
SENTRA Seni Budaya
|
|
Mengetahui
Kepala
TK “AUD”
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 2/.....
HARI/TANGGAL
: Selasa,......
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
Sentra : Rancang Bangun/ Balok
TEMA/SUB
TEMA : Rekreasi/
Alat Rekreasi
KD: 1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/
4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket./
Metode
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
Bersyukur bisa rekreasi,
menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
|
I. PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø PenataanLingkungan,
Penyambutan
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø Doa Pag iBersama
|
P. Tugas
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
Semua
|
|
Ø Fisikmotorik
|
P. Tugas
|
|
Antusias
|
|
|
Semua
|
|
Ø Doa,
Salam, Absensi
|
|
|
|
|
|
|
|
II. ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Toilet
Training
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa sebelum Makan
|
P.Tugas
|
|
Sikap
berdoa
|
|
|
Semua
|
|
|
Makan
Bersama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bermain
Bebas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. PijakanLingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Sentra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. PijakanSebelum Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Story telling
|
Bercerita
|
Gambar
|
Dpt bercerita
|
|
|
Semua
|
|
|
Review materi
|
Tanya Jawab
|
Gambar
|
|
|
|
|
|
|
BedahTema
|
|
Gambar
|
Dpt menjawab
|
|
|
Semua
|
|
|
V. PijakanSaat Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Membuat perahu nelayan dari balok
|
Mengkomunikasikan
|
blok
|
Anak dapat membuat perahu dari balok
|
|
|
Semua
|
|
|
2.
Memasangkan
benda sesuai dengan bentuk geometri
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat memasangkan gambar
|
|
|
Semua
|
|
|
3.
Menebali
lingkaran untuk gambar benda yang ada
di pantai dan kotak untuk benda yang tidak ada di pantai
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat mengelompokkan gambar berdasarkan
fungsinya
|
|
|
Semua
|
|
|
4.
Menghitung
jumlah benda yang berbentuk geometri yang ada di pantai
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dpt menghitung benda
|
|
|
Semua
|
|
|
VI. PijakanSetelah Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa, salam pulang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Kelompok …B1
|
|
GURU
SENTRA Rancang Bangun
|
|
Mengetahui
Kepala
TK “AUD_”
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU :
2/.....
HARI/TANGGAL
: Rabu,......
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
Sentra : Alam
TEMA/SUB
TEMA : Rekreasi/
Alat Rekreasi
KD: 1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/
4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket./
Metode
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
Bersyukur bisa rekreasi,
menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
|
I. PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø PenataanLingkungan,
Penyambutan
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø Doa Pag iBersama
|
P. Tugas
|
|
Sikap Berdoa
|
|
|
Semua
|
|
Ø Fisik
motorik
|
Demonstrasi
|
|
|
|
|
Semua
|
|
Ø Doa,
Salam, Absensi
|
|
|
|
|
|
|
|
II. ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Toilet
Training
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa sebelum Makan
|
|
|
Sikap
berdoa
|
Ardi vandy
|
|
lainnya
|
|
|
Makan
Bersama
|
|
|
Sikap Makan
|
|
|
Semua
|
|
|
Bermain
Bebas
|
|
|
Kerjasama
|
|
|
Semua
|
|
|
III. PijakanLingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Sentra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. PijakanSebelum Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Story telling
|
Bercerita
|
|
Dpt menceritakan
|
|
|
SEmua
|
|
|
Review materi
|
Tanya Jawab
|
|
Dpt menjawab pertanyaan
|
|
|
Semua
|
|
|
BedahTema
|
Bercakap- cakap
|
|
|
|
|
|
|
|
V. PijakanSaat Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menakar pasir dengan gelas plastik
|
mengasosiasikan
|
Gelas plastic, pasir
|
Anak dapat menakar
|
|
|
Semua
|
|
|
Menghitung
jumlah kerang
|
mengasosiasikan
|
kerang
|
Anak dapat menghitung kerang
|
|
|
Semua
|
|
|
Membuat istana
pasir
|
mengkomunikasikan
|
pasir
|
Anak dapat membuat istana pasir
|
|
|
Semua
|
|
|
Meniup plastik
gula (dijadikan pelampung)
|
mengkomunikasikan
|
Plastic gula
|
Anak dpt membuat meniup plastik
|
|
|
Semua
|
|
|
VI. PijakanSetelah Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa, salampulang
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Kelompok …B1
|
|
GURU
SENTRA ALAM
|
|
|
Mengetahui
Kepala
TK “AUD”
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU :
2/.....
HARI/TANGGAL
: Kamis ......
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
Sentra : IMTAQ
TEMA/SUB
TEMA : Rekreasi/Alat
t Rekreasi
KD: 1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/
4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket./
Metode
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
Bersyukur bisa rekreasi,
menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
|
I. PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø PenataanLingkungan,
Penyambutan
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø Doa Pag iBersama
|
P. Tugas
|
|
Sikap Berdoa
|
|
|
Semua
|
|
Ø Fisikmotorik
|
Demonstrasi
|
|
Antusias
|
|
|
Semua
|
|
Ø Doa,
Salam, Absensi
|
|
|
|
|
|
|
|
II. ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Toilet
Training
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa sebelum Makan
|
|
|
Sikap
berdoa
|
|
|
Semua
|
|
|
Makan
Bersama
|
|
|
Sikap makan
|
|
|
|
|
|
Bermain
Bebas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. PijakanLingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Sentra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. PijakanSebelum Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Story telling
|
Bercerita
|
|
Dpt. Menceritakan
|
|
|
Semua
|
|
|
Review materi
|
Tanya jawab
|
|
Dpt menjawab pertanyaan
|
|
|
Semua
|
|
|
BedahTema
|
Bercakap - cakap
|
|
|
|
|
|
|
|
V. PijakanSaat Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Menebali
huruf (T) tempat rekreasi ciptaan Tuhan dan huruf (M) yg bukan
|
mengasosiasikan
|
Lembar Kerja
|
Anak dapat membedakan ciptaan Tuhan
|
|
|
Semua
|
|
|
2.
Mewarnai
gambar anak yang dapat menjaga kebersihan pantai
|
mengkomunikasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat
menunjukkan sikap tanggung jawab
|
|
|
Semua
|
|
|
3.
Mewarnai
kaligrafi “ Al/Ghaniy) dg tehnik garis
|
mengkomunikasikan
|
Gambar, spidol
|
Anak dapat mewarnai kaligrafi
|
|
|
Semua
|
|
|
4.
Membilang menghitung gambar benda di pantai (angka
arab)
|
mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dpt menghitung gambar
|
|
|
lainnya
|
Abril, rere rahan yusuf
|
|
VI. PijakanSetelah Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
|
Bercakap - cakap
|
|
Dpt menjawab
|
|
|
Semua
|
|
|
informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa, salampulang
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Kelompok …B1
|
|
GURU
SENTRA Seni Budaya
|
|
|
Mengetahui
Kepala
TK “AUD”
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU :
2/.....
HARI/TANGGAL
: Jumat,......
Sentra : Persiapan
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB
TEMA : Rekreasi/
Tempat Rekreasi
KD:
1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/ 4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket./ Metode
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
Bersyukur bisa rekreasi,
menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
|
I. PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø PenataanLingkungan,
Penyambutan
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø Doa Pag iBersama
|
P.Tugas
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
Semua
|
|
Ø Fisikmotorik
|
Demonstrasi
|
Kaset/CD
|
Antusias ikut senam
|
|
|
Semua
|
|
Ø Doa,
Salam, Absensi
|
|
|
|
|
|
|
|
II. ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Toilet
Training
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa sebelum Makan
|
P.Tugas
|
|
Sikap
berdoa
|
|
|
Semua
|
|
|
Makan
Bersama
|
P.Tugas
|
|
Sikap makan
|
|
|
Semua
|
|
|
Bermain
Bebas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. PijakanLingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Sentra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. PijakanSebelum Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Story telling
|
Bercerita
|
Buku cerita
|
Dpt menceritakan
|
|
|
Semua
|
|
|
Review materi
|
Tanya awab
|
Gambar
|
|
|
|
Semua
|
|
|
BedahTema
|
Bercakap- cakap
|
gambar
|
Dpt menjawab
|
|
|
Semua
|
|
|
V. PijakanSaat Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Memberi warna kuning pada ember
yg isinya pasir sedikit dan warna hijau untuk ember yg isinya pasir banyak
|
mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat membandingkan
|
|
|
|
|
|
Menyebutkan
dan menuliskan tempat rekreasi
|
Mengumpulkan informasi
|
Buku tugas, pensil
|
Anak dapat menyebutkan dan menulis
|
|
|
Semua
|
|
|
Menghitung
jumlah benda yang ada di pantai (sesuai gambar)
|
mengasosiasikan
|
Buku penunang
|
Anak dapat menghitung
|
|
|
Semua
|
|
|
Melingkari
kata yang ada hubungannya dg pantai dikotak huruf acak
|
mengasosiasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dpt melingkari kata
|
|
|
lainnya
|
|
|
VI. PijakanSetelah Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa, salampulang
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Kelompok …B1
|
|
GURU
SENTRA Persiapan
|
|
|
Mengetahui
Kepala
TK “AUD”
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU :
2/.....
HARI/TANGGAL
: Sabtu,......
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB
TEMA : Rekreasi/
Tempat Rekreasi
KD:
1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/ 4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket./
metode
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
Bersyukur bisa rekreasi,
menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
|
I. PEMBUKAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø PenataanLingkungan,
Penyambutan
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø Doa Pag iBersama
|
P. Tugas
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
Semua
|
|
Ø Fisikmotorik
|
Demonstrasi
|
CD
|
Antusias
|
|
|
Semua
|
|
Ø Doa,
Salam, Absensi
|
|
|
|
|
|
|
|
II. ISTIRAHAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Toilet
Training
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa sebelum Makan
|
P.Tugas
|
|
Sikap
berdoa
|
|
|
Semua
|
|
|
Makan
Bersama
|
P.Tugas
|
|
Sikap makan
|
|
|
Semua
|
|
|
Bermain
Bebas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. PijakanLingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Sentra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. PijakanSebelum Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Story telling
|
Bercerita
|
Buku cerita
|
Dpt bercerita
|
|
|
Semua
|
|
|
Review materi
|
Tanya jawab
|
Gambar
|
Dpt menjawab pertanyaan
|
|
|
Semua
|
|
|
BedahTema
|
Bercerita
|
Gambar
|
|
|
|
|
|
|
V. PijakanSaat Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Praktek langsung : menangkap ikan di kolam
|
mengkomunikasikan
|
Kolam ikan, ikan
|
Anak berani menangkap ikan
|
|
|
Lainnya
|
Rayhan,beril, Rafael, fatah
|
|
Menghitung jumlah ikan tangkapan
|
mengasosiasikan
|
Ikan, ember plastik
|
Anak dapat menghitung jumlah ikan
|
|
|
Semua
|
|
|
Menggambar ikan
|
mengkomunikasikan
|
Buku gambar krayon
|
Anak dapat menggambar
|
|
|
Semua
|
|
|
Mewarnai gambar ikan
|
Mengkomuniukasikan
|
Gambar ikan
|
Anak dpt mewarnai gabar
|
|
|
Semua
|
|
|
VI. PijakanSetelah Main
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Doa, salam pulang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Kelompok …B1
|
|
GURU
SENTRA Pengembangan Diri
|
|
Mengetahui
Kepala
TK “AUD”
|
|
|