Rabu, 01 Juni 2016

Contoh RPPM dan RPPH (1 Minggu) tema Rekresi sub. tema Tempat rekreasi dg model pembelajaran Sentra



SEMESTER /MINGGU      : 2/                                                                   TEMA : Rekreasi/ tempat rekreasi
KELOMPOK                        : 5 – 6 TAHUN
KD                              : 1.2, 2.2,2.6, 2.12, 3.5/4.5,3.7, 4.7, 3.8, 4.8,3.11.4.11, 3.12, 4.12,3.14,4.14 3.15, 4.15
No
Sub Tema
Muatan / materi pembelajaran
Rencana Kegiatan
I
Tempat rekreasi

1.       Besyukur bisa rekreasi (1.2,3.8,4.8)
2.      Prilaku / sikap ingin tahu (2.2)
3.      Prilaku / sikap tanggung jawab (2.12)
4.      Menyelesaikan masalah sederhana (3.5/4.5)
5.      Mangenal lingkungan sosial  (3.7/ 4.7)
6.      Memahamai bahasa reseptif (3.11/4.11)
7.      Keaksaraan awal (3.12, 4.12)
8.      Mengenal kebutuhan. Minat diri (3.14/4.14)
9.      Karya Seni dengan berbagai media (3.15, 4.15)

Sentra Persiapan
1.     Menyebutkan dan menuliskan tempat rekreasi
2.      Memberi warna kuning pada ember yg isinya pasir sedikit dan warna hijau untuk ember yg isinya pasir banyak (gbr dipantai)
3.     Menceritakan gambar Rekreasi ke Pantai
4.     Menghitung jumlah benda yang ada di pantai (sesuai gambar)
5.    Melingkari kata yang ada hubungannya dg pantai dikotak huruf acak (pelampung, ember, pasir)
Sentra Bahan Alam
1.      Menakar pasir dengan gelas plastik
2.      Menghitung jumlah kerang
3.      Membuat istana pasir
4.      Meniup plastik gula  (dijadikan pelampung)

Sentra Balok / rancang Bangun
1.      Membuat  perahu nelayan dari balok 
2.      Memasangkan benda sesuai dengan bentuk geometri
3.      Menebali lingkaran untuk gambar benda yang  ada di pantai  dan kotak untuk  benda yang tidak ada di pantai
4.      Menghitung jumlah benda yang berbentuk geometri yang ada di pantai
Sentra Seni Kreatifitas
1.     Melipat  dan menempel bentuk perahu
2.     Menggambar  tempat rekreasi yang disukai
3.     Kolase  gambar istana pasir
4.      memberi nama tempat rekreasi kesukaan dengan media spidol

Sentra IMTAK
1.      Menebali huruf (T) tempat rekreasi ciptaan Tuhan dan huruf (M) yg bukan
2.      Mewarnai gambar anak yang dapat menjaga kebersihan pantai
3.      Mewarnai kaligrafi “ Al/Ghaniy) dg tehnik garis
4.      Membilang  menghitung gambar benda di pantai (angka arab)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPSEMESTER/MINGGU  :  2/.....HARI/TANGGAL : Senin,......
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Rekreasi/ Tempat Rekreasi
Sentra : Seni Budaya
KD: 1.2, 2.2,2.6, 2.12, 3.5/4.5,3.7, 4.7, 3.8, 4.8,3.11.4.11, 3.12, 4.12,3.14,4.14 3.15, 4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket./ Metode
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Bersyukur bisa rekreasi, menceritakan gambar,melipat, menggmbar, kolase, member nama/ keaksaraan awal
I.  PEMBUKAAN







Ø  PenataanLingkungan, Penyambutan







Ø  Doa Pag iBersama
P. Tugas




Semua

Ø  Fisikmotorik
Demonstrasi




Semua

Ø  Doa, Salam, Absensi







II. ISTIRAHAT








Toilet Training








Doa sebelum Makan
P. Tugas

Sikap berdoa


Semua


Makan Bersama
P.Tugas

Sikap makan


Semua


Bermain Bebas








III. PijakanLingkungan








Kegiatan Sentra








IV. PijakanSebelum Main








Story telling
Bercerita
Buku cerita
Dpt bercerita





Review  materi
Tanya jawab







BedahTema
Bercakap - cakap
gambar
Dpt menjawab





V. PijakanSaat Main








Melipat  dan menempel bentuk perahu
mengkomunikasikan
Kertas lipat lem buku merekat
Anak dapat melipat dan menempel
Vandi
Ardi,
kanza
Eka,
rafael,
arung
Rayhan , beril,abril,
,yusuf,zafira
Mario, risa fatah,rere, intan,aira

Menggambar  tempat rekreasi yang disukai

mengkomunikasikan
Kertas Gambar, krayon
Anak dapat menggambar tempat rekreasi


Semua


.Kolase  gambar istana pasir
mengkomunikasikan
Gambar, sobekan kertas, lem
Anak dapat membuat gambar dg tehnik kolase


lainnya
Abril,rayhan,rere, yusuf, intan,

Memberi nama tempat rekreasi  kesukaan dengan media spidol

Mengasosiasikan
Gambar
Anak dpt membeei nama tempat rekreasi


Semua


VI. PijakanSetelah Main








Refleksi








Informasi








Doa salam pulang


























Guru Kelompok …B1




GURU SENTRA  Seni Budaya




Mengetahui
Kepala TK “AUD”












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  2/.....
HARI/TANGGAL : Selasa,......
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
Sentra : Rancang Bangun/ Balok
TEMA/SUB TEMA : Rekreasi/ Alat  Rekreasi
KD: 1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/ 4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket./ Metode
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Bersyukur bisa rekreasi, menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
I.  PEMBUKAAN







Ø  PenataanLingkungan, Penyambutan







Ø  Doa Pag iBersama
P. Tugas

Sikap berdoa


Semua

Ø  Fisikmotorik
P. Tugas

Antusias


Semua

Ø  Doa, Salam, Absensi







II. ISTIRAHAT








Toilet Training








Doa sebelum Makan
P.Tugas

Sikap berdoa


Semua


Makan Bersama








Bermain Bebas








III. PijakanLingkungan








Kegiatan Sentra








IV. PijakanSebelum Main








Story telling
Bercerita
Gambar
Dpt bercerita


Semua


Review  materi
Tanya Jawab
Gambar






BedahTema

Gambar
Dpt menjawab


Semua


V. PijakanSaat Main








1.      Membuat  perahu nelayan dari balok 

Mengkomunikasikan

blok
Anak dapat membuat perahu dari balok


Semua


2.      Memasangkan benda sesuai dengan bentuk geometri
Mengasosiasikan

Lembar kerja
Anak dapat memasangkan gambar


Semua


3.      Menebali lingkaran untuk gambar benda yang  ada di pantai  dan kotak untuk  benda yang tidak ada di pantai
Mengasosiasikan

Lembar kerja
Anak dapat mengelompokkan gambar berdasarkan fungsinya


Semua


4.      Menghitung jumlah benda yang berbentuk geometri yang ada di pantai
Mengasosiasikan

Lembar kerja
Anak dpt menghitung benda


Semua


VI. PijakanSetelah Main








Refleksi








informasi








Doa, salam pulang


























Guru Kelompok …B1




GURU SENTRA  Rancang Bangun




Mengetahui
Kepala TK “AUD_”













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  2/.....
HARI/TANGGAL : Rabu,......
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
Sentra : Alam
TEMA/SUB TEMA : Rekreasi/ Alat  Rekreasi
KD: 1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/ 4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket./ Metode
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Bersyukur bisa rekreasi, menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
I.  PEMBUKAAN







Ø  PenataanLingkungan, Penyambutan







Ø  Doa Pag iBersama
P. Tugas

Sikap Berdoa


Semua

Ø  Fisik motorik
Demonstrasi




Semua

Ø  Doa, Salam, Absensi







II. ISTIRAHAT








Toilet Training








Doa sebelum Makan


Sikap berdoa
Ardi vandy

lainnya


Makan Bersama


Sikap Makan


Semua


Bermain Bebas


Kerjasama


Semua


III. PijakanLingkungan








Kegiatan Sentra








IV. PijakanSebelum Main








Story telling
Bercerita

Dpt menceritakan


SEmua


Review  materi
Tanya Jawab

Dpt menjawab pertanyaan


Semua


BedahTema
Bercakap- cakap







V. PijakanSaat Main








Menakar  pasir dengan gelas plastik

mengasosiasikan
Gelas plastic, pasir
Anak dapat menakar


Semua


Menghitung jumlah kerang

mengasosiasikan
kerang
Anak dapat menghitung kerang


Semua



Membuat istana pasir

mengkomunikasikan
pasir
Anak dapat membuat istana pasir


Semua



Meniup plastik gula  (dijadikan pelampung)
mengkomunikasikan
Plastic gula
Anak dpt membuat meniup plastik


Semua



VI. PijakanSetelah Main








Refleksi








informasi








Doa, salampulang







Guru Kelompok …B1










GURU SENTRA  ALAM






Mengetahui
Kepala TK “AUD”



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  2/.....
HARI/TANGGAL : Kamis ......
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
Sentra : IMTAQ
TEMA/SUB TEMA : Rekreasi/Alat t Rekreasi
KD: 1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/ 4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket./ Metode
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Bersyukur bisa rekreasi, menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
I.  PEMBUKAAN







Ø  PenataanLingkungan, Penyambutan







Ø  Doa Pag iBersama
P. Tugas

Sikap Berdoa


Semua

Ø  Fisikmotorik
Demonstrasi

Antusias


Semua

Ø  Doa, Salam, Absensi







II. ISTIRAHAT








Toilet Training








Doa sebelum Makan


Sikap berdoa


Semua


Makan Bersama


Sikap makan





Bermain Bebas








III. PijakanLingkungan








Kegiatan Sentra








IV. PijakanSebelum Main








Story telling
Bercerita

Dpt. Menceritakan


Semua


Review  materi
Tanya jawab

Dpt menjawab pertanyaan


Semua


BedahTema
Bercakap - cakap







V. PijakanSaat Main








1.      Menebali huruf (T) tempat rekreasi ciptaan Tuhan dan huruf (M) yg bukan
mengasosiasikan
Lembar Kerja
Anak dapat membedakan ciptaan Tuhan


Semua


2.      Mewarnai gambar anak yang dapat menjaga kebersihan pantai
mengkomunikasikan
Lembar kerja
Anak dapat  menunjukkan sikap tanggung jawab


Semua


3.      Mewarnai kaligrafi “ Al/Ghaniy) dg tehnik garis
mengkomunikasikan
Gambar, spidol
Anak dapat mewarnai kaligrafi


Semua


4.      Membilang  menghitung gambar benda di pantai (angka arab)
mengasosiasikan
Lembar kerja
Anak dpt menghitung gambar


lainnya
Abril, rere rahan yusuf

VI. PijakanSetelah Main








Refleksi
Bercakap - cakap

Dpt menjawab


Semua


informasi








Doa, salampulang







Guru Kelompok …B1





GURU SENTRA  Seni Budaya






Mengetahui
Kepala TK “AUD”

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  2/.....
HARI/TANGGAL : Jumat,......
Sentra : Persiapan
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Rekreasi/ Tempat Rekreasi
KD: 1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/ 4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket./ Metode
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Bersyukur bisa rekreasi, menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
I.  PEMBUKAAN







Ø  PenataanLingkungan, Penyambutan







Ø  Doa Pag iBersama
P.Tugas

Sikap berdoa


Semua

Ø  Fisikmotorik
Demonstrasi
Kaset/CD
Antusias ikut senam


Semua

Ø  Doa, Salam, Absensi







II. ISTIRAHAT








Toilet Training








Doa sebelum Makan
P.Tugas

Sikap berdoa


Semua


Makan Bersama
P.Tugas

Sikap makan


Semua


Bermain Bebas








III. PijakanLingkungan








Kegiatan Sentra








IV. PijakanSebelum Main








Story telling
Bercerita
Buku cerita
Dpt menceritakan


Semua


Review  materi
Tanya awab
Gambar



Semua


BedahTema
Bercakap- cakap
gambar
Dpt menjawab


Semua


V. PijakanSaat Main








Memberi warna kuning pada ember yg isinya pasir sedikit dan warna hijau untuk ember yg isinya pasir banyak
mengasosiasikan
Lembar kerja
Anak dapat membandingkan





Menyebutkan dan menuliskan tempat rekreasi
Mengumpulkan informasi
Buku tugas, pensil
Anak dapat menyebutkan dan menulis


Semua


Menghitung jumlah benda yang ada di pantai (sesuai gambar)
mengasosiasikan
Buku penunang
Anak dapat menghitung


Semua


Melingkari kata yang ada hubungannya dg pantai dikotak huruf acak
mengasosiasikan
Lembar kerja
Anak dpt melingkari kata


lainnya


VI. PijakanSetelah Main








Refleksi








informasi








Doa, salampulang







Guru Kelompok …B1





GURU SENTRA  Persiapan






Mengetahui
Kepala TK  “AUD”



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SEMESTER/MINGGU  :  2/.....
HARI/TANGGAL : Sabtu,......
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Rekreasi/ Tempat Rekreasi
KD: 1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/ 4.6 3.12/4.12 3.15/4.15
Materi
Kegiatan Belajar
Ket./ metode
Alat dan Bahan
Penilaian Perkembangan anak
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
Bersyukur bisa rekreasi, menceritakan gambar,keaksaraan awal, bermain tabel, membedakan ciptan Tuhan
I.  PEMBUKAAN







Ø  PenataanLingkungan, Penyambutan







Ø  Doa Pag iBersama
P. Tugas

Sikap berdoa


Semua

Ø  Fisikmotorik
Demonstrasi
CD
Antusias


Semua

Ø  Doa, Salam, Absensi







II. ISTIRAHAT








Toilet Training








Doa sebelum Makan
P.Tugas

Sikap berdoa


Semua


Makan Bersama
P.Tugas

Sikap makan


Semua


Bermain Bebas








III. PijakanLingkungan








Kegiatan Sentra








IV. PijakanSebelum Main








Story telling
Bercerita
Buku cerita
Dpt bercerita


Semua


Review  materi
Tanya jawab
Gambar
Dpt menjawab pertanyaan


Semua


BedahTema
Bercerita
Gambar






V. PijakanSaat Main








Praktek langsung : menangkap ikan di kolam
mengkomunikasikan
Kolam ikan, ikan
Anak berani menangkap ikan


Lainnya
Rayhan,beril, Rafael, fatah

Menghitung jumlah ikan tangkapan
mengasosiasikan
Ikan, ember plastik
Anak dapat menghitung jumlah ikan


Semua


Menggambar ikan
mengkomunikasikan
Buku gambar krayon
Anak dapat menggambar


Semua


Mewarnai gambar ikan
Mengkomuniukasikan
Gambar ikan
Anak dpt mewarnai gabar


Semua


VI. PijakanSetelah Main








Refleksi








informasi








Doa, salam pulang


























Guru Kelompok …B1




GURU SENTRA  Pengembangan Diri





Mengetahui
Kepala TK “AUD”