STANDAR
KOMPETENSI KEMANDIRIAN (SKK) PESERTA DIDIK
PADA SEKOLAH
LANJUTAN TINGKAT ATAS
No
|
Aspek
Perkembangan
|
Tataran/Internalisasi
Tujuan
|
||
Pengenalan
|
Akomodasi
|
Tindakan
|
||
1
|
Landasan hidup religius
|
Mempelajari hal ihwal ibadah
|
Mengembangkan pemikiran tentang
kehidupan beragama
|
Melaksanakan
ibadah atas keyakinan sendiri disertai sikap toleransi
|
2
|
Landasan perilaku etis
|
Mengenal keragaman sumber norma
yang berlaku di masyaraakat
|
Menghargai
Keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusan
|
Berperilaku atas dasar keputusan
yang mempertimbangkan aspek-aspek etis
|
3
|
Kematangan emosi
|
Mempelajari cara-cara menghindari
konflik dengan orang lain
|
Bersikap toleran terhadap ragam
ekspresi perasaan diri sendiri dan orang lain
|
Mengekspresikan perasaan dalam
cara-cara yang bebas,terbuka dan tidak menimbulkan konflik
|
4
|
Kematangan intelektual
|
Mempelajari cara-cara pengambilan
keputusan dan pemecahan masalah secara objektif
|
Menyadari
akan keragaman alternatif keputusan dan konsekuensi yang dihadapinya
|
Mengambil keputusan dan pemecahan
masalah atas dasar informasi/data secara obyektif
|
5
|
Kesadaran tanggung jawab sosial
|
Mempelajari keragaman interaksi
sosial
|
Menyadari
nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam konteks keragaman interaksi
sosial
|
Berinteraksi
dengan orang lain atas dasar kesamaan
|
6
|
Kesadaran gender
|
Mempelajari
perilaku kolaborasi antar jenis dalam ragam kehidupan
|
Menghargai
keragaman peraan laki-laki atau perempuan sebagai aset kolaborasi dan
keharmonisan hidup
|
Berkolaborasi
secara harmonis dengan lain jenis dalam keragaman peran
|
7
|
Pengembangan diri
|
Mempelajari
keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial
|
Menerima
keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya
|
Menampilkan
keunikan diri secara harmonis dalam keragaman
|
8
|
Perilaku
kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis)
|
Mempelajari
strategi dan peluang untuk berperilaku hemat,ulet, sengguh-sungguh dan
kompetitif dalam keragaman kehidupan
|
Menerima
nilai-nilai hidup hemat,ulet sungguh-sungguh dan kompetitif sebagai aset
untuk mencapai hidup mandiri
|
Menampilkan
hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh dan kompetitif atas dasar kesadaran
sendiri
|
9
|
Wawasan dan kesiapan karier
|
Mempelajari kemampuan diri,
peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan, dan aktifitas yang terfokus pada pengembangan
alternatif karir yang lebih terarah
|
Internalisasi
nilai-niolai yang melandasi pertimbangan pemilihan alternatif karir
|
Mengembangkan
alternatif perencanaan karir dengan mempertimbangkan kemampuan, peluang dan
ragam karir
|
10
|
Kematangan hubungan dengan teman
sebaya
|
Mempelajari cara-cara membina dan
kerjasama dan toleransi dalam pergaulan dengan teman sebaya
|
Menghargai nilai-nilai kerjasama
dan toleransi sebagai dasar untuk menjalin persahabatan dengan teman sebaya
|
Mempererat
jalinan persahabatan yang lebih akrab dengan memperhatikan norma yang berlaku
|
11
|
Kesiapan diri
untuk menikah dan berkeluarga
|
Mengenal norma-norma pernikahan
dan berkeluarga
|
Mengharagai norma-norma pernikahan
dan berkeluarga sebagai landasan bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang
harmonis
|
Mengekspresikan keinginannya untuk
mempelajari lebih intensif tentang norma pernikahan dan berkeluarga
|
Standar Kompetensi Bimbingan Konseling di Perguruan Tinggi
|