BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kreativitas merupakan istilah yang banyak digunakan baik
di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Pada hakekatnya kreatif
berhubungan dengan penemuan sesuatu mengenai hal yang menghasilkan sesuatu yang
baru dengan menggunakan sesuatu yang telah ada. Sesuatu yang baru itu mungkin
berupa perbuatan atau tingkah laku hasil-hasil kesusastraan dan lain-lain.
Peran guru dalam pembelajaran adalah mengembangkan
kreativitas anak salah satunya mengembangkan kreativitas mewarna, karena dengan
seni mewarna anak dapat menyampaikan ekspresinya sehingga otak kiri maupun otak
kanan dapat berkembang secara optimal dan seimbang.
Dalam kenyataan kreativitas anak dalam seni mewarna masih
memerlukan banyak bimbingan dan stimulasi dalam pembelajaran. Masih banyak
siswa taman kanak-kanak yang hanya mengenal 2 atau 3 dari sekian jumlah warna,
sehingga hasilnya belum sesuai dengan yang diharapkan.
Salah satu upaya untuk merangsang kreativitas anak agar
mampu mengembangkan kreativitasnya dalam seni mewarna adalah melalui terapi
menggambar, karena dengan menggambar dan mewarna anak lebih mudah mengembangkan
imajinasinya. Dengan menggambar dan mewarnai anak lebih mudah mengembangkan
imajinasinya. Anak lebih kreatif, mampu berinisiatif, mengekspresikan diri,
menemukan kegembiraan dan untuk
menumbuhkan perasaan menghargai diri sendiri berkembang. Karena
anak yang enggan atau malas luka atau kejam dapat menemukan kegembiraan dan
kebebasan melalui menggambar. Bahkan dapat digunakan untuk perkembangan dan
membebaskan mereka dari rasa malu serta menghalangi anak yang suka mengasingkan
diri.
Pemilihan terapi menggambar sebagai upaya mengembangkan
kreativitas anak dalam seni mewarna disesuaikan dengan tingkat perkembangan
anak yang dimulai dari bermain sambil belajar. Untuk mengembangkan kreativitas
dalam seni mewarna siswa dituntut harus kreatif, selain itu faktor guru sangat
dominan dalam membimbing siswa. Agar kemampuan tersebut dapat dicapai guru
menggunakan teknik atau metode pembelajaran.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis akan mencoba
mengadakan penelitian tentang kreativitas anak dalam seni mewarna melalui
terapi menggambar. Adapun judul yang diambil dalam penelitian ini adalah
“Pengembangan Kreativitas Seni Mewarnai Melalui Terapi Menggambar Anak Kelompok
A TK Negeri Pembina Kawedanan.”
D. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari penelitian tindakan kelas adalah
apakah kreativitas seni mewarnai dapat dikembangkan melalui terapi menggambar
di TK Negeri Pembina Kawedanan.
E. Tujuan Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk : mengetahui
perkembangan kreativitas seni mewarna melalui terapi menggambar di Taman
Kanak-Kanak Negeri Pembina Kawedanan.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberi manfaat bagi :
1. Siswa
a. Dapat
mengembangkan kreativitasnya terutama dalam mengembangkan seni mewarna.
b. Dapat melatih
kelenturan motorik halus melalui permainan alat tangan dan dapat mengenal
berbagai macam warna.
c. Dapat
menumbuhkan kreatif dan imajinasi yang dimiliki.
d. Dapat
merangsang anak terlibat langsung dalam proses belajar.
2. Guru
a. Memotivasi
guru mengembangkan kreativitas dalam seni mewarna selama proses belajar
mengajar berlangsung.
b. Guru
mengetahui siswa yang mengalami kesulitan dan dapat mengadakan pendekatan
kepada siswa.
c. Proses belajar
mengajar lebih menyenangkan.
3. Peneliti Lain
Memberi
masukan sebagai bahan pertimbangan dalam upaya mengembangkan kreativitas seni
mewarna melalui terapi menggambar pada anak dan peningkatan prestasi belajar
kognitif, motorik dan seni siswa usia Taman Kanak-Kanak.
4. Pengembangan
Ilmu Pengetahuan
Dapat
mengembangkan kreativitas menggambar dan mewarnai melalui media komputer atau
laptop.