Tingkat
Pencapaian Perkembangan Kelompok Usia 4 - 6 Tahun
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian Perkembangan
|
|
Usia
4 - < 5 tahun
|
Usia
5 - < 6 tahun
|
|
I. Nilai - nilai Agama
dan Moral
|
1. Mengenal
Tuhan melalui agama yang dianutnya
2. Meniru
gerakan beribadah
3. Mengucapkan
doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
4. Mengenal
perilaku baik / sopan dan buruk
5. Membiasakan
diri berperilaku baik
6. Mengucapkan
salam dan membalas salam
|
1. Mengenal
agama yang dianut
2. Membiasakan
diri beribadah
3. Memahami
perilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat, dsb)
4. Membedakan
perilaku baik dan buruk
5. Mengenal
ritual dan hari besar agama.
6. Menghormati
agama orang lain.
|
II. Fisik Motorik
A. Motorik Kasar
|
1. Menirukan
gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb.
2. Melakukan
gerakan menggantung (bergelayut)
3. Melakukan
gerakan melompat, meloncat dan berlari secara terkoordinasi.
4. Melempar
sesuatu secara terarah.
5. Menangkap
sesuatu secara tepat.
6. Melakukan
gerakan antisipasi.
7. Menendang
sesuatu secara terarah
8. Memanfaatkan
alat permainan di luar kelas
|
1. Melakukan
gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan,
dan kelincahan.
2. Melakukan
koordinasi gerakan kaki - tangan - kepala dalam menirukan tarian atau senam.
3. Melakukan
permainan fisik dengan aturan.
4. Terampil
menggunakan tangan kanan dan kiri.
5. Melakukan
kegiatan kebersihan diri.
|
B. Motorik Halus
|
1. Membuat
garis vertical, horizontal, lengkung, kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan
lingkaran.
2. Menjiplak
bentuk
3. Mengkoordinasi
mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4. Melakukan
gerakan manipulative untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan
berbagai media
5. Mengekspresikan
diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
|
1. Menggambar
sesuai gagasannya
2. Meniru
bentuk
3. Melakukan
eksporasi dengan berbagai media dan kegiatan
4. Menggunakan
alat tulis dengan benar
5. Menggunting
sesuai dengan pola.
6. Menempel
gambar dengan tepat
7. Mengekspresikan
diri melalui gerakan menggambar secara detail.
|
C. Kesehatan Fisik
|
1.
Memiliki
kesesuaian usia dengan berat badan
2.
Memiliki
kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
3.
Memiliki
kesesuaian antara tinggi dengan berat badan.
|
1.
Memiliki
kesesuaian usia dengan berat badan
2.
Memiliki
kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
1.
Memiliki
kesesuaian antara tinggi dengan berat badan
|
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian Perkembangan
|
|
Usia
4 - < 5 tahun
|
Usia
5 - < 6 tahun
|
|
III. Kognitif
A. Pengetahuan Umum dan
Sains
|
1. Mengenal
benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2. Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3. Mengenal
gejala sebab akibat yang terkait dengan dirinya.
4. Mengenal
konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang,
temaram, dsb)
5. Mengkreasikan
sesuatu sesuai dengan idenya sendiri.
|
1. Mengklasifikasi
benda berdasarkan fungsi
2. Menunjukkan
aktiviskan yang bersifat eksploratif dan menyidik (seperti : apa yang terjadi
ketika air ditumpahkan)
3. Menyusun
perencanaan kegiatan yang akan dilakukan.
4. Mengenal
sebab akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan sesuatu menjadi
basah)
5. Menunjukkan
inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti “ayo bermain pura-pura
seperti burung”)
6. Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
B. Konsep Bentuk, Warna,
Ukuran dan Pola
|
1. Mengklarifikasikan
benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran.
2. Mengklarifikasikan
benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok
yang berpasangan dengan 2 variasi
3. Mengenal
pola AB - AB dan ABC-ABC
4. Mengurutkan
benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
|
1. Mengenal
perbedaan berdasarkan ukuran : “lebih dari”
2. Mengklsifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
3. Mengklasifikasikan
benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sejenis atau kelompok
berpasangan yang lebih dari 2 variasi.
4. Mengenal
pola ABCD-ABCD
5. Mengurutkan
benda berdasarkan ukuran paling kecil ke paling besar dan sebaliknya.
|
C. Konsep bilangan,
Lambang bilangan, dan
huruf
|
1. Mengetahui
konsep banyak dan sedikit.
2. Membilang
banyak benda satu sampai sepuluh
3. Mengenal
konsep bilangan
4. Mengenal
lambang bilangan
5. Mengenal
lambang huruf
|
1. Menyebutkan lambang bilangan 1 - 10
2. Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan
3. Mengenal
berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
|
IV. Bahasa
A. Menerima bahasa
|
1. Menyimak
perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2. Mengerti
dua perintah yang diberikan bersamaan.
3. Memahami
cerita yang dibacakan
4. Mengenal
perbendaharaan kata mengenal kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb)
|
1. Mengerti
beberapa perintah secara bersamaan
2. Mengulang
kalimat yang lebih kompleks
3. Memahami
aturan dalam suatu permainan.
|
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian Perkembangan
|
|
Usia
4 - < 5 tahun
|
Usia
5 - < 6 tahun
|
|
B. Mengungkapkan bahasa
|
1. Mengulang
kalimat sederhana
2. Menjawab
pertanyaan sederhana
3. Mengungkapkan
perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb)
4. Menyebutkan
kata-kata yang dikenal.
5. Mengutarakan
pendapat kepada orang lain
6. Menyatakan
alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidak setujuan
7. Menceritakan
kembali cerita / dongeng yang pernah di dengar.
|
1. Menjawab
pertanyaan yang lebih kompleks
2. Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama.
3. Berkomunikasi
secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol
untuk persiapan membaca menulis dan berhitung.
4. Menyusun
kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat, predikat,-
keterngan)
5. Memiliki
lebih banyak kata-lata untuk mengekspresikan ide pada orang lain.
6. Melanjutkan
sebagian cerita / dongeng yang telah didengarkan.
|
C. Keaksaraan
|
1. Mengenal
simbol - simbol .
2. Mengenal
suara-suara hewan / benda yang ada di sekitarnya
3. Membuat
coretan yang bermakna.
4. Meniru
huruf.
|
1. Menyebutkan
simbol - simbol huruf yang dikenal.
2. Mengenal
suara huruf awal dari nama benda - benda yang ada di sekitarnya.
3. Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi / huruf awal yang sama.
4. Memahami
hubungan antara bunyi dan bentuk huruf.
5. Membaca
nama sendiri.
6. Menuliskan
nama sendiri.
|
V. Emosional
|
1. Menunjukkan
sikap mandiri dalam memilih kegiatan.
2. Mau
berbagi, menolong dan membantu teman
3. Menunjukkan
antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif.
4. Mengendalikan
perasaan
5. Menaati
aturan yang berlaku dalam suatu permainan
6. Menunjukkan
rasa percaya diri.
7. Menjaga
diri sendiri dari lingkungannya.
8. Menghargai
orang lain.
|
1. Bersikap
kooperatif dengan teman.
2. Menunjukkan
sikap toleran.
3. Mengekspresikan
emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias, dsb)
4. Mengenal
tata karma dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat.
5. Memahami
peraturan dan disiplin
6. Menunjukkan
rasa empati
7. Memiliki
sikap gigih (tidak mudah menyerah)
8. Bangga
terhadap hasil karya sendiri
9. Menghargai
keunggulan orang lain.
|