Senin, 09 Oktober 2017

RPPM TEMA BINATANG



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA: Binatang/ binatang air
HARI
Tujuan
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.mengelompokkan gbr
3.membedakan ciptaan Tuhan
4.menggambar dg media spidol

Pembelajaran langsung
1.1, 2.1, 2.2, 2.4, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5,  3.6, 4.6, 3.8, 4.8,  3.15, 4.15
Binatang Air Ciptaan Tuhan, perilaku hidup sehat, perilaku tanggung jawab, keaksaraan awal, mngelompokkan gambar, membedakan ciptaan Tuhan. Menggambar dg spidol
Binatang air :
Bercakap-cakap ttg binatang air.
Menyebutkan dan menulis macam binatang air
Mengelompokkan gambar binatang air (ikan ) menurut jenisnya
Memberi tanda (T) pada gambar ciptaan Tuhan dan (M) yang bukan
Menggambar binatang air yang disukai dg media spidol
SELASA
Anak dapat :
1.menyanyi lagu baru
2.mengurutkan gbr
3.mengenal siklus ikan
4.berkreasi dg clay
5.mewarnai gambar
Pembelajaran langsung
1.1, 2.1, 2.2, 2.4 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Ikan Ciptaan Tuhan
Menyanyi lagu “ikanku”,  siklus hidup ikan, mengurutkan gambar ikan, bermain plastisin, perilaku tanggung  jawab
Ikan ciptaan Tuhan.
Menyanyi lagu “ikanku”
Mengurutkan gambar ikan dari yg terkecil sampai terbesar
Mengurutkan gambar siklus hidup ikan
Bermain plastisin membuat bentuk ikan
Mewarnai gambar anak yang mau memberi makan ikan (tanggung jawab pada binatang)
RABU
Anak dapat:
1.membilang gambar
2,berkreasi dg balok
3.melipat kertas
4.mengenal sikap peduli
Pembelajaran langsung
1.1, 2.1, 2.2, 2.4, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5,  3.6, 4.6, 3.8, 4.8,  3.15, 4.15
Ikan Ciptaan Tuhan :
Menghitung/ membilang benda, bermain balok,  melipat dan menempel , perilaku kreatif, perilaku toleransi

Ikan Ciptaan Tuhan
Menghitung jumlah ikan di kolam ikan sesuai jenisnya
Membuat  Kolam ikan  dari balok
Melipat dan menempel  bentuk ikan
Menghibur Teman (Rio sedih ikannya mati), tandai V pada gambar anak yg menghibur  Rio dan tanda X pada gambar anak yang mengolok.
KAMIS
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.mencari perbedaan
3.menceritakan gambar
4, berkreasi dg pelepah pisang
Pembelajaran langsung
1.1, 2.1, 2.2, 2.10, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.15, 4.15
Ikan  ciptaan Tuhan
Perilaku /sikap ingin tahu,  keaksaraan awal, mencari perbedaan dua gambar, menceritakan gambar,  mencap/ stempel
Ikan ciptaan Tuhan :
Menyebutkan dan menulis kata yang mempunyai awalan “ bi ‘ binatang, bilangan, bias, bibir, biru, biasa, bintang, bina
Mencari 4 perbedaan gambar ikan bandeng dan tkan lele
Menceritakan gambar “ikut ayah memancing”
Mencap/ stempel gambar ikan dengan pelepah pisang
JUMAT
Anak dapat :\
1.hafalan doa mau makan dan selesai makan
2. menebali kata
3.menyusun huruf acak / keaksaraan awal
4. membilang
Pembelajaran langsung
1.1,1.2, 2.2, 2.12, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6,  3.12/4.12, 3.15/4.15
Ikan  ciptaan Tuhan
Bersyukur pada Tuhan,  menyusun huruf, menebali kata , menggambar., membilang
Ikan ciptaan Tuhan :
Bersyukur pada Tuhan, mewarnai gambar anak yang  membaca doa sebelum makan ikan
Menebali kata  ikan  = sammak
Menyusun huruf acak menjadi nama ikan (elel, sam, ngarod, alin )
Menggambar ikan dalam jarring nelayan, menghitung jumlahnya
SABTU
Anak dapat:
1,finger painting
2.keaksaraan awal
3.kolase
4.menghubungkan angka
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.10,  3.2/4.2, 3.5/4.5., 3.11/4.11  3.15/4.15
Ikan  ciptaan Tuhan (bersyukur) : perilaku kreatif,  keaksaraan awal, finger painting, menghubungkan angka, kolase
Finger painting
Meniru menulis binatang air dalam bahasa inggris (vocab)  fish, crab, dolphin, turtle, clam,
menghubungkan angka 1 – 15 membuat  ikan
kolase gambar ikan dg potongan kertas kecil - kecil
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA: Binatang /Binatang Darat
HARI
Tujuan
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.memasangkan gambar sesuai pasangannya
3.mengenal sikap sayang binatang
4.membilang
Pembelajaran langsung
1.1, 2.2, 2.5, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.8, 4.8,  3.12/4.12, 3.15/4.15

Binatang darat  ciptaan Tuhan,
keaksaraan awal, menebali kata,, memasangkan gambar, sikap peduli, membilang
Binatang darat:
Bercakap – cakap nama / macam binatang darat
Menyebutkan dan menulis macam binatang darat
Memasangkan gambar binatang darat  dg pasangannya (gambar kakinya)
Menebali  huruf (S) bila setuju dg sikap anak yang menyayangi binatang dan huruf (TS) yang tidak menyayangi
 Menghitung jumlah binatang menurut jenisnya
SELASA
Anak dapat :
1.bersyukur pada Tuhan
2.mengelompokkan gambar
3.mengenal jenis binatang darat
4.melipat kertas
5.keaksaraan awal
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.6, 3.5/4.5, 3.3/4.3,  3.8, 4.8,3.11/4.11,
3.14/4.14, 3.15/4.15
Binatang darat  Ciptaan Tuhan (bersyukur),
Mengelompokkan gambar, melingkari huruf , keaksaraan awal, menebali kata, melipat
Kucingku
Tanya jawab tentang makanan binatang
Mengelompokkan gambar berdasar jumlah kakinya
Melingkari huruf vokal pada nama gambar binatang darat
Meniru menulis membaca kalimat sederhana
Melipat bentuk kucing
RABU
Anak dapat :
1.mengurutkan siklus ayam
2.mewarnai gambar
3.memasangkan jmlah gambar dan angkanya
4. mengurutkan cerita gambar seri
Pembelajaran langsung
1.1,1.2, 2.2, 2.3, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.8, 4.8, 3.12/4.12/3.15/4.15
Binatang darat ciptaan Tuhan ( bersyukur) :
Perilaku/ sikap ingin tahu, mengurutkan gambar, mewarnai gambar, memasangkan gambar, mengurutkan  cerita  gambar seri
Ayamku  :
Bercakap – cakap ttg ayam
Mengurutkan siklus hidup ayam
Mewarnai gambar anak yang membri makan ayam
Memasangkan jumlah gambar dengan angkanya
Mengurutkan  cerita gambar seri “ memelihara ayam”
KAMIS
Anak dapat :
1.menirukan gerak dan lagu kelinciku
2.3 M gbr kelinci
3.melengkapi kalimat sederhana
4.bermain puzzle
5.mengelompokkan gambar
Pembelajaran langsung
1.1, 1.2, 2.2, 2.12, 3.3/4.3, 3.6/4.6, 3.8,4.8,   3.12/4.12, 3.15/4.15
Binatang darat  ciptaan Tuhan
Perilaku /sikap ingin tahu, 3 M, keaksaraan awal, mengelompokkan gambar, bermain puzle
Kelinciku :
Bercakap – cakap cirri – cirri krlinci
 Menyanyi lagu kelinciku (menirukan gerakannya)
Mewarnai, mencocok, menempel  gambar kelinci dg rapih
Melengkapi kalimat sederhana (Kelinci makan……)
Memberi warna hijau pada gambar binatang yang makan daun dan  merah yang makan biji
Bermain puzzle kelinci
JUMAT
Anak dapat:
1.mengenal banyak sedikit
2.berkreasi dg balok
3.kolase
4.memasangkan ganbar sesuai pasangannya
Pembelajaran langsung
1.1, 1.2, 2.2, 2.6,  3.2/4.2, 3.3 /4.3 .,3.8, 4.8, 3.11/4.11  3.15/4.15
Binatang darat ciptaan Tuhan (bersyukur)
 Menyanyi,  mengenal banyak sedikit ,  bermain balok   kolase,  memasangkan gambar
Kambingku :
Menyanyi lagu “suara binatang”
Memberi tanda ( banyak sedikit) pada dua kumpulan gambar binatang
Membuat kandang kambing dengan balok
kolase gambar domba dengan media kapas
memasangkan gambar binatang dengan suaranya
SABTU
Anak dapat :
1.mewarnai gambar
2.perilaku kreatif
3.mengenal sikap mau berbagi
Pembelajaran langsung dan tak langsung
1.1, 1.2, 2.2, 2.6, 3.3/4.3,3.3.5,4.5,14/4.14 3.15/4.15
Binatang darat  ciptaan Tuhan (bersyukur), perilaku kreatif, keaksaraan awal, percobaan sains, mewarnai gambar, menebali kata
 Binatang darat
Mewarnai gambar macm binatang  ( horse, bear, cow, buffalo, camel.goat)
Praktek langsung membuat telur asin
Memberi tanda (V) pada teman yg mau berbagi dan tanda (X) yg tidak








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  : Binatang/ Binatang udara
HARI
Tujuan
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.berkreasi dg plastisin
3.membilang
4.,membedakan ciptaan Tuhan
Pembelajaran langsung
1.1,1.2, 2.5, 2.6, 3.2/4.2, 3.5/4.5, 3.12/4.12
3.15/4.15

Binatang udara ciptaan Tuhan
Bersyukur, membedakan ciptaan Tuhan, membilang, bermain plastisin, keaksaraan awal
Macm binatang udara
Bercakap- cakap ttg macam binatang udara
Menyebutkan dan menulis macam binatang udara
Membuat bentuk binatang udara dari plastisin
Menghitung jumlah binatang udara sesuai jenisnya
Memberi tanda (T ) pada gambar ciptaan Tuhan dan (M) yang bukan ciptaan Tuhan
SELASA
Anak dapat :
1.bermain tepuk KUPU
2.memasangkan jml gbr dan angkanya
3.melipat kertas
4. mengenal sikap sayang binatang
Pembelajaran langsung
1.1, 1.2, 2.2, 2.10, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.8/4.8, 3.12/4.12
3.15/4.15
Binatang udara ciptaan Tuhan (bersyukur)
Memasangkan benda, mengurutkan gambar, melipat, sikap toleransi
Kupu- kupu yang indah
Bermain tepuk “kupu – kupu”
Memasangkan jumlah gambar  dg bilangan yg sesuai
Mengurutkan gambar metamorfosis  kupu – kupu
Melipat dan menempel  bentuk  Kupu
Memberi tanda  (V) pada gambar anak yang menyayangi binatang dan tanda  (X )yang tidak
RABU
Anak dapat :
1.mengurutkan gambar
2.menghubungkan gbr dg tulisannya
3.berkreasi dg balok
4.keaksaraan awal
Pembelajaran langsung
1.1,1.2, 2.2, 2.3, 3.3/4.3, 3.8/4.8, 3.12/4.12, 3/15/4.15
Binatang udara ciptaan Tuhan
Mengurutkan benda, menghubungkan gambar, bermain balok, keaksaraan awal
Burung
Mengurutkan gambar burung dari yang terbesar sampai terkecil
Menghubungkan gambar dg tulisannya
Membuat kandang burung dari balok
Meniru menulis dan membaca kalimat sederhana

KAMIS
Anak dapat:
1.menceritakan gambar
2.keaksaraan awal
3. membilang
4. mewarnai gambar dg media garis

Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.8/4.8, 3.12/4.12, 3/15/4.15
Binatang udara ciptaan Tuhan
Menceritakan gambar, keaksaraan awal, mewarnai gambar, penjumlahan sederhana
Lalat binatang kotor
Bercakap – cakap tentang bahaya lalat
Menceritakan gambar “akibat jajan sembarangan”
Menyebutkan dan menulis kata yang mempunyai awalan suku kata “la” lalat, lapar, langit, lantai, laut, lancar
Menyelesaikan tugas penjumlahan sederhana dg benda
Mewarnai gambar lalat dengan media spidol
JUMAT
Anak dapat :
1.percobaan sains
2.keaksaraan awal
3.mengenal konsep  banyak sedikit
4. kolase
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6,3.8, 4.8, 3.12/4.12 3/15/4.15
Binatang udara ciptaan Tuhan
Perilaku kreatif, sikap ingin tahu, memberi tanda <,= atau>, kolase, keaksaraan awal
Lebah penghasil madu
Tanya jawab tentang binatang lebah
Praktek langsung membedakan rasa manis dari : gula, sirup, madu
Menirukan menulis lebah = An Nahl (bahasa arab)
Memberi tanda <,= atau> pada dua kumpulan benda
Kolase gambar lebah dg media ampas kelapa
SABTU
Anak dapat :
1.memasangkan gambar
2. keaksaraan awal
3.menggambar dari bentuk dasar O
4, membedakan ciptaan Tuhan
Pembelajaran langsung dan tak langsung
 1.2, 2.2, 2.3, 2.4 3.6/4.6. 3.13/4.13 3.15/4.15
Binatang udara ciptaan Tuhan : perilaku kreatif,, keaksaraan awal, memasangkan gambar, menggambar, membedakan ciptaan Tuhan
Binatang udara ciptaan Tuhan
Menghubungkan gambar binatang dengan tulisannya
Menirukan menulis
macam binatang udara dalam bahasa inggris: fly, bird, butterfly, bee, owl
Menggambar binatang udara dari bentuk dasar lingkaran
Binatang Udara Ciptaan Tuhan. Menulis huruf (T) untuk ciptaan Tuhan dan huruf (M) untuk buatan manusia

Download RPPM TEMA BINATANG : Klik Disini