RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA: Binatang/ binatang air
HARI
|
Tujuan
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.mengelompokkan gbr
3.membedakan ciptaan Tuhan
4.menggambar dg media spidol
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 2.1, 2.2, 2.4, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.15, 4.15
|
Binatang Air Ciptaan Tuhan, perilaku hidup sehat,
perilaku tanggung jawab, keaksaraan awal, mngelompokkan gambar, membedakan
ciptaan Tuhan. Menggambar dg spidol
|
Binatang air :
Bercakap-cakap ttg binatang air.
Menyebutkan dan menulis macam binatang air
Mengelompokkan gambar binatang air (ikan ) menurut
jenisnya
Memberi tanda (T) pada gambar ciptaan Tuhan dan (M)
yang bukan
Menggambar binatang air yang disukai dg media spidol
|
SELASA
|
Anak dapat :
1.menyanyi lagu baru
2.mengurutkan gbr
3.mengenal siklus ikan
4.berkreasi dg clay
5.mewarnai gambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,
2.1, 2.2, 2.4 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.12,
4.12, 3.15, 4.15
|
Ikan Ciptaan Tuhan
Menyanyi lagu “ikanku”, siklus hidup ikan, mengurutkan gambar ikan,
bermain plastisin, perilaku tanggung
jawab
|
Ikan ciptaan Tuhan.
Menyanyi lagu “ikanku”
Mengurutkan gambar ikan dari yg terkecil sampai
terbesar
Mengurutkan gambar siklus hidup ikan
Bermain plastisin membuat bentuk ikan
Mewarnai
gambar anak yang mau memberi makan ikan (tanggung jawab pada binatang)
|
RABU
|
Anak dapat:
1.membilang gambar
2,berkreasi dg balok
3.melipat kertas
4.mengenal sikap peduli
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 2.1, 2.2, 2.4, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.15, 4.15
|
Ikan Ciptaan Tuhan :
Menghitung/ membilang benda, bermain balok, melipat dan menempel , perilaku kreatif,
perilaku toleransi
|
Ikan Ciptaan Tuhan
Menghitung jumlah ikan di kolam ikan sesuai
jenisnya
Membuat Kolam ikan
dari balok
Melipat
dan menempel bentuk ikan
Menghibur
Teman (Rio sedih ikannya mati), tandai V pada gambar anak yg menghibur Rio dan tanda X pada gambar anak yang
mengolok.
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.mencari perbedaan
3.menceritakan gambar
4, berkreasi dg pelepah pisang
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 2.1, 2.2, 2.10, 3.3, 4.3,
3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.15, 4.15
|
Ikan ciptaan
Tuhan
Perilaku /sikap ingin tahu, keaksaraan awal, mencari perbedaan dua
gambar, menceritakan gambar, mencap/
stempel
|
Ikan ciptaan Tuhan :
Menyebutkan dan menulis kata yang mempunyai awalan “
bi ‘ binatang, bilangan, bias, bibir, biru, biasa, bintang, bina
Mencari 4 perbedaan gambar ikan bandeng dan tkan
lele
Menceritakan gambar “ikut ayah memancing”
Mencap/ stempel gambar ikan dengan pelepah pisang
|
JUMAT
|
Anak dapat :\
1.hafalan doa mau makan dan selesai makan
2. menebali kata
3.menyusun huruf acak / keaksaraan awal
4. membilang
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,1.2, 2.2, 2.12, 3.3/4.3, 3.5/4.5,
3.6/4.6, 3.12/4.12,
3.15/4.15
|
Ikan ciptaan
Tuhan
Bersyukur pada Tuhan, menyusun huruf, menebali kata , menggambar.,
membilang
|
Ikan ciptaan Tuhan :
Bersyukur pada Tuhan, mewarnai gambar anak yang membaca doa sebelum makan ikan
Menebali kata ikan
= sammak
Menyusun huruf acak menjadi nama ikan (elel, sam,
ngarod, alin )
Menggambar ikan dalam jarring nelayan, menghitung
jumlahnya
|
SABTU
|
Anak dapat:
1,finger painting
2.keaksaraan awal
3.kolase
4.menghubungkan angka
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.10, 3.2/4.2, 3.5/4.5., 3.11/4.11 3.15/4.15
|
Ikan ciptaan
Tuhan (bersyukur) : perilaku kreatif,
keaksaraan awal, finger painting, menghubungkan angka, kolase
|
Finger painting
Meniru menulis binatang air dalam bahasa inggris
(vocab) fish, crab, dolphin, turtle,
clam,
menghubungkan angka 1 – 15 membuat ikan
kolase gambar ikan dg potongan kertas kecil - kecil
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA: Binatang /Binatang Darat
HARI
|
Tujuan
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.memasangkan gambar sesuai pasangannya
3.mengenal sikap sayang binatang
4.membilang
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 2.2, 2.5, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.8, 4.8, 3.12/4.12,
3.15/4.15
|
Binatang darat ciptaan Tuhan,
keaksaraan awal, menebali kata,, memasangkan gambar,
sikap peduli, membilang
|
Binatang darat:
Bercakap – cakap nama / macam binatang darat
Menyebutkan dan
menulis macam binatang darat
Memasangkan gambar binatang darat dg pasangannya
(gambar kakinya)
Menebali huruf (S) bila setuju dg sikap anak yang
menyayangi binatang dan huruf (TS) yang tidak menyayangi
Menghitung jumlah binatang menurut jenisnya
|
SELASA
|
Anak dapat :
1.bersyukur pada Tuhan
2.mengelompokkan gambar
3.mengenal jenis binatang darat
4.melipat kertas
5.keaksaraan awal
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.6, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.8, 4.8,3.11/4.11,
3.14/4.14, 3.15/4.15
|
Binatang darat
Ciptaan Tuhan (bersyukur),
Mengelompokkan gambar, melingkari huruf , keaksaraan
awal, menebali kata, melipat
|
Kucingku
Tanya jawab tentang makanan
binatang
Mengelompokkan gambar berdasar jumlah kakinya
Melingkari huruf vokal pada nama gambar
binatang darat
Meniru menulis
membaca kalimat sederhana
Melipat bentuk kucing
|
RABU
|
Anak dapat :
1.mengurutkan siklus ayam
2.mewarnai gambar
3.memasangkan jmlah gambar dan angkanya
4. mengurutkan cerita gambar seri
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,1.2, 2.2, 2.3, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.8, 4.8, 3.12/4.12/3.15/4.15
|
Binatang darat ciptaan Tuhan ( bersyukur) :
Perilaku/ sikap ingin tahu, mengurutkan gambar,
mewarnai gambar, memasangkan gambar, mengurutkan cerita gambar seri
|
Ayamku :
Bercakap – cakap ttg ayam
Mengurutkan
siklus hidup ayam
Mewarnai gambar anak yang membri makan ayam
Memasangkan jumlah
gambar dengan angkanya
Mengurutkan cerita gambar seri “ memelihara ayam”
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1.menirukan gerak dan lagu kelinciku
2.3 M gbr kelinci
3.melengkapi kalimat sederhana
4.bermain puzzle
5.mengelompokkan gambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 1.2, 2.2, 2.12, 3.3/4.3, 3.6/4.6, 3.8,4.8, 3.12/4.12,
3.15/4.15
|
Binatang darat
ciptaan Tuhan
Perilaku /sikap ingin tahu, 3 M, keaksaraan awal,
mengelompokkan gambar, bermain puzle
|
Kelinciku :
Bercakap – cakap cirri – cirri krlinci
Menyanyi lagu
kelinciku (menirukan gerakannya)
Mewarnai, mencocok, menempel gambar kelinci dg rapih
Melengkapi
kalimat sederhana (Kelinci makan……)
Memberi warna hijau pada
gambar binatang yang makan daun dan merah yang makan biji
Bermain puzzle kelinci
|
JUMAT
|
Anak dapat:
1.mengenal banyak sedikit
2.berkreasi dg balok
3.kolase
4.memasangkan ganbar sesuai pasangannya
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 1.2, 2.2, 2.6, 3.2/4.2, 3.3 /4.3 .,3.8, 4.8, 3.11/4.11
3.15/4.15
|
Binatang darat ciptaan Tuhan (bersyukur)
Menyanyi, mengenal banyak
sedikit
, bermain
balok kolase, memasangkan gambar
|
Kambingku :
Menyanyi lagu “suara binatang”
Memberi tanda ( banyak sedikit) pada dua kumpulan gambar binatang
Membuat kandang kambing dengan balok
kolase gambar domba dengan media kapas
memasangkan gambar binatang dengan suaranya
|
SABTU
|
Anak dapat :
1.mewarnai gambar
2.perilaku kreatif
3.mengenal sikap mau berbagi
|
Pembelajaran langsung dan tak langsung
|
1.1, 1.2, 2.2, 2.6, 3.3/4.3,3.3.5,4.5,14/4.14
3.15/4.15
|
Binatang darat ciptaan Tuhan (bersyukur), perilaku kreatif,
keaksaraan awal, percobaan sains, mewarnai
gambar, menebali kata
|
Binatang
darat
Mewarnai
gambar macm binatang ( horse, bear, cow, buffalo, camel.goat)
Praktek langsung membuat telur asin
Memberi tanda (V) pada teman yg mau berbagi dan
tanda (X) yg tidak
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : Binatang/
Binatang udara
HARI
|
Tujuan
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.berkreasi dg plastisin
3.membilang
4.,membedakan ciptaan Tuhan
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,1.2, 2.5, 2.6, 3.2/4.2, 3.5/4.5,
3.12/4.12
3.15/4.15
|
Binatang udara ciptaan Tuhan
Bersyukur, membedakan
ciptaan Tuhan,
membilang, bermain plastisin, keaksaraan awal
|
Macm binatang udara
Bercakap- cakap ttg macam binatang udara
Menyebutkan dan menulis
macam binatang udara
Membuat bentuk binatang
udara dari plastisin
Menghitung jumlah
binatang udara sesuai jenisnya
Memberi tanda (T ) pada
gambar ciptaan Tuhan dan (M) yang bukan ciptaan Tuhan
|
SELASA
|
Anak dapat :
1.bermain tepuk KUPU
2.memasangkan jml gbr dan angkanya
3.melipat kertas
4. mengenal sikap sayang binatang
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 1.2, 2.2, 2.10,
3.3/4.3, 3.5/4.5,
3.8/4.8,
3.12/4.12
3.15/4.15
|
Binatang udara ciptaan Tuhan (bersyukur)
Memasangkan benda, mengurutkan gambar, melipat, sikap
toleransi
|
Kupu- kupu yang indah
Bermain tepuk “kupu – kupu”
Memasangkan jumlah gambar dg bilangan yg sesuai
Mengurutkan gambar metamorfosis
kupu – kupu
Melipat
dan menempel bentuk Kupu
Memberi
tanda (V) pada gambar anak yang
menyayangi binatang dan tanda (X )yang
tidak
|
RABU
|
Anak dapat :
1.mengurutkan gambar
2.menghubungkan gbr dg tulisannya
3.berkreasi dg balok
4.keaksaraan awal
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,1.2, 2.2, 2.3, 3.3/4.3,
3.8/4.8,
3.12/4.12, 3/15/4.15
|
Binatang udara ciptaan Tuhan
Mengurutkan benda, menghubungkan gambar, bermain balok, keaksaraan awal
|
Burung
Mengurutkan gambar burung dari
yang terbesar sampai terkecil
Menghubungkan gambar dg tulisannya
Membuat kandang burung dari
balok
Meniru menulis dan membaca kalimat sederhana
|
KAMIS
|
Anak dapat:
1.menceritakan gambar
2.keaksaraan awal
3. membilang
4. mewarnai gambar dg media garis
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.8/4.8,
3.12/4.12,
3/15/4.15
|
Binatang udara ciptaan Tuhan
Menceritakan gambar, keaksaraan awal, mewarnai
gambar, penjumlahan sederhana
|
Lalat binatang kotor
Bercakap – cakap tentang bahaya lalat
Menceritakan gambar “akibat jajan sembarangan”
Menyebutkan dan menulis kata yang mempunyai awalan
suku kata “la” lalat, lapar, langit, lantai, laut, lancar
Menyelesaikan tugas penjumlahan sederhana dg benda
Mewarnai gambar lalat dengan media spidol
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1.percobaan sains
2.keaksaraan awal
3.mengenal konsep
banyak sedikit
4. kolase
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6,3.8, 4.8, 3.12/4.12 3/15/4.15
|
Binatang udara ciptaan Tuhan
Perilaku kreatif, sikap ingin tahu,
memberi tanda <,= atau>, kolase, keaksaraan
awal
|
Lebah penghasil madu
Tanya jawab tentang
binatang lebah
Praktek langsung membedakan rasa manis dari : gula,
sirup, madu
Menirukan menulis lebah = An Nahl (bahasa arab)
Memberi tanda <,= atau> pada dua kumpulan
benda
Kolase gambar lebah dg media ampas kelapa
|
SABTU
|
Anak dapat :
1.memasangkan gambar
2. keaksaraan awal
3.menggambar dari bentuk dasar O
4, membedakan ciptaan Tuhan
|
Pembelajaran langsung dan tak langsung
|
1.2, 2.2,
2.3, 2.4 3.6/4.6. 3.13/4.13 3.15/4.15
|
Binatang udara ciptaan Tuhan : perilaku kreatif,, keaksaraan
awal, memasangkan gambar, menggambar, membedakan ciptaan Tuhan
|
Binatang udara ciptaan Tuhan
Menghubungkan gambar binatang dengan tulisannya
Menirukan menulis
macam binatang udara dalam bahasa inggris: fly,
bird, butterfly, bee, owl
Menggambar binatang udara dari bentuk dasar
lingkaran
Binatang
Udara Ciptaan Tuhan. Menulis huruf (T) untuk ciptaan Tuhan dan huruf (M)
untuk buatan manusia
|
Download RPPM TEMA BINATANG : Klik Disini