Minggu, 30 Juli 2017

RPPM DIRI SENDIRI (4 minggu) Thn 2017/2018 Model AREA, KLP B (usia 5-6 tahun)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  :  DIRI SENDIRI/ IDENTITAS
HARI
Tujuan
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.berani perkenalan diri
2.mewarnai gambar
3.membilang umur
4. keaksaraan awal
Pembelajaran langsung
1.1, 2.2 ,2.5 , 3.5/4.5 3.6/ 4.6 3.7/ 4.7 3.12/4.12 3.15/4.15

Aku  ciptaan Tuhan, perkenalan diri, mewarnai gambar, berhitung, lagu “aku adalah aku”
Aku:
aku ciptaan Tuhan, bercakap – cakap tentang aku
praktek langsung perkenalan diri  (nama , usia, alamat)
Mewarnai gambar sesuai jenis kelamin
Menghitung usia teman (umurku 5 tahun, umur bunga....., umur andi.....)
Menyanyi lagu “ aku adalah aku”
Menulis nama sendiri
SELASA
Anak dapat :
1.melengkapi kalimat sederhana
2.mengurutkan angka 1-20
3.mengenal sikap tertib
4.membuat kue dari  adonan tepung
Pembelajaran langsung
1.1, 1.2.,  2.2, 2.6, 3.5/ 4.5 3.6/4.6,  3.11/4.11, 3.15/4.15
Identitas diri : nama, umur, alamat, mengurutkan angka , keaksaraan awal, mengenal sikap tertib, berkreasi dg adonan tepung
Identitas diri :
Melengkapi kalimat sederhana ( namaku....umurku....rumahku......)
Mengurutkan angka 1-10 membentuk kue ulang tahun
Memberi tanda V pada gambar anak yg tertib dan X yg tidak tertib di pesta ULTAH
Membuat kue ultah dari adonan tepung
RABU
Anak dapat :
1.membilang
2.berkreasi dg plastisin
3.memasangkan gambar
4.meniru menulis angka
Pembelajaran langsung
1.2, 2.3 2.8, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.11/4.11, 3.12/4.12,
Identitas Diri:ciri-ciri
Membilang, bermain plastisin, memasangkan gambar, menebalkan tulisan, bermain Siapa Aku
Identitas Diri : ciri- ciriku
Tanya jawab tentang ciri – ciriku
Membilang/menghitung jumlah anak laki –laki dan anak perempuan di kelasku
Membuat bentuk Aku dengan plastisin/clay
Memasangkan gambar aku dan seragamku
Meniru menulis angka 11-20
KAMIS
Anak dapat:
1.mencari perbedaan
2.melipat kertas
3.menulis nama teman
4.melengkapi gambar
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.3, 3.3/ 4.3 3.6/4.6, 3.5/4.5 3.12/4.12 3.15/4.15
Identitas Diri
Perbedaan anak laki –laki dan perempuan, melipat kertas, melengkapi gambar,
Keaksaraan awal
Identitas diri : bercakap – cakap ttg ciri temanku
Mencari 4 perbedaan pada gambar anak laki-laki dan anak perempuan
Melipat bentuk baju seragamku
Melengkapi gambar “ Temanku” yang belum selesai/sempurna
Menulis nama teman baikku

JUMAT
Anak dapat :
1.mengenal sikap toleransi
2.membilang
3.mengenal tempat ibadah
4.mengurutkan cerita gambar seri
Pembelajaran langsung
1.2, 2.4, 2.5, 2.9,  3.5/4.5, 3.10/4.10, 3.12/4.12
Identitas Diku
Rajin beribadah, sikap toleransi, memasangkan gambar, mengurutkan nomer 1- 4 pada cerita gambar seri
Identitas Diri: Agamaku
Memberi warna hijau pada gambar anak yg toleransi beragama dan warna merah yang tidak
Menghitung jumlah gambar anak yang rajin beribadah dan jumlah anak yg tidak
Memasangkan gambar anak yang beribadah (umat) dengan tempat ibadahnya
Memberi urutan nomer 1 – 4 pada cerita gambar seri
SABTU
Anak dapat :
1.mengenal lingkungan sekolah
2.mewarnai gambar
3. bermain terpimpin
4. menebali kata
Pembelajaran langsung dan tak langsung
  2.3, 2.6 2.8, 2.11 3.3/4.3, 3.6/4.6 3.15/4.15
Identitasku
Mengenal bahasa inggris, menggambar, jalan – jalan, lagu badan aku amat gaya, menebali kata, mewarnai gambar, bermain tebak siapa aku
Identitas Diri
Bercakap – cakap tentang tata tertib ketika berjalan - jalan
Jalan – jalan disekitar lingkungan TK
Menebali kata BOY dan GIRL
Mewarnai gambar BOY untuk anak laki – laki dan Girl untuk anak perempuan
Bermain “TEBAK SIAPA AKU”










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA: Diri Sendiri/ Tubuhku
HARI
Tujuan
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.mengenal anggota tubuh
2.memasangkan gambar
3.menempel gambar
4.gerak dan lagu
Pembelajaran langsung
1.1, 2.2, 2.5, 3.5/4.5, 3.7,4.7,3.3/4.3, 3.12/4.12, 3.15/4.15

Tubuhku ciptaan Tuhan
Menyebutkan nama benda, melengkapi gambar, gerak dan lagu, memasagkan gambar
Tubuhku :
Tanya jawab tentang tentang tubuhku (bagian tubuh)
Menyebutkan dan menulis nama anggota tubuh sesuai dengan arah panah
Memasangkan gambar anggota tubuh dg bilangan yg sesuai
Menempel gambar bagian tubuh
Gerak dan lagu “kepala pundak lutut kaki”
SELASA
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.mengenal anggota tubuh
3.mengurutkan gambar
4. menggunting gambar aku
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.6, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.11/4.11,
3.14/4.14, 3.15/4.15
Tubuhku Ciptaan Tuhan (bersyukur)
Menghububgkan tulisan dg simbol, mengurutkan gambar, menggunting gambar,  kaeksaraan awal

Tubuhku :
Tanya jawab tentang fungsi anggota tubuh
Melingkari huruf vokal pada nama gambar anggota tubuh
Memberi nomer 1-5 urutan gambar dari yg terkecil sampai   gambar terbesar
Mmenggunting gambar AKU
Meniru menulis membaca kalimat sederhana
RABU
Ank dapat :
1.keaksaraan awal
2.menghubungkan angka 1 -20
3.3 M
4. mengenal bentuk geometri
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.3, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.12/4.12/3.15/4.15
Tubuhku ciptaan Tuhan ( bersyukur) :
Perilaku/ sikap ingin tahu, keaksaraan awal, menghubungkan angka 1-20, 3 M (mewarnai, mencocok, menempel) gambar, menyusun kepingan bentuk geometri
Tubuhku :
Menulis guna anggota tubuh
Menghubungkan angka 1- 20 membuat bentuk AKU
3 M (mewarnai, mencocok, menempel gambar AKU

4 persegi panjang
Menyusun kepingan bentuk geometri menjadi bentuk orang
KAMIS
Anak dapat :
1.menyanyi lagu baru
2.keaksaraan awal
3.mengelompokkan gambar
4.menggambar dg media spidol
5.berkreasi dg balok
Pembelajaran langsung
1.1,1.2, 2.2, 2.12, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6,  3.12/4.12, 3.15/4.15
Tubuhku ciptaan Tuhan
Perilaku /sikap ingin tahu, mengelompokkan gambar, keaksaraan awal, mencari dan menulis kata yang mempunyai awalan suku kata TU,  bermain balok, menggambar,
Tubuhku:
Mencari dan menulis kata yang mempunyai suku kata awalan TU
Membuat bentuk orang dari balok
Mengelompokkan gambar anak berdasarkan cirri- cirinya ( kurus – gemuk)
Menggambar orang dengan media spidol
Menyanyi lagu “badan aku amat gaya”
JUMAT
Anak dapat :
1.bisa menjaga kebersihan
2.membilang dg bahasa arab
3.mewarnai gambar dg media cat air
4.keaksaraan awal
Pembelajaran langsung
1.2, 2.1 2.2, 2.6,  3.2/4.2, 3.5/4.5., 3.11/4.11  3.15/4.15
Tubuhku ciptaan Tuhan Lbersyukur)
Menjaga kebersihan badan, menebali kata, menghitung/ membilang, mewarnai gambar
Tubuhku :
Bersyukur pada Tuhan, mewarnai gambar anak yang bisa menjaga kebersihan badan
Menebali kata agama saya  islam
Menghitung jumlah anggota badan dalam bahasa arab
Mewarnai gambar tempat ibadah dengan media cat air
SABTU
Anak dapat :
1.bermain si buta
2.perilaku kreatif
3.keaksaraan awal
4.menyanyi lagu AKU
Pembelajaran langsung dan tak langsung
1.2, 2.2, 2.6, 3.3/4.3,3.14/4.14 3.15/4.15
Tubuhku ciptaan Tuhan (bersyukur) : perilaku kreatif, bermain sibuta, keaksaraan awal, finger painting
 Tubuhku :
Bermain SIBUTA
Membuat boneka dari kulit jeruk
Menulis nama anggota tubuh dalam bahasa inggris
Finger painting/ stempel jari
Review: Lagu  “AKu adalah akau” dg iringan music /ketukan meja/ tepuk tangan








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA: Diri Sendiri/ Panca indera
HARI
Tujuan
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.      Mengenal panca indera
2.      Memasangkan gambar
3.      Percobaan sains
4.      Menebali kalimat
Pembelajaran langsung dan tak langsung
1.1, 2.2, 2.5, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.12/4.12, 3.15/4.15

Panca indera ciptaan Tuhan
Menyebutkan nama benda, keaksaraan awal, menebali kata,, memasangkan gambar, mengelompokkan gambar
Panca indera :
Bercakap – cakap nama / macam panca indera
Memberi warna hijau untuk gambar panca indera dan merah yang bukan
Memasangkan gambar panca indera dg pasangannya
Percobaan sains : macam bau
 Menyebutkan dan Menulis nama panca indera
SELASA
Anak dapat :
1.      Mengelompokkan gambar
2.      Mengenal panca indera
3.      Percobaan sains
4.      Membedakan kasar halus
Pembelajaran langsung dan tak langsung
1.2, 2.2, 2.6, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.9,4.9,3.11/4.11,
3.14/4.14, 3.15/4.15
Panca indera  Ciptaan Tuhan (bersyukur)
Mengelompokkan gambar, melingkari huruf awal, menebali kata, mengenal kasar - halus
Panca indera
Tanya jawab tentang fungsi panca indera
Mengelompokkan gambar berdasar kasar halus
Melingkari huruf vokal pada nama gambar panca indera
Percobaan sains : kasar halus
Memberi warna hijau pada gbr benda yang kulitnya kasar dan merah yang halus
RABU
Anak dapat :
1.      Menyusun pola
2.      Mewarnai gambar
3.      Memasangkan gbr dg pasangan
4.      Keaksaraan awal
Pembelajaran langsung
1.1,1.2, 2.2, 2.3, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.12/4.12/3.15/4.15
Panca indera ciptaan Tuhan ( bersyukur) :
Perilaku/ sikap ingin tahu, menyusun pola, mewarnai gambar, memasangkan gambar, keaksaraan awal
Panca indera :
Bercakap – cakap ttg gunanya telinga
Menyusun pola (mata,hidung,mata,……..)
Mewarnai gambar anak yang sedang mendengarkan radio
Memasangkan gambar dengan  tulisannya
Meniru menulis dan membaca kalimat sederhana
KAMIS
Anak dapat :
1.      Percobaan sains
2.      Kolase
3.      Keaksaraan awal
4.      Mengelompokkan gambar
Pembelajaran langsung dan tak langsung
1.1, 1.2, 2.2, 2.12, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6,  3.12/4.12, 3.15/4.15
Panca indera ciptaan Tuhan
Perilaku /sikap ingin tahu, percobaan sains, kolase, keaksaraan awal, mengelompokkan gambar
Panca indera:
Bercakap – cakap gunanya lidah
 Praktek langsung : merasakan macam – macam rasa
 Kolase gambar ice cream
Menyebutkan dan menulis kata macam – macam rasa
Mengelompokkan benda dengan melingkari tulisannya, membaca dg benar
JUMAT
Anak dapat :
1.      Menyanyi lagu baru
2.      Bermain peran
3.      Membilang
4.      Mengurutkan cerita

Pembelajaran langsung dan tak langsung
1.1, 1.2, 2.2, 2.6,  3.2/4.2, 3.5/4.5., 3.11/4.11  3.15/4.15
Panca indera ciptaan Tuhan Lbersyukur)
, mengurutkan cerita gambar seri,  member tanda  (  = atau ≠) , bermain peran
Pancaindera :
Menynayi lagu “mataku yang indah”
bermain peran “  pergi ke dokter mata “
menghitung benda dan memberi tanda ( = atau ≠)
mengurutkan cerita gambar seri “ pergi ke dokter mata
menyanyi lagu “mataku yang indah
SABTU
Ank dapat :
1.      Mewarnai gambar
2.      Keaksaraan awal
3.      Mengenal sikap mau berbagi
4.      Vocab
Pembelajaran langsung
1.1, 1.2, 2.2, 2.6, 3.3/4.3,3.14/4.14 3.15/4.15
Panca indera ciptaan Tuhan (bersyukur), perilaku kreatif, keaksaraan awal, melengkapi kalimat sederhana, mewarnai gambar, menebali kata
 Panca indera : inderaku”
Mewarnai gambar sederhana “Au dan panck
menebali kata dan menirukan bacaannya (bhs inggris) chili, sugar,salt,coffee
melengkapi kalimat sederhana  (suara bel…..,suara hujan….dst
Memberi tanda (V) pada teman yg mau berbagi dan tanda (X) yg tidak










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  : Diri Sendiri/Kesukaanku
HARI
Tujuan
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.mengenal sikap tanggung jawab
2.menceritakan gambar
3. menghubungkan angka 1 – 15 membuat mobil
4. menggambar
Pembelajaran langsung
1.2, 2.5, 2.6, 3.2/4.2, 3.5/4.5, 3.12/4.12
3.15/4.15

Kesukaanku : mainan
Bersyukur mempeunyai maian kesukaan, bercerita ttg gambar, membilang, menggambar
Kesukaanku : mainan
Bercakap- cakat ttg mainan kesukaan
Memberi tanda V pada gambar anak yg bisa merawat mainan dan X yang tidak bisa
Menceritakan gambar yang telah disediakan dg kalimat sederhana
Menarik garis dari no 1-15 membuat bentuk mainan mobil
Menggambar mainan kesayangan
SELASA
Anak dapat :
1.membilang gambar
2. .menyusun huruf
3. Berkreasi dg plastisin
4. Membedakan ciptaan Tuhan
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.7/4.7, 3.12/4.12
3.15/4.15
Kesukaan : mainan
Membilang benda, menyusun huruf, bermain plastisin/clay, membedakan ciptaan Tuhan,
Kesukaan : mainan
membilang mainan kesukaan
Menyusun huruf menjadi kata sesuai gambar (libom, akenob, alob,gnerelek)
Memberi tanda V pada ciptaan Tuhan dan X yang bukan
RABU
Anak dapat :
1.mengurutkan gambar
2.menghubungkan gbr
3. mengeanli minat diri
4. mewarnai gambar dg tehnik garis
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.12/4.12, 3/15/4.15
Kesukaanku
Mengurutkan benda, menghubungkan gambar, mewarnai gambar , menebali huruf.
Kesukaanku
Mengurutkan gambar mobil-mobilan dari yang terbesar sampai terkecil
Menghubungkan gambar dg tulisannya
Mewarnai gambar mainan kesukaanku dg media spidol/tehnik garis
Menebali huruf S bila suka mainan dan TS bila tidak suka
KAMIS
Anak dapat :
1.mengurutkan cerita gbr seri
2.kolase
3.Mengenal konsep banyak sedikit
4.Mengenal sikap mau berbagi
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.10/4.10, 3/15/4.15
Kesukaanku :makanan/minuman
Mengurutkan cerita, memberi tanda <,= atau>, kolase, mengenal sikap baik dan buruk
Kesukaan : makana/minuman
Tanya jawab makanan/minuman kesukaan
Mengurutkan cerita gambar seri 1-4 menjadi cerita membuat donat
Kolase gambar donat dg guntingan kertas kecil-kecil
Memberi tanda <,= atau> pada dua kumpulan benda
Mewarnai gambar anak yang mau berbagi bekal
JUMAT
Anak dapat :
1.3 M
2. keaksaraan awal
3. mewarnai kaligrafi
4. mencari jejak

Pembelajaran langsung
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.12/4.12 3/15/4.15
Kesukaanku :hobby
3 M, maze, keaksaraan awal, mewarnai gambar
Kesukaanku : Hobby/aktivitas
Tanya jawab tentang hobby
Mewarnai, mencocok, menempel gambar bola
Menyebutkan dan menulis kata yg mempunyai awalan Bo (bola, botol, boneka, bosan, bom)
Mewarnai gambar /kaligrafi Bismillah dengan tenik garis
Mencari jejak jalan ke lapangan bola
SABTU
Anak dapat :
1.bermain bola
2, Perilaku kreatif
Pembelajaran langsung dan tak langsung
 1.2, 2.2, 2.3, 2.4 3.6/4.6. 3.13/4.13 3.15/4.15
Kesukaanku : perilaku kreatif, bermain peran, perilaku estetis, mengenal emosi diri
Puncak Tema Kesukaanku :
Bermain bola
Praktek langsung membuat mainan mobil mobilan dari kulit jeruk
Bermain boneka tangan