RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN /
KELOMPOK B
TEMA : DIRI
SENDIRI/ IDENTITAS
HARI
|
Tujuan
|
Strategi
Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1.berani
perkenalan diri
2.mewarnai
gambar
3.membilang
umur
4. keaksaraan
awal
|
Pembelajaran
langsung
|
1.1, 2.2 ,2.5
, 3.5/4.5 3.6/ 4.6 3.7/ 4.7 3.12/4.12 3.15/4.15
|
Aku ciptaan Tuhan, perkenalan diri, mewarnai
gambar, berhitung, lagu “aku adalah aku”
|
Aku:
aku ciptaan
Tuhan, bercakap – cakap tentang aku
praktek
langsung perkenalan diri (nama , usia,
alamat)
Mewarnai
gambar sesuai jenis kelamin
Menghitung
usia teman (umurku 5 tahun, umur bunga....., umur andi.....)
Menyanyi
lagu “ aku adalah aku”
Menulis nama
sendiri
|
SELASA
|
Anak dapat :
1.melengkapi
kalimat sederhana
2.mengurutkan
angka 1-20
3.mengenal
sikap tertib
4.membuat kue
dari adonan tepung
|
Pembelajaran
langsung
|
1.1, 1.2., 2.2, 2.6, 3.5/
4.5 3.6/4.6, 3.11/4.11, 3.15/4.15
|
Identitas diri
: nama, umur, alamat, mengurutkan angka , keaksaraan awal, mengenal sikap tertib, berkreasi dg adonan tepung
|
Identitas diri
:
Melengkapi
kalimat sederhana ( namaku....umurku....rumahku......)
Mengurutkan
angka 1-10 membentuk kue ulang tahun
Memberi tanda
V pada gambar anak yg tertib dan X yg tidak tertib di pesta ULTAH
Membuat kue
ultah dari adonan tepung
|
RABU
|
Anak dapat :
1.membilang
2.berkreasi dg
plastisin
3.memasangkan
gambar
4.meniru
menulis angka
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2, 2.3 2.8,
3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.11/4.11, 3.12/4.12,
|
Identitas Diri:ciri-ciri
Membilang,
bermain plastisin, memasangkan gambar, menebalkan tulisan, bermain Siapa Aku
|
Identitas Diri
: ciri- ciriku
Tanya jawab
tentang ciri – ciriku
Membilang/menghitung
jumlah anak laki –laki dan anak perempuan di kelasku
Membuat bentuk
Aku dengan plastisin/clay
Memasangkan
gambar aku dan seragamku
Meniru menulis
angka 11-20
|
KAMIS
|
Anak dapat:
1.mencari
perbedaan
2.melipat
kertas
3.menulis nama
teman
4.melengkapi
gambar
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2, 2.2, 2.3,
3.3/ 4.3 3.6/4.6, 3.5/4.5 3.12/4.12 3.15/4.15
|
Identitas Diri
Perbedaan anak
laki –laki dan perempuan, melipat kertas, melengkapi gambar,
Keaksaraan
awal
|
Identitas diri
: bercakap – cakap ttg ciri temanku
Mencari 4
perbedaan pada gambar anak laki-laki dan anak perempuan
Melipat bentuk
baju seragamku
Melengkapi
gambar “ Temanku” yang belum selesai/sempurna
Menulis nama
teman baikku
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1.mengenal
sikap toleransi
2.membilang
3.mengenal
tempat ibadah
4.mengurutkan
cerita gambar seri
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2, 2.4, 2.5, 2.9, 3.5/4.5, 3.10/4.10, 3.12/4.12
|
Identitas Diku
Rajin
beribadah, sikap toleransi, memasangkan gambar, mengurutkan nomer 1- 4 pada
cerita gambar seri
|
Identitas
Diri: Agamaku
Memberi warna
hijau pada gambar anak yg toleransi beragama dan warna merah yang tidak
Menghitung
jumlah gambar anak yang rajin beribadah dan jumlah anak yg tidak
Memasangkan
gambar anak yang beribadah (umat) dengan tempat ibadahnya
Memberi urutan
nomer 1 – 4 pada cerita gambar seri
|
SABTU
|
Anak dapat :
1.mengenal
lingkungan sekolah
2.mewarnai
gambar
3. bermain
terpimpin
4. menebali
kata
|
Pembelajaran
langsung dan tak langsung
|
2.3, 2.6 2.8, 2.11
3.3/4.3, 3.6/4.6 3.15/4.15
|
Identitasku
Mengenal
bahasa inggris, menggambar, jalan – jalan, lagu badan aku amat gaya, menebali kata, mewarnai gambar, bermain tebak
siapa aku
|
Identitas Diri
Bercakap –
cakap tentang tata tertib ketika berjalan - jalan
Jalan – jalan
disekitar lingkungan TK
Menebali kata BOY dan GIRL
Mewarnai
gambar BOY untuk anak laki – laki dan Girl untuk anak perempuan
Bermain “TEBAK
SIAPA AKU”
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA: Diri Sendiri/ Tubuhku
HARI
|
Tujuan
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
||
SENIN
|
Anak dapat :
1.mengenal anggota tubuh
2.memasangkan gambar
3.menempel gambar
4.gerak dan lagu
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 2.2, 2.5, 3.5/4.5, 3.7,4.7,3.3/4.3,
3.12/4.12, 3.15/4.15
|
Tubuhku ciptaan Tuhan
Menyebutkan nama benda, melengkapi gambar, gerak
dan lagu, memasagkan gambar
|
Tubuhku :
Tanya jawab tentang tentang tubuhku (bagian tubuh)
Menyebutkan dan menulis nama
anggota tubuh sesuai dengan arah panah
Memasangkan gambar anggota tubuh dg bilangan yg
sesuai
Menempel gambar bagian tubuh
Gerak dan lagu “kepala
pundak lutut kaki”
|
||
SELASA
|
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.mengenal anggota tubuh
3.mengurutkan gambar
4. menggunting gambar aku
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.6, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.11/4.11,
3.14/4.14, 3.15/4.15
|
Tubuhku Ciptaan Tuhan
(bersyukur)
Menghububgkan tulisan dg simbol, mengurutkan
gambar, menggunting gambar, kaeksaraan awal
|
Tubuhku :
Tanya jawab tentang fungsi anggota tubuh
Melingkari huruf vokal pada nama gambar anggota
tubuh
Memberi nomer 1-5 urutan gambar dari yg terkecil
sampai gambar terbesar
Mmenggunting gambar AKU
Meniru menulis membaca kalimat sederhana
|
||
RABU
|
Ank dapat :
1.keaksaraan awal
2.menghubungkan angka 1 -20
3.3 M
4. mengenal bentuk geometri
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.3/4.3, 3.5/4.5,
3.12/4.12/3.15/4.15
|
Tubuhku ciptaan Tuhan ( bersyukur) :
Perilaku/ sikap ingin tahu, keaksaraan awal,
menghubungkan angka 1-20, 3 M (mewarnai, mencocok, menempel) gambar, menyusun
kepingan bentuk geometri
|
Tubuhku :
Menulis guna anggota tubuh
Menghubungkan angka 1- 20 membuat bentuk AKU
3 M (mewarnai, mencocok, menempel gambar AKU
|
||
KAMIS
|
Anak dapat :
1.menyanyi lagu baru
2.keaksaraan awal
3.mengelompokkan gambar
4.menggambar dg media spidol
5.berkreasi dg balok
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,1.2, 2.2, 2.12, 3.3/4.3, 3.5/4.5,
3.6/4.6, 3.12/4.12,
3.15/4.15
|
Tubuhku ciptaan Tuhan
Perilaku /sikap ingin tahu, mengelompokkan gambar,
keaksaraan awal, mencari dan menulis kata yang mempunyai awalan suku kata
TU, bermain balok, menggambar,
|
Tubuhku:
Mencari dan menulis kata yang mempunyai suku kata
awalan TU
Membuat bentuk orang dari balok
Mengelompokkan gambar anak berdasarkan cirri-
cirinya ( kurus – gemuk)
Menggambar orang dengan media spidol
Menyanyi lagu “badan aku amat gaya”
|
||
JUMAT
|
Anak dapat :
1.bisa menjaga kebersihan
2.membilang dg bahasa arab
3.mewarnai gambar dg media cat air
4.keaksaraan awal
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.1 2.2,
2.6, 3.2/4.2, 3.5/4.5., 3.11/4.11 3.15/4.15
|
Tubuhku ciptaan Tuhan Lbersyukur)
Menjaga kebersihan badan, menebali kata, menghitung/
membilang, mewarnai gambar
|
Tubuhku :
Bersyukur pada Tuhan, mewarnai gambar anak yang bisa
menjaga kebersihan badan
Menebali kata agama
saya islam
Menghitung jumlah anggota badan dalam bahasa arab
Mewarnai gambar tempat ibadah dengan media cat air
|
||
SABTU
|
Anak dapat :
1.bermain si buta
2.perilaku kreatif
3.keaksaraan awal
4.menyanyi lagu AKU
|
Pembelajaran langsung dan tak langsung
|
1.2, 2.2, 2.6, 3.3/4.3,3.14/4.14 3.15/4.15
|
Tubuhku ciptaan Tuhan (bersyukur) : perilaku
kreatif, bermain sibuta, keaksaraan awal, finger painting
|
Tubuhku :
Bermain SIBUTA
Membuat boneka dari kulit jeruk
Menulis nama anggota tubuh dalam bahasa inggris
Finger painting/ stempel jari
Review: Lagu
“AKu adalah akau” dg iringan music /ketukan meja/ tepuk tangan
|
||
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA: Diri Sendiri/ Panca
indera
HARI
|
Tujuan
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1. Mengenal panca indera
2. Memasangkan gambar
3. Percobaan sains
4. Menebali kalimat
|
Pembelajaran langsung dan tak langsung
|
1.1, 2.2, 2.5, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.12/4.12,
3.15/4.15
|
Panca indera ciptaan Tuhan
Menyebutkan nama benda, keaksaraan awal, menebali kata,, memasangkan gambar, mengelompokkan
gambar
|
Panca indera :
Bercakap – cakap nama / macam panca indera
Memberi warna hijau untuk gambar panca
indera dan merah yang bukan
Memasangkan gambar panca indera dg
pasangannya
Percobaan sains : macam bau
Menyebutkan
dan Menulis nama panca indera
|
SELASA
|
Anak dapat :
1. Mengelompokkan gambar
2. Mengenal panca indera
3. Percobaan sains
4. Membedakan kasar halus
|
Pembelajaran langsung dan tak langsung
|
1.2, 2.2, 2.6, 3.5/4.5, 3.3/4.3, 3.9,4.9,3.11/4.11,
3.14/4.14, 3.15/4.15
|
Panca indera
Ciptaan Tuhan (bersyukur)
Mengelompokkan gambar, melingkari huruf awal,
menebali kata, mengenal kasar - halus
|
Panca indera
Tanya jawab tentang fungsi panca indera
Mengelompokkan gambar berdasar kasar
halus
Melingkari huruf vokal pada nama gambar
panca indera
Percobaan sains : kasar halus
Memberi warna hijau pada gbr benda yang kulitnya
kasar dan merah yang halus
|
RABU
|
Anak dapat :
1. Menyusun pola
2. Mewarnai gambar
3. Memasangkan gbr dg pasangan
4. Keaksaraan awal
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,1.2, 2.2, 2.3, 3.3/4.3, 3.5/4.5,
3.12/4.12/3.15/4.15
|
Panca indera ciptaan Tuhan ( bersyukur) :
Perilaku/ sikap ingin tahu, menyusun pola, mewarnai
gambar, memasangkan gambar, keaksaraan awal
|
Panca indera :
Bercakap – cakap ttg gunanya telinga
Menyusun pola (mata,hidung,mata,……..)
Mewarnai gambar anak yang sedang
mendengarkan radio
Memasangkan gambar dengan tulisannya
Meniru menulis dan membaca kalimat sederhana
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1. Percobaan sains
2. Kolase
3. Keaksaraan awal
4. Mengelompokkan gambar
|
Pembelajaran langsung dan tak langsung
|
1.1, 1.2, 2.2, 2.12, 3.3/4.3, 3.5/4.5,
3.6/4.6, 3.12/4.12,
3.15/4.15
|
Panca indera ciptaan Tuhan
Perilaku /sikap ingin tahu, percobaan sains, kolase,
keaksaraan awal, mengelompokkan gambar
|
Panca indera:
Bercakap – cakap gunanya lidah
Praktek
langsung : merasakan macam – macam rasa
Kolase gambar ice cream
Menyebutkan dan menulis kata macam –
macam rasa
Mengelompokkan benda dengan melingkari tulisannya,
membaca dg benar
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1. Menyanyi lagu baru
2. Bermain peran
3. Membilang
4. Mengurutkan cerita
|
Pembelajaran langsung dan tak langsung
|
1.1, 1.2, 2.2, 2.6, 3.2/4.2, 3.5/4.5., 3.11/4.11 3.15/4.15
|
Panca indera ciptaan Tuhan Lbersyukur)
, mengurutkan cerita gambar seri, member tanda ( =
atau ≠) , bermain peran
|
Pancaindera :
Menynayi lagu “mataku yang indah”
bermain peran “
pergi ke dokter mata “
menghitung benda dan memberi
tanda ( = atau ≠)
mengurutkan cerita gambar seri “ pergi ke dokter mata
menyanyi lagu “mataku yang indah
|
SABTU
|
Ank dapat :
1. Mewarnai gambar
2. Keaksaraan awal
3. Mengenal sikap mau berbagi
4. Vocab
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 1.2, 2.2, 2.6, 3.3/4.3,3.14/4.14
3.15/4.15
|
Panca indera ciptaan Tuhan (bersyukur), perilaku
kreatif, keaksaraan awal, melengkapi kalimat sederhana, mewarnai gambar,
menebali kata
|
Panca indera
: inderaku”
Mewarnai
gambar sederhana “Au dan panck
menebali
kata dan menirukan bacaannya (bhs inggris) chili, sugar,salt,coffee
melengkapi
kalimat sederhana (suara bel…..,suara
hujan….dst
Memberi tanda (V) pada teman yg mau berbagi dan
tanda (X) yg tidak
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : Diri
Sendiri/Kesukaanku
HARI
|
Tujuan
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1.mengenal sikap tanggung jawab
2.menceritakan gambar
3. menghubungkan angka 1 – 15 membuat mobil
4. menggambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.5, 2.6, 3.2/4.2, 3.5/4.5, 3.12/4.12
3.15/4.15
|
Kesukaanku : mainan
Bersyukur mempeunyai maian kesukaan, bercerita ttg
gambar, membilang, menggambar
|
Kesukaanku : mainan
Bercakap- cakat ttg mainan kesukaan
Memberi tanda V pada gambar anak yg bisa merawat
mainan dan X yang tidak bisa
Menceritakan gambar yang telah disediakan dg
kalimat sederhana
Menarik garis dari no 1-15 membuat bentuk mainan
mobil
Menggambar mainan kesayangan
|
SELASA
|
Anak dapat :
1.membilang gambar
2. .menyusun huruf
3. Berkreasi dg plastisin
4. Membedakan ciptaan Tuhan
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.7/4.7,
3.12/4.12
3.15/4.15
|
Kesukaan : mainan
Membilang
benda, menyusun huruf, bermain plastisin/clay, membedakan ciptaan Tuhan,
|
Kesukaan : mainan
membilang mainan kesukaan
Menyusun huruf menjadi kata sesuai gambar (libom,
akenob, alob,gnerelek)
Memberi tanda V pada ciptaan Tuhan dan X yang
bukan
|
RABU
|
Anak dapat :
1.mengurutkan gambar
2.menghubungkan gbr
3. mengeanli minat diri
4. mewarnai gambar dg tehnik garis
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.12/4.12,
3/15/4.15
|
Kesukaanku
Mengurutkan benda, menghubungkan gambar, mewarnai
gambar , menebali huruf.
|
Kesukaanku
Mengurutkan gambar mobil-mobilan dari yang
terbesar sampai terkecil
Menghubungkan gambar dg tulisannya
Mewarnai gambar mainan kesukaanku dg media spidol/tehnik garis
Menebali huruf S bila suka mainan dan TS bila
tidak suka
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1.mengurutkan cerita gbr seri
2.kolase
3.Mengenal konsep banyak sedikit
4.Mengenal sikap mau berbagi
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.10/4.10, 3/15/4.15
|
Kesukaanku :makanan/minuman
Mengurutkan cerita, memberi tanda <,= atau>,
kolase, mengenal sikap baik dan buruk
|
Kesukaan : makana/minuman
Tanya jawab makanan/minuman kesukaan
Mengurutkan cerita gambar seri 1-4 menjadi cerita
membuat donat
Kolase gambar donat dg guntingan kertas
kecil-kecil
Memberi tanda <,= atau> pada dua kumpulan
benda
Mewarnai gambar anak yang mau berbagi bekal
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1.3 M
2. keaksaraan awal
3. mewarnai kaligrafi
4. mencari jejak
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2, 2.3, 3.5/4.5, 3.6/4.6, 3.12/4.12
3/15/4.15
|
Kesukaanku :hobby
3 M, maze, keaksaraan awal,
mewarnai gambar
|
Kesukaanku : Hobby/aktivitas
Tanya jawab tentang hobby
Mewarnai, mencocok, menempel gambar bola
Menyebutkan dan menulis kata yg mempunyai awalan
Bo (bola, botol, boneka, bosan, bom)
Mewarnai gambar /kaligrafi Bismillah dengan tenik
garis
Mencari jejak jalan ke lapangan bola
|
SABTU
|
Anak dapat :
1.bermain bola
2, Perilaku kreatif
|
Pembelajaran langsung dan tak langsung
|
1.2, 2.2,
2.3, 2.4 3.6/4.6. 3.13/4.13 3.15/4.15
|
Kesukaanku : perilaku
kreatif, bermain peran, perilaku estetis, mengenal emosi diri
|
Puncak Tema Kesukaanku :
Bermain bola
Praktek langsung membuat mainan mobil mobilan dari
kulit jeruk
Bermain boneka tangan
|