Kamis, 03 Agustus 2017

STRUKTUR KURIKULUM TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018



STRUKTUR KURIKULUM
TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

NO
PROGRAM PERKEMBANGAN
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MUATAN MATERI
USIA 4-5 TAHUN
( Kelompok A)
USIA 5-6 TAHUN
( Kelompok B )
1
NILAI MORAL DAN AGAMA
K1 : Menerima ajaran agama yang dianutnya
1.1. Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
Mengetahui Agama yang Dianutnya
Mengetahui Agama yang Dianutnya
1.2. Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
Menghargai hak/ pendapat/ karya orang lain
Menghargai pendapat/ karya   diri sendiri, orang lain
KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh,dan teman
2.13. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
Berperilaku jujur
Berperilaku jujur, Sportif
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, guru, dan teman
Berperilaku baik ( mengucap salam, berkata sopan, saling menghormati)
Berperilaku baik ( mengucap salam, berkata sopan, saling menghormati)
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
3.1. Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1. Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
Mengenal macam-macam doa dan surat pendek
Mengenal macam-macam doa dan surat pendek
Mengenal tata cara berwudu dan sholat
Mengenal tata cara berwudu dan sholat
Mengenal tata cara berdoa yang baik
Mengenal tata cara berdoa yang baik
Menghafal  doa dan surat pendek
Menghafal  doa dan surat pendek
Praktek berwudu dan sholat
Praktek berwudu dan sholat

Mengerjakan ibadah dengan urutan yang benar
3.2. Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
4.2. Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
Mengenal perbuatan Baik dan buruk
Mengenal perbuatan Baik dan Buruk
Membiasakan diri berperilaku baik
Membiasakan diri berperilaku baik

2
FISIK
KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
2.1. Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
Menjaga diri sendiri dan lingkungan
Melakukan kegiatan kebersihan diri
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
3.3. Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3. Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
Melakukan gerakan manipulative untuk menghasilkan sesuatu dengan berbagai media
Mengekspresikan diri melalui gerakan secara rinci
Geraka untuk mengembangkan motorik kasar (kekuatan, kelenturan, keseimbangan, koordinasi, kecepatan, ketepatan, kelincahan)
Gerakan untuk mengembangkan motorik halus (kekuatan, kelenturan,  koordinasi jari dan mata dll)

3.4. Mengetahui cara hidup sehat
4.4. Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
Memahami cara hidup sehat
Mengenal kebasaan baik dan buruk bagi kesehatan
Membersihkan dan membereskan diri sendiri dan lingkungan dengan bantuan minimal
Membersihkan dan membereskan diri sendiri dan lingkungan
3
SOSIAL EMOSIONAL
KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman




2.5. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri.
Menunjukkan Rasa Percaya Diri
Bangga terhadap hasil karyanya
Menunjukkan sikap Percaya diri
2.6. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
Mematuhi Tata Tertib
Bermain berdasarkan aturan
Memahami Peraturan ( Tata tertib yang ada)
2.7. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
Mengenal hak orang lain
( antri menunggu giliran, Mendengarkan orang lain berbicara)
Mengenal hak orang lain
( antri menunggu giliran, Mendengarkan orang lain berbicara)
2.8. Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
Menunjukan sikap mandiri dalam memilih kegiatan
Memiliki sikap tidak mudah menyerah ( mengatur diri sendiri)
2.9. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
Peduli dengan orang lain
Peduli dengan orang lain
Menunjukkan sikap berbagi, tolong menolong, membantu teman
Menunjukkan sikap berbagi, tolong menolong dan membantu teman
2.10. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerja sama
Bermain secara berkelompok
Mengerjakan tugas  bersama
Bersikap kooperatif dengan teman
2.11. Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
Memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesusikan dengan situasi ( tidak minder)
Memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesusikan dengan situasi
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
 KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak m ulia
3.13. Mengenal emosi diri dan orang lain
4.13. Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
Mengenal emosi diri
Mengendalikan  diri secara wajar
Mengendalikan Perasaan ( tidak cengeng
Mengekspresikan emosi wajar sesuai kondisi yang nyata ( senang, sedih, antusian, dll)
3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
4.14. Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
Mengetahui keinginan atau minat sendiri
Mengetahui keinginan atau minat sendiri
Cara ungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri secara wajar
Cara ungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri secara wajar



4














KOQNITIF










KOQNITIF
KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
2.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
Mengamati benda dan mengkreasikan sesuai idenya
Menunjukkan aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyidik
2.3. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
Menciptakan sesuatu dengan berbagai media
Menciptakan sesuatu dengan berbagai media
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
 KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
3.5. Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5. Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
Mengenal gejala sebab akibat
Mengenal konsep sebab akibat tentang kejadian di lingkungan
3.6. Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
 4.6. Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan
Mengenal benda berdasarkan fungsinya
Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan
Mengenal benda berdasarkan fungsinya
3.7. Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.7. Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
·      Keluarga (identitas, keluarga inti, keluarga besar, peran dan tugas anggota keluarga)
·      Teman baik dan sahabat (nama, ciri, perilaku)
·      Keluarga (identitas, keluarga inti, keluarga besar, peran dan tugas anggota keluarga)
·      Teman baik dan sahabat (nama, ciri, perilaku)
Mengekspresikan gerakan dengan bervariasi
Mengekspresikan gerakan dengan bervariasi dan lebih kompleks
3.8. Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8. Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
·      Ciri-ciri fisik lingkungan alam; hewan, tanaman, tanah, air,batu-batuan, bahan-bahan daur ulang yang ada disekitar anak
·      Pertumbuhan dan perkembangbiakan manusi, tumbuhan, hewan
·      Ciri-ciri fisik lingkungan alam; hewan, tanaman, tanah, air,batu-batuan, bahan-bahan daur ulang yang ada disekitar anak
·      Pertumbuhan dan perkembangbiakan manusi, tumbuhan, hewan
Menciptakan sesuatu dengan berbagai media
Menciptakan sesuatu dengan berbagai media
3.9. Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,peralatan pertukangan, dll)
4.9. Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
·         Mengenal benda berdasarkan fungsi, ukuran, bentuk, warna dll
·         Mengenal perbedaan  benda berdasarkan ukuran, fungsi, bentuk, warna dll
Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran dll.
Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran dll.
5
BAHASA
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
3.10. Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10. Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
·      Mengungkapkan perasaan
·      Perintah lisan tunggal, dua perintah dan perintah yang lebih komplek secara bersamaan
Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
3.11. Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11. Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
Mengenal perbendaharaan kata
Mengenal suara huruf awal dari nama benda yang ada di sekitarnya
·      Kalimat pernyataan, permintaan dan pertanyaan
·      Berbicara sesuai situasi dan kondisi
·      Cerita pengalaman dan cerita imajinatif
·      Kalimat pernyataan, permintaan dan pertanyaan
·      Berbicara sesuai situasi dan kondisi
·      Cerita pengalaman dan cerita imajinatif
3.12. Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12. Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
Menyebutkan symbol-simbol huruf yang dikenal
Menyebutkan symbol-simbol huruf yang dikenal
·      Coretan bentuk huruf
·      Pengenalan berbagai macam garis
·      Pengenalan huruf
·      Tulisan nama diri, nama benda
·      Penggunaan tanda baca, perbedaan huruf kapital dan huruf kecil
·      Coretan bentuk huruf
·      Pengenalan berbagai macam garis
·      Pengenalan huruf
·      Tulisan nama diri, nama benda
·      Penggunaan tanda baca, perbedaan huruf kapital dan huruf kecil
6


SENI
KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
2.4. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
Mengekspresikan diri dengan berbagi media
Bereksplorasi dengan berbagai media
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
3.15. Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15. Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
Melakukan gerakan manipulative dengan berbagai media
Berekplorasi dengan berbagai media







Magetan , 18  Juli 2017
Kepala TK