STRUKTUR KURIKULUM
TAHUN PELAJARAN 2017/
2018
NO
|
PROGRAM PERKEMBANGAN
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MUATAN
MATERI
|
|
USIA 4-5 TAHUN
( Kelompok A)
|
USIA 5-6 TAHUN
( Kelompok B )
|
||||
1
|
NILAI MORAL DAN AGAMA
|
K1 : Menerima ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1.
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
Mengetahui
Agama yang Dianutnya
|
Mengetahui
Agama yang Dianutnya
|
1.2.
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan.
|
Menghargai
hak/ pendapat/ karya orang lain
|
Menghargai
pendapat/ karya diri sendiri, orang
lain
|
|||
KI-2.
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri,
jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau
pengasuh,dan teman
|
2.13. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
Berperilaku jujur
|
Berperilaku
jujur, Sportif
|
||
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun
kepada orang tua, guru, dan teman
|
Berperilaku baik ( mengucap salam,
berkata sopan, saling menghormati)
|
Berperilaku baik ( mengucap salam,
berkata sopan, saling menghormati)
|
|||
KI-3.
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi,
seni, dan budaya di rumah, tempat
bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra
(melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan
informasi; mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan
melalui kegiatan bermain
KI-4.
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
3.1.
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1.
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
Mengenal macam-macam doa dan surat
pendek
|
Mengenal macam-macam doa dan surat
pendek
|
||
Mengenal tata cara berwudu dan sholat
|
Mengenal tata cara berwudu dan sholat
|
||||
Mengenal tata cara berdoa yang baik
|
Mengenal tata cara berdoa yang baik
|
||||
Menghafal doa dan surat pendek
|
Menghafal doa dan surat pendek
|
||||
Praktek berwudu dan sholat
|
Praktek berwudu dan sholat
|
||||
|
Mengerjakan
ibadah dengan urutan yang benar
|
||||
3.2.
Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
4.2.
Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
Mengenal
perbuatan Baik dan buruk
|
Mengenal
perbuatan Baik dan Buruk
|
|||
Membiasakan
diri berperilaku baik
|
Membiasakan
diri berperilaku baik
|
||||
2
|
FISIK
|
KI-2. Memiliki perilaku hidup
sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri,
peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam
berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
2.1. Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup
sehat
|
Menjaga diri
sendiri dan lingkungan
|
Melakukan
kegiatan kebersihan diri
|
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman,
pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan
PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar,
menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah
informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia
|
3.3.
Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan motorik halus
4.3.
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
Melakukan
gerakan manipulative untuk menghasilkan sesuatu dengan berbagai media
|
Mengekspresikan
diri melalui gerakan secara rinci
|
||
Geraka untuk mengembangkan motorik
kasar (kekuatan, kelenturan, keseimbangan, koordinasi, kecepatan, ketepatan,
kelincahan)
|
Gerakan untuk mengembangkan motorik
halus (kekuatan, kelenturan,
koordinasi jari dan mata dll)
|
||||
3.4.
Mengetahui cara hidup sehat
4.4.
Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
Memahami cara
hidup sehat
|
Mengenal
kebasaan baik dan buruk bagi kesehatan
|
|||
Membersihkan
dan membereskan diri sendiri dan lingkungan dengan bantuan minimal
|
Membersihkan dan membereskan diri
sendiri dan lingkungan
|
||||
3
|
SOSIAL EMOSIONAL
|
KI-2. Memiliki perilaku hidup
sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri,
peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam
berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
2.5.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri.
|
Menunjukkan
Rasa Percaya Diri
|
Bangga
terhadap hasil karyanya
|
Menunjukkan
sikap Percaya diri
|
|||||
2.6.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
|
Mematuhi Tata Tertib
Bermain berdasarkan aturan
|
Memahami
Peraturan ( Tata tertib yang ada)
|
|||
2.7.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau
mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
( antri menunggu giliran,
Mendengarkan orang lain berbicara)
|
Mengenal hak orang lain
( antri menunggu giliran,
Mendengarkan orang lain berbicara)
|
|||
2.8.
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
Menunjukan
sikap mandiri dalam memilih kegiatan
|
Memiliki
sikap tidak mudah menyerah ( mengatur diri sendiri)
|
|||
2.9.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika
diminta bantuannya
|
Peduli dengan orang lain
|
Peduli dengan orang lain
|
|||
Menunjukkan sikap berbagi, tolong
menolong, membantu
teman
|
Menunjukkan sikap berbagi, tolong
menolong dan membantu
teman
|
||||
2.10.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerja sama
|
Bermain secara berkelompok
Mengerjakan tugas bersama
|
Bersikap
kooperatif dengan teman
|
|||
2.11.
Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
Memperlihatkan
kemampuan diri untuk menyesusikan dengan situasi ( tidak minder)
|
Memperlihatkan
kemampuan diri untuk menyesusikan dengan situasi
|
|||
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman,
pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan
PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar,
menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah
informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak m
ulia
|
3.13.
Mengenal emosi diri dan orang lain
4.13.
Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
|
Mengenal
emosi diri
|
Mengendalikan diri secara wajar
|
||
Mengendalikan
Perasaan ( tidak cengeng
|
Mengekspresikan emosi wajar
sesuai kondisi yang nyata ( senang, sedih, antusian, dll)
|
||||
3.14.
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
4.14.
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
Mengetahui
keinginan atau minat sendiri
|
Mengetahui
keinginan atau minat sendiri
|
|||
Cara ungkapkan kebutuhan, keinginan
dan minat diri secara wajar
|
Cara ungkapkan kebutuhan, keinginan
dan minat diri secara wajar
|
||||
4
|
KOQNITIF
KOQNITIF
|
KI-2. Memiliki perilaku hidup
sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri,
peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam
berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
2.2.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
Mengamati
benda dan mengkreasikan sesuai idenya
|
Menunjukkan
aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyidik
|
2.3.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
Menciptakan
sesuatu dengan berbagai media
|
Menciptakan
sesuatu dengan berbagai media
|
|||
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman,
pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan
PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar,
menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah
informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
3.5.
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5.
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
|
Mengenal
gejala sebab akibat
|
Mengenal
konsep sebab akibat tentang kejadian di lingkungan
|
||
3.6.
Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6. Menyampaikan tentang apa dan bagaimana
benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola,
sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil
karya
|
Mengenal
konsep sederhana dalam kehidupan
|
Mengenal benda
berdasarkan fungsinya
|
|||
Mengenal
konsep sederhana dalam kehidupan
|
Mengenal
benda berdasarkan fungsinya
|
||||
3.7.
Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi)
4.7.
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak
tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat
ibadah, budaya, transportasi)
|
· Keluarga (identitas, keluarga inti,
keluarga besar, peran dan tugas anggota keluarga)
· Teman baik dan sahabat (nama, ciri,
perilaku)
|
· Keluarga (identitas, keluarga inti,
keluarga besar, peran dan tugas anggota keluarga)
· Teman baik dan sahabat (nama, ciri,
perilaku)
|
|||
Mengekspresikan
gerakan dengan bervariasi
|
Mengekspresikan
gerakan dengan bervariasi dan lebih kompleks
|
||||
3.8.
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan,
dll)
4.8.
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak
tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air,
batu-batuan, dll)
|
· Ciri-ciri fisik lingkungan alam;
hewan, tanaman, tanah, air,batu-batuan, bahan-bahan daur ulang yang ada
disekitar anak
· Pertumbuhan dan perkembangbiakan
manusi, tumbuhan, hewan
|
· Ciri-ciri fisik lingkungan alam;
hewan, tanaman, tanah, air,batu-batuan, bahan-bahan daur ulang yang ada
disekitar anak
· Pertumbuhan dan perkembangbiakan
manusi, tumbuhan, hewan
|
|||
Menciptakan
sesuatu dengan berbagai media
|
Menciptakan
sesuatu dengan berbagai media
|
||||
3.9.
Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,peralatan
pertukangan, dll)
4.9.
Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
·
Mengenal benda berdasarkan fungsi, ukuran, bentuk,
warna dll
|
·
Mengenal perbedaan
benda berdasarkan ukuran, fungsi, bentuk, warna dll
|
|||
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran dll.
|
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran dll.
|
||||
5
|
BAHASA
|
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman,
pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan
PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar,
menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah
informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia
|
3.10.
Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10.
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
· Mengungkapkan perasaan
· Perintah lisan tunggal, dua perintah
dan perintah yang lebih komplek secara bersamaan
|
Mengerti
beberapa perintah secara bersamaan
|
3.11.
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11.
Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
|
Mengenal
perbendaharaan kata
|
Mengenal
suara huruf awal dari nama benda yang ada di sekitarnya
|
|||
· Kalimat pernyataan, permintaan dan
pertanyaan
· Berbicara sesuai situasi dan kondisi
· Cerita pengalaman dan cerita
imajinatif
|
· Kalimat pernyataan, permintaan dan
pertanyaan
· Berbicara sesuai situasi dan kondisi
· Cerita pengalaman dan cerita
imajinatif
|
||||
3.12.
Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12.
Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
Menyebutkan
symbol-simbol huruf yang dikenal
|
Menyebutkan
symbol-simbol huruf yang dikenal
|
|||
· Coretan bentuk huruf
· Pengenalan berbagai macam garis
· Pengenalan huruf
· Tulisan nama diri, nama benda
· Penggunaan tanda baca, perbedaan
huruf kapital dan huruf kecil
|
· Coretan bentuk huruf
· Pengenalan berbagai macam garis
· Pengenalan huruf
· Tulisan nama diri, nama benda
· Penggunaan tanda baca, perbedaan
huruf kapital dan huruf kecil
|
||||
6
|
SENI
|
KI-2. Memiliki perilaku hidup
sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri,
peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam
berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
|
2.4. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
estetis
|
Mengekspresikan
diri dengan berbagi media
|
Bereksplorasi
dengan berbagai media
|
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman,
pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan
PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar,
menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah
informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia
|
3.15. Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15. Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan
menggunakan berbagai media
|
Melakukan
gerakan manipulative dengan berbagai media
|
Berekplorasi
dengan berbagai media
|
||
|
|
|
|
|
|
Magetan
, 18 Juli 2017
Kepala TK