|
TAMAN KANAK - KANAK DHARMA WANITA ……….
Jalan Damai No………
Kecamatan
kawedanan Kabupaten Magetan
|
PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
TK DHARMA WANITA
KECAMATAN KAWEDANAN
SEMESTER 1
NO
|
TEMA &
KEGIATAN
|
JUMLAH
MINGGU
|
JADWAL
KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
1
|
MOS &
Halal Bihalal
|
1 minggu
|
18
juli – 23 juli 2016
|
Awal thn
ajaran
|
2
|
Diriku
|
4 minggu
|
25 juli –
27 agustus 2016
|
|
|
Peringatan
HUT RI
|
1 minggu
|
15 agustus
– 20 agustus 2016
|
LOMBA
& KARNAVAL
|
3
|
Lingkunganku
|
3 minggu
|
29
agustus- 17 september 2016
|
|
5
|
Kebutuhanku
|
3 minggu
|
19 september
- 8 oktober 2016
|
|
5
|
Binatang
|
4 minggu
|
10 oktober
– 5 nopember2016
|
|
6
|
Tanaman
|
3 minggu
|
7 nopember
26 nopember 2016
|
|
7
|
Pengayaan
/ lomba / keiatan akhir semseter
|
2 minggu
|
28
nopember – 10 desember 2016
|
|
8
|
Penyerahan
Buku Raport
|
|
22
desember 2016
|
Akhir
semester 1
|
9
|
|
|
23
desember 2016 – 4 januari 2017
|
Libur
semester I
Libur
Natal
Libur
Tahun baru
|
SEMESTER
2
|
||||
1
|
Rekreasi
|
3 minggu
|
9 januari
– 28 januari 2017
|
|
2
|
Pekerjaan
|
3 minggu
|
30 januari
– 18 februari 2017
|
|
|
Air Udara Api
|
3 minggu
|
20
februari – 4 maret 2017
|
|
|
Alat
Komunikasi
|
2 minggu
|
6 maret –
18 maret 2017
|
|
|
Tanah Air
|
3 minggu
|
19 maret –
1 april 2017
|
|
|
Alam
Semesta
|
3 minggu
|
3 april –
22 april 2017
|
|
|
Lomba/
kegiatan akhir semester
|
2 minggu
|
24 april –
6 mei 2017
|
|
|
Persiapan
/ latihan HAN Kecamatan & Kabupaten
|
2 minggu
|
8 mei – 13
mei 2017
|
|
|
Pelepasan
& Piknik Akhir Tahun
|
1 minggu
|
15 mei –
20 mei 2017
|
|
|
Libur Awal
Puasa
|
|
24 mei –
27 mei 2017
|
|
|
Libur
Khusus
|
1 minggu
|
29 mei – 3
juni 2017
|
SD UJIAN
|
|
Hari
Efektif fakultatif
|
2 minggu
|
5 juni –
16 juni 2017
|
Kegiatan
agama & pembagian Zakat Fitrah
|
|
Penyerahan
Raport Semester 2
|
|
17 juni
2017
|
|
|
Libur
Semester 2
|
4 minggu
|
19 juni –
15 juli 2017
|
|
Mengetahui
: Kawedanan,
18 juli 2016
Kepala
TK DW Guru
Kelompok
TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN KAWEDANAN
TAHUN AJARAN 2016/2017
DOKUMEN
PROGRAM TAHUNAN (PROTAH)
KURIKULUM 2013 PAUD
PROTAH PAUD SEMESTER I (GASAL) DAN II (GENAP)
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MAGETAN
2016
SEMESTER I
NO
|
BULAN
|
TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Juli 2016
|
1s.d.20
|
Proses penerimaan murid baru tahun ajaran 2016/2017.
|
Guru dan semua personil
|
18 s.d.22
|
Masa Orientasi Siswa / MOS , halal bihalal
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
26
|
Halal Bihalal
PGRI kec. Kawedanan
|
Guru se
kecamatan kawedanan
|
||
25
s.d. 30
|
Hari Efektif
dengan tema diriku
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
2.
|
Agustus 2016
|
1
s.d. 13
|
Hari Efektif
dengan tema diriku
|
Murid, guru dan semua personil
|
15
|
Puncak tema diriku
|
Murid, guru dan semua personil serta wali murid
|
||
26 s.d. 31
|
Hari efektif dengan tema lingkunganku
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
17
|
Proklamasi Kemerdekaan RI
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
3
|
September2016
|
1 s.d.9
|
Hari efektif dengan tema lingkunganku
|
Murid, guru dan semua personil
|
10
|
Puncak tema lingkunganku
|
Murid, guru dan semua personil serta wali murid
|
||
13s.d.24
|
Hari efektifdengan tema kebutuhanku
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
12
|
Hari Raya Idul adha
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
4.
|
Oktober 2016
|
10s.d.14
|
Hari efektif dengan tema kebutuhanku
|
Murid, guru dan semua personil
|
15
|
Puncak tema kebutuhanku
|
Murid, guru dan semua personil serta wali murid
|
||
17s.d.31
|
Hari efektif dengan tema binatang
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
5.
|
November 2016
|
1s.d.4
|
Hari efektif dengan tema binatang
|
Murid, guru dan semua personil
|
5
|
Puncak tema binatang
|
Murid, guru dan semua personil serta wali murid
|
||
7s.d.29
|
Hari efektif dengan tema tanaman
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
30
|
Puncak tema
tanaman
|
Murid, guru dan semua personil, serta wali murid
|
||
6.
|
Desember 2016
|
1 s.d. 10
|
Pengayaan
|
Murid, guru dan semua personil
|
12
|
Maulid Nabi
Muhammad SAW
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
22
|
Pembagian LPPA / Raport PAUD SMT 1
|
Murid, guru dan semua personil, serta wali murid
|
||
23s.d. 31
|
Libursemester 1
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
24 s.d. 25
|
Hari raya natal
|
Murid, guru dan semua personil
|
Mengetahui,
Kepala
TK NEgeri Pembina
SEMESTER II
NO
|
BULAN
|
TANGGAL
|
URAIAN KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
7.
|
Januari 2017
|
1
s.d. 4
|
Libur Tahun
BaruMasehidan Libur semester 1
|
Murid, guru dan semua personil
|
5s.d.26
|
Hari efektif dengan tema Rekreasi
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
27
|
Puncak tema rekreasi
|
Murid, guru dan semua personil, serta wali murid
|
||
30s.d. 31
|
Hari efektif dengan tema Kendaraan
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
8
|
Pebruari 2017
|
1 s.d.10
|
Hari efektif dengan tema Kendaraan
|
Murid, guru dan semua personil
|
11
|
Puncak tema Kendaraan
|
Murid, guru dan semua personil, serta wali murid
|
||
13s.d. 28
|
Hari efektif dengan tema Pekerjaan
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
9
|
Maret 2017
|
1
s.d. 3
|
Hari efektif dengan tema Pekerjaan
|
Murid, guru dan semua personil
|
4
|
Puncak tema Pekerjaan
|
Murid, guru dan semua personil, serta wali murid
|
||
17s.d.31
|
Hari efektif dengan tema air, udara, api
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
10
|
April 2017
|
1 s/ d 7
|
Hari efektif dengan tema air, udara, api
|
Murid, guru dan semua personil
|
8
|
Puncak tema air, udara, api
|
Murid, guru dan semua personil, serta wali murid
|
||
10 s.d.
20
|
Hari efektif dengan tema alat komunikasi
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
21
|
Perayaan Hari
Kartini
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
22
|
Puncak tema alat komunikasi
|
Murid, guru dan semua personil, serta wali murid
|
||
24
|
Isra’ Mi’raj
Nabi Muhammad SAW
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
25s.d. 29
|
Hari efektif tema negaraku
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
11
|
Mei 2017
|
3s.d.9
|
Hari efektif dengan tema negaraku
|
Murid, guru dan semua personil
|
10
|
Puncak tema
negaraku
|
Murid, guru dan semua personil, serta wali murid
|
||
11
|
Hari Raya
Waisak
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
12
s.d. 27
|
Hari efektif
tema negaraku
|
Murid, guru dan semua personil
|
||
12
|
12s.d.16
|
Persiapan pentas seni dalam rangka perpisahan
|
Murid, guru dan semua personil
|
|
17
|
Pembagian LPPA / Raport PAUD SMT 2 dan Perpisahan
|
Murid, guru dan semua personil, serta wali murid
|
||
19s.d.30
|
Libur semester 2
|
Murid, guru dan semua personil
|
Mengetahui,
Kepala
TK Negeri Pembina
STRUKTUR KURIKULUM
TAMAN KANAK – KANAK PERTIWI
Kabupaten magetan
Tahun 2016 - 2017
Bidang/AspekPerkembangan
|
Ranah
Pengembangan
|
Alokasi
Waktu
|
|
KompetensiInti
|
KompetensiDasar
|
||
Nilai Moral dan Agama
|
KI.
1: Menerima ajaran agama yang dianutnya
KI.
2: Memiliki perilaku hidup sehat, rasa
ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli,
mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam
berinteraksi dengan keluarga, guru, dan teman.
KI.
3: Mengenal diri, keluarga, teman, guru, lingkungan sekitar, teknologi ,
seni, dan budaya di rumah, tempat bermain, dan satuan PAUD dengan cara
mengamati dengan indera (melihat, men-dengar, menghidu, me-rasa, meraba),
menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi/mengasosiasikan, dan
mengkomu-nikasikan melalui kegiatan main
KI
4: Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, music, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.
|
1.1. Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
Alokasi
waktu pembelajaran dalam
seminggu sebanyak 6hari @ 2,5 jam @
30menit
|
1.2. Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai
rasa syukur kepada Tuhan.
|
|||
Motorik
|
2.1. Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
||
2.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
|||
2.3. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
|||
2.4. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
|||
2.5. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri.
|
|||
SosialEmosional
|
2.6. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
|
||
2.7. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu
giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih
kedisiplinan
|
|||
2.8. Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
|||
2.9. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu
jika diminta bantuannya
|
|||
2.10. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama
|
|||
Kognitif
|
2.11. Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
||
2.12. Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap jujur
|
|||
2.13. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua,
guru, dan teman
|
|||
3.1. Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
|
|||
3.2. Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
|||
3.3. Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakan nya untuk pengembangan
motorik
Kasar
DaMotorik halus
|
|||
3.4. Mengetahui Cara hidup sehat
|
|||
3.5. Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku
kreatif
|
|||
3.6. Mengenal benda –benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran,
pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-cirilainnya)
|
|||
3.7. Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempati badah, budaya, transportasi)
|
|||
3.8. Mengenallingkunganalam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air,
batu-batuan, dll)
|
|||
3.9. Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan
bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
|||
3.10. Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
|||
3.11. Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan
non verbal)
|
|||
3.12. Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
|
|||
3.13. Mengenal emosi diri dan orang lain
|
|||
3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
|||
3.15. Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
|||
|
4.1. Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang
dewasa
|
||
4.2. Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
|||
4.3. Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
|||
4.4. Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
|||
4.5. Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
|
|||
4.6. Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, danciri-ciri lainnya)
melalui berbagai hasil karya
|
|||
4.7. Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman,
tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
|||
4.8. Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita,
bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca,
tanah, air, batu-batuan, dll)
|
|||
|
4.9. Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan
bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan
kegiatannya
|
||
4.10. Menunjukkan
Kemampuan
Berbahasa reseptif (menyimak dan
membaca)
|
|||
4.11. Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa
secara verbal dan non verbal)
|
|
||
4.12. Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
|||
4.13. Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
|
|||
4.14. Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengancara yang
tepat
|
|||
4.15. Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai
media
|
|||
Ekstra Kurikuler :
|
Mengikuti kegiatan ekstra
kurikuler yang telah disiapka lembaga sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan
|
1. TPA
(bagi anak muslim) dan kgt rohani ( anak yang non mulim)
2. Menari
3. Berenang
4. UKS
|
|