Rabu, 09 Maret 2016

Contoh RPPM dan RPPH Tema Air Udara Api



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  : AIR UDARA API
HARI
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
1.1, 2.1,2.2, 3.4, 4.4, 3.5/ 4.5, 3.6/ 4.6, 3.8/4.8, 3.12/4.12 3.15/4.15

Air ciptaan Tuhan, mengenal manfaat air,  bermain plastisin, menulis nama benda yang ada disekitarnya, memindahkan air dengan spon (menakar)
AIR :
Air ciptaan Tuhan
Bercakap – cakap tentang  air
Membuat bentuk tempat air dari palstisin (alat : plastisin)
Menuliskan nama alat/ benda yang ada disekitar anak belajar (air, baskom, botol, spon, pewarna)
Menakar air dengan bantuan spon /memindahkan air dg spon (alat : air, baskom, spon, pewarna, baki kotak plastik)
SELASA
1.1., 2.1, 2.2, 3.3/4.3, 3.4/4.4, 3.9/4.9,  3.11/4.11
Membedakan ciptaan Tuhan,  mencuci kaos kaki sendiri , menjemur kaos kaki, , menghubungkan gambar air  dan manfaatnya, bercerita kegiatan cuci kaos kaki
Manfaat Air :
Memberi warna hijau ciptaan Tuhan dan  warna merah yg bukan ciptaan Tuhan(alat: gambar, krayon)
Menghubungkan gambar air dengan manfaat air (alat : gambar,  spidol)
Mencuci kaos kai dan menjemur dengan benar (alat: kaos kaki, ember/bak, sabun cuci, jemuran dari rafia)
Menceritakan kegiatan mencuci kaos kaki
RABU
1.2, 2.1, 2.2, 3.2/4.2, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.12/4.12
Memberi tanda V untuk gambar anak yang hemat air dan X yg tidak hemat,  membuat teh manis, menulis nama benda
Manfaat Air :
Memberi tanda V untuk anak yang hemat air dan X yang tidak hemat (alat: gambar)
Mewarnai gambar anak yang hemat air (alat : gambar, krayon)
Praktek langsung membuat teh manis (alat : air, gula, teh, gelas, sendok)
Menulis nama alat yang digunakan untuk membuat teh manis (air, gula, gelas, sendok)
KAMIS
1.2, 2.1, 2.8, 3.2/4.2, 3.4/4.4, 3.9/4.9, 3.10/4.10
Doa masuk kamar mandi, mengenal peralatan mandi,  mengurutkan cerita gambar seri, menghitung benda
Manfaat air :
Mewarnai gambar anak membaca doa masuk kamar mandi
Mengelompokkan gambar alat untuk mandi
Menghitung jumlah alat untuk mandi
Memberi nomer urut 1 – 4 cerita gambar seri kegiatan  mandi

JUMAT
1.2, 2.6,  3.1/4.1, 3.3/4.3, 3.14/4.14,
Doa berwudhu, sholat dluha, mewarnai gambar ,  memberi no urutan berwudhu 1-8
Manfaat air:
Hafalan doa wudhu
Praktek langsung sholat dluha
Mengurutkan /memberi nomer urutan gerakan wudhu 1- 8
Mewarnai gambar anak yang sedang sholat
SABTU
  2.2, 2.5, 2.8, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.14.4.14
Membuat roket sederhana, memancing ikan mainan, menyirami bunga .
Puncak Tema Air:
Praktek langsung membuat roket mainan ( alat yg dibutuhkan : air berwarna, baskom, gelas plastik, spon, plastik rol panjang 40 cm, corong plastik)
Memancing ikan mainan (alat: bak, air, ikan mainan, alat pancing mainan)
Menyirami bunga dengan botol aqua ( alat : botol aqua yang tutpnya dilubangi)











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  : AIR UDARA API
Hari /Tanggal : Senin......
KD: 1.1, 2.1,2.2, 3.4, 4.4, 3.5/ 4.5, 3.6/ 4.6, 3.8/4.8, 3.12/4.12, 3.15/4.15

Model Pembelajaran : Kelompok
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.        Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
2.        Bercakap – cakap tentang manfaat air
3.        Mengenal manfaat air
4.         bermain plastisin
5.         menulis nama benda yang ada disekitarnya, memindahkan air dengan spon (menakar)
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.        Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.        Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.        Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.        Mencuci tangan  masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

C. ALAT DAN BAHAN
1.        plastisin
2.        air, baskom, spon, pewarna, baki kotak plasti

D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
Waktu
Alat dan Sumber
Pembukaan

1.   Bercakap – cakap manfaat  air
30’
Gambar macam – macam manfaat air
Inti





2.   Menakar air dengan bantuan spon
3.   Menuliskan nama alat/ benda yang ada disekitar anak belajar (air, baskom, botol, spon, pewarna
4.   .Membuat bentuk tempat air dari palstisin/ clay
60’
 air, baskom, spon, pewarna, baki kotak plastik

kertas, pensil

plastisisn/clay


Istirahat

Cuci tangan, makan, minum
30’
Bekal anak
Penutup

5.        Bermain tebak gambar
6.        Refleksi dan informasi
7.        Doa salam pulang
30’
Gambar macam manfaat air


E. PENILAIAN
1.        Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
Lingkup Perkembangan
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
KD
Indikator
I
Nilai Agama
dan Moral
3. Mengucapkan doa sebelum dan /atau sesudah melakukan sesuatu.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
a. Berdoa sebelum melakukan kegiatan
b. Berdoa sesudah melakukan kegiatan
c. Berpakaian rapi
d. Membalas salam dari guru
II
Fisik Motorik

a.3 Melakuakan permainan fisik dengan aturan
2.1
3.5
4.5

c. bermain tebak gambar




III
Kognitif
a.1 Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik
3.5
4.5
a. Menakar/ mengukur air


IV
Bahasa
c.4 Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf

3.12
4.12
a. menulis nama benda

V
Sosial Emosional
a.3Mengendalikan diri secara wajar

2.2
a. rasa ingin tahu

VI
Seni
b.6 membuat karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan
3.15
4.15
a. Membuat bentuk tempat minum dengan plastisin/clay


2.        Teknik Penilaian
a)        Catatan hasil karya
b)        Catatan anekdot, dan
c)        Skala capaian perkembangan (rating scale

Karena format RPPM atau RPPH bersifat luwes maka teman – teman boleh menggunakan format yang paling dianggap simple dan disukai, sedangkan untuk model pembelajaran boleh memakai model area, sudut atau BCCT/ Sentra. Good luck