RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
: 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : AIR UDARA API
HARI
|
KD
|
CAKUPAN
MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
1.1,
2.1,2.2, 3.4, 4.4, 3.5/ 4.5, 3.6/ 4.6, 3.8/4.8, 3.12/4.12 3.15/4.15
|
Air
ciptaan Tuhan, mengenal manfaat air, bermain plastisin, menulis nama benda yang
ada disekitarnya, memindahkan air dengan spon (menakar)
|
AIR
:
Air
ciptaan Tuhan
Bercakap
– cakap tentang air
Membuat
bentuk tempat air dari palstisin (alat : plastisin)
Menuliskan
nama alat/ benda yang ada disekitar anak belajar (air, baskom, botol, spon,
pewarna)
Menakar
air dengan bantuan spon /memindahkan air dg spon (alat : air, baskom, spon,
pewarna, baki kotak plastik)
|
SELASA
|
1.1.,
2.1, 2.2, 3.3/4.3, 3.4/4.4, 3.9/4.9,
3.11/4.11
|
Membedakan
ciptaan Tuhan, mencuci kaos kaki
sendiri , menjemur kaos kaki, , menghubungkan gambar air dan manfaatnya, bercerita kegiatan cuci kaos
kaki
|
Manfaat
Air :
Memberi
warna hijau ciptaan Tuhan dan warna merah
yg bukan ciptaan Tuhan(alat: gambar, krayon)
Menghubungkan
gambar air dengan manfaat air (alat : gambar,
spidol)
Mencuci
kaos kai dan menjemur dengan benar (alat: kaos kaki, ember/bak, sabun cuci,
jemuran dari rafia)
Menceritakan
kegiatan mencuci kaos kaki
|
RABU
|
1.2,
2.1, 2.2, 3.2/4.2, 3.5/4.5, 3.9/4.9, 3.12/4.12
|
Memberi
tanda V untuk gambar anak yang hemat air dan X yg tidak hemat, membuat teh manis, menulis nama benda
|
Manfaat
Air :
Memberi
tanda V untuk anak yang hemat air dan X yang tidak hemat (alat: gambar)
Mewarnai
gambar anak yang hemat air (alat : gambar, krayon)
Praktek
langsung membuat teh manis (alat : air, gula, teh, gelas, sendok)
Menulis
nama alat yang digunakan untuk membuat teh manis (air, gula, gelas, sendok)
|
KAMIS
|
1.2,
2.1, 2.8, 3.2/4.2, 3.4/4.4, 3.9/4.9, 3.10/4.10
|
Doa
masuk kamar mandi, mengenal peralatan mandi,
mengurutkan cerita gambar seri, menghitung benda
|
Manfaat
air :
Mewarnai
gambar anak membaca doa masuk kamar mandi
Mengelompokkan
gambar alat untuk mandi
Menghitung
jumlah alat untuk mandi
Memberi
nomer urut 1 – 4 cerita gambar seri kegiatan mandi
|
JUMAT
|
1.2,
2.6, 3.1/4.1, 3.3/4.3, 3.14/4.14,
|
Doa
berwudhu, sholat dluha, mewarnai gambar ,
memberi no urutan berwudhu 1-8
|
Manfaat
air:
Hafalan
doa wudhu
Praktek
langsung sholat dluha
Mengurutkan
/memberi nomer urutan gerakan wudhu 1- 8
Mewarnai
gambar anak yang sedang sholat
|
SABTU
|
2.2, 2.5, 2.8, 3.3/4.3, 3.5/4.5, 3.14.4.14
|
Membuat
roket sederhana, memancing ikan mainan, menyirami bunga .
|
Puncak
Tema Air:
Praktek
langsung membuat roket mainan ( alat yg dibutuhkan : air berwarna, baskom,
gelas plastik, spon, plastik rol panjang 40 cm, corong plastik)
Memancing
ikan mainan (alat: bak, air, ikan mainan, alat pancing mainan)
Menyirami
bunga dengan botol aqua ( alat : botol aqua yang tutpnya dilubangi)
|
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK
: 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : AIR UDARA API
Hari
/Tanggal : Senin......
KD:
1.1, 2.1,2.2, 3.4, 4.4, 3.5/ 4.5, 3.6/ 4.6, 3.8/4.8, 3.12/4.12, 3.15/4.15
Model Pembelajaran :
Kelompok
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1.
Berdoa sebelum dan
sesudah belajar,
2.
Bercakap
– cakap tentang manfaat air
3.
Mengenal manfaat air
4.
bermain plastisin
5.
menulis nama benda yang ada disekitarnya,
memindahkan air dengan spon (menakar)
B. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1.
Bersyukur sebagai
ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk
dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3.
Doa sebelum belajar dan
mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1.
plastisin
2.
air, baskom, spon,
pewarna, baki kotak plasti
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar
|
Waktu
|
Alat
dan Sumber
|
|
Pembukaan
|
1. Bercakap
– cakap manfaat air
|
30’
|
Gambar macam – macam manfaat
air
|
Inti
|
2.
Menakar air dengan bantuan spon
3.
Menuliskan nama alat/ benda yang
ada disekitar anak belajar (air, baskom, botol, spon, pewarna
4.
.Membuat bentuk tempat air dari
palstisin/ clay
|
60’
|
air, baskom, spon, pewarna, baki kotak plastik
kertas, pensil
plastisisn/clay
|
Istirahat
|
Cuci
tangan, makan, minum
|
30’
|
Bekal anak
|
Penutup
|
5.
Bermain tebak gambar
6.
Refleksi dan informasi
7.
Doa salam pulang
|
30’
|
Gambar
macam manfaat air
|
E. PENILAIAN
1.
Lingkup Perkembangan, STPPA, dan Indikator
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Standar
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
|
KD
|
Indikator
|
I
|
Nilai Agama
dan Moral
|
3. Mengucapkan doa sebelum dan /atau sesudah melakukan sesuatu.
4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk.
6. Mengucapkan salam dan membalas salam.
|
1.1
3.1
4.1
3.2
4.2
|
a. Berdoa sebelum
melakukan kegiatan
b. Berdoa sesudah
melakukan kegiatan
c. Berpakaian rapi
d. Membalas salam dari
guru
|
II
|
Fisik Motorik
|
a.3 Melakuakan
permainan fisik dengan aturan
|
2.1
3.5
4.5
|
c. bermain tebak gambar
|
III
|
Kognitif
|
a.1 Menunjukkan
aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik
|
3.5
4.5
|
a. Menakar/ mengukur
air
|
IV
|
Bahasa
|
c.4 Memahami hubungan
antara bunyi dan bentuk huruf
|
3.12
4.12
|
a. menulis nama benda
|
V
|
Sosial Emosional
|
a.3Mengendalikan diri
secara wajar
|
2.2
|
a. rasa ingin tahu
|
VI
|
Seni
|
b.6 membuat karya seperti
bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan
|
3.15
4.15
|
a. Membuat bentuk
tempat minum dengan plastisin/clay
|
2.
Teknik Penilaian
a)
Catatan
hasil karya
b)
Catatan
anekdot, dan
c)
Skala
capaian perkembangan (rating scale
Karena format RPPM atau
RPPH bersifat luwes maka teman – teman boleh menggunakan format yang paling
dianggap simple dan disukai, sedangkan untuk model pembelajaran boleh memakai
model area, sudut atau BCCT/ Sentra. Good luck