Selasa, 23 Januari 2018

PERMAINAN ANAK CIPTAAN GURU



NASKAH CIPTA PERMAINAN UNTUK ANAK USIA DINI
‘PANCING IKAN ‘





PENYUSUN ;
IGTKI KAWEDANAN

LOMBA PORSENI GURU TK
KABUPATEN MAGETAN











KATA PENGANTAR

Segala puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat , karunia dan nikmat Nya sehingga kami dapat menyusun naskah permainan “Pancing Ikan” ini. Tak lupa shalawat beserta salam semoga tercurah kepada nabi besar Muhammad SAW , keluarganya, sahabatnya dan kita selaku umatNya AAmiin….
Selanjutnya dengan rasa hormat dan penghargaan yang setinggi – tingginya penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan bimbingan, pengajaran. Penyusunan naskah permainan ini kami buat untuk persyaratan mengikuti lomba porseni guru.
Secara khusus penyusun menyampaikan terimakasih yang sebesar- besarnya . Kami menyadari bahwa pembuatan naskah permainan ini masih banyak kekurangan dan masih jauh untuk sempurna, oleh karena itu penyusun mengharapkan kritik dan saran untuk bias lebih baik lagi.


Magetan,
 Tim Penyusun












BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Dunia anak adalah  dunia bermain , dalam kehidupan anak – anak sebagaian waktunya dihabiskan dengan aktivitas bermain. Filsuf  Yunani , Plato merupakan orang pertama yang menyadari dan melihat pentingnya nilai praktis dari bermain. Bermain dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan anak. Istilah bermain diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan dengan mempergunakan atau tanpa mempergunakan alat yang menghasilkan pengertian , memberikan informasi, memberikan kesenangan, dan dapat mengembangkan imajinasi anak.
Dengan bermain anak memperoleh kesempatan yang luas untuk melakukan eksplorasi guna memenuhi rasa ingin tahunya, anak bebas mengekspresikan gagasannya melalui khayalan, drama, bermain konstruktif dan sebagainya.  Maka dalam hal ini memungkinkan  anak untuk mengembangkan perasaan bbas secara psikhologis.
Berdasarkan keranka pemikiran diatas kami akan mencoba menciptakan permainan baru untuk anak yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang meliputi berbagai aspek pengembangan diri dan bias menarik minat belajar anak.
Disini kami member nama permainan ini dengan nama “Pancing Ikan” karena permainan yang kami buat menceritakan tentang nelayan yang sedang memancing ikan. Dengan nama permainan Pancing Ikan anak – anak bias diajak bermain peran menjadi nelayan dan ikan.
B.      TUJUAN
Adapun tujuan dari permainan ini secara tidak langsung dapat mengenal alam dan teman sepermainan dalam suasana yang menyenangkan, mampu mengoptimalkan pemainan di sekolah agar bidang pengembangan dan kecerdasan anak dapat meningkatkan.
C.      Manfaat
Berdasarkan latar belakang diatas maka manfaat dari permainan “Pancing Ikan” ini adalah :
1.      Dengan bermain ank dapat melepaskan ketegangan yang ada dalam dirinya. Anak dapat menyalurkan perasaan dan dorongan - dorongan yang membuat anak lebih rileks
2.      Bermain memacu anak untuk menemukan ide – ide serta menggunakan daya khayalnya
3.      Membentuk perkembangan kognitif anak dan memberi  kontribusi pada perkembangan intelektual atau kecerdasan berfikir dengan menentukan jalan menuju berbagai pengalaman
4.      Melibatkan gerakan – gerakan tubuh yang membuat tubuh anak sehat dan otot – otot tbuh menjadi kuat.


B AB II
PEMBAHASAN

A.      Tema
Permainan “pancing ikan “ ini dapat mencakup berbagai tema pembelajaran :
1.      Tema Diriku
2.      Tema Binatang
3.      Tema Pekerjaan
4.      Tema Tanah Airku
B.      Media Yang Digunakan
1.      Tas jala untuk tempat umpan nelayan
2.      Bentuk cacing untuk umpan nelayan sekaligus reward bagi anak yang lebih dahulu makan umpan nelayan
C.      Usia Anak
1.      Permainan ini cocok untuk semua umur, tidak hanya anak usia dini
2.      Permainan ini dapat dilakukan di dalam dan luar ruangan, namun sebaiknya dilakukan di tempat yang luas agar bias mengakomodir pergerakan permainan dalam jumlah pemain yang lebih banyak.
D.     Deskripsi Permainan
1.      Permainan diawali dengan Hompimpa untu menentukan yang menang menjadi nelayan dan yang kalah menjadi ikan
2.      Kemudian anak – anak membuat lingkaran sambil bergandeng tangan
3.      Anak – anak sambil bermain menyanyikan lagu sampai selesai
4.      Nelayan mengucapkan bilangan sejumlah umpan ikan yang dikeluarkan
5.      Ank berebut untuk mengambil umpan ikan/ cacing
6.      Anak harus berlomba cepat makan umpan
7.      Anak yang menang yang paling banyak dapat umpan ikan/ cacing, yang kalah yang tidak dapat umpan
E.      Aspek yang dikembangkan dalam permainan
1.      Nilai agama dan Moral
Anak mampu mengenal ciptaan Tuhan (ikan)
2.      Nilai Sosial Emosi
Anak mentaati peraturan permaianan (menang / kalah)
3.      Nilai Fisik Motorik
Bergerak bebas mengambil/ berebut umpan ikan
4.      Nilai Kognitif
Menghitung jumlah umpan nelayan
5.      Nilai Bahasa
Memahami 2 perintah sederhana
6.      Nilai Seni
Menyanyikan lagu :
Syair lagu :
Ayolah kawan – kawan bersama
Nelayan memancing ikan
Melempar umpan .. Happpp…..

Lagu penutup :
Ayolah kawan – kawan
Hari sudah petang
Mari kita pulang bersama –sama hore…..