Jumat, 13 November 2015

Contoh RKH Model Kelompok dg Sudut Pengamatan (Pembelajaran saintifik)


Kelompok :A                                                       Media/Sumber Belajar: gambar anak putra dan putri
semester /minggu ;II/1                                                                                krayon,lem,kertas  gambar
Tema/sub.tema :Diriku/identitas                                                                 guntingan hiasan
Hari/tanggal :Jumta.....
KD yang dicapai ; 1,2, 2.2, 2.5, 2.6,3.8,  3.15, 4.5
 Tujuan Pembelajaran :
1. memiliki sikap mau saling menyayangi, saling menghargai, percaya diri, mandiri, jujur, tanggung jawab, dan sabar.
2. mengungkapkan kembali apa yang didengar
3. menyebutkan jenis kelamin dirinya dan temannya
4. membedakan anak putra dan putri
5. memilih dan nempel gambar
6. mewarnai gambar sesuai jenis kelamin.

I> KEGIATAN AWAL
- bernyanyi, salam, dan berdoa
- bermain pesan berantai/ kuda berbisik
- absensi
II. Kegiatan Inti
1.  Mengamatai :
*. mengamati anak putra dan putri  (anak melihat dirinya sendiri dan teman - temannya melalui cermin dibimbing guru).
2. Menanya
* anak menjawab pertanyaan dari guru dan bertanya pada guru tentang perbedaan dirinya dan temannya
3. Mengumpulkan Informasi
* Pemberian Tugas/ observasi :
- permainan "Putra dan Putri"
 anak dibagi dua kelompok berdasarkan jenis kelamin lalu berbaris berbanjar
-guru ada di depan di tengah barisan kelompok anak putra dan putri, lalu menyebutkan ....puuuuu...putri anak putri kemudian lari kepinggir barisan atau berlari mendekati guru atau sebaliknya yang dipanggil ..pu...tra.......dst.
* Pemberian Tugas
- memilih gambar sesuai dengan jenis kelamin sendiri . guru memperhatikan anak - anak memilih gambar/ anak lalu menempel gambar yang telah dipilih pada kertas kosong yan telah disiapkan guru
* anak mewarnai gambar sesuai jenis kelamin
4. Menalar
* anak mendorong untuk mencoba menyelesaikan pekerjaan  dan menempelkan hasil karyanya sesuai nalarnya sehingga anak kaya akan pengalaman
5. Mengkomunikasikan Informasi
* Setelah mainan dirapihkan guru mengajak anak duduk melingkar dan menanyakan pada setiap anak kejadian yang telah dilakukan
* anak mencerdaskan hasil karyanya didepan teman- temannya
III. Istirahat
- mencuci tangan , berdoa sebelum dan sesudah makan
- bermain
IV. Kegiatan Akhir
- bermain tebak kata
-refleksi dan informasi
- doa pulang dan salam





RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) TAMAN KANAK-KANAK  Negeri Pembina Kawedanan
SEMESTER /MINGGU     : 1/9                                                                                       TEMA : Tanaman/ sayur wortel
KELOMPOK                         : 5 – 6 TAHUN
KD                                          : 1.1, 2.1, 2.3, 2.8, 3.5/4.5  3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.12, 4.12,3.14/4.14, 3.15, 4.15
No
Sub Tema
Muatan / materi pembelajaran
Rencana Kegiatan
I
Wortel
1.    Tanaman/ sayur wortel  ciptaan   Tuhan (1.1,3.8,4.8)
2.    Prilaku Hidup Sehat (2.1)
3.    Perilaku hidup kreatif (2.3)
4.    Prilaku mandiri  (2.8)
5.    Membedakan bentuk wortel berdasarkan ukuran (3.5/4/5)
6.    Manfaat sayur wortel  (3.6, 4.6)
7.    Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu batuan (3.8/4.8)
8.    Keaksaraan awal (3.12, 4.12)
9.    Mengenal kebutuhan, keinginan dan minat diri (3.14/3,14)
10.         Karya Seni dengan berbagai media (3.15, 4.15)



Kognitif
1. Mengurutkan Gbr  wortel dari yang paling kecil sampai ke yang besar  (2.8, 3.5/4.5)
3. Menghitung jumlah wortel   (2.1, 3.14.4,14))
4. Menyusun puzel bentuk  wortel  (1.1,3.8,4.8)
5. Membuat  bentuk wortel dengan media menghubungkan angka dari nomer 1 sampai 15 ( 2.3, 3.15–4.15)

Bahasa
Melengkapai nama wortel (3.12.4-12)
Melengkapi kalimat sederhana  (3.12, 4.12)
Menceritakan gunanya wortel (3.11, 4.11)
Memberi nama jenis  gambar sayuran (3.11, 4.11)

Nilai Agama Moral
Memberi tanda V pada gambar ciptaan Tuhan dan tanda x yang bukan cipt. Tuhan (1.1,  3.8,4.8)
Menebali kata alhamdulillah  (1.1, 3.12, 4.12)
Menyirami tanaman wortel (1.2, 3.2, 4.2)


Sosial Emosi
Mewarnai gambar anak  suka makan wortel (2.1, 3.14,4.14)
Membuat jus wortel (2.1,3.6, 4.6)
Memberi warna hijau pada anak yang mau membantu ibu mengupas wortel dan warna merah pada anak yg tidak membantu (2.8,3.14, 4.14)

Fisik Motorik
1. mencocokkan bentuk geomtri sesuai dengan gambar (2.8.3.5/4.5)
2.  membuat gambar wortel dengan tehnik mozaik /guntingan kertas berbentuk segitiga (2.3, 3.15/4.15)
3. membuat kebun wortel dari balok yang tersedia ( 2.8. 3.8.4.8)
4. menyusun kepingan geometri menjadi bentuk wortel (3.15/4/15

Seni
1.Meronce wortel (2.3, 3.15/4.15)
2. Membuat gbr wortel  dari ampas dan kertas krep (2.8,3.8,4.8)
3.Menggambar wortel dengan media krayon (2.8, 3.15/4.15)
4.Mewarnai gambar wortel ( 2.1.3.15/4.5)






                                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELEJARAN HARIAN
                                                                       TK Negeri Pembina Kawedanan

KELOMPOK                            : 5 - 6 TAHUN
TEMA / SUB TEMA                : Tanaman / wortel
KD YANG DIKEMBANGKAN   :  1.1, 2.1, 2.3, 2.8 ,3.5. 4.5 , 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.12, 4.12,3.14/4.14, 3.15, 4.15
Sentra                                     : BahanAlam

Muatan / Materi :
Tanaman  Ciptaan Tuhan (1.1,3.8,4.8)
Perilaku Hidup Sehat (2.1, )
Prilaku Mandiri (2.2)
Minuman Jus wortel   (3.4,4.4)
Kandungan vitamin dan manfaat  wortel (3.6-4.6)
Karyaseni dengan berbagai media (3.15,4.15)
Keaksaraan awal (3.12-4.12)

Alat dan Bahan : 1. Puzle wortel
 2. buku tugas , pensil
                              3. buah wortel
                              4. kertas gambar, krayon

Kegiatan Awal :
Salam, doa, menyanyi bersama (2,3)
Berbagi bercerita (2,8)
Apersepsi tentang sayur wortel  dan manfaatnya (1.1,2.1)
 SOP Aturan Bermain (misal : membereskan setelah bermain, dll)

Kegiatan Inti
1. Menyusun kepingan wortel/ bermain puzle wortel (1.1,3.8,4.8)
3. Menggambar wortel dengan media crayon (2.8,3.15,4.15)
4. Melengkapi kalimat sederhana (2.8,3.12,4.12)

Kegiatan Akhir
Recalling, Memajang Hasil Karya Anak, Bercerita, informasi
Doa, salam dan pulang