Kelompok :A Media/Sumber Belajar: gambar anak putra dan putri
semester /minggu ;II/1 krayon,lem,kertas gambar
Tema/sub.tema :Diriku/identitas guntingan hiasan
Hari/tanggal :Jumta.....
KD yang dicapai ; 1,2, 2.2, 2.5, 2.6,3.8, 3.15, 4.5
Tujuan Pembelajaran :
1. memiliki sikap mau saling menyayangi, saling menghargai, percaya diri, mandiri, jujur, tanggung jawab, dan sabar.
2. mengungkapkan kembali apa yang didengar
3. menyebutkan jenis kelamin dirinya dan temannya
4. membedakan anak putra dan putri
5. memilih dan nempel gambar
6. mewarnai gambar sesuai jenis kelamin.
I> KEGIATAN AWAL
- bernyanyi, salam, dan berdoa
- bermain pesan berantai/ kuda berbisik
- absensi
II. Kegiatan Inti
1. Mengamatai :
*. mengamati anak putra dan putri (anak melihat dirinya sendiri dan teman - temannya melalui cermin dibimbing guru).
2. Menanya
* anak menjawab pertanyaan dari guru dan bertanya pada guru tentang perbedaan dirinya dan temannya
3. Mengumpulkan Informasi
* Pemberian Tugas/ observasi :
- permainan "Putra dan Putri"
anak dibagi dua kelompok berdasarkan jenis kelamin lalu berbaris berbanjar
-guru ada di depan di tengah barisan kelompok anak putra dan putri, lalu menyebutkan ....puuuuu...putri anak putri kemudian lari kepinggir barisan atau berlari mendekati guru atau sebaliknya yang dipanggil ..pu...tra.......dst.
* Pemberian Tugas
- memilih gambar sesuai dengan jenis kelamin sendiri . guru memperhatikan anak - anak memilih gambar/ anak lalu menempel gambar yang telah dipilih pada kertas kosong yan telah disiapkan guru
* anak mewarnai gambar sesuai jenis kelamin
4. Menalar
* anak mendorong untuk mencoba menyelesaikan pekerjaan dan menempelkan hasil karyanya sesuai nalarnya sehingga anak kaya akan pengalaman
5. Mengkomunikasikan Informasi
* Setelah mainan dirapihkan guru mengajak anak duduk melingkar dan menanyakan pada setiap anak kejadian yang telah dilakukan
* anak mencerdaskan hasil karyanya didepan teman- temannya
III. Istirahat
- mencuci tangan , berdoa sebelum dan sesudah makan
- bermain
IV. Kegiatan Akhir
- bermain tebak kata
-refleksi dan informasi
- doa pulang dan salam
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
MINGGUAN (RPPM) TAMAN KANAK-KANAK Negeri
Pembina Kawedanan
SEMESTER /MINGGU : 1/9
TEMA
: Tanaman/ sayur wortel
KELOMPOK : 5 – 6 TAHUN
KD : 1.1,
2.1, 2.3, 2.8, 3.5/4.5 3.6, 4.6, 3.8,
4.8, 3.12, 4.12,3.14/4.14, 3.15, 4.15
No
|
Sub Tema
|
Muatan / materi pembelajaran
|
Rencana Kegiatan
|
I
|
Wortel
|
1. Tanaman/ sayur wortel ciptaan
Tuhan (1.1,3.8,4.8)
2. Prilaku Hidup Sehat (2.1)
3. Perilaku hidup kreatif (2.3)
4. Prilaku mandiri (2.8)
5. Membedakan bentuk wortel berdasarkan ukuran (3.5/4/5)
6. Manfaat sayur wortel (3.6, 4.6)
7. Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman,
cuaca, tanah, air, batu – batuan (3.8/4.8)
8. Keaksaraan awal (3.12, 4.12)
9. Mengenal kebutuhan, keinginan dan minat diri
(3.14/3,14)
10.
Karya Seni dengan berbagai
media (3.15, 4.15)
|
Kognitif
1. Mengurutkan
Gbr wortel dari yang paling kecil
sampai ke yang besar (2.8, 3.5/4.5)
3. Menghitung jumlah
wortel (2.1, 3.14.4,14))
4. Menyusun puzel
bentuk wortel (1.1,3.8,4.8)
5. Membuat bentuk wortel dengan media menghubungkan
angka dari nomer 1 sampai 15 ( 2.3, 3.15–4.15)
Bahasa
Melengkapai nama
wortel (3.12.4-12)
Melengkapi
kalimat sederhana (3.12, 4.12)
Menceritakan
gunanya wortel (3.11, 4.11)
Memberi nama
jenis gambar sayuran (3.11, 4.11)
Nilai Agama Moral
Memberi tanda V
pada gambar ciptaan Tuhan dan tanda x yang bukan cipt. Tuhan (1.1, 3.8,4.8)
Menebali kata
alhamdulillah (1.1, 3.12, 4.12)
Menyirami
tanaman wortel (1.2, 3.2, 4.2)
Sosial Emosi
Mewarnai gambar
anak suka makan wortel (2.1, 3.14,4.14)
Membuat jus
wortel (2.1,3.6, 4.6)
Memberi warna
hijau pada anak yang mau membantu ibu mengupas wortel dan warna merah pada
anak yg tidak membantu (2.8,3.14, 4.14)
Fisik Motorik
1. mencocokkan
bentuk geomtri sesuai dengan gambar (2.8.3.5/4.5)
2. membuat gambar wortel dengan tehnik mozaik
/guntingan kertas berbentuk segitiga (2.3, 3.15/4.15)
3. membuat kebun
wortel dari balok yang tersedia ( 2.8. 3.8.4.8)
4. menyusun kepingan
geometri menjadi bentuk wortel (3.15/4/15
Seni
1.Meronce wortel
(2.3, 3.15/4.15)
2.
Membuat gbr wortel dari ampas dan
kertas krep (2.8,3.8,4.8)
3.Menggambar
wortel dengan media krayon (2.8, 3.15/4.15)
4.Mewarnai
gambar wortel ( 2.1.3.15/4.5)
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELEJARAN HARIAN
TK Negeri Pembina Kawedanan
KELOMPOK : 5 - 6 TAHUN
TEMA / SUB TEMA : Tanaman / wortel
KD YANG DIKEMBANGKAN : 1.1,
2.1, 2.3, 2.8 ,3.5. 4.5 , 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.12, 4.12,3.14/4.14, 3.15, 4.15
Sentra : BahanAlam
Muatan / Materi :
Tanaman Ciptaan Tuhan (1.1,3.8,4.8)
Perilaku Hidup Sehat (2.1, )
Prilaku Mandiri (2.2)
Minuman Jus wortel (3.4,4.4)
Kandungan vitamin dan
manfaat wortel (3.6-4.6)
Karyaseni dengan berbagai media
(3.15,4.15)
Keaksaraan awal (3.12-4.12)
Alat dan Bahan : 1. Puzle wortel
2. buku tugas ,
pensil
3. buah wortel
4. kertas gambar, krayon
Kegiatan Awal :
Salam,
doa, menyanyi bersama (2,3)
Berbagi
bercerita (2,8)
Apersepsi
tentang sayur wortel dan manfaatnya
(1.1,2.1)
SOP
Aturan Bermain (misal : membereskan setelah bermain, dll)
Kegiatan Inti
1. Menyusun kepingan wortel/
bermain puzle wortel (1.1,3.8,4.8)
3. Menggambar wortel dengan
media crayon (2.8,3.15,4.15)
4. Melengkapi kalimat sederhana
(2.8,3.12,4.12)
Kegiatan Akhir
Recalling,
Memajang Hasil Karya Anak, Bercerita, informasi
Doa, salam
dan pulang