PENATAAN
LINGKUNGAN PEMBELAJARAN
HAKEKAT
PROGRAM PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI
Banet (1990) ` pada dasarnya pengembangan
program pembelajaran adalah pengembangan
sejumlah pengalaman belajar melalui kegiatan bermain yang dapat memperkaya
pengalaman.
Albrecht & Miller(2000) ` pengembangan
program pembelajaran bagi AUD seharusnya sarat dengan aktivitas bermain yang
mengutamakan adanya kebebasan bagi anak untuk bereksplorasi dan berkreativitas
, sedangkan orang dewasa atau guru hanya berperan sebagai fasilitator
Tujuan
Program pembelajaran
Membantu meletakkan dasar kearah perkembangan
sikap, pengetahuan, ketrampilan dan kreativitasyang diperlukan anak untuk dapat
beradaptasi dengan lingkungan dan untuk perkembangan dan pertumbuhan
selanjutnya.
STRATEGI PEMBELAJARAN
.1. Tujuan
mengarah pada tugas 2
perkembangan disetiap rentangan usia anak.
2. Materi yang diberikan harus mengacu &
sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan yang sesuai dengan karakteristik serta kebutuhan yang
sesuai dengan tahap perkembangan anak
3. Metode yang dipilih seharusnya bervariasi
sesuai dengan tujuan keg. Belajar dan mampu melibatkan anak secara aktif,
kreatif dan menyenangkan
4. Media & lingkungan bermain yg digunakan
harus aman, nyaman dan menimbulkan
ketertarikan bagi anak dan perlu waktu yg cukup untuk bereksplorasi.
5. Evaluasi yg terbaik adalah rangkaian sebuah assesment melalui
observasi partisipatif terhadap segala sesuatu yg dilihat, didengar dan
dikerjakan oleh anak.
FUNGSI
PROGRAM PEMBELAJARAN
1.Untuk mengembangkan seluruh kemampuan yg
dimiliki anak sesuai dg tahap perkembangan.
2. Mengenalkan anak dengan dunia (lingkungan)
sekitar.
3. Mengembangkan sosialisasi anak.
4. Mengenalkan peraturan dan menanamkan
disiplin pada anak.
5. Memberikan kesempatan kepada anak untuk
menikmati masa bermainnya.
MODEL PEMBELAJARAN ; BERPUSAT PADA ANAK
–BERPUSAT PADA GURU
NO
|
kegiatan
|
Pembelajaran berpusat pada anak
|
Pembelajaran berpusat pada guru
|
1
|
Bahan, ruang, waktu
|
Dpt digunakan anak
secara bebas
|
Berdasarkan petunjuk
guru
|
2
|
Peran guru
|
Mengikuti minat dan
keinginan anak .
|
Inisiasi,
mengevaluasi,menekan
|
3
|
Motivasi
|
Keinginan belajar
intrinsik
|
Eksternal berdasarkan
penghargaan
|
4
|
Konsep belajar
|
Pengalaman langsung
menggunakan penget. dlm bermain untuk
memahami situasi nyata
|
Drill atau
pengulangan untuk menguasai ketrampilan
|
5
|
Metodologi
|
Kebebasan sepenuhnya
bagi guru untuk menggunakan intuisi, perasaan, penilaian
|
Berdasarkan model /
contoh
|
IMPLIKASI DALAM PENDIDIKAN
1.
Teori AVM
tokohnya Johann Heinrich Peztalozzi~
A= anak dpt menggunakan
pendengarannya dg baik
V=anak dpt menggunakan penglihatannya dg
baik.
M=anak dpt menggunakan & melatih
ingatan dg baik
2. Konsepnya : 5 H
Heart : pendidik harus iklhas
hand
: pendidik harus mempunyai skill & kreativitas
Health:pendidik hrs sehat jasmani &
rohani
Head : pendidik hrs mempunyai wawasan yg luas
Harmoni: pendidik hrs bisa menciptakan
suasana yg
menyenangkan, aman dan nyaman
TEORI PEMBELAJARAN
PROYEK (Tokohnya :William H. Kilpatrick)
Pembelajaran Proyek: anak diberikan pengalaman
langsung untuk berfikir , mempelajari, membuat, mengamati, menyimpulkan dan
menyampaikan kembali pengalaman belajar yg telah dilakukannya.
-Persiapan: guru menyiapkan tema&
pokok masalah
Tema : Alat Komunikasi
Bahasa:tanya jawab ttg alat komunikasi
kognitif :menghitung jumlah alat
komunikasi
FM : lomba mencari gambar alat
komunikasi
Seni : membuat alat komunikasi dari
karton
The Dalton Plane – sentra (.Tokohnya : Hellen Parkhust )
Langkah
pelaksanaan :
~ Persiapan, Pelaksanaan, Penataan
Lingkung.
Proses Pembelajaran :
~ Penyambutan anak
~ Main Pembukaan (Pengalaman Gerakan Kasar )
~ Transisi
~ Kegiatan Kelompok di setiap sentra( Pijakan Pengalmn
sebelum main, Pijakan penglmn selama
main,
pijakan penglmn setelah main)
~ Makan bersama
~ Kegiatan penutup
Beyond Centre
and Circle Time
Tujuan BCCT :
1. Untuk merangsang
seluruh aspek kecerdasan anak (multiple
intelegensi) melalui bermain yg terarah
2. Untuk menciptakan
setting pembelajaran yg merangsang anak untuk aktif kreatif & terus berfikir dg menggali
pengalamannya sendiri
3. Dilengkapi dg
standar operasional yg baku yang
berpusat disentra sentra kegiatan dan saat anak berada dalam lingkungan bersama
pendidik.
Ciri – Ciri BCCT
- 1. Pembelajaran berpusat pada anak
- 2.menempatkan setting lingkungan main sbagai pijakan awal yg pasti
- 3.memberikan dukungan penuh kepada anak untuk aktif , kreatif dan berani menggambil keputusan sendiri
- 4.Peran pendidik sebagai fasilitator, mediator dan evaluator
- 5. Kegiatan anak berpusat disentra 2 main yg berfungsi sebagai pusat minat
- 6. Memiliki standar operasianal prosedur yg baku
- 7. Pemberian pijakan sebelum dan sesudah anak bermain dilakukan dalam posisi duduk melingkar
3 jenis main di BCCT
- 1. Main sensorimotor , anak main dengan benda untuk membangun persepsi
- 2. Main peran , anak bermain d benda untuk membantu menghadirkan konsep yang sudah dimiliki
- 3. Main pembangunan , anak bermain dengan benda untuk mewujudkan ide / gagasan yang dibangun dalam pikirannya menjadi suatu bentuk nyata
Contoh Lagu – Lagu Untuk Motorik
Kasar (Versi Bahasa Inggris
- Walking walking 2x
- Jump jump jump
- Running running running 2x
- And standing and standing
- Up and down
- And shake shake shake 2x
- Shake in the right
- And Shake in the left
- Turn around and shake shake shake
- I say L
- Isay L O
- L O V
- L O V E
- Every body need some Love 2x
THANKYOU.......
Medio Januari 2014
Salam Semangat & Sukses
Dra. Suratiningsih. S.Pd