Minggu, 26 Januari 2020

RPPM SEMESTER 2 KELOMPOK USIA 5- 6 TAHUN (KLP B)

TEMA                                   : REKREASI
KELOMPOK                       : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 1
KD : 1.1,1.2, 2.1, 2.5, 2.7, 2.9, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15.
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
TEMPAT-TEMPAT REKREASI
1.1.4.Mensyukuri ciptaan Tuhan
1.Berdiskusi tentang tempat – tempat rekreasi, manfaat & tata tertib


1.2.6.Kelestarian lingkungan
2.Mengurutkan gambar seri cara berkunjung ke tempat rekreasi


2.1.4.Menjaga kesehatan
3.Mau bermain dengan teman


2.5.6.Bercerita tentang pengalaman
4.Bercerita tentang pengalaman anak


2.7.2.Sabar menunggu giliran
5.Pentingnya menjaga kebersihan di tempat rekreasi


2.9.5. Mau berbagi dengan teman
6.Menyanyi lagu “Kebun Binatang, Pemandangan, Menuju pantai “


2.11.4. Mudah bergaul/berteman
7.Memberi tanda perbuatan baik dan buruk


2.14.4.Memberi dan membalas salam
8.Mencari jejak menuju tempat rekreasi


3.1.3.dan 4.1.3.Doa sebelum bepergian
9.Berkunjung ke tempat rekreasi terdekat


3.4.3.dan 4.4.3.Membuang sampah pada tempatnya
10.Mewarnai gambar anak sedang rekreasi


3.5.1.dan 4.5.1.Konsep pengurangan
11.Melengkapi huruf gambar tempat rekreasi


3.5.2.dan 4.5.2.Mencari jejak tempat rekreasi
12.Bermain pasir, bermain di bak air


3.8.5.dan 4.8.5Tanya jawab tempat-tempat rekreasi.
13.Mengahafal doa sebelum bepergian


3.10.4.dan 4.10.4.Suku kata awal sama
14.Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan dengan benda


3.11.3.dan 4.11.3.Lagu anak-anak
15. Bermain sepak bola, menaiki tangga


3.13.2.dan 3.13.2.Orang-orang yang ada di tempat rekreasi
16.Berlari sambil melompat dengan seimbang


3.14.1.dan 4.14.1.Bermain bebas
17.Melipat kertas menjadi bentuk keranjang sampah


3.15.1.dan 4.15.1.Senandung bunyi-bunyian yangmenyenangkan
18.Menggambar bebas taman kota



19.Membedakan kata yang mempunyai suku kata awal / akhir sama



20.Bermain dengan alat perkusi



21.Berdiskusi tentang memberi dan membalas salam



22.Berdiskusi tentang orang – orang yang ada di pantai



23.Mengelompokkan benda – benda yang ada di tempat rekreasi



24.Konsep waktu (membaca jam)



25.Bermain peran sebagai petugas penjaga tiket masuk



26.Membatik dan jumputan



27.Gerak dan lagu

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas




__________________________                                                            __________________________




TEMA                                   : REKREASI
KELOMPOK                       : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 2
KD : 1.1,1.2, 2.1, 2.5, 2.7, 2.9, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13, 4.13, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15.
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
PERLENGKAPAN
1.1.7.Tidak menyakiti binatang
1.Berdiskusi tentang perlengkapan untuk rekreasi

REKREASI
1.2.6.Kelestarian lingkungan
2.Berdiskusi tentang pentingnya rekreasi bagi kesehatan


2.1.4.Menjaga kesehatan
3.Memberi tanda pada gambar perlengkapan rekreasi


2.5.6.Bercerita ttg prngalaman
4.Menghafal doa sebelum bepergian


2.7.2.Sabar menunggu giliran
5.Menggambar bebas perlengkapan rekreasi


2.9.5. Mau berbagi dengan teman
6.Tata tertib di tempat rekreasi


2.11.4. Mudah bergaul/berteman
7.Menggunting dan menempel gambar pelampung


2.14.4.Memberi dan membalas salam
8.Kolase topi mainan dengan kertas


3.1.3.dan 4.1.3.Doa sebelum bepergian
9.Memasangkan benda sesuai kata


3.4.2.dan 4.4.2.Cuci tangan, mandi, menyisir rambut
10.Menebali suku kata awal sama perlengkapan rekreasi


3.5.3.dan 4.5.3.Puzel
11.Diskusi tentang orang-orang yang ada ditempat rekreasi


3.8.5.dan 4.8.5Tanya jawab perlengkapan rekreasi.
12.Menganyam bentuk tas


3.10.2.dan 4.10.2.Menirukan 3 – 4 urutan kata
13.Bercerita tentang pengalaman anak


3.11.3.dan 4.11.3.Lagu anak-anak
14.Mencocokkan bilangan sesuai gambar


3.13.2.dan 3.13.2.Orang-orang yang ada di tempat rekreasi
15.Mewarnai gambar tenda


3.14.1.dan 4.14.1.Bermain bebas
16.Menyanyi lagu Topi saya bundar


3.15.1.dan 4.15.1.Senandung bunyi-bunyian yang menyenangkan
17.Menghitung topi



18.Praktek membuka dan menutup payung



19.Membuat bentuk payung dari kertas



20.Menceritakan gambar yang disediakan



21.Menirukan gerkan sederhana



22.Memilih baju renang



23.Mengelompokkan peralatan untuk berenang



24.Berjalan membungkuk



25.Menyebutkan jenis obat anti mabuk



26.Menari / tari payung



27.Membedakan besar – kecil benda



28.Bermain sambung lidah
TEMA                                   : KENDARAAN
KELOMPOK                       : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 3
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12. 2.3.15, 4.15.
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
KENDARAAN DARAT
2.1.4.Menjaga kesehatan
1.Berdiskusi tentang kendaraan darat, bagian – bagian kendaraan


2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi
2.Bercerita mengapa mobil bisa berjalan


2.5.8.Mengikuti lomba naik sepeda
3.Mencari jejak tempat pemberhentian kendaraan


2.6.5.Mentaati tertib lalu lintas
4.Bercerita tentang tata tertib berkendara


2.7.1. Saling menghormati antar pengendara
5.Mengelompokkan gambar kendaraan darat (roda 2, roda 3, roda 4)


2.9.3. Mau meminjamkan miliknya
6.Menyusun pusel gambar mobil sedan


2.12.2. Memohon dan memberi maaf
7.Naik sepeda roda 2


2.14.1.Mengucap terima kasih
8.Membuat sajak


3.2.4.dan 4.2.4.Menolong orang yang kesusahan
9.Menggambar bebas kendaraan darat


3.3.3.dan 4.3.3.Guna anggota tubuh untuk
10.Menempel bentuk-bentuk geometri pada gambar truk


 mengendarai kendaraan
11.Mewarnai gambar kendaraan darat


3.5.3.dan 4.5.3.Menyusun puzel bentuk mobil
12.Menghubungkan gambar dengan kata


3.6.2.dan 4.6.2.Bagian-bagian kendaraan.
13.Menyanyi lagu “Sepeda Baru, Bis kota “


3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan
14.Penjumlahan dan pengurangan dengan benda


3.7.4.dan 4.7.4.Macam-macam kendaraan darat
15.Bermain mobil-mobilan


3.9.4.dan 4.9.4.Miniatur kendaraan darat
16.Membuat terminal dengan balok-balok


3.11.4.dan 3.11.4.Syair
17.Membuat mobil-mobilan dari kardus bekas


3.12.1.dan 4.12.1.Huruf vokal dan konsonan
18.Menghitung jumlah roda kendaraan


3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik ingin naik sepeda / becak
19.Memasangkan angka dengan jumlah bagian – bagian kendaraan


.
20.Membuat tulisan / cerita mengenai gambar yang telah dibuatnya



21.Mengamati sepeda, sepeda motor



22.Menirukan gerakan orang mengemudi



23.Membuat bentuk kereta api dengan tehnik 3m



24.Melengkapi kata



25.Gerak dan lagu “Tamasya “



26.Tepuk tangan dengan pola



27.Membedakan dua benda (sepeda dan sepeda motor)



28.Mengunjungi stasiun

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas




__________________________                                                            __________________________




TEMA                                   : KENDARAAN
KELOMPOK                       : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 4
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12. 2.3.15, 4.15.
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
KENDARAAN AIR
2.1.4.Menjaga kesehatan
1.Berdiskusi tentang kendaraan air

- Perahu layar
2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi
2.Mengelompokkan gambar kendaraan air

- Kapal laut
2.5.1.Berani bertanya
3.Bercerita tentang gambar yang disediakan

- Rakit
2.6.5.Mentaati tertib berkendara
4.Membuat bentuk dermaga dari balok - balok

- Perahu karet /
2.7.1. Saling menghormati antar penumpang
5.Mozaik gambar kapal laut

 pelampung
2.9.3. Mau meminjamkan miliknya
6.Menyusun pusel gambar kapal laut


2.12.1. Menyelesaikan pekerjaan sampai selesai
7.Bersyair “Kapal Laut”


2.14.1.Mengucap terima kasih
8.Menyebutkan huruf konsonan dari nama-nama kendaraan laut


3.2.4.dan 4.2.4.Menolong orang yang kesusahan
9.Membiasakan anak mengucap terimakasih


3.3.3.dan 4.3.3.Guna anggota tubuh untuk
10.Melipat kertas menjadi bentuk perahu


mengendarai kendaraan
11.Menirukan gerakan mendayung perahu


3.5.3.dan 4.5.3.Menyusun puzel bentuk kapal laut
12.Menghubungkan gambar kendaraan laut dengan kartu kata


3.6.2.dan 4.6.2.Bentuk-bentuk kendaraan air
13.Mencipta bentuk perahu layar dengan kepingan geometri


3.7.4.dan 4.7.4.Macam-macam kendaraan air
14.Melengkapi gambar kapal laut


3.9.4.dan 4.9.4.Miniatur kendaraan air
15.Bermain manjalankan kapal laut di bak air


3.11.4.dan 4.11.4.Syair
16.Membuat urutan bilangan


3.12.1.dan 4.12.1.Huruf vokal dan konsonan
17.Menggambar bebas perahu layar


3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik ingin naik perahu
18.Mengelompokkan huruf vokal dari suatu kata



19.Menghitung gambar perahu layar


.
20.Membuat bentuk rakit dari sedotan



21.Membedakan besar – kecil kendaraan air



22.Menyebutkan posisi benda



23.Berjalan di atas papan titian



24.Mengulang kalimat sederhana



25.Bemain lompat tali



26.Mencocok gambar perahu layar



27.Mencocokkan bilangan dengan benda



28.Bercerita tentang pengalaman

Mengetahui,


TEMA                          : KENDARAAN
KELOMPOK                 : B
SEMESTER / MINGGU             : 2 / 5
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12,  2.3.15, 4.15.
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
KENDARAAN UDARA
2.1.4.Menjaga kesehatan
1.Berdiskusi tentang kendaraan udara

- Pesawat terbang
2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi
2.Bermain peran sebagai pilot

- Helikopter
2.5.1.Berani bertanya
3.Menggunting gambar pesawat terbang

-Kapal layang
2.6.5.Mentaati tertib berkendara
4.Mengelompokkan gambar kendaraan udara

- Balon udara
2.7.1. Saling menghormati antar penumpang
5.Bersyair “Pesawatku”


2.9.3. Mau meminjamkan miliknya
6.Memasangkan kartu huruf pada gambar kendaraan udara


2.12.1. Menyelesaikan pekerjaan sampai selesai
7.Menggambar bentuk helikopter


2.14.1.Mengucap terima kasih
8.Membuat bentuk pesawat terbang


3.2.4.dan 4.2.4.Menolong orang yang kesusahan
9.Mau meminjamkan pesawat mainan miliknya


3.3.3.dan 4.3.3.Guna anggota tubuh untuk
10.Mencari huruf awal sama nama kendaraan udara


mengendarai kendaraan
11.Kolase gambar helikopter dengan kertas


3.5.2.dan 4.5.2.Mencari jejak
12.Menyebutkan konsep waktu


3.6.2.dan 4.6.2.Bentuk-bentuk kendaraan udara
13.Menirukan gerakan pesawat terbang


3.7.4.dan 4.7.4.Macam-macam kendaraan udara
14.Menghitung jumlah pesawat, helikopter dll


3.9.4.dan 4.9.4.Miniatur kendaraan udara
15.Mencari jejak menuju bandara


3.11.4.dan 4.11.4.Syair
16.Memasangkan kartu huruf pada gambar kendaraan udara


3.12.2.dan 4.12.2.Huruf awal sama
17.Gerak dan lagu


3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik ingin naik pesawat
18.Membuat baling – baling dari stiker es



19.Mencari perbedaan pesawat terbang dengan helikopter


.
20.Membuat mainan balon udara



21.Melambungkan bola



22.Mengukur panjang benang dengan jengkal



23.Menceritakan mengapa balon udara bisa terbang



24.Mewarnai gambar kapal layang



25.Menghitunghasil penjumlahan dengan benda



26.Meneruskan pola gambar kendaraan udara



27.Melengkapi kalimat

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas




__________________________                                                            __________________________


























TEMA                          : PEKERJAAN
KELOMPOK                 : B
SEMESTER / MINGGU             : 2 / 6
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3,3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14. .3.15, 4.15.
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
BIDANG PENDIDIKAN
1.1.6.Memanfaatkan cipataan Tuhan
1.Berdiskusi tentang pekerjaan di bidang pendidikan, kesehatan

- Guru
1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain
2.Bertepuk tangan membentuk irama

- TU / Pesuruh
2.1.1.Berolah raga
3.Mengelompokkan peralatan yang dipakai bekerja guru,dokter
2
BIDANG KESEHATAN
2.2.2.Mengetahui sebab akibat
4.Bermain peran sebagai guru,dokter,bidan dll

- Dokter
2.6.5. Mentaati tata tertib dalam bekerja
5.Memberi tanda pada gambar alat-alat dokter

- Bidan
2.7.4. Saling menghargai sesama teman
6.Menggambar bebas peralatan guru,dokter

- Perawat
2.9.2. Tenggang rasa
7.Menyanyi lagu “Guruku”


2.13.2.Mengakui kesalahannya
8.Mencocok gambar termometer


2.14.2.Memperhatikan orang tua bicara
9.Melipat baju dokter


3.1.7.dan 4.1.7.Tenaga pendidik dan tenaga medis
10.Pantomim pergi ke dokter


3.2.6.dan 4.2.6.Simpati terhadap orang sakit
11.Mencipta bentuk alat-alat dokter dengan plastisin


3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik halus
12.Membuat urutan bilangan gambar alat-alat untuk bekerja


3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan
13.Menyebutkan konsep waktu


3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak
14.Mencari jejak tempat bekerja guru


3.9.2.dan 4.9.2.Alat-alat untuk bekerja
15.Menghitung jumlah guru di sekolahnya


3.11.2.dan 4.11.2.Pantomim
16.Menyebutkan nama – nama guru


3.13.5.dan 3.13.5.Dapat bekerja kelompok
17.Senam irama


3.14.4.dan 4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia
18.Memberi tanda pada gambar anak yang sopan


3.15.4.dan 4.15.4.Tertarik aktifitas seni
19.Menirukan 3 – 4 urutan kata


.
20.Permainan warna dengan cat & kuas



21.Menyebutkan perbedaan guru & TU / pesuruh



22.Membuat sajak



23.Mengurutkan peralatan dokter dari kecil – besar



24.Menghitung jarum suntik maiana



25.Menghubungkan tulisan dengan benda



26.Membuat bentuk jarum suntik



27.Menimbang berat badannya sendiri & teman
TEMA                                   : PEKERJAAN
KELOMPOK                       : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 7
KD : 1.2, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6 ,3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14, 3.15, 4 15
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
BIDANG KEAMANAN
1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain
1.Mengulang kalimat sederhana
2
BIDANG PEMERINTAHAN
2.2.2.Mengetahui sebab akibat
2.Diskusi tentang polisi tentara, satpam, hansip, kepala desa, bupati

(POLISI, TENTARA,
2.6.5. Mentaati tata tertib dalam bekerja
3.Membuat pos ronda dengan balok-balok

HANSIP, SATPAM, BUPATI
2.7.4. Saling menghargai sesama teman
4.Menyanyi lagu Polisi

KEPALA DESA)
2.9.2. Tenggang rasa
5.Senam fantasi (bapak polisi)


2.13.2.Mengakui kesalahannya
6.Membuat bentuk trafe ligt dari kepingan geometri


2.14.2.Memperhatikan orang tua bicara
7.Mencari peralatan polisi


3.1.7.dan 4.1.7.Tenaga pemerintahan dan tenaga
8.Membuat bentuk pistol dari bombig


keamanan
9.Bermain balok


3.2.6.dan 4.2.6.Peduli terhadap keamanan
10.Menggambar rambu – rambu lalu lintas


3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik halus
11.Mengurutkan bilangan


3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan
12.Melengkapi kalimat


3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak
13.Menari (Tari Perang)


3.9.2.dan 4.9.2.Alat-alat untuk bekerja
14.Membuat baju untuk tentara


3.11.2.dan 4.11.2.Pantomim
15.Membuat topi tentara


3.13.5.dan 4.13.5.Dapat bekerja kelompok
16.Membedakan polisi dengan tentara


3.14.4.dan 4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia
17.Mencocok gambar rangsel tentara


3.15.4.dan 4.15.4.Tertarik aktifitas seni
18.Mengulang kalimat sederhana



19.Lari estafet membawa tongkat


.
20.Membuat sabuk hansip dari karton bekas



21.Mengukur panjang sabuk dengan penggaris

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas




__________________________                                                            __________________________

TEMA                          : PEKERJAAN
KELOMPOK                 : B
SEMESTER / MINGGU             : 2 / 8
KD : 1.1, 1.2, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6. 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15.
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
BIDANG SWASTA
1.1.6.Memanfaatkan cipataan Tuhan
1.Diskusi tentang petani, nelayan, koki, penjahit

(PETANI,KOKI,
1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain
2.Diskus tentang peralatan untuk bekerja

TUKANG KAYU,
2.2.2.Mengethui sebab akibat
3.Pantomim sebagai petani

NELAYAN)
2.6.5. Mentaati tata tertib dalam bekerja
4.Mengelompokkan alat pertanian, tukang kayu, koki, penjahit dll


2.7.4. Saling menghargai sesama teman
5.Meniru angka pada gambar kue


2.9.2. Tenggang rasa
6.Membaca buku cerita bergambar


2.13.2.Mengakui kesalahannya
7.Mewarnai gambar petani


2.14.2.Memperhatikan orang tua bicara
8.Mengisi pola gambar palu dengan serbuk gergaji


3.1.7.dan 4.1.7.Seniman,wira usahawan,wartawan
9.Menghitung hasil petani (penjumlahan)


3.2.6.dan 4.2.6.Simpati terhadap berita dimedia
10.Membuat cangkul dari karton bekas


3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi motorik halus
11.Bergerak bebas sesuai irama musik


3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan
12.Senam fantasi meniru petani


3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak
13.Menghitung hasil petani


3.9.2.dan 4.9.2.Alat-alat untuk bekerja
14.Mencari jejak hasil pertanian


3.11.2.dan 4.11.2.Pantomim
15.Mengurutkan caramenanam padi


3.13.5.dan 4.13.5.Dapat bekerja kelompok
16.Melompati simpai


3.14.4.dan 4.14.4.Memilih 1 dari pilihan yg tersedia
17.Menganyam bentuk caping petani


3.15.4.dan 4.15.4.Tertarik aktifitas seni
18.Mengukur panjang meja dengan meteran



19.Permainan fisik ular naga


.
20.Bermain dengan pasir (mencetak kue 0



21.Menggunting pola baju





















Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas
TEMA                          : AIR, UDARA, API
KELOMPOK                 : B
SEMESTER / MINGGU             : 2 / 9
KD : 1.1, 1.2, 2.1,2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.           
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
AIR
1.1.2.Air ciptaan Tuhan
1.Diskusi tentang guna,sumber,manfaat dan bahaya air

- Sumber air
1.2.1.Bersyukur atas nikmat Tuhan
2.Mengelompokkan sumber – sumber air

- Guna air
2.1.3.Menjaga kebersihan air
3.Praktek berwudhu

- Tempat air
2.2.2.Mengetahui sebab akibat
4.Mengurutkan cara anak sedang mandi, cara mencuci baju dll

- Sifat air
2.6.1.Perilaku baik /buruk
5.Menghubungkan tempat air dengan kartu kata

- Bahaya air
2.10.5. Toleransi
6.Menggunting gambar bak air


2.11.1. Menyesuaikan diri dengan orang lain
7.Cuci tangan,gosok gigi yang benar


2.12.3. Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan
8.Mencoba membuat hujan, proses terjadinya banjir


3.1.2dan 4.1.2.Berwudhu
9.Penjumlahan dengan benda-benda:mis cangkir


3.2.6.dan 4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang
10.Menirukan 4 urutan kata


kebanjiran
11.Mengisi wadah dengan air


3.4.2.dan 4.4.2.Cuci tangan,mandi,gosok gigi
12.Membuat urutan bilangan


3.5.1.dan 4.5.1.Konsep penjumlahan
13.Diskusi tentang mengapa bisa terjadi hujan,banjir dll


3.6.5.dan 4.6.5.Sifat air.
14.Mewarnai gambar orang mencuci baju


3.8.7.dan 4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur
15.Meniru gerakan sederhana


Mis,Proses terjadinya banjir
16.Menyanyi lagu


3.10.2.dan 4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata
17.Memberi tanda perbuatan benar dan salah


3.12.3.dan 4.12.3.Cerita tentang hujan/banjir
18.Melipat kertas



19.Perlombaan memindahkan air ke dalam timba


.
20.Percampuran air dengan sabun, benda – benda dimasukkan dalam



 Air (terapung, melayang, tenggelam)



21.Membuat sajak sederhana



22.Mencari jejak



23.Membedakan besar – kecil tempat air



24.Bermain balok ; membuat tanggul air



25.Melakukan tiga perintah secara urut


TEMA                          : AIR, UDARA, API
KELOMPOK                 : B
SEMESTER / MINGGU             : 2 / 10
KD : 1.1, 1.2, 2.1,2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
API
1.1.2.Api ciptaan Tuhan
1.Diskusi tentang guna ,manfaat,sumber dan bahaya api

- Guna api
1.2.1.Bersyukur atas nikmat Tuhan
2.Menyebutkan benda yang mudah terbakar

- Sumber api
2.1.3.Menjaga kebersihan lingkungan
3.Cerita tentang Kebakaran

- Sifat api
2.2.2.Mengetahui sebab akiabt
4.Mengelompokkan sumber-sumber api

- Bahaya api
2.6.1.Perilaku baik /buruk
5.Membakar kertas,membuat abu


2.10.5. Toleransi
6.Memberi angka pada gambar lilin sesuai jumlahnya


2.11.1. Menyesuaikan diri dengan orang lain
7.Mengurutkan bilangan


2.12.3. Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan
8.Mengurutkan pola lilin,dop, api unggun


3.1.2dan 4.1.2.Beribadah
9.Mencocok gambar alat pemadam api


3.2.6.dan 4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang
10.Menebali suku kata awal sama


terkena musibah kebakaran
11.Menggambar dengan arang


3.4.1.dan 4.4.1.Alat alat
12.Pengurangan dengan benda-benda


3.5.1.dan 4.5.1.Konsep penjumlahan
13.Mencoba membuat panas dengan menggesekan batu


3.6.5.dan 4.6.5.Sifat api
14.Mewarnai gambar lilin


3.8.7.dan 4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur
15.Senam fantasi


membuat arang
16.Dramatisasi memadamkan api


3.10.2.dan 4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata
17.Mencoba memasak air


3.12.2.dan 4.12.2.Huruf awal sama
18.Permainan fisik kata berantai



19.Tepuk api


.
20.Menyanyi lagu Api



21.Menyempurnakan / menjiplak gambar kompor



22.Memasangkan kartu huruf dengan benda



23.Membuat bentuk api unggun dengan batang korek api



24.Berjalan pada garis lurus



25.Mengukur panjang kabel



26.Mengisi pola pada gambar lampu belajar



27.Membedakan perilaku baik dan buruk

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas



TEMA                          : AIR, UDARA, API
KELOMPOK                 : B
SEMESTER / MINGGU             : 2 / 11
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.   
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
UDARA
1.1.2.Udara ciptaan Tuhan
1.Diskusi tentang manfaat udara

- Manfaat udara
1.2.1.Bersyukur atas nikmat Tuhan
2.Menyanyi lagu balonku

- Sumber udara
2.1.3.Menjaga kebersihan lingkungan
3.Meniup balon

- Sifat udara
2.2.2.Mengetahui sebab akibat
4.Menghitung gambar balon

- Bahaya udara
2.6.1.Perilaku baik /buruk
5.Cerita tentang balon udara,angin puting beliung dll


2.10.5. Toleransi
6.Membuat layang-layang dari kertas


2.11.1. Menyesuaikan diri dengan orang lain
7.Menghitung gambar layang-layang


2.12.3. Menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan
8.Menyebutkan posisi benda


3.1.2dan 4.1.2.Beribadah
9.Bercerita tentang pengalaman


3.2.6.dan 4.2.6.Simpati terhadap orang yang sedang terkena musibah
10.Menggunting gambar balon udara


 angin puting beliung
11.Membuat coretan bentuk angin puting beliung


3.4.1.dan 4.4.1.Benda yang membutuhkan udara
12.Melipat kertas menjadi bentuk kipas / baling – baling / kitiran


3.5.1.dan 4.5.1.Konsep penjumlahan
13.Diskusi tentang sifat/wujud udara


3.6.5.dan 4.6.5.Sifat udara.
14.Melukis didalam gambar balon, melukis dengan meniup


3.8.7.dan 4.8.7.Proses kerja sesuai prosedur meniup balon
15.Bermain kempit balon, bermain menggelindingkan roda


3.10.2.dan 4.10.2.Menirukan 3-4 urutan kata
16.Percobaan tanaman dimasukkan dalam toples (tertutup dan terbuka)


3.12.3.dan 4.12.3.Cerita tentang balon udara
17.Membedakan besar – kecil pompa



18.Mengelompokkan benda yang membutuhkan udara



19.Menirukan 3 – 4 urutan kata


.
20.Menceritakan jika tidak ada udara



21.Menirukan gerakan sederhana (ambil nafas)



22.Menyalakan kipas angin dan merasakan akibat yang ditimbulkannya



23.Menggunting gambar kipas angin

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas

TEMA                          : ALAT KOMUNIKASI
KELOMPOK                 : B
SEMESTER / MINGGU             : 2 / 12
KD : 1.1, 2.2, 2.3, 2.4, 2.5, 2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12.3.13, 4.13, 3.15, 4.15.
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
ALAT KOMUNIKASI
1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain
1.Diskusi tentang alat komunikasi elektronik

ELEKTRONIK
2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi bila tidak ada
2.Menggambar bebas alat komunikasi elektronik (hp, televisi, radio dll)

-Radio
Telepon,televisi,hp,computer dll
3.Belajar menggunakan hp

-Televisi
2.3.2.Berkreasi menggunakan berbagai media
4.Bicara sopan saat menelepon

-Telepon
2.4.1. Bergerak sesuai irama musik
5.Membuatbentuk televisi dengan kardus bekas

-Handphone
2.5.2. Menyampaikan pendapat lewat telepon
6.Menjawab pertanyaan tentang sopan santun dalam menelepon

-Laptop
2.7.3. Mendengarkan temannya bicara
7.Membuat garis menjadi bentuk radio,televisi, HP

-Komputer
2.9.3.Mau meminjamkan miliknya
8.Bergerak bebas sambil mendengarkan musik


2.12.2.Memberi dan memohon maaf
9.Menyanyi lagu radio televisi


2.14.3.Berbicara sopan
10.Menyampaikan pendapat lewat telepon


3.2.2.dan 4.2.2.Ucapan salam
11.Percakapan dua arah


3.3.6.dan 4.3.6.Mengkoordinasikan motorik halus
12.Melengkapi gambar radio, telepon


3.6.6.dan 4.6.6.Mengembalikan mainan.
13.Bermain alat perkusi


3.9.4.dan 4.9.4.Alat tehnologi sederhana.
14.Membuat bentuk alat komunikasi dengan plastisin


3.10.1.dan 4.10.1.Percakapan dua arah/lebih
15.Menyebutkan perbedaan radio dan televisi


3.12.4.dan 4.12.4. Garis tegak,datar,lengkung
16.Konsep waktu (membaca jam)


3.13.1.dan 4.13.1.Mengendalikan emosi
17.Menirukan 3 urutan kata


3.15.1.dan 4.15.1.Senandung bunyi-bunyian,
18.Membuat urutan angkan pada Hp



19.Menyebutkan bagian – bagian alat komunikasi


.
20.Membuat laptop mainan



21.Menghubungkan bagian – bagian alat komunikasi dengan tulisan



22.Membedakan besar – kecil benda



23.Mencocok bentuk komputer

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas



TEMA                          : ALAT KOMUNIKASI
KELOMPOK                 : B
SEMESTER / MINGGU             : 2 / 13
KD : 1.1, 2.2, 2.3, 2.4, 2.5, 2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.12, 4.12.3.13, 4.13, 3.15, 4.15.
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
ALAT KOMUNIKASI
1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain
1.Diskusi tentang alat komunikasi cetak & tradisional

CETAK & TRADISIONAL
2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi bila tidak ada
2.Membaca majalah bersama-sama

-Koran
Alat komunikasi
3.Mengulang kalimat yang sudah didengar

-Majalah
2.3.2.Berkreasi menggunakan berbagai media
4.Kolase dengan koran bekas pada gambar koran

-Baleho / selebaran
2.4.1. Bergerak sesuai irama musik
5.Bermain alat perkusi

-Kentongan
2.5.2. Menyampaikan pesan
6.Mencocok bentuk gambar kentongan

-Peluit
2.7.3. Mendengarkan temannya bicara
7.Bermain kentongan sambil bernyanyi

-Bedug
2.9.3.Mau meminjamkan miliknya
8.Membuat betuk baleho


2.12.2.Memberi dan memohon maaf
9.Mengukur panjang koran


2.14.3.Berbicara sopan
10.Meronce dengan koran bekas


3.2.2.dan 4.2.2.Ucapan salam
11.Bermain dengan bola dari koran


3.3.6.dan 4.3.6.Mengkoordinasikan motorik halus
12.Berjalan maju membawa beban majalah di atas kepala


3.9.4.dan 4.9.4.Alat komunikasi tradisional.
13.Montase gambar – gambar dari majalah


3.10.1.dan 4.10.1.Percakapan dua arah/lebih
14.Menghitung majalah, kentongan dll


3.12.4.dan 4.12.4. Garis tegak,datar,lengkung
15.Membuat bentuk baleho


3.13.1.dan 4.13.1.Mengendalikan emosi
16.Menyebutkan posisi benda


3.15.1.dan 4.15.1.Senandung bunyi-bunyian,
17.Membuat tulisan isi dari baleho



18.Bercerita tentang pengalaman



19.Lomba lari


.
20.Membuat peluit mainan dari daun / sedotan



21.Memasangkan gambar peluit sesuai angka



22.Membedakan suara peluit



23.Menirukan suara bedug



24.Menghubungkan gambar dengan tulisan



25.Melengkapi gambar bedug



26.Kolase gambar bedug dengan kertas


TEMA                                   : NEGARAKU
KELOMPOK                       : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 14
KD : 1.1, 1.2,2.4, 2.5, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.5, 4.5, 3.6, 4 .6,3.7, 4.7, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11.3.15, 4.15. 
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
NAMA NEGARA
1.1.4.Mensyukuri ciptaan Tuhan
1.Diskusi tentang nama,dasar ,lambang negara indonesia, pulau

DASAR NEGARA
1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain
2.Menyanyi lagu ANAK INDONESIA

LAMBANG NEGARA
2.5.6.Menceritakan pengalaman
3.Menggunting gambar burung garuda

BENDERA NEGARA
2.6.5.Mentaati tata tertib yang ada
4.Menjahit membuat bentuk bendera

PULAU
2.9.1.Gotong royong
5.Menghafal syair Pancasila


2.10.5.Toleransi
6.Menghubungkan gambar-gambar perisai Burung garuda


2.11.3.Menyesuaikan diri dengan lingkungan
sesuai angka sila Pancasila


2.14.2.Mendengarkan orang tua bicara
7.Bermain balok membuat tugu monas


3.1.8.dan 4.1.8.Hari-hari besar nasional
8.Mencari jejak gambar tugu monas


3.5.2.dan 4.5.2.Mencari jejak
9.Melengkapi gambar pada perisai burung garuda


3.6.4.dan 4.6.4.Meniru pola
10.Berjalan maju pada garis lurus


3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan
11.Meloncat dengan ketinggian 40cm


3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak
12.Memasangkan nama pulau dengan gambarnya


3.10.3.dan 4.10.3.Menceritakan isi buku
13.Meniru pola pulau jawa


3.11.3.dan.4.11.3.Lagu lagu-lagu nasional
14.Menggunting gambar burung garuda


3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik pada karya seni
15.Menghitung bulu pada gambar burung garuda



16.Melengkapi tulisan di bawah gambar burung garuda



17.Permainan fisik pindah bendera



18.Meniru menulis syair lagu bendera mebrah putih


.
19.Meniru gerakan sederhana



20.Mengurutkan benda berdasarkan tinggi – rendah



21.Menghitung hasil pengurangan dengan benda



22.Mozaik pada gabar tugu monas

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas





TEMA                                   : NEGARAKU
KELOMPOK                       : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 15
KD : 1.1, 1.2,2.4, 2.5, 2.6, 2.9, 2.10, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.5, 4.5,3.6,4.6, 3.7, 4.7, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11.3.15, 4.15..  
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
PRESIDEN & WAKILNYA
1.1.4.Mensyukuri ciptaan Tuhan
1.Menunjukkan foto presiden dan wakil presiden Indonesia

PAHLAWAN
1.2.7.Menghargai hasil karya orang lain
2.Menebali huruf nama presiden dan wakil presiden

HARI BESAR NASIONAL
2.4.5.Adat istiadat
3.Diskusi tentang hari-hari besar nasional

ADAT ISTIADAT
2.5.6.Menceritakan pengalaman
4.Menari

LAGU – LAGU NASIONAL
2.6.5.Mentaati tata tertib yang ada
5.Bercerita tentang pengalaman ikut /melihat pawai


2.9.1.Gotong royong
6.Menjiplak gambar benda pusaka


2.10.5.Toleransi
7.Mewarnai gambar pakaian adat


2.11.3.Menyesuaikan diri dengan lingkungan
8.Memakai pakaian adat


2.14.2.Mendengarkan orang tua bicara
9.Menyanyi lagu-lagu nasional


3.1.8.dan 4.1.8.Hari-hari besar nasional
10.Mengisi pola dengan garis pada gambar rumah adat


3.5.2.dan 4.5.2.Mencari jejak
11.Senam irama


3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan
12.Melipat kertas menjadi bentuk pigura


3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar lingkungan anak
13.Menulis nama pahlawan sesuai gambar


3.10.3.dan 4.10.3.Menceritakan isi buku
14.Menghubungkan gambar dengan angka


3.11.3.dan.4.11.3.Lagu lagu-lagu nasional
15.Mencari jejak gambar rumah adat


3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik pada karya seni
16.Diskusi tentang adat istiadat



17.Lomba memasang foto persiden



18.Membuat bentuk umbul – umbul



19.Meronce hiasan dengan kertas merah putih


.
20.Meneruskan pola



21.Membuat bentuk bambu runcing



22.Menyebutkan nama pahlawan wanita

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas




__________________________                                                            __________________________





TEMA                                   : ALAM SEMESTA
KELOMPOK                       : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 16
KD : 1.1, 1.2,2.1, 2.2, 2.3, 2.5, 2.7, 2.9,, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.11, 4.11, 3.13, 4.13.                
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
BUMI
1.1.1.Alam semesta ciptaan Tuhan
1.Bersyukur atas nikmat Tuhan

- Pegunungan
1.2.1.Bersyukur
2.Diskusi tentang benda-benda yang ada di bumi

- Perkotaan
2.1.5.Kebersihan diri sendiri
3.Lomba mengumpulkan batu

- Pedesaan
2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi
4.Menghitung batu/kerikil

- Gunung meletus
2.3.1.Mengembangkan hasil karyanya
5.Membatik jumputan dengan kerikil

- Tanah longsor
2.5.6.Menceritakan pengalaman sederhana
6.Bermain dengan tanah liat


2.7.5.Mengendalikan emosi
7.Mengelompokkan benda – benda yang ada di sekitar anak


2.9.4.Rasa empati padaorang lain
8.Mneyebutkan benda yang terbuat dari tanah liat


3.1.3.dan 4.1.3.Hafalan doa sehari-hari
9.Mencetak dengan jari pada gambar guci / kendi


3.2.7.dan 4.2.7.Perbuatan baik terhadap sesama
10.Gerak dan lagu naik – nai ke puncak gunung


3.5.1.dan 4.5.1.Konsep penjumlahan dan pengurangan
11.Percobaan membuat gunung meletus


3.8.4.dan 4.8.4.Suasana pedesaan,pegunungan, perkotaan.
12.Membuat sajak sederhana


3.10.3.dan 4.10.3.Menceritakan isi buku
13.Menyanyi lagu matahari terbenam


3.11.4.dan 4.11.4.Sajak sederhanan
14.Membuat mainan dengan tehnik 3m


3.13.2.dan 4.13.2.Beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
15.Mencari jejak daerah pegunungan



16.Bermain perosotan



17.Memberi tanda perbuatan benar dan salah



18.Permainan warna usap abur dengan krayon



19.Menirukan 4 urutan kata



20.Membuat orang – orangan sawah



21.Menggambar suasana desa



22.Menceritakan isi gambar yang dibuatnya dengan tulisan



23.Memanjat tangga majemuk



24.Membuat bentuk gedung bertingkat dengan kubus



25.Menyebutkan kota yang dikenal anak



26.Mengulang kalimat yang sudah didengar

TEMA                                   : ALAM SEMESTA
KELOMPOK                       : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 17
KD : 1.1, 1.2,2.1, 2.2, 2.3, 2.5, 2.7, 2.9,, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.11, 4.11, 3.13, 4.13.               
NO
SUB TEMA
MUATAN / MATERI
RENCANA KEGIATAN
1
BENDA – BENDA
1.1.1.Alam semesta ciptaan Tuhan
1.Dikusi tentang benda – benda langit

LANGIT
1.2.1.Bersyukur
2.Bercerita tentang pengalaman anak

- Matahari
2.1.5.Kebersihan diri sendiri
3.Menyanyi lagu matahari terbenam, pelangi dll

- Bulan
2.2.3.Mengetahui apa yang terjadi
4.Membuat sajak sederhana

- Bintang
2.3.1.Mengembangkan hasil karyanya
5.Membuat coretan menjadi bentuk halilintar

- Pelangi
2.5.6.Menceritakan pengalaman sederhana
6.Diskusi tentang terjadinya pelang, hujan dll

- Awan
2.7.5.Mengendalikan emosi
7.Menggunting ganbar pelangi

- Petir / halilintar
2.9.4.Rasa empati padaorang lain
8.Mengisi pola pada gambar matahari


3.1.3.dan 4.1.3.Hafalan doa sehari-hari
9.Percobaan membuat sinar dengan senter


3.2.7.dan 4.2.7.Perbuatan baik terhadap sesama
10.Menghafal doa waktu hujan/ada petir


3.5.1.dan 4.5.1.Konsep penjumlahan dan pengurangan
11.Menghitung hasil pengurangan dengan benda


3.8.4.dan 4.8.4.Suasana pedesaan, pegunungan, perkotaan.
12.Kolase pada gambar bulan, bentuk awan


3.10.3.dan 4.10.3.Menceritakan isi buku
13.Membedakan dua benda


3.11.4.dan 4.11.4.Sajak sederhanan
14.Mencocokkan bilangan dengan benda


3.13.2.dan 4.13.2.Beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
15.Permainan fisik lintang alihan, petak umpet



16.Melipat kertas menjadi bentuk bintang



17.Menghitung bentuk – bentuk bintang



18.Membaca buku cerita bergambar



19.Menyebutkan konsep waktu



20.Bersenandung sesuai irama lagu



21.Permainan warna dengan krayon



22.Melengkapi kata di bawah gambar



23.Meneruskan pola bentuk benda – benda langit



24.Menyebutkan huruf awal sama



25.Membedakan suara – suara (petir, halilintar)



26.Mengelompokkan gambar benda – benda langit



27.Menghubungkan gambar benda langit dengan kartu kata

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas