TEMA : REKREASI
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 1
KD : 1.1,1.2, 2.1, 2.5, 2.7, 2.9,
2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11,
3.13, 4.13, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
TEMPAT-TEMPAT REKREASI
|
1.1.4.Mensyukuri ciptaan Tuhan
|
1.Berdiskusi tentang tempat –
tempat rekreasi, manfaat & tata tertib
|
|
|
1.2.6.Kelestarian lingkungan
|
2.Mengurutkan gambar seri cara
berkunjung ke tempat rekreasi
|
|
|
2.1.4.Menjaga kesehatan
|
3.Mau bermain dengan teman
|
|
|
2.5.6.Bercerita tentang pengalaman
|
4.Bercerita tentang pengalaman
anak
|
|
|
2.7.2.Sabar menunggu giliran
|
5.Pentingnya menjaga kebersihan
di tempat rekreasi
|
|
|
2.9.5. Mau berbagi dengan teman
|
6.Menyanyi lagu “Kebun
Binatang, Pemandangan, Menuju pantai “
|
|
|
2.11.4. Mudah bergaul/berteman
|
7.Memberi tanda perbuatan baik
dan buruk
|
|
|
2.14.4.Memberi dan membalas
salam
|
8.Mencari jejak menuju tempat
rekreasi
|
|
|
3.1.3.dan 4.1.3.Doa sebelum
bepergian
|
9.Berkunjung ke tempat rekreasi
terdekat
|
|
|
3.4.3.dan 4.4.3.Membuang sampah
pada tempatnya
|
10.Mewarnai gambar anak sedang
rekreasi
|
|
|
3.5.1.dan 4.5.1.Konsep
pengurangan
|
11.Melengkapi huruf gambar
tempat rekreasi
|
|
|
3.5.2.dan 4.5.2.Mencari jejak
tempat rekreasi
|
12.Bermain pasir, bermain di
bak air
|
|
|
3.8.5.dan 4.8.5Tanya jawab
tempat-tempat rekreasi.
|
13.Mengahafal doa sebelum
bepergian
|
|
|
3.10.4.dan 4.10.4.Suku kata
awal sama
|
14.Menghitung hasil penjumlahan
dan pengurangan dengan benda
|
|
|
3.11.3.dan 4.11.3.Lagu
anak-anak
|
15. Bermain sepak bola, menaiki
tangga
|
|
|
3.13.2.dan 3.13.2.Orang-orang
yang ada di tempat rekreasi
|
16.Berlari sambil melompat
dengan seimbang
|
|
|
3.14.1.dan 4.14.1.Bermain bebas
|
17.Melipat kertas menjadi
bentuk keranjang sampah
|
|
|
3.15.1.dan 4.15.1.Senandung bunyi-bunyian
yangmenyenangkan
|
18.Menggambar bebas taman kota
|
|
|
|
19.Membedakan kata yang
mempunyai suku kata awal / akhir sama
|
|
|
|
20.Bermain dengan alat perkusi
|
|
|
|
21.Berdiskusi tentang memberi
dan membalas salam
|
|
|
|
22.Berdiskusi tentang orang –
orang yang ada di pantai
|
|
|
|
23.Mengelompokkan benda – benda
yang ada di tempat rekreasi
|
|
|
|
24.Konsep waktu (membaca jam)
|
|
|
|
25.Bermain peran sebagai
petugas penjaga tiket masuk
|
|
|
|
26.Membatik dan jumputan
|
|
|
|
27.Gerak dan lagu
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA : REKREASI
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 2
KD : 1.1,1.2, 2.1, 2.5, 2.7, 2.9,
2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10, 3.11, 4.11, 3.13,
4.13, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
PERLENGKAPAN
|
1.1.7.Tidak menyakiti binatang
|
1.Berdiskusi tentang
perlengkapan untuk rekreasi
|
|
REKREASI
|
1.2.6.Kelestarian lingkungan
|
2.Berdiskusi tentang pentingnya
rekreasi bagi kesehatan
|
|
|
2.1.4.Menjaga kesehatan
|
3.Memberi tanda pada gambar
perlengkapan rekreasi
|
|
|
2.5.6.Bercerita ttg prngalaman
|
4.Menghafal doa sebelum
bepergian
|
|
|
2.7.2.Sabar menunggu giliran
|
5.Menggambar bebas perlengkapan
rekreasi
|
|
|
2.9.5. Mau berbagi dengan teman
|
6.Tata tertib di tempat
rekreasi
|
|
|
2.11.4. Mudah bergaul/berteman
|
7.Menggunting dan menempel
gambar pelampung
|
|
|
2.14.4.Memberi dan membalas
salam
|
8.Kolase topi mainan dengan
kertas
|
|
|
3.1.3.dan 4.1.3.Doa sebelum
bepergian
|
9.Memasangkan benda sesuai kata
|
|
|
3.4.2.dan 4.4.2.Cuci tangan,
mandi, menyisir rambut
|
10.Menebali suku kata awal sama
perlengkapan rekreasi
|
|
|
3.5.3.dan 4.5.3.Puzel
|
11.Diskusi tentang orang-orang
yang ada ditempat rekreasi
|
|
|
3.8.5.dan 4.8.5Tanya jawab perlengkapan
rekreasi.
|
12.Menganyam bentuk tas
|
|
|
3.10.2.dan 4.10.2.Menirukan 3 –
4 urutan kata
|
13.Bercerita tentang pengalaman
anak
|
|
|
3.11.3.dan 4.11.3.Lagu
anak-anak
|
14.Mencocokkan bilangan sesuai
gambar
|
|
|
3.13.2.dan 3.13.2.Orang-orang
yang ada di tempat rekreasi
|
15.Mewarnai gambar tenda
|
|
|
3.14.1.dan 4.14.1.Bermain bebas
|
16.Menyanyi lagu Topi saya
bundar
|
|
|
3.15.1.dan 4.15.1.Senandung
bunyi-bunyian yang menyenangkan
|
17.Menghitung topi
|
|
|
|
18.Praktek membuka dan menutup
payung
|
|
|
|
19.Membuat bentuk payung dari
kertas
|
|
|
|
20.Menceritakan gambar yang
disediakan
|
|
|
|
21.Menirukan gerkan sederhana
|
|
|
|
22.Memilih baju renang
|
|
|
|
23.Mengelompokkan peralatan
untuk berenang
|
|
|
|
24.Berjalan membungkuk
|
|
|
|
25.Menyebutkan jenis obat anti
mabuk
|
|
|
|
26.Menari / tari payung
|
|
|
|
27.Membedakan besar – kecil
benda
|
|
|
|
28.Bermain sambung lidah
|
TEMA : KENDARAAN
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 3
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9,
2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11, 4.11,
3.12, 4.12. 2.3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
KENDARAAN DARAT
|
2.1.4.Menjaga kesehatan
|
1.Berdiskusi tentang kendaraan
darat, bagian – bagian kendaraan
|
|
|
2.2.3.Mengetahui apa yang
terjadi
|
2.Bercerita mengapa mobil bisa berjalan
|
|
|
2.5.8.Mengikuti lomba naik
sepeda
|
3.Mencari jejak tempat
pemberhentian kendaraan
|
|
|
2.6.5.Mentaati tertib lalu
lintas
|
4.Bercerita tentang tata tertib
berkendara
|
|
|
2.7.1. Saling menghormati antar
pengendara
|
5.Mengelompokkan gambar
kendaraan darat (roda 2, roda 3, roda 4)
|
|
|
2.9.3. Mau meminjamkan miliknya
|
6.Menyusun pusel gambar mobil
sedan
|
|
|
2.12.2. Memohon dan memberi
maaf
|
7.Naik sepeda roda 2
|
|
|
2.14.1.Mengucap terima kasih
|
8.Membuat sajak
|
|
|
3.2.4.dan 4.2.4.Menolong orang
yang kesusahan
|
9.Menggambar bebas kendaraan
darat
|
|
|
3.3.3.dan 4.3.3.Guna anggota
tubuh untuk
|
10.Menempel bentuk-bentuk
geometri pada gambar truk
|
|
|
mengendarai kendaraan
|
11.Mewarnai gambar kendaraan
darat
|
|
|
3.5.3.dan 4.5.3.Menyusun puzel
bentuk mobil
|
12.Menghubungkan gambar dengan
kata
|
|
|
3.6.2.dan 4.6.2.Bagian-bagian
kendaraan.
|
13.Menyanyi lagu “Sepeda Baru,
Bis kota “
|
|
|
3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan
|
14.Penjumlahan dan pengurangan
dengan benda
|
|
|
3.7.4.dan 4.7.4.Macam-macam
kendaraan darat
|
15.Bermain mobil-mobilan
|
|
|
3.9.4.dan 4.9.4.Miniatur
kendaraan darat
|
16.Membuat terminal dengan
balok-balok
|
|
|
3.11.4.dan 3.11.4.Syair
|
17.Membuat mobil-mobilan dari
kardus bekas
|
|
|
3.12.1.dan 4.12.1.Huruf vokal
dan konsonan
|
18.Menghitung jumlah roda
kendaraan
|
|
|
3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik
ingin naik sepeda / becak
|
19.Memasangkan angka dengan
jumlah bagian – bagian kendaraan
|
|
|
.
|
20.Membuat tulisan / cerita
mengenai gambar yang telah dibuatnya
|
|
|
|
21.Mengamati sepeda, sepeda
motor
|
|
|
|
22.Menirukan gerakan orang
mengemudi
|
|
|
|
23.Membuat bentuk kereta api
dengan tehnik 3m
|
|
|
|
24.Melengkapi kata
|
|
|
|
25.Gerak dan lagu “Tamasya “
|
|
|
|
26.Tepuk tangan dengan pola
|
|
|
|
27.Membedakan dua benda (sepeda
dan sepeda motor)
|
|
|
|
28.Mengunjungi stasiun
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA : KENDARAAN
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 4
KD : 2.1,2.2, 2.5, 2.6,2.7, 2.9,
2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11,
4.11, 3.12, 4.12. 2.3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
KENDARAAN AIR
|
2.1.4.Menjaga kesehatan
|
1.Berdiskusi tentang kendaraan
air
|
|
- Perahu layar
|
2.2.3.Mengetahui apa yang
terjadi
|
2.Mengelompokkan gambar
kendaraan air
|
|
- Kapal laut
|
2.5.1.Berani bertanya
|
3.Bercerita tentang gambar yang
disediakan
|
|
- Rakit
|
2.6.5.Mentaati tertib
berkendara
|
4.Membuat bentuk dermaga dari
balok - balok
|
|
- Perahu karet /
|
2.7.1. Saling menghormati antar
penumpang
|
5.Mozaik gambar kapal laut
|
|
pelampung
|
2.9.3. Mau meminjamkan miliknya
|
6.Menyusun pusel gambar kapal
laut
|
|
|
2.12.1. Menyelesaikan pekerjaan
sampai selesai
|
7.Bersyair “Kapal Laut”
|
|
|
2.14.1.Mengucap terima kasih
|
8.Menyebutkan huruf konsonan
dari nama-nama kendaraan laut
|
|
|
3.2.4.dan 4.2.4.Menolong orang
yang kesusahan
|
9.Membiasakan anak mengucap
terimakasih
|
|
|
3.3.3.dan 4.3.3.Guna anggota
tubuh untuk
|
10.Melipat kertas menjadi
bentuk perahu
|
|
|
mengendarai kendaraan
|
11.Menirukan gerakan mendayung
perahu
|
|
|
3.5.3.dan 4.5.3.Menyusun puzel
bentuk kapal laut
|
12.Menghubungkan gambar
kendaraan laut dengan kartu kata
|
|
|
3.6.2.dan 4.6.2.Bentuk-bentuk
kendaraan air
|
13.Mencipta bentuk perahu layar
dengan kepingan geometri
|
|
|
3.7.4.dan 4.7.4.Macam-macam
kendaraan air
|
14.Melengkapi gambar kapal laut
|
|
|
3.9.4.dan 4.9.4.Miniatur
kendaraan air
|
15.Bermain manjalankan kapal
laut di bak air
|
|
|
3.11.4.dan 4.11.4.Syair
|
16.Membuat urutan bilangan
|
|
|
3.12.1.dan 4.12.1.Huruf vokal
dan konsonan
|
17.Menggambar bebas perahu
layar
|
|
|
3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik
ingin naik perahu
|
18.Mengelompokkan huruf vokal
dari suatu kata
|
|
|
|
19.Menghitung gambar perahu
layar
|
|
|
.
|
20.Membuat bentuk rakit dari
sedotan
|
|
|
|
21.Membedakan besar – kecil
kendaraan air
|
|
|
|
22.Menyebutkan posisi benda
|
|
|
|
23.Berjalan di atas papan
titian
|
|
|
|
24.Mengulang kalimat sederhana
|
|
|
|
25.Bemain lompat tali
|
|
|
|
26.Mencocok gambar perahu layar
|
|
|
|
27.Mencocokkan bilangan dengan
benda
|
|
|
|
28.Bercerita tentang pengalaman
|
Mengetahui,
TEMA : KENDARAAN
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 5
KD : 2.1,2.2, 2.5,
2.6,2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7,
3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12,
2.3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
KENDARAAN UDARA
|
2.1.4.Menjaga kesehatan
|
1.Berdiskusi tentang kendaraan
udara
|
|
- Pesawat terbang
|
2.2.3.Mengetahui apa yang
terjadi
|
2.Bermain peran sebagai pilot
|
|
- Helikopter
|
2.5.1.Berani bertanya
|
3.Menggunting gambar pesawat
terbang
|
|
-Kapal layang
|
2.6.5.Mentaati tertib
berkendara
|
4.Mengelompokkan gambar
kendaraan udara
|
|
- Balon udara
|
2.7.1. Saling menghormati antar
penumpang
|
5.Bersyair “Pesawatku”
|
|
|
2.9.3. Mau meminjamkan miliknya
|
6.Memasangkan kartu huruf pada
gambar kendaraan udara
|
|
|
2.12.1. Menyelesaikan pekerjaan
sampai selesai
|
7.Menggambar bentuk helikopter
|
|
|
2.14.1.Mengucap terima kasih
|
8.Membuat bentuk pesawat
terbang
|
|
|
3.2.4.dan 4.2.4.Menolong orang
yang kesusahan
|
9.Mau meminjamkan pesawat
mainan miliknya
|
|
|
3.3.3.dan 4.3.3.Guna anggota
tubuh untuk
|
10.Mencari huruf awal sama nama
kendaraan udara
|
|
|
mengendarai kendaraan
|
11.Kolase gambar helikopter
dengan kertas
|
|
|
3.5.2.dan 4.5.2.Mencari jejak
|
12.Menyebutkan konsep waktu
|
|
|
3.6.2.dan 4.6.2.Bentuk-bentuk
kendaraan udara
|
13.Menirukan gerakan pesawat
terbang
|
|
|
3.7.4.dan 4.7.4.Macam-macam
kendaraan udara
|
14.Menghitung jumlah pesawat,
helikopter dll
|
|
|
3.9.4.dan 4.9.4.Miniatur
kendaraan udara
|
15.Mencari jejak menuju bandara
|
|
|
3.11.4.dan 4.11.4.Syair
|
16.Memasangkan kartu huruf pada
gambar kendaraan udara
|
|
|
3.12.2.dan 4.12.2.Huruf awal
sama
|
17.Gerak dan lagu
|
|
|
3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik
ingin naik pesawat
|
18.Membuat baling – baling dari
stiker es
|
|
|
|
19.Mencari perbedaan pesawat
terbang dengan helikopter
|
|
|
.
|
20.Membuat mainan balon udara
|
|
|
|
21.Melambungkan bola
|
|
|
|
22.Mengukur panjang benang
dengan jengkal
|
|
|
|
23.Menceritakan mengapa balon
udara bisa terbang
|
|
|
|
24.Mewarnai gambar kapal layang
|
|
|
|
25.Menghitunghasil penjumlahan
dengan benda
|
|
|
|
26.Meneruskan pola gambar
kendaraan udara
|
|
|
|
27.Melengkapi kalimat
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA : PEKERJAAN
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 6
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2,
2.6, 2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3,3.6, 4.6, 3.7, 4.7,
3.9, 4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14. .3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BIDANG PENDIDIKAN
|
1.1.6.Memanfaatkan cipataan
Tuhan
|
1.Berdiskusi tentang pekerjaan
di bidang pendidikan, kesehatan
|
|
- Guru
|
1.2.7.Menghargai hasil karya
orang lain
|
2.Bertepuk tangan membentuk
irama
|
|
- TU / Pesuruh
|
2.1.1.Berolah raga
|
3.Mengelompokkan peralatan yang
dipakai bekerja guru,dokter
|
2
|
BIDANG KESEHATAN
|
2.2.2.Mengetahui sebab akibat
|
4.Bermain peran sebagai
guru,dokter,bidan dll
|
|
- Dokter
|
2.6.5. Mentaati tata tertib
dalam bekerja
|
5.Memberi tanda pada gambar
alat-alat dokter
|
|
- Bidan
|
2.7.4. Saling menghargai sesama
teman
|
6.Menggambar bebas peralatan
guru,dokter
|
|
- Perawat
|
2.9.2. Tenggang rasa
|
7.Menyanyi lagu “Guruku”
|
|
|
2.13.2.Mengakui kesalahannya
|
8.Mencocok gambar termometer
|
|
|
2.14.2.Memperhatikan orang tua
bicara
|
9.Melipat baju dokter
|
|
|
3.1.7.dan 4.1.7.Tenaga pendidik
dan tenaga medis
|
10.Pantomim pergi ke dokter
|
|
|
3.2.6.dan 4.2.6.Simpati
terhadap orang sakit
|
11.Mencipta bentuk alat-alat
dokter dengan plastisin
|
|
|
3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi
motorik halus
|
12.Membuat urutan bilangan gambar
alat-alat untuk bekerja
|
|
|
3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan
|
13.Menyebutkan konsep waktu
|
|
|
3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar
lingkungan anak
|
14.Mencari jejak tempat bekerja
guru
|
|
|
3.9.2.dan 4.9.2.Alat-alat untuk
bekerja
|
15.Menghitung jumlah guru di
sekolahnya
|
|
|
3.11.2.dan 4.11.2.Pantomim
|
16.Menyebutkan nama – nama guru
|
|
|
3.13.5.dan 3.13.5.Dapat bekerja
kelompok
|
17.Senam irama
|
|
|
3.14.4.dan 4.14.4.Memilih 1
dari pilihan yg tersedia
|
18.Memberi tanda pada gambar
anak yang sopan
|
|
|
3.15.4.dan 4.15.4.Tertarik
aktifitas seni
|
19.Menirukan 3 – 4 urutan kata
|
|
|
.
|
20.Permainan warna dengan cat
& kuas
|
|
|
|
21.Menyebutkan perbedaan guru
& TU / pesuruh
|
|
|
|
22.Membuat sajak
|
|
|
|
23.Mengurutkan peralatan dokter
dari kecil – besar
|
|
|
|
24.Menghitung jarum suntik
maiana
|
|
|
|
25.Menghubungkan tulisan dengan
benda
|
|
|
|
26.Membuat bentuk jarum suntik
|
|
|
|
27.Menimbang berat badannya
sendiri & teman
|
TEMA : PEKERJAAN
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 7
KD : 1.2, 2.2, 2.6, 2.7, 2.9,
2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6 ,3.7, 4.7, 3.9, 4.9, 3.11,
4.11, 3.14, 4.14, 3.15, 4 15
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BIDANG KEAMANAN
|
1.2.7.Menghargai hasil karya
orang lain
|
1.Mengulang kalimat sederhana
|
2
|
BIDANG PEMERINTAHAN
|
2.2.2.Mengetahui sebab akibat
|
2.Diskusi tentang polisi
tentara, satpam, hansip, kepala desa, bupati
|
|
(POLISI, TENTARA,
|
2.6.5. Mentaati tata tertib
dalam bekerja
|
3.Membuat pos ronda dengan
balok-balok
|
|
HANSIP, SATPAM, BUPATI
|
2.7.4. Saling menghargai sesama
teman
|
4.Menyanyi lagu Polisi
|
|
KEPALA DESA)
|
2.9.2. Tenggang rasa
|
5.Senam fantasi (bapak polisi)
|
|
|
2.13.2.Mengakui kesalahannya
|
6.Membuat bentuk trafe ligt
dari kepingan geometri
|
|
|
2.14.2.Memperhatikan orang tua
bicara
|
7.Mencari peralatan polisi
|
|
|
3.1.7.dan 4.1.7.Tenaga
pemerintahan dan tenaga
|
8.Membuat bentuk pistol dari
bombig
|
|
|
keamanan
|
9.Bermain balok
|
|
|
3.2.6.dan 4.2.6.Peduli terhadap
keamanan
|
10.Menggambar rambu – rambu
lalu lintas
|
|
|
3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi
motorik halus
|
11.Mengurutkan bilangan
|
|
|
3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan
|
12.Melengkapi kalimat
|
|
|
3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar
lingkungan anak
|
13.Menari (Tari Perang)
|
|
|
3.9.2.dan 4.9.2.Alat-alat untuk
bekerja
|
14.Membuat baju untuk tentara
|
|
|
3.11.2.dan 4.11.2.Pantomim
|
15.Membuat topi tentara
|
|
|
3.13.5.dan 4.13.5.Dapat bekerja
kelompok
|
16.Membedakan polisi dengan
tentara
|
|
|
3.14.4.dan 4.14.4.Memilih 1
dari pilihan yg tersedia
|
17.Mencocok gambar rangsel
tentara
|
|
|
3.15.4.dan 4.15.4.Tertarik aktifitas
seni
|
18.Mengulang kalimat sederhana
|
|
|
|
19.Lari estafet membawa tongkat
|
|
|
.
|
20.Membuat sabuk hansip dari
karton bekas
|
|
|
|
21.Mengukur panjang sabuk
dengan penggaris
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA : PEKERJAAN
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 8
KD : 1.1, 1.2, 2.2, 2.6,
2.7, 2.9, 2.13, 2.14, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6. 4.6, 3.7, 4.7, 3.9,
4.9, 3.11, 4.11, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BIDANG SWASTA
|
1.1.6.Memanfaatkan cipataan
Tuhan
|
1.Diskusi tentang petani,
nelayan, koki, penjahit
|
|
(PETANI,KOKI,
|
1.2.7.Menghargai hasil karya
orang lain
|
2.Diskus tentang peralatan
untuk bekerja
|
|
TUKANG KAYU,
|
2.2.2.Mengethui sebab akibat
|
3.Pantomim sebagai petani
|
|
NELAYAN)
|
2.6.5. Mentaati tata tertib
dalam bekerja
|
4.Mengelompokkan alat
pertanian, tukang kayu, koki, penjahit dll
|
|
|
2.7.4. Saling menghargai sesama
teman
|
5.Meniru angka pada gambar kue
|
|
|
2.9.2. Tenggang rasa
|
6.Membaca buku cerita bergambar
|
|
|
2.13.2.Mengakui kesalahannya
|
7.Mewarnai gambar petani
|
|
|
2.14.2.Memperhatikan orang tua
bicara
|
8.Mengisi pola gambar palu
dengan serbuk gergaji
|
|
|
3.1.7.dan 4.1.7.Seniman,wira
usahawan,wartawan
|
9.Menghitung hasil petani (penjumlahan)
|
|
|
3.2.6.dan 4.2.6.Simpati
terhadap berita dimedia
|
10.Membuat cangkul dari karton
bekas
|
|
|
3.3.6.dan 4.3.6.Koordinasi
motorik halus
|
11.Bergerak bebas sesuai irama
musik
|
|
|
3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan
|
12.Senam fantasi meniru petani
|
|
|
3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar
lingkungan anak
|
13.Menghitung hasil petani
|
|
|
3.9.2.dan 4.9.2.Alat-alat untuk
bekerja
|
14.Mencari jejak hasil
pertanian
|
|
|
3.11.2.dan 4.11.2.Pantomim
|
15.Mengurutkan caramenanam padi
|
|
|
3.13.5.dan 4.13.5.Dapat bekerja
kelompok
|
16.Melompati simpai
|
|
|
3.14.4.dan 4.14.4.Memilih 1
dari pilihan yg tersedia
|
17.Menganyam bentuk caping
petani
|
|
|
3.15.4.dan 4.15.4.Tertarik
aktifitas seni
|
18.Mengukur panjang meja dengan
meteran
|
|
|
|
19.Permainan fisik ular naga
|
|
|
.
|
20.Bermain dengan pasir
(mencetak kue 0
|
|
|
|
21.Menggunting pola baju
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
TEMA : AIR, UDARA, API
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 9
KD : 1.1, 1.2, 2.1,2.2,
2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8,
4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
AIR
|
1.1.2.Air ciptaan Tuhan
|
1.Diskusi tentang
guna,sumber,manfaat dan bahaya air
|
|
- Sumber air
|
1.2.1.Bersyukur atas nikmat
Tuhan
|
2.Mengelompokkan sumber –
sumber air
|
|
- Guna air
|
2.1.3.Menjaga kebersihan air
|
3.Praktek berwudhu
|
|
- Tempat air
|
2.2.2.Mengetahui sebab akibat
|
4.Mengurutkan cara anak sedang
mandi, cara mencuci baju dll
|
|
- Sifat air
|
2.6.1.Perilaku baik /buruk
|
5.Menghubungkan tempat air
dengan kartu kata
|
|
- Bahaya air
|
2.10.5. Toleransi
|
6.Menggunting gambar bak air
|
|
|
2.11.1. Menyesuaikan diri
dengan orang lain
|
7.Cuci tangan,gosok gigi yang
benar
|
|
|
2.12.3. Menyelesaikan pekerjaan
tanpa bantuan
|
8.Mencoba membuat hujan, proses
terjadinya banjir
|
|
|
3.1.2dan 4.1.2.Berwudhu
|
9.Penjumlahan dengan
benda-benda:mis cangkir
|
|
|
3.2.6.dan 4.2.6.Simpati
terhadap orang yang sedang
|
10.Menirukan 4 urutan kata
|
|
|
kebanjiran
|
11.Mengisi wadah dengan air
|
|
|
3.4.2.dan 4.4.2.Cuci
tangan,mandi,gosok gigi
|
12.Membuat urutan bilangan
|
|
|
3.5.1.dan 4.5.1.Konsep
penjumlahan
|
13.Diskusi tentang mengapa bisa
terjadi hujan,banjir dll
|
|
|
3.6.5.dan 4.6.5.Sifat air.
|
14.Mewarnai gambar orang
mencuci baju
|
|
|
3.8.7.dan 4.8.7.Proses kerja
sesuai prosedur
|
15.Meniru gerakan sederhana
|
|
|
Mis,Proses terjadinya banjir
|
16.Menyanyi lagu
|
|
|
3.10.2.dan 4.10.2.Menirukan 3-4
urutan kata
|
17.Memberi tanda perbuatan
benar dan salah
|
|
|
3.12.3.dan 4.12.3.Cerita
tentang hujan/banjir
|
18.Melipat kertas
|
|
|
|
19.Perlombaan memindahkan air
ke dalam timba
|
|
|
.
|
20.Percampuran air dengan
sabun, benda – benda dimasukkan dalam
|
|
|
|
Air (terapung, melayang, tenggelam)
|
|
|
|
21.Membuat sajak sederhana
|
|
|
|
22.Mencari jejak
|
|
|
|
23.Membedakan besar – kecil
tempat air
|
|
|
|
24.Bermain balok ; membuat
tanggul air
|
|
|
|
25.Melakukan tiga perintah
secara urut
|
TEMA : AIR, UDARA, API
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 10
KD : 1.1, 1.2, 2.1,2.2,
2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8,
4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
API
|
1.1.2.Api ciptaan Tuhan
|
1.Diskusi tentang guna
,manfaat,sumber dan bahaya api
|
|
- Guna api
|
1.2.1.Bersyukur atas nikmat
Tuhan
|
2.Menyebutkan benda yang mudah
terbakar
|
|
- Sumber api
|
2.1.3.Menjaga kebersihan
lingkungan
|
3.Cerita tentang Kebakaran
|
|
- Sifat api
|
2.2.2.Mengetahui sebab akiabt
|
4.Mengelompokkan sumber-sumber
api
|
|
- Bahaya api
|
2.6.1.Perilaku baik /buruk
|
5.Membakar kertas,membuat abu
|
|
|
2.10.5. Toleransi
|
6.Memberi angka pada gambar
lilin sesuai jumlahnya
|
|
|
2.11.1. Menyesuaikan diri
dengan orang lain
|
7.Mengurutkan bilangan
|
|
|
2.12.3. Menyelesaikan pekerjaan
tanpa bantuan
|
8.Mengurutkan pola lilin,dop,
api unggun
|
|
|
3.1.2dan 4.1.2.Beribadah
|
9.Mencocok gambar alat pemadam
api
|
|
|
3.2.6.dan 4.2.6.Simpati
terhadap orang yang sedang
|
10.Menebali suku kata awal sama
|
|
|
terkena musibah kebakaran
|
11.Menggambar dengan arang
|
|
|
3.4.1.dan 4.4.1.Alat alat
|
12.Pengurangan dengan
benda-benda
|
|
|
3.5.1.dan 4.5.1.Konsep
penjumlahan
|
13.Mencoba membuat panas dengan
menggesekan batu
|
|
|
3.6.5.dan 4.6.5.Sifat api
|
14.Mewarnai gambar lilin
|
|
|
3.8.7.dan 4.8.7.Proses kerja
sesuai prosedur
|
15.Senam fantasi
|
|
|
membuat arang
|
16.Dramatisasi memadamkan api
|
|
|
3.10.2.dan 4.10.2.Menirukan 3-4
urutan kata
|
17.Mencoba memasak air
|
|
|
3.12.2.dan 4.12.2.Huruf awal
sama
|
18.Permainan fisik kata
berantai
|
|
|
|
19.Tepuk api
|
|
|
.
|
20.Menyanyi lagu Api
|
|
|
|
21.Menyempurnakan / menjiplak
gambar kompor
|
|
|
|
22.Memasangkan kartu huruf
dengan benda
|
|
|
|
23.Membuat bentuk api unggun
dengan batang korek api
|
|
|
|
24.Berjalan pada garis lurus
|
|
|
|
25.Mengukur panjang kabel
|
|
|
|
26.Mengisi pola pada gambar
lampu belajar
|
|
|
|
27.Membedakan perilaku baik dan
buruk
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
TEMA : AIR, UDARA, API
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 11
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2,
2.6, 2.10, 2.11, 2.12, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.4, 4.4, 3.5, 4.5, 3.6, 4.6, 3.8,
4.8, 3.10, 4.10.3.12, 4.12.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
UDARA
|
1.1.2.Udara ciptaan Tuhan
|
1.Diskusi tentang manfaat udara
|
|
- Manfaat udara
|
1.2.1.Bersyukur atas nikmat
Tuhan
|
2.Menyanyi lagu balonku
|
|
- Sumber udara
|
2.1.3.Menjaga kebersihan
lingkungan
|
3.Meniup balon
|
|
- Sifat udara
|
2.2.2.Mengetahui sebab akibat
|
4.Menghitung gambar balon
|
|
- Bahaya udara
|
2.6.1.Perilaku baik /buruk
|
5.Cerita tentang balon
udara,angin puting beliung dll
|
|
|
2.10.5. Toleransi
|
6.Membuat layang-layang dari
kertas
|
|
|
2.11.1. Menyesuaikan diri
dengan orang lain
|
7.Menghitung gambar
layang-layang
|
|
|
2.12.3. Menyelesaikan pekerjaan
tanpa bantuan
|
8.Menyebutkan posisi benda
|
|
|
3.1.2dan 4.1.2.Beribadah
|
9.Bercerita tentang pengalaman
|
|
|
3.2.6.dan 4.2.6.Simpati
terhadap orang yang sedang terkena musibah
|
10.Menggunting gambar balon
udara
|
|
|
angin puting beliung
|
11.Membuat coretan bentuk angin
puting beliung
|
|
|
3.4.1.dan 4.4.1.Benda yang
membutuhkan udara
|
12.Melipat kertas menjadi
bentuk kipas / baling – baling / kitiran
|
|
|
3.5.1.dan 4.5.1.Konsep
penjumlahan
|
13.Diskusi tentang sifat/wujud
udara
|
|
|
3.6.5.dan 4.6.5.Sifat udara.
|
14.Melukis didalam gambar
balon, melukis dengan meniup
|
|
|
3.8.7.dan 4.8.7.Proses kerja
sesuai prosedur meniup balon
|
15.Bermain kempit balon,
bermain menggelindingkan roda
|
|
|
3.10.2.dan 4.10.2.Menirukan 3-4
urutan kata
|
16.Percobaan tanaman dimasukkan
dalam toples (tertutup dan terbuka)
|
|
|
3.12.3.dan 4.12.3.Cerita
tentang balon udara
|
17.Membedakan besar – kecil
pompa
|
|
|
|
18.Mengelompokkan benda yang
membutuhkan udara
|
|
|
|
19.Menirukan 3 – 4 urutan kata
|
|
|
.
|
20.Menceritakan jika tidak ada
udara
|
|
|
|
21.Menirukan gerakan sederhana
(ambil nafas)
|
|
|
|
22.Menyalakan kipas angin dan
merasakan akibat yang ditimbulkannya
|
|
|
|
23.Menggunting gambar kipas
angin
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
TEMA : ALAT KOMUNIKASI
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 12
KD : 1.1, 2.2, 2.3, 2.4,
2.5, 2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10,
3.12, 4.12.3.13, 4.13, 3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
ALAT KOMUNIKASI
|
1.2.7.Menghargai hasil karya
orang lain
|
1.Diskusi tentang alat
komunikasi elektronik
|
|
ELEKTRONIK
|
2.2.3.Mengetahui apa yang
terjadi bila tidak ada
|
2.Menggambar bebas alat
komunikasi elektronik (hp, televisi, radio dll)
|
|
-Radio
|
Telepon,televisi,hp,computer
dll
|
3.Belajar menggunakan hp
|
|
-Televisi
|
2.3.2.Berkreasi menggunakan
berbagai media
|
4.Bicara sopan saat menelepon
|
|
-Telepon
|
2.4.1. Bergerak sesuai irama
musik
|
5.Membuatbentuk televisi dengan
kardus bekas
|
|
-Handphone
|
2.5.2. Menyampaikan pendapat
lewat telepon
|
6.Menjawab pertanyaan tentang
sopan santun dalam menelepon
|
|
-Laptop
|
2.7.3. Mendengarkan temannya
bicara
|
7.Membuat garis menjadi bentuk
radio,televisi, HP
|
|
-Komputer
|
2.9.3.Mau meminjamkan miliknya
|
8.Bergerak bebas sambil
mendengarkan musik
|
|
|
2.12.2.Memberi dan memohon maaf
|
9.Menyanyi lagu radio televisi
|
|
|
2.14.3.Berbicara sopan
|
10.Menyampaikan pendapat lewat
telepon
|
|
|
3.2.2.dan 4.2.2.Ucapan salam
|
11.Percakapan dua arah
|
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Mengkoordinasikan motorik halus
|
12.Melengkapi gambar radio,
telepon
|
|
|
3.6.6.dan 4.6.6.Mengembalikan
mainan.
|
13.Bermain alat perkusi
|
|
|
3.9.4.dan 4.9.4.Alat tehnologi
sederhana.
|
14.Membuat bentuk alat
komunikasi dengan plastisin
|
|
|
3.10.1.dan 4.10.1.Percakapan
dua arah/lebih
|
15.Menyebutkan perbedaan radio
dan televisi
|
|
|
3.12.4.dan 4.12.4. Garis tegak,datar,lengkung
|
16.Konsep waktu (membaca jam)
|
|
|
3.13.1.dan 4.13.1.Mengendalikan
emosi
|
17.Menirukan 3 urutan kata
|
|
|
3.15.1.dan 4.15.1.Senandung
bunyi-bunyian,
|
18.Membuat urutan angkan pada
Hp
|
|
|
|
19.Menyebutkan bagian – bagian
alat komunikasi
|
|
|
.
|
20.Membuat laptop mainan
|
|
|
|
21.Menghubungkan bagian –
bagian alat komunikasi dengan tulisan
|
|
|
|
22.Membedakan besar – kecil
benda
|
|
|
|
23.Mencocok bentuk komputer
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
TEMA : ALAT KOMUNIKASI
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 13
KD : 1.1, 2.2, 2.3, 2.4,
2.5, 2.7, 2.9, 2.12, 2.14, 3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.9, 4.9, 3.10, 4.10,
3.12, 4.12.3.13, 4.13, 3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
ALAT KOMUNIKASI
|
1.2.7.Menghargai hasil karya
orang lain
|
1.Diskusi tentang alat
komunikasi cetak & tradisional
|
|
CETAK & TRADISIONAL
|
2.2.3.Mengetahui apa yang
terjadi bila tidak ada
|
2.Membaca majalah bersama-sama
|
|
-Koran
|
Alat komunikasi
|
3.Mengulang kalimat yang sudah
didengar
|
|
-Majalah
|
2.3.2.Berkreasi menggunakan
berbagai media
|
4.Kolase dengan koran bekas
pada gambar koran
|
|
-Baleho / selebaran
|
2.4.1. Bergerak sesuai irama
musik
|
5.Bermain alat perkusi
|
|
-Kentongan
|
2.5.2. Menyampaikan pesan
|
6.Mencocok bentuk gambar
kentongan
|
|
-Peluit
|
2.7.3. Mendengarkan temannya
bicara
|
7.Bermain kentongan sambil
bernyanyi
|
|
-Bedug
|
2.9.3.Mau meminjamkan miliknya
|
8.Membuat betuk baleho
|
|
|
2.12.2.Memberi dan memohon maaf
|
9.Mengukur panjang koran
|
|
|
2.14.3.Berbicara sopan
|
10.Meronce dengan koran bekas
|
|
|
3.2.2.dan 4.2.2.Ucapan salam
|
11.Bermain dengan bola dari
koran
|
|
|
3.3.6.dan
4.3.6.Mengkoordinasikan motorik halus
|
12.Berjalan maju membawa beban
majalah di atas kepala
|
|
|
3.9.4.dan 4.9.4.Alat komunikasi
tradisional.
|
13.Montase gambar – gambar dari
majalah
|
|
|
3.10.1.dan 4.10.1.Percakapan
dua arah/lebih
|
14.Menghitung majalah,
kentongan dll
|
|
|
3.12.4.dan 4.12.4. Garis
tegak,datar,lengkung
|
15.Membuat bentuk baleho
|
|
|
3.13.1.dan 4.13.1.Mengendalikan
emosi
|
16.Menyebutkan posisi benda
|
|
|
3.15.1.dan 4.15.1.Senandung
bunyi-bunyian,
|
17.Membuat tulisan isi dari
baleho
|
|
|
|
18.Bercerita tentang pengalaman
|
|
|
|
19.Lomba lari
|
|
|
.
|
20.Membuat peluit mainan dari
daun / sedotan
|
|
|
|
21.Memasangkan gambar peluit
sesuai angka
|
|
|
|
22.Membedakan suara peluit
|
|
|
|
23.Menirukan suara bedug
|
|
|
|
24.Menghubungkan gambar dengan
tulisan
|
|
|
|
25.Melengkapi gambar bedug
|
|
|
|
26.Kolase gambar bedug dengan
kertas
|
TEMA : NEGARAKU
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 14
KD : 1.1, 1.2,2.4, 2.5, 2.6, 2.9,
2.10, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.5, 4.5, 3.6, 4 .6,3.7, 4.7, 3.10, 4.10, 3.11,
4.11.3.15, 4.15.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
NAMA NEGARA
|
1.1.4.Mensyukuri ciptaan Tuhan
|
1.Diskusi tentang nama,dasar
,lambang negara indonesia, pulau
|
|
DASAR NEGARA
|
1.2.7.Menghargai hasil karya
orang lain
|
2.Menyanyi lagu ANAK INDONESIA
|
|
LAMBANG NEGARA
|
2.5.6.Menceritakan pengalaman
|
3.Menggunting gambar burung
garuda
|
|
BENDERA NEGARA
|
2.6.5.Mentaati tata tertib yang
ada
|
4.Menjahit membuat bentuk
bendera
|
|
PULAU
|
2.9.1.Gotong royong
|
5.Menghafal syair Pancasila
|
|
|
2.10.5.Toleransi
|
6.Menghubungkan gambar-gambar
perisai Burung garuda
|
|
|
2.11.3.Menyesuaikan diri dengan
lingkungan
|
sesuai angka sila Pancasila
|
|
|
2.14.2.Mendengarkan orang tua
bicara
|
7.Bermain balok membuat tugu
monas
|
|
|
3.1.8.dan 4.1.8.Hari-hari besar
nasional
|
8.Mencari jejak gambar tugu
monas
|
|
|
3.5.2.dan 4.5.2.Mencari jejak
|
9.Melengkapi gambar pada
perisai burung garuda
|
|
|
3.6.4.dan 4.6.4.Meniru pola
|
10.Berjalan maju pada garis
lurus
|
|
|
3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan
|
11.Meloncat dengan ketinggian
40cm
|
|
|
3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar
lingkungan anak
|
12.Memasangkan nama pulau
dengan gambarnya
|
|
|
3.10.3.dan 4.10.3.Menceritakan
isi buku
|
13.Meniru pola pulau jawa
|
|
|
3.11.3.dan.4.11.3.Lagu
lagu-lagu nasional
|
14.Menggunting gambar burung
garuda
|
|
|
3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik pada
karya seni
|
15.Menghitung bulu pada gambar
burung garuda
|
|
|
|
16.Melengkapi tulisan di bawah
gambar burung garuda
|
|
|
|
17.Permainan fisik pindah
bendera
|
|
|
|
18.Meniru menulis syair lagu
bendera mebrah putih
|
|
|
.
|
19.Meniru gerakan sederhana
|
|
|
|
20.Mengurutkan benda
berdasarkan tinggi – rendah
|
|
|
|
21.Menghitung hasil pengurangan
dengan benda
|
|
|
|
22.Mozaik pada gabar tugu monas
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
TEMA : NEGARAKU
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 15
KD : 1.1, 1.2,2.4, 2.5, 2.6, 2.9,
2.10, 2.11, 2.14, 3.1, 4.1, 3.5, 4.5,3.6,4.6, 3.7, 4.7, 3.10, 4.10, 3.11,
4.11.3.15, 4.15..
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
PRESIDEN & WAKILNYA
|
1.1.4.Mensyukuri ciptaan Tuhan
|
1.Menunjukkan foto presiden dan wakil presiden Indonesia
|
|
PAHLAWAN
|
1.2.7.Menghargai hasil karya
orang lain
|
2.Menebali huruf nama presiden dan wakil presiden
|
|
HARI BESAR NASIONAL
|
2.4.5.Adat istiadat
|
3.Diskusi tentang hari-hari
besar nasional
|
|
ADAT ISTIADAT
|
2.5.6.Menceritakan pengalaman
|
4.Menari
|
|
LAGU – LAGU NASIONAL
|
2.6.5.Mentaati tata tertib yang
ada
|
5.Bercerita tentang pengalaman
ikut /melihat pawai
|
|
|
2.9.1.Gotong royong
|
6.Menjiplak gambar benda pusaka
|
|
|
2.10.5.Toleransi
|
7.Mewarnai gambar pakaian adat
|
|
|
2.11.3.Menyesuaikan diri dengan
lingkungan
|
8.Memakai pakaian adat
|
|
|
2.14.2.Mendengarkan orang tua
bicara
|
9.Menyanyi lagu-lagu nasional
|
|
|
3.1.8.dan 4.1.8.Hari-hari besar
nasional
|
10.Mengisi pola dengan garis
pada gambar rumah adat
|
|
|
3.5.2.dan 4.5.2.Mencari jejak
|
11.Senam irama
|
|
|
3.6.7.dan 4.6.7.Konsep bilangan
|
12.Melipat kertas menjadi
bentuk pigura
|
|
|
3.7.5.dan 4.7.5.Budaya sekitar
lingkungan anak
|
13.Menulis nama pahlawan sesuai
gambar
|
|
|
3.10.3.dan 4.10.3.Menceritakan
isi buku
|
14.Menghubungkan gambar dengan
angka
|
|
|
3.11.3.dan.4.11.3.Lagu
lagu-lagu nasional
|
15.Mencari jejak gambar rumah
adat
|
|
|
3.15.2.dan 4.15.2.Tertarik pada
karya seni
|
16.Diskusi tentang adat
istiadat
|
|
|
|
17.Lomba memasang foto persiden
|
|
|
|
18.Membuat bentuk umbul – umbul
|
|
|
|
19.Meronce hiasan dengan kertas
merah putih
|
|
|
.
|
20.Meneruskan pola
|
|
|
|
21.Membuat bentuk bambu runcing
|
|
|
|
22.Menyebutkan nama pahlawan
wanita
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
__________________________ __________________________
TEMA : ALAM SEMESTA
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 16
KD : 1.1, 1.2,2.1, 2.2, 2.3, 2.5,
2.7, 2.9,, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.11, 4.11, 3.13,
4.13.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BUMI
|
1.1.1.Alam semesta ciptaan
Tuhan
|
1.Bersyukur atas nikmat Tuhan
|
|
- Pegunungan
|
1.2.1.Bersyukur
|
2.Diskusi tentang benda-benda
yang ada di bumi
|
|
- Perkotaan
|
2.1.5.Kebersihan diri sendiri
|
3.Lomba mengumpulkan batu
|
|
- Pedesaan
|
2.2.3.Mengetahui apa yang
terjadi
|
4.Menghitung batu/kerikil
|
|
- Gunung meletus
|
2.3.1.Mengembangkan hasil
karyanya
|
5.Membatik jumputan dengan
kerikil
|
|
- Tanah longsor
|
2.5.6.Menceritakan pengalaman
sederhana
|
6.Bermain dengan tanah liat
|
|
|
2.7.5.Mengendalikan emosi
|
7.Mengelompokkan benda – benda
yang ada di sekitar anak
|
|
|
2.9.4.Rasa empati padaorang
lain
|
8.Mneyebutkan benda yang
terbuat dari tanah liat
|
|
|
3.1.3.dan 4.1.3.Hafalan doa
sehari-hari
|
9.Mencetak dengan jari pada
gambar guci / kendi
|
|
|
3.2.7.dan 4.2.7.Perbuatan baik
terhadap sesama
|
10.Gerak dan lagu naik – nai ke
puncak gunung
|
|
|
3.5.1.dan 4.5.1.Konsep
penjumlahan dan pengurangan
|
11.Percobaan membuat gunung
meletus
|
|
|
3.8.4.dan 4.8.4.Suasana
pedesaan,pegunungan, perkotaan.
|
12.Membuat sajak sederhana
|
|
|
3.10.3.dan 4.10.3.Menceritakan
isi buku
|
13.Menyanyi lagu matahari
terbenam
|
|
|
3.11.4.dan 4.11.4.Sajak
sederhanan
|
14.Membuat mainan dengan tehnik
3m
|
|
|
3.13.2.dan 4.13.2.Beradaptasi
dengan lingkungan sekitar.
|
15.Mencari jejak daerah
pegunungan
|
|
|
|
16.Bermain perosotan
|
|
|
|
17.Memberi tanda perbuatan
benar dan salah
|
|
|
|
18.Permainan warna usap abur
dengan krayon
|
|
|
|
19.Menirukan 4 urutan kata
|
|
|
|
20.Membuat orang – orangan
sawah
|
|
|
|
21.Menggambar suasana desa
|
|
|
|
22.Menceritakan isi gambar yang
dibuatnya dengan tulisan
|
|
|
|
23.Memanjat tangga majemuk
|
|
|
|
24.Membuat bentuk gedung
bertingkat dengan kubus
|
|
|
|
25.Menyebutkan kota yang
dikenal anak
|
|
|
|
26.Mengulang kalimat yang sudah
didengar
|
TEMA : ALAM SEMESTA
KELOMPOK : B
SEMESTER / MINGGU : 2 / 17
KD : 1.1, 1.2,2.1, 2.2, 2.3, 2.5,
2.7, 2.9,, 3.1, 4.1, 3.2, 4.2, 3.5, 4.5, 3.8, 4.8, 3.10, 4.10.3.11, 4.11, 3.13,
4.13.
NO
|
SUB TEMA
|
MUATAN / MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
1
|
BENDA – BENDA
|
1.1.1.Alam semesta ciptaan
Tuhan
|
1.Dikusi tentang benda – benda
langit
|
|
LANGIT
|
1.2.1.Bersyukur
|
2.Bercerita tentang pengalaman
anak
|
|
- Matahari
|
2.1.5.Kebersihan diri sendiri
|
3.Menyanyi lagu matahari
terbenam, pelangi dll
|
|
- Bulan
|
2.2.3.Mengetahui apa yang
terjadi
|
4.Membuat sajak sederhana
|
|
- Bintang
|
2.3.1.Mengembangkan hasil
karyanya
|
5.Membuat coretan menjadi
bentuk halilintar
|
|
- Pelangi
|
2.5.6.Menceritakan pengalaman
sederhana
|
6.Diskusi tentang terjadinya
pelang, hujan dll
|
|
- Awan
|
2.7.5.Mengendalikan emosi
|
7.Menggunting ganbar pelangi
|
|
- Petir / halilintar
|
2.9.4.Rasa empati padaorang
lain
|
8.Mengisi pola pada gambar
matahari
|
|
|
3.1.3.dan 4.1.3.Hafalan doa
sehari-hari
|
9.Percobaan membuat sinar
dengan senter
|
|
|
3.2.7.dan 4.2.7.Perbuatan baik
terhadap sesama
|
10.Menghafal doa waktu
hujan/ada petir
|
|
|
3.5.1.dan 4.5.1.Konsep
penjumlahan dan pengurangan
|
11.Menghitung hasil pengurangan
dengan benda
|
|
|
3.8.4.dan 4.8.4.Suasana
pedesaan, pegunungan, perkotaan.
|
12.Kolase pada gambar bulan,
bentuk awan
|
|
|
3.10.3.dan 4.10.3.Menceritakan
isi buku
|
13.Membedakan dua benda
|
|
|
3.11.4.dan 4.11.4.Sajak
sederhanan
|
14.Mencocokkan bilangan dengan
benda
|
|
|
3.13.2.dan 4.13.2.Beradaptasi
dengan lingkungan sekitar.
|
15.Permainan fisik lintang
alihan, petak umpet
|
|
|
|
16.Melipat kertas menjadi
bentuk bintang
|
|
|
|
17.Menghitung bentuk – bentuk
bintang
|
|
|
|
18.Membaca buku cerita
bergambar
|
|
|
|
19.Menyebutkan konsep waktu
|
|
|
|
20.Bersenandung sesuai irama
lagu
|
|
|
|
21.Permainan warna dengan
krayon
|
|
|
|
22.Melengkapi kata di bawah
gambar
|
|
|
|
23.Meneruskan pola bentuk benda
– benda langit
|
|
|
|
24.Menyebutkan huruf awal sama
|
|
|
|
25.Membedakan suara – suara
(petir, halilintar)
|
|
|
|
26.Mengelompokkan gambar benda
– benda langit
|
|
|
|
27.Menghubungkan gambar benda
langit dengan kartu kata
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas