Jumat, 17 Januari 2020

LK 9 RPP Best Practice PKP PB ZONASI

PENGEMBANGAN RPP “ Best Practice”
NAMA :  SURATININGSIH
FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : TK NEGERI PEMBINA KAWEDANAN
TEMA/Sub. Tema              :  Binatang / katak
KELAS / SEMESTER        : B1/1
MATERI POKOK              : Bermain Tepuk “katak”
ALOKASI WAKTU           : 07.30 – 10.00

  1. Kompetensi Inti (KI)
KI (1) Menerima ajaran yang dianutnya
KI (2). Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri , jujur dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, guru dan atau pengasuh dan teman.

KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
  1. Kompetensi Dasar (KD) , Indikator Pencapaian Kompetensi

NO
KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
1





1.1         Mempercayai adanya Tuhan melalui Ciptannya

2.5 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
3.1 Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni


4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
Mengetahui sifat Tuhan sebagai pencipta, mengenal ciptaan-ciptaan Tuhan, membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan
Cara memberi salam , dan tertib dalam peraturan
Doa-doa (doa sebelum dan sesudah belajar,doa sebelum dan sesudah makan)

Menyelesaikan masalah dengan kreativ

Membuat berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni musik, karya tangan dan lainnya
Menampilkan hasil karya seni

2
Kompetensi Pengetahuan
Memahami bahasa ekspresif(mengungkapkan
bahasa secara verbal dan non verbal)
Mengungkapkan keinginannya, menceritakan, kembali,bercerita tentang apa yang sudah   dilakukannya,
3
Kompetensi Ketrampilan
4.11 Menunjukkan  Kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan  bahasa secara verbal  dan non verbal)
Mengungkapkan perasaan emosinya dengan melalui bahasa secara tepat., Menggunakan buku untuk berbagai kegiatan

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan aktivitas diharapkan anak dapat :
1.      Menyebutkan macam – ciptaan Tuhan
2.      Menumbuhkan kemampuan berkomunikasi, tanggung jawab
3.      Menciptakan “ Tepuk katak “ sendiri
4.      Menguasai kosa kata tentang metamorfosis katak
5.      Menyusun urutan gambar katak dari yg terkecil sampai terbesar ( dengan  memberi nomer 1 – 6)
6.      Mengurutkan gambar  metamorfosis katak
  1. Materi Pembelajaran
1.      Metamorfosis katak
2.      Tata tertib permainan
3.      Mengembangkan kosa kata metamorfosis katak
4.      Tepuk katak
5.      Menyusun urutan gambar katak
  1. Metode Pembelajaran
1.      Tanya Jawab
2.      Demonstrasi
3.      Praktek langsung
4.      Pemberian Tugas

  1. Media Pembelajaran
1.      Gambar katak
2.      Gambar metamorfosis katak
3.      Tepuk katak
4.      Video metamorfosis katak
5.       

  1. Sumber  Belajar
1.      Vidio Metamorfosis Katak
2.      Buku
3.      Internet

  1. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
  1. Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan
(Persiapan Orientasi)
-       Penerapan SOP Pembukaan
-       Doa , Salam (NAM) religius
07.30 – 07.40
Apersepsi
Literasi digital
-       Ceramah tentang ciptaan Tuhan
-       Tanya jawab tentang binatang Katak
-       Kelas berbagi (mandiri)
-       Mengamati proses metamorfosis katak (melihat vidio )
07.40 -  07.50
Critical thinking, creativity
Motivasi
Literasi Budaya & Kewargaan
-       Menyanyi lagu daerah  “kodok ngorek “
-       Mengenalkan kegiatan & aturan bermain (nasionalis)
07.50 – 08.00
  1. KEGIATAN INTI
Area Matematika
Literasi Numerasi
-       Menyusun urutan gambar katak dari yang terkecil sampai terbesar / memberi angka 1 - 6 ( kognitif) mandiri

08.00 – 09.00
Transfer knowledge (kgt pembelajaran yang menggambarkan (c4-c6)
Area Baca Tulis
literasi baca tulis
-       Mengembangkan kosa kata tentang metamorfosis katak / mengkarakteristikan  (bahasa) integritas
Area Seni

-       Praktek langsung / membuat ‘ Tepuk Katak”  ( fisik motorik) kerjasama/gotong royong
Area Sains
Literasi sains

-       Mengurutkan gambar metamorfosis katak   (sains ) Mandiri
  1. ISTIRAHAT
     -     cuci tangan, Doa, makan minum
  -     bermain bersama teman

09.00 – 09.30
  1. KEGIATAN PENUTUP
Recalling
-       Merapihkan alat – alat yang telah digunakan/ (sosem) integritas
    - Menceritakan kgt yang telah dilakukan, kendala dan solusi serta   menunjukkan hasil karyanya
09.30 – 09.45
Problem solving
Penutup
-       Menginformasikan kegiatan untuk besok
     -    Penerapan SOP penutupan
     -    Doa, salam , pulang
09.45 – 10. 00


  1. PENILAIAN
a.       Tehnik Penialaian
1)      Sikap
-               Sikap Berdoa (observasi)
-               Mengenal ciptaan Tuhan (observasi)
-               Memberi salam  (observasi)
-               Mendengarkan penjelasan guru (obsevasi)
2)      Keterampilan
-               Dapat  praktek langsung membuat Tepuk Katak  (hasil karya)
3)      Pengetahuan
-              Menyusun urutan  gambar  katak dari yg terkecil sampai terbesar  (pemberian tugas)
-               Mengurutkan gambar proses metamorfosis katak (pemberian tugas)
-               Menguasai kosa kata tentang metamorfosis katak ( observasi)
J.       Remedial :
           -  Menanyakan  perasaan setelah bermain
-  Mengulang kembali Tepuk Katak
-  Menceritakan kembali proses metamorfosis katak
  1. Bahan Ajar
1.      LKS
2.      Gambar
3.      Video Metamorfosis Katak
4.      Pensil

Indikator Penilaian
Program
Pengemb

KD

INDIKATOR
Nilai Agama
dan Moral

3.1-4.1
-   Anak berdoa sebelum dan sesudah belajar
-     Anak membaca doa sebelum dan sesudah makan
Motorik
2. .1

3.14 – 4.14
-     Anak terbiasa mencuci tangan

-     Bermain di luar bersama teman
Sosem
2..5,

-     Anak terbiasa memberi salam
-     Anak terbiasa mengikuti aturan
dengan teman

Kognitif
3.-4.5
 -    Menyusun urutan gambar katak dari yang terkecil sampai terbesar

-      Mengurutkan gambar proses metamorfosis Katak
- -
Bahasa
3.12-4.12
-   Mengembangkan kosa kata  tentang metamorfosis Katak
Seni
3.15 – 4.15
-     Menyanyi Lagu jawa ‘ kodok ngorek”
-     Menciptakan Tepuk Katak

Teknik Penilaian
Ø Catatan hasil karya
Ø observasi
Ø Checklis