LK
7 JURNAL PRAKTEK MENGAJAR
Nama Peserta
: NINING SURATININGSIH
SEKOLAH
: TK NEGERI PEMBINA KAWEDANAN
JENJANG
:TK/ PAUD
ASPEK PRAKTEK
PEMBELAJARAN
|
DESKRIPSI
|
DOKUMEN
|
||||||||||||||||||||||
KEGIATAN
PENDAHULUAN
-
Penerapan SOP
Pembukaan
-
Appersepsi
-
Motivasi
|
-
Fisik Motorik (senam)
-
Doa , salam, absensi religius
-
Bercerita tentang
asal permainan ular naga (seni) nasionalis Literasi Budaya dan kewargaan
-
Menyanyi lagu
“ular naga ” (seni)
-
Mengenalkan
kegiatan & aturan bermain
-
Kelas berbagi (integritas)
|
|
||||||||||||||||||||||
KEGIATAN
INTI
|
|
|
||||||||||||||||||||||
1
|
Proses
Saintifik
|
-
Mengamati kegiatan permainan ular naga dengan(melihat youtube/ vidio ) Litearsi Digital
-
Menanya
-
Mengumpulkan
informasi (berdiskusi) tentang permainan ular naga
-
Mengasosiasikan (membangun pemahaman baru tentang
permainan ular naga: Menggradasi gambar anak bermain ular naga, Menghubungkan
gambar dengan tuliasn Literasi Baca Tulis
-
Mengkomunikasikan ( anak
terlibat aktif dalam permainan)
|
|
|||||||||||||||||||||
2
|
Aktivitas
Pembelajaran HOTS
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
a.
Transfer Knowledge
|
-
Menghubungkan
gambar dengan tulisannya (bahasa) mandiri Litearsi
Baca Tulis
-
Mewarnai gambar
(mengradasi) dengan tehnik gradasi
-
(seni) Mandiri
-
Praktek langsung /
mendemonstrasikan perrmainan ular naga (
fisik motorik) kerjasama/gotong royong Litearsi
Budaya dan kewargaan
|
|
|||||||||||||||||||||
|
b.
Critical Thinking Creativity
|
-
Mengamati kegiatan
permainan ular naga mengumpulkan informasi tentang permainan ular naga
(melihat youtube/ vidio ) Litearsi Digital
-
Berdiskusi
-
Memilih peran dalam kegiatan permainan ular naga ( kognitif) mandiri
|
|
|||||||||||||||||||||
|
c.
Problem Solving
|
-
Menceritakan kgt
yang telah dilakukan, kendala dan solusi
saat mengikuti permaiann ,serta mampu menunjukkan hasil karyanya
|
|
|||||||||||||||||||||
3
|
Kecakapan Abad 21
|
-
Comunication
(kegiatan mentransfer sebuah informasi baik secara
lisan maupun tulisan. bercerita tentang
asal mula permainan ular naga)
-
Collaboration
(saling
bersinergi, beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja
secara produktif dengan yang lain
-
Critical Thingking and problem solving
(kemampuan
menalar, memahami, menganalisis, dan menyelesaikan masalah.= memilih peran
dan membuat kesepakatan aturan main
-
Creative , inovative
(menggradasi
gambar, menghubungkan gambar dg tulisan)
|
|
|||||||||||||||||||||
4
|
Dimensi Pengetahuan
|
FAKTUAL
-
Mengamati kegiatan
permainan ular naga mengumpulkan informasi tentang permainan ular naga
(melihat youtube/ vidio)
KONSEPTUAL
-
Memilih peran
-
Menghubungkan
gambar dengan tulisannya
-
Mewarnai gambar
(mengradasi) dengan tehnik gradasi
PROSEDURAL
-
Berdiskusi, mengola informasi yang didapat , menyusun peraturan permainan ular naga
-
Guru membimbing membuat aturan permainan
METAKOGNITIF
-
Praktek langsung /
mendemonstrasikan perrmainan ular naga (lebih hemat permainan tradisionil)
|
|
|||||||||||||||||||||
5
|
Pelaksanaan Penilaian
|
-
Penilaian Sikap
dilaksanakan dengan lembar observasi
-
Penilaian
Ketrampilan dilaksanakan dengan unjuk kerja dan hasil karya
-
Penilaian
kognitif dengan lembar tugas
(Pemberian Tugas)
|
|
|||||||||||||||||||||
KEGIATAN PENUTUP
|
Recalling
- Merapihkan alat – alat yang telah
digunakan
- Menceritakan kgt yang telah dilakukan,
kendala dan solusi serta menunjukkan
hasil karyanya
-
Menginformasikan kegiatan untuk besok
- Penerapan
SOP penutupan
- Doa,
salam , pulang
|
|
Fisik Motorik/ Senam Berdoa Bercerita & melihat
vidio Menghubungkan gbr &
tulisan Mengradasi Gambar
Memilih Peran & Kesepakatan aturan
permainan Bermain Ular
Naga Menceritakan Kgt Bermain
Mengetahui
Kepala
TK Negeri Pembina Kawedanan
|
Kawedanan,
30 Oktober 2019
Guru Kelompok B1
NINING SURATININGSIH
|