LK 4 a AKTIVITAS PEMBELAJARAN
Nama : NINING SURATININGSIH
Nama Aktivitas Pembelajaran : Permainan Ular Naga
Kelompok Usia : 5 – 6 tahun (B1)
1
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Kompetensi Pengetahuan
3.14 Mengenal kebutuhan , keinginan dan
minat diri
Kompetensi Ketrampilan
4.14 Mengungkapkan kebutuhan, keinginandan
minat diri dengan cara yang tepat
|
2
|
Indikator
|
|
1.
Memilih satu macam
dari 3 atau lebih pilihan yang tersedia
(memilih peran peran dalam
permainan ular naga)
2.
Memilih kegiatan /
benda yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan dari beberapa pilihan yang
ada
|
3
|
Metode
|
|
1.
Pendekatan Saintifik
|
4
|
Media
|
|
1.
Gambar ular naga
2.
Gambar permainan
ular naga
3.
Syair lagu ular
naga
4.
Film permainan
ular naga (vidio )
|
5
|
Tahapan Aktivitas Pembelajaran
Tujuan : Setelah melakukan aktivitas bermain ular naga diharapkan anak dapat :
1.
Menumbuhkan
kemampuan bekerja sama
2.
Menumbuhkan
kemampuan kepedulian
3.
Menumbuhkan
kemampuan berkomunikasi, tanggung jawab
4.
Menghubungkan gambar dengan tulisan
5.
Mewarnai gambar
dengan tehnik gradasi
6.
Memilih peran yang
akan dimainkan
7.
Mendemonstrasikan
/ bermain langsung permainan “ular naga”
Materi Pembelajaran :
1.
Permainan ular
naga
2.
Tata tertib
permainan
3.
Mengembangkan kosa
kata ular naga
4.
Cerita ular naga
5.
Lagu dan syair
“ular naga”
Alat dan Bahan Ajar
1.
LKS
2.
Gambar
3.
Cerita asal
permainan “ Ular Naga”
4.
Video permainan
“ular naga”
5.
Krayon, pensil
Sumber Belajar
1.
Paket UP Sosial
Emosional Pengembangan Ketrampilan Sosial Anak TK
2.
Youtube/ vidio
permainan ular naga
3.
Cerita ular naga
4.
Syair Lagu Ular
naga
|
6
|
Lembar Kerja
a.
Seni : warnailah gambar dibawah ini dengan tehnik
gradasi
b.
Menghubungkan gambar dengan tulisan
buah naga ular naga main ular naga
c.
Praktek
langsung bermain ular naga
d.
Memilih peran dalam permainan ular naga ( gerbang,
induk, anak)
|
6
|
a.
Alat dan Bahan
1.
LKS
2.
Gambar Permainan
Ular naga
3.
Cerita asal
permainan “ Ular Naga”
4.
Video permainan
“ular naga”
5.
Krayon
6.
Pensil
b.
Langkah –langkah petunjuk kegiatan
1.
Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan (Persiapan Orientasi) :
1)
Penerapan SOP
Pembukaan
- Doa , Salam , absensi (NAM) religius
2). Appersepsi
-
Kelas berbagi (integritas)
-
Mengamati kegiatan permainan ular naga ( melihat Vidio ) Literasi Digital
-
Menanya tentang permainan ular naga
-
Mengumpulkan
informasi tentang permainan ular naga /
Berdiskusi tentang permainan ular naga
( kegiatan dan aturan permainan )
3).
Motivasi :
- Bercerita tentang asal
permainan ular naga (seni) (nasionalis) Literasi Budaya
dan Kewargaan
- Menyanyi lagu “ular
naga ” (seni)
2.
Kegiatan Inti
1)
Area Bermain Peran :
- Memilih peran dalam kegiatan permainan
ular naga ( kognitif) mandiri (Mengasosiasikan
)
2). Area Baca Tulis
- Menghubungkan gambar dengan
tulisannya (bahasa) mandiri (Mengasosiasikan ) Literasi
Baca Tulis
3). Area Seni
- Mewarnai gambar bermain
ular naga dengan tehnik gradasi (seni) mandiri (Mengasosiasikan )
4). Area bermain di luar
- Praktek langsung / mendemonstrasikan
perrmainan ular naga (
fisik motorik) kerjasama/gotong royong/ ( Mengkomunikasikan)
3.
Istirahat
1). Cuci tangan, Doa,
makan minum
2). Bermain
bersama (sosem)
4.
Kegiatan Penutup
1). Recalling
-
Merapihkan alat – alat yang telah digunakan
(Sosem) integritas
-
Menceritakan
kegiatan yang telah dilakukan, menunjukkan hasil karya /( Mengkomunikasikan)
2). Penutup
-
Menginformasikan
kegiatan esok
-
Doa, salam ,
pulang religius
|