Jumat, 01 November 2019

LK 4 a AKTIVITAS PEMBELAJARAN PKP PAUD BERBASIS ZONASI



LK 4 a AKTIVITAS PEMBELAJARAN
Nama                                       : NINING  SURATININGSIH
Nama Aktivitas Pembelajaran :  Permainan Ular Naga
Kelompok Usia                       :  5 – 6 tahun (B1)
1
Kompetensi Dasar

Kompetensi Pengetahuan
3.14 Mengenal kebutuhan , keinginan dan minat diri
Kompetensi Ketrampilan
4.14 Mengungkapkan kebutuhan, keinginandan minat diri dengan cara yang tepat
2
Indikator

1.      Memilih satu macam dari 3 atau lebih pilihan yang tersedia  (memilih peran  peran dalam permainan ular naga)
2.      Memilih kegiatan / benda yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan dari beberapa pilihan yang ada
3
Metode   

1.      Pendekatan Saintifik
4
Media

1.      Gambar ular naga
2.      Gambar permainan ular naga
3.      Syair lagu ular naga
4.      Film permainan ular naga (vidio )
5
Tahapan Aktivitas Pembelajaran
Tujuan : Setelah melakukan aktivitas bermain ular naga  diharapkan anak dapat :
1.      Menumbuhkan kemampuan bekerja sama
2.      Menumbuhkan kemampuan kepedulian
3.      Menumbuhkan kemampuan berkomunikasi, tanggung jawab
4.      Menghubungkan  gambar dengan tulisan
5.      Mewarnai gambar dengan tehnik gradasi
6.      Memilih peran yang akan dimainkan
7.      Mendemonstrasikan / bermain langsung permainan “ular naga”
Materi Pembelajaran :
1.      Permainan ular naga
2.      Tata tertib permainan
3.      Mengembangkan kosa kata ular naga
4.      Cerita ular naga
5.      Lagu dan syair “ular naga”
Alat dan Bahan Ajar
1.      LKS
2.      Gambar
3.      Cerita asal permainan  “ Ular Naga”
4.      Video permainan “ular naga”
5.      Krayon, pensil


Sumber Belajar

1.      Paket UP Sosial Emosional Pengembangan Ketrampilan Sosial Anak TK
2.      Youtube/ vidio permainan ular naga
3.      Cerita ular naga
4.      Syair Lagu Ular naga

6
Lembar Kerja
a.       Seni : warnailah gambar dibawah ini dengan tehnik gradasi
Description: Hasil gambar untuk mewarnai gambar kartun  permainan ular naga paud"
b.      Menghubungkan gambar dengan tulisan
Description: Hasil gambar untuk gambar ular naga"    Description: Hasil gambar untuk mewarnai gambar kartun  buah naga"    Description: Hasil gambar untuk gambar ular naga"




                     buah naga                    ular naga                         main ular naga

c.        Praktek langsung bermain ular naga
d.      Memilih peran dalam permainan ular naga ( gerbang, induk, anak)

6
a.       Alat dan Bahan
1.      LKS
2.      Gambar Permainan Ular naga
3.      Cerita asal permainan  “ Ular Naga”
4.      Video permainan “ular naga”
5.      Krayon
6.      Pensil

b.      Langkah –langkah petunjuk kegiatan

1.      Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan  (Persiapan Orientasi) :
1)                    Penerapan SOP Pembukaan
                                    -  Doa , Salam , absensi (NAM) religius
2).        Appersepsi
-                Kelas berbagi (integritas)
-              Mengamati kegiatan permainan ular naga ( melihat Vidio ) Literasi Digital
-                Menanya tentang permainan ular naga
-              Mengumpulkan informasi tentang permainan ular naga / Berdiskusi  tentang permainan ular naga ( kegiatan dan aturan permainan )
3).       Motivasi :
-    Bercerita tentang asal permainan  ular naga (seni) (nasionalis) Literasi Budaya dan Kewargaan
-          Menyanyi lagu “ular naga ” (seni)
2.      Kegiatan Inti 
1)          Area Bermain Peran :
-     Memilih peran dalam kegiatan permainan ular naga ( kognitif) mandiri (Mengasosiasikan )
2).       Area Baca Tulis
-    Menghubungkan gambar dengan tulisannya (bahasa) mandiri (Mengasosiasikan ) Literasi Baca Tulis
3).      Area Seni
-      Mewarnai gambar bermain ular naga dengan tehnik gradasi  (seni) mandiri (Mengasosiasikan )
4).      Area bermain di luar
-     Praktek langsung / mendemonstrasikan perrmainan ular naga     ( fisik motorik) kerjasama/gotong royong/ ( Mengkomunikasikan)
3.      Istirahat
1).        Cuci tangan, Doa, makan minum
2).        Bermain bersama (sosem)
4.      Kegiatan Penutup
1).        Recalling
-               Merapihkan alat – alat yang telah digunakan (Sosem)  integritas
-              Menceritakan kegiatan yang telah dilakukan, menunjukkan hasil karya /( Mengkomunikasikan)
2).      Penutup
-              Menginformasikan kegiatan esok
-              Doa, salam , pulang religius