RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN /
KELOMPOK B
TEMA : Lingkungan/ Rumahku
HARI
|
Tujuan
|
Strategi
pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1. Bermain puzzle
2. Berkreasi dengan balok
3. Keaksaraan awal
4. Melipat kertas
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2,2.1,2.3,3.5,4.5,
3.7,4.7,3.12,4.12,
3.15.4.15
|
Bersyukur
pada Tuhan Tuhan, puzzle, bermain balok, keaksaraan awal, melipat
kertas ,
|
Tempat
Rekreasi:
Bercakap –
cakap ttg bagian rumah
1. Puzle
bentuk rumah
2. Membuat
Rumahku dari balok
3. Menyebutkan
dan menulis bagian- bagian rumah
4.
Melipat bentuk
rumah
|
SELASA
|
Anak dapat :
1. Mengurutkan cerita gambar seri
2. Mencari perbedaan gbr
3. Menggambar Rumah
4. Membilang bentuk geometri
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2.,2,1,3.1,4.1,
3.10 ,4.10 ,3.6,
4.6,3.10,4.10,
3.15,4.15
|
Bagian Rumah :
Mengurutkan
cerita, menggambar, mencari perbedaan gambar, menghitung bentuk geometri
|
Bagian Rumahku
Mengurutkan
cerita gambar seri “ membersihkan rumah bersama keluarga”
1.
Menggambar RUMAHKU
Mencari perbedaan (5) dari
gambar dua rumah
2.
Menghitung
jumlah rumah bentuk
geometri □ ∆ ○
|
RABU
|
Anak dapat :
1.memasangkan
gambar
2. berkreasi
dg korek api
3. keaksaraan
awal
4.mengurutkan
gambar
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2,3.1,
3.6,4.6,
3.9,4.9, 3.12,4.12
3.15,4.15,
|
Guna Rumah :
memasangkan benda,berkreasi dg batang korek api, membilang, keaksaraan awal
|
Guna/ Fungsi
Rumah:
Memasangkan
gambar benda dirumah dengan bangun geometri yang sesuai
Membuat pagar rumah dari batang korek api,
Menyebutkan dan
menulis kata yg mempunyai awalan suku kata RU (rumah,rusa,rubah)
Mengurutkan
gambar rumah dari yg terbesar sampai terkecil
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1. Keaksaraan awal
2. Mozaik
3. Bermain pasir
4. Memasangkan gambar
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2,2.1,3.1,4.1,3.3, 4.3, 3.6,4.6, 3.12,
4.12,3.15,4.15
|
Guna Rumah :
Keaksaraan
awal, mozaik, bermain pasir, memasangkan benda dengan pasangannya
|
Guna Rumah :
Menyebutkan dan menulis anggota keluarga yang ada
di rumah
Menghias
dinding rumah dengan mozaik (potongan kertas segi empat)
Membuat rumah pasir
Memasangkan gambar keluarga dg pasangannya
(ayah-ibu, kakek-nenek,kakak-adik, paman-bibi)
|
JUMAT
|
Ank dapat :
1. Menjahit sederhana
2. Keaksaraan awal
3. Mengenal waktu sholat
4. Hafalan doa untuk orang tua
|
Pembelajaran
langsung
|
1.1,1.2, 2.12, 3.1, 4.1,3.12,4.12,3.15, 4.15
|
Keluargaku
(bersyukur):
Hafalan doa
untuk orang tua, menjahit, keaksaraan awal sederhana, menebali kata
|
Keluargaku :
Syair :
Rumahku
Menjahit
pigura foto untuk keluarga
Meniru menulis
membaca kalimat sederhana
Menebali kata Ya untuk anak
yang tertib sikap sholat berjamaah dengan ayah dan tidak untuk anak yg tidak
tertib
Hafalan
doa untuk orang tua
|
SABTU
|
Anak dapat :
1. Keaksaraan awal
2. Membilang
3. Berkreasi dg balok
|
Pembelajaran
langsung
|
1.2, 2.9, 3.1,4.1,
3.5,4.5,3.6,4.6,
3.12,4.12,3.15, 4.15
|
Bersyukur mempunyai keluarga : keaksaraan
awal, membilang, bermain balok
|
Mengenal
anggota keluarga dalam bahasa inggris (father, mother ,brother,sister).
Meniru menulis membaca kalimat sederhana
Menghitung perabot rumah
Membuat rumah dari
balok
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA: Lingkungan /
Sekolahku
HARI
|
Tujaun
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1. Keaksaraan awal
2. Menggambar
3. Maze
4. Mewarnai gambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.1, 3.5,4.5, 3.6,4.6, 3.7, 4.7, 3.12, 4.12,
3.15, 4.15
|
Sekolahku
indah : bersyukur bisa sekolah
Perilaku tanggung jawab,
Keaksaraan awal, maze, menggambar, mewarnai gambar
|
Sekolahku :
Bercakap cakap tentang sekolahku
Menyebutkan dan menuliskan bagian sekolah
Menggambar sekolahku dg media lilin dan cat air
Maze mencari jalan menuju ke sekolah
Tepat waktu.
Mewarnai gambar anak yang tepat waktu ke sekolah
|
SELASA
|
Anak dapat :
1. Menjaga kebersihan
2. Membilang
3. Menebalkan garis
4. Berkreasi dg balok
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.1, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.12, 4.12
|
Sekolahku indah : bersyukur bias sekolah, perilaku
disiplin, menebalkanlkan garis, bermain balok,
keaksaraan awal, membilang
|
Sekolahku /
kelasku :
Tanya jawab tentang kelasku
Kebersihan
sebagaian dari iman Memberi tanda V pada gambar anak yg menjaga kebersihan
dan X yang buang sampah sembarangan
Menebalkan garis putus –putus bentuk
geometri hiasan dinding kelas,
membilang alat sekolah
Membuat sekolah dari balok
|
RABU
|
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.membilang
Menebali kata
Mewarnai gambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.5, 2.13, 3.4, 4.4,
3.6, 4.6, 3.12, 4.12, 3.15,4.15
|
Warga sekolah : aku sayang mereka , keaksaraan awal,
membilang,menebali kata, mewarnai gambar
|
Warga sekolah :
Tanya jawab ttg warga sekolah
Menulis warga sekolah (guru,murid, kepala sekolah,
tukang kebun)
Menghitung jumlah warga sekolah : guru….,kepala
sekolah….,tukang kebun ….)
Menebali
kata rajin di bawah gambar anak yang rajin belajar dan malas pada gambar anak
malas
Mewarnai gambar anak yang memberi salam guru
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1.mengenal konsep sama tidak sama
2.keaksaraan awal
Melipat kertas
Mengurutkan cerita gbr
|
Pembelajaran langsung
|
2..12, 3.6, 4.6,
3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15
|
Alat sekolah harus kurawat : membandingkan ,
keaksaraan awal, melipat, mengurutkan cerita
|
Alat sekolah :
Membandingkan dua kumpulan benda (= atau ≠)
Menyebutkan dan menulis alat untuk sekolah
Melipat bentuk Buku,memberi nama
/
identitas (nama sekolah,
alamat, kelompok/kelas)
Mengurutkan cerita gambar seri
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1.hafalan doa belajar
‘2memasangkan gambar
3.membilang
3 M
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.6, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.15, 4.15
|
Tugasku / siswa : hafalan doa, memasangkan gambar,
membilang benda. 3 M (mewarnai, menggunting, menempel)
|
Tugas siswa :
Hafalan doa : doa belajar
Memasngkan gbr perlengkapan seragam sekolah
Menghitung jumlah perlengkapan sekolah (buku….,
pensil….., setip….)
3 M ( mewarnai, menggunting, menempel ) gambar tas
sekolah
|
SABTU
|
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.mewarnai gambar
3.Menggambar dg media pasir
4.menyusun pola
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.6, 2.12, 3.3, 4.3, 3.12, 4.12, 3.15,4.15
|
Aku rajin belajar :
Keaksaraan awal, mewarnai gambar, menggambar dg
media pasir, menyusun pola
|
Mengenal alat sekolah dalam bahasa inggris (book,
pencil, bag, eraser)
Mewarnai gambar alat sekolah
Menggambar sekolahku dg
media pasir
Menyusun pola /
memperkirakan urutan berikutnya
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : lingkunganku/
masyarakat
HARI
|
Tujuan
|
Strategi pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1. Keaksaraan awal
2. Menghubungkan angka 1 – 13 dg urut
3. Meronce
4. Mengenal sikap toleransi
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.9, 3.3. 4.3, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7 3.12,4.12,
3.15,4.15
|
Aku sayang temanku (bersyukur punya teman ):
Keaksaraan awal, menghubungkan angka, meronce,
mengenal sikap toleransi
|
Aku sayang temanku :
Menulis nama teman bermain di rumah
Menghubungkan angka 1-13 membuat mainan taman kota
Meronce kalung batang ketela pohon untuk temanku
Memberi
tanda V untuk gambar anak yg toleransi beragama dan X yang tidak
|
SELASA
|
Anak dapat :
1. Mewarnai gambar dg tehnik gradasi
2. Berkreasi dg balok
3. Mengurutkan gambar
4. Keaksaraan awal
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.1, 3.3, 4.3,
3.6,4.6,
3.7,4.7, 3.15, 4.15
|
Menjaga lingkungan : mewarnai gambar, bermain balok,
mengurutkan gambar, menebali kata
|
Menjaga lingkungan :
Mewarnai gambar taman kota dg tehnik gradasi
Membuat taman kota dari balok
Mengurutkan gambar mainan di taman kota dari yang
terendah sampai tinggi
Meniru menulis dan membaca kalimat sederhana
|
RABU
|
Anak dapat :
1. Menyusun pola warna
2. Keaksaraan awal
3. Membedakan bunyi
4. Berkreasi dg palstisin/clay
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.1,2.2, 3.3,
4.3, 3.6, 4.6, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
|
Alun – alun / taman kota : menyusun pola, keaksaraan
awal, membedakan suara, bermain plastisin,
|
Alun alun / taman kota :
Menyusun
pola warna ( ABC) merah, kuning, biru,……
Membuat kata yang mempunyai awalan MA
Memperhatikan gambar, menuliskan bunyi (bunyi
penjual bakso, bunyi tiang mainan yang dipukul, bunyi sepatu dll)
Membuat mainan yang ada di taman kota dg plastisin/
clay
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1. Mengenal sikap sabar menunggu giliran
2. Membilang
3. Mengenal sikap mau menolong
4. Memasangkan gambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.2,2.7, 3.2, 4.2, 3.3,
4.3, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.12,4.12
|
Aku suka bermain dengan teman : mewarnai gambar,
melengkapi kalimat sederhana/ keaksaraan awal, membilang, mengenal sikap
toleransi
|
Aku suka bermain dengan teman:
Mewarnai
gambar anak yang mau sabar menunggu giliran bermain
Melengkapi kalimat sederhana
Menghitung jumlah teman yg bermain di taman kota
Memasangkan gambar mainan dengan tulisannya
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1. Mengenal sikap bersyukur
2. Mengelompokkan mainan
3. Mewarnai gambar dg tehnik garis
4. Membilang
|
Pembelajaran langsung
|
1.2, 2.9, 3.1, 4.1,
3.3, 4.3, , 3.5,4.5, 3.15, 4.15
|
Bersyukur pada Tuhan : menebali kata, mengelompokkan
gambar, mewarnai gambar, penjumlahan dengan benda
|
Bersyukur pada Tuhan
Tuhan
memberi nikmat berupa makanan bagaimana cara kita bersyukur. Menebali kata bersyukur untuk gbr anak yang
menghabiskan makanan dan kata tidak
bersyukur untuk gbr anak yang membuang makanan
Mengelompokkan mainan yang
mempunyai bentuk segi empat dan lingkaran
Mewarnai gbr kaligrafi Alhamdulillah dg tehnik garis
Menyelesaikan tugas penjumlahan dg benda
|
SABTU
|
Anak dapat :
1. Membedakan ciptaan Tuhan
2. Fingerpainting
3. Memasangkan gambar
4. Bermain terpimpin
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 1.2, 2.4, 3.3, 4.3, 3.7, 4.7, 3.12, 4.12
|
Membedakan ciptaan Tuhan ,finger painting, bermain
terpimpin, membilang
|
Menulis huruf (T) untuk ciptaan
Tuhan dan huruf (M) untuk buatan manusia benda yang ada di taman kota
Finger painting
Menghitung jumlah anak yg bisa menjaga kebersihan
lingkungan dan yg tidak
Bermain Kuda berbisik
|