Selasa, 15 Agustus 2017

RPPM Model AREA TEMA LINGKUNGANKU ( 3 MINGGU)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  :  Lingkungan/ Rumahku
HARI
Tujuan
Strategi pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.      Bermain puzzle
2.      Berkreasi dengan balok
3.      Keaksaraan awal
4.      Melipat kertas
Pembelajaran langsung
1.2,2.1,2.3,3.5,4.5,
3.7,4.7,3.12,4.12,
3.15.4.15
Bersyukur pada Tuhan  Tuhan, puzzle, bermain balok, keaksaraan awal, melipat kertas ,
Tempat Rekreasi:
Bercakap – cakap ttg bagian rumah
1.    Puzle bentuk rumah
2.      Membuat  Rumahku   dari balok
3.      Menyebutkan dan menulis bagian- bagian  rumah
4.      Melipat  bentuk  rumah
SELASA
Anak dapat :
1.      Mengurutkan cerita gambar seri
2.      Mencari perbedaan gbr
3.      Menggambar Rumah
4.      Membilang bentuk geometri
Pembelajaran langsung
1.2.,2,1,3.1,4.1,
3.10 ,4.10 ,3.6,
4.6,3.10,4.10, 3.15,4.15
Bagian Rumah :
Mengurutkan cerita, menggambar, mencari perbedaan gambar, menghitung bentuk geometri
 Bagian Rumahku
Mengurutkan cerita gambar seri “ membersihkan rumah bersama keluarga”
1.      Menggambar RUMAHKU
Mencari perbedaan (5) dari gambar dua  rumah
2.       Menghitung jumlah rumah bentuk geometri □ ∆ ○
RABU
Anak dapat :
1.memasangkan gambar
2. berkreasi dg korek api
3. keaksaraan awal
4.mengurutkan gambar
Pembelajaran langsung
1.2,3.1, 3.6,4.6,
3.9,4.9, 3.12,4.12
3.15,4.15,
Guna Rumah : memasangkan benda,berkreasi dg batang korek api, membilang, keaksaraan awal
Guna/ Fungsi Rumah:
Memasangkan gambar benda dirumah dengan bangun geometri yang sesuai
Membuat pagar rumah dari batang korek api,
Menyebutkan dan menulis kata yg mempunyai awalan suku kata RU (rumah,rusa,rubah)
Mengurutkan gambar rumah dari yg terbesar sampai terkecil
KAMIS
Anak dapat :
1.      Keaksaraan awal
2.      Mozaik
3.      Bermain pasir
4.      Memasangkan gambar

Pembelajaran langsung
1.2,2.1,3.1,4.1,3.3,  4.3, 3.6,4.6, 3.12,
4.12,3.15,4.15
Guna Rumah :
Keaksaraan awal, mozaik, bermain pasir, memasangkan benda dengan pasangannya
Guna Rumah :
Menyebutkan dan menulis anggota keluarga yang ada di rumah
Menghias dinding rumah dengan mozaik (potongan kertas segi empat)
Membuat rumah pasir
Memasangkan gambar keluarga dg pasangannya (ayah-ibu, kakek-nenek,kakak-adik, paman-bibi)
JUMAT
Ank dapat :
1.      Menjahit sederhana
2.      Keaksaraan awal
3.      Mengenal waktu sholat
4.      Hafalan doa untuk orang tua
Pembelajaran langsung
1.1,1.2, 2.12, 3.1, 4.1,3.12,4.12,3.15, 4.15
Keluargaku (bersyukur):
Hafalan doa untuk orang tua, menjahit, keaksaraan awal sederhana, menebali kata
Keluargaku :
Syair : Rumahku
Menjahit pigura foto untuk keluarga
Meniru menulis membaca kalimat sederhana
Menebali kata Ya untuk anak yang tertib sikap sholat berjamaah dengan ayah dan tidak untuk anak yg tidak tertib
Hafalan doa untuk orang tua
SABTU
Anak dapat :
1.      Keaksaraan awal
2.      Membilang
3.      Berkreasi dg balok
Pembelajaran langsung
1.2,  2.9, 3.1,4.1,
3.5,4.5,3.6,4.6, 3.12,4.12,3.15, 4.15
 Bersyukur mempunyai keluarga : keaksaraan awal, membilang, bermain balok
Mengenal anggota keluarga dalam bahasa inggris (father, mother ,brother,sister).
Meniru menulis membaca kalimat sederhana
Menghitung perabot rumah
Membuat rumah dari  balok









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA:  Lingkungan / Sekolahku
HARI
Tujaun
Strategi Pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.      Keaksaraan awal
2.      Menggambar
3.      Maze
4.      Mewarnai gambar
Pembelajaran langsung
1.2, 2.1, 3.5,4.5, 3.6,4.6, 3.7, 4.7, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
 Sekolahku indah :  bersyukur bisa sekolah
Perilaku tanggung jawab,
Keaksaraan awal, maze, menggambar, mewarnai gambar
Sekolahku :
Bercakap cakap tentang sekolahku
Menyebutkan dan menuliskan bagian sekolah
Menggambar sekolahku dg media lilin dan cat air
Maze mencari jalan menuju ke sekolah
Tepat waktu.
Mewarnai gambar anak yang tepat waktu ke sekolah
SELASA
Anak dapat :
1.      Menjaga kebersihan
2.      Membilang
3.      Menebalkan garis
4.      Berkreasi dg balok
Pembelajaran langsung
1.2, 2.1, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.4, 4.4, 3.12, 4.12
Sekolahku indah : bersyukur bias sekolah, perilaku disiplin, menebalkanlkan garis, bermain balok,
keaksaraan awal, membilang
 Sekolahku / kelasku :
Tanya jawab tentang kelasku
Kebersihan sebagaian dari iman Memberi tanda V pada gambar anak yg menjaga kebersihan dan X yang buang sampah sembarangan
Menebalkan garis putus –putus bentuk geometri hiasan dinding kelas,
membilang alat sekolah
Membuat sekolah dari balok
RABU
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.membilang
Menebali kata
Mewarnai gambar
Pembelajaran langsung
1.2, 2.5, 2.13, 3.4, 4.4, 3.6, 4.6, 3.12, 4.12, 3.15,4.15
Warga sekolah : aku sayang mereka , keaksaraan awal, membilang,menebali kata, mewarnai gambar
Warga sekolah :
Tanya jawab ttg warga sekolah 
Menulis warga sekolah (guru,murid, kepala sekolah, tukang kebun)
Menghitung jumlah warga sekolah : guru….,kepala sekolah….,tukang kebun ….)
Menebali kata rajin di bawah gambar anak yang rajin belajar dan malas pada gambar anak malas
Mewarnai gambar anak yang memberi salam  guru
KAMIS
Anak dapat :
1.mengenal konsep sama tidak sama
2.keaksaraan awal
Melipat kertas
Mengurutkan cerita gbr
Pembelajaran langsung
2..12, 3.6, 4.6,  3.9, 4.9, 3.10, 4.10, 3.14, 4.14, 3.15, 4.15
Alat sekolah harus kurawat : membandingkan , keaksaraan awal, melipat, mengurutkan cerita
Alat sekolah :
Membandingkan dua kumpulan benda (= atau ≠)
Menyebutkan dan menulis alat untuk sekolah
Melipat bentuk Buku,memberi nama / identitas (nama sekolah, alamat, kelompok/kelas)
Mengurutkan cerita gambar seri
JUMAT
Anak dapat :
1.hafalan doa belajar
‘2memasangkan gambar
3.membilang
3 M
Pembelajaran langsung
1.2, 2.6, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.15, 4.15
Tugasku / siswa : hafalan doa, memasangkan gambar, membilang benda. 3 M (mewarnai, menggunting, menempel)
Tugas siswa :
Hafalan doa : doa belajar
Memasngkan gbr perlengkapan seragam sekolah
Menghitung jumlah perlengkapan sekolah (buku…., pensil….., setip….)
3 M ( mewarnai, menggunting, menempel ) gambar tas sekolah
SABTU
Anak dapat :
1.keaksaraan awal
2.mewarnai gambar
3.Menggambar dg media pasir
4.menyusun pola
Pembelajaran langsung
1.2, 2.6, 2.12, 3.3, 4.3, 3.12, 4.12, 3.15,4.15
Aku rajin belajar :
Keaksaraan awal, mewarnai gambar, menggambar dg media pasir, menyusun pola
Mengenal alat sekolah dalam bahasa inggris (book, pencil, bag, eraser)
Mewarnai gambar alat sekolah
Menggambar sekolahku dg media pasir
Menyusun pola / memperkirakan urutan berikutnya











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5- 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA  : lingkunganku/ masyarakat
HARI
Tujuan
Strategi pembelajaran
KD
CAKUPAN MATERI
RENCANA KEGIATAN
SENIN
Anak dapat :
1.      Keaksaraan awal
2.      Menghubungkan angka 1 – 13 dg urut
3.      Meronce
4.      Mengenal sikap toleransi
Pembelajaran langsung
1.2, 2.9, 3.3. 4.3, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7 3.12,4.12, 3.15,4.15
Aku sayang temanku (bersyukur punya teman ):
Keaksaraan awal, menghubungkan angka, meronce, mengenal sikap toleransi
Aku sayang temanku :
Menulis nama teman bermain di rumah
Menghubungkan angka 1-13 membuat mainan taman kota
Meronce kalung batang ketela pohon untuk temanku
Memberi tanda V untuk gambar anak yg toleransi beragama dan X yang tidak
SELASA
Anak dapat :
1.      Mewarnai gambar dg tehnik gradasi
2.      Berkreasi dg balok
3.      Mengurutkan gambar
4.      Keaksaraan awal
Pembelajaran langsung
1.2, 2.1, 3.3, 4.3, 3.6,4.6,
3.7,4.7, 3.15, 4.15
Menjaga lingkungan : mewarnai gambar, bermain balok, mengurutkan gambar, menebali kata
Menjaga lingkungan :
Mewarnai gambar taman kota dg tehnik gradasi
Membuat taman kota dari balok
Mengurutkan gambar mainan di taman kota dari yang terendah sampai tinggi
Meniru menulis dan membaca kalimat sederhana
RABU
Anak dapat :
1.      Menyusun pola warna
2.      Keaksaraan awal
3.      Membedakan bunyi
4.      Berkreasi dg palstisin/clay
Pembelajaran langsung
1.2, 2.1,2.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Alun – alun / taman kota : menyusun pola, keaksaraan awal, membedakan suara, bermain plastisin,
Alun alun / taman kota :
Menyusun pola warna ( ABC) merah, kuning, biru,……
Membuat kata yang mempunyai awalan MA
Memperhatikan gambar, menuliskan bunyi (bunyi penjual bakso, bunyi tiang mainan yang dipukul, bunyi sepatu dll)
Membuat mainan yang ada di taman kota dg plastisin/ clay
KAMIS
Anak dapat :
1.      Mengenal sikap sabar menunggu giliran
2.      Membilang
3.      Mengenal sikap mau menolong
4.      Memasangkan gambar
Pembelajaran langsung
1.2, 2.2,2.7,  3.2, 4.2, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.12,4.12
Aku suka bermain dengan teman : mewarnai gambar, melengkapi kalimat sederhana/ keaksaraan awal, membilang, mengenal sikap toleransi
Aku suka bermain dengan teman:
Mewarnai gambar anak yang mau sabar menunggu giliran bermain
Melengkapi kalimat sederhana
Menghitung jumlah teman yg bermain di taman kota
Memasangkan gambar mainan dengan tulisannya
JUMAT
Anak dapat :
1.      Mengenal sikap bersyukur
2.      Mengelompokkan mainan
3.      Mewarnai gambar dg tehnik garis
4.      Membilang

Pembelajaran langsung
1.2, 2.9, 3.1, 4.1, 3.3, 4.3, , 3.5,4.5, 3.15, 4.15
Bersyukur pada Tuhan : menebali kata, mengelompokkan gambar, mewarnai gambar, penjumlahan dengan benda
Bersyukur pada Tuhan
Tuhan memberi nikmat berupa makanan bagaimana cara kita bersyukur. Menebali kata bersyukur untuk gbr anak yang menghabiskan makanan dan kata tidak bersyukur untuk gbr anak yang membuang makanan
Mengelompokkan  mainan yang mempunyai bentuk segi empat dan lingkaran
Mewarnai gbr kaligrafi Alhamdulillah dg tehnik garis
Menyelesaikan tugas penjumlahan dg benda
SABTU
Anak dapat :
1.      Membedakan ciptaan Tuhan
2.      Fingerpainting
3.      Memasangkan gambar
4.      Bermain terpimpin
Pembelajaran langsung
 1.1, 1.2, 2.4, 3.3, 4.3, 3.7, 4.7, 3.12, 4.12
Membedakan ciptaan Tuhan ,finger painting, bermain terpimpin, membilang
Menulis huruf (T) untuk ciptaan Tuhan dan huruf (M) untuk buatan manusia benda yang ada di taman kota
Finger painting
Menghitung jumlah anak yg bisa menjaga kebersihan lingkungan dan yg tidak
Bermain Kuda berbisik