SEMESTER
/MINGGU : 1/2-3 TEMA
/ Sub. Tema : Diri Sendiri/ Tubuhku dan Panca Indera
KELOMPOK
: 5-6 TAHUN
KD : 1.1, 1.2, 2.1, 2.2, 2.3,2.6,3.5/4.5., 3.6, 4.6, 3.10/4.10, 3.11/4.11, 3.12, 4.12 3.14/4.14,, 3.15, 4.15
No
|
Sub Tema
|
Muatan / materi pembelajaran
|
Rencana Kegiatan
|
I
|
Tubuhku
Panca Indera
|
1. Tubuhku
ciptaan Tuhan
2.
Menyebutkan nama benda,
3.
Membilang dengan benda
4.
Melengkapi gambar,
5.
gerak dan lagu
6.
Memsangkan benda/gambar
7.
Menyusun pola
8.
Keaksaraan awal
9.
Mengenal perbedaan
10.
Kreasi Seni
|
Sentra
Persiapan
1. Menyebutkan
nama anggota tubuh sesuai dengan arah panah
2. Memasangkan
gambar anggota tubuh dg bilangan yg sesuai
3. Melingkari
huruf vokal pada nama gambar anggota tubuh
4. Memberi
nomer 1-5 urutan gambar dari yg terkecil sampai gambar terbesar
5. Menyusun
pola gambar (mata.hidung.telinga....,...,...)
6. Memasangkan
gambar panca indera dan pasangannya (mata-TV, telinga-radio,
mata-bunga,lidah-ice cream, kulit-benda kasar/halus)
7. Melingkari
tulisan (mata melihat gambar , lidah merasakan kue, telinga mendengarkan
musik, kulit meraba kapas halus, hidung mencium bau bunga)
8. Memberi
tanda = dan ≠,pada dua kumpulan gambar/benda
Sentra Bahan Alam
Sentra IMTAQ
7.
Memberi warna hijau pada gambar anak
yg toleransi beragama dan warna merah yang tidak
Sentra Seni Kreatifitas
1.
Bermain tebak siapa saya (mata ditutup
mencari asal suara meraba dan menebak nama
2.
Bermain peran “pergi ke dokter mata”
3.
Kolase gambar ice cream dg media kapas
4.
Gerak dan lagu “krpala pundak lutut
kaki
5.
Melengkapi gambar orang (mata hidung
telinga mulut)
6.
3 M ( mewarnai, menggunting, menempel)
gambar orang
7.
Menggambar dengan media lilin dan cat
air
Sentra Balok
1. Menggambar
AKU dari bentuk dasar lingkaran
2. Menyusun
dan menempel 7 bentuk geomtri menjadi
AKU
3. Membuat
aku dan tubuhku dari kepingan balok
4. Menebali
lingkaran untuk gambar panca indera dan menebali kotak yang bukan
5. Mengurutkan
lingkaran dari yang terkecil sampai terbesar
6.
Menyusun pola bentuk geometri sesuai
contoh
|