Keterangan:
Kompetensi
Dasar (KD) untuk KI-1 dan KI-2 tidak dirumuskan secara tersendiri.
Penjelasannya :
1. Indikator pencapaian perkembangan
anak untuk KD pada KI Sikap Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial tidak
dirumuskan secara tersendiri. Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini dilakukan
secara tidak langsung, tetapi melalui pembelajaran untuk mencapai KD-KD pada KI
Pengetahuan dan KI Keterampilan, serta melalui pembiasaan dan keteladanan.
2. Dengan kata lain, sikap positif
anak akan terbentuk ketika dia memiliki pengetahuan dan mewujudkan pengetahuan
itu dalam bentuk hasil karya dan/atau unjuk kerja. Contoh sikap positif itu
adalah perilaku hidup sehat, jujur, tanggung jawab, peduli, kreatif, kritis,
percaya diri, disiplin, mandiri, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri,
dan santun.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI / MUATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
||
KOMPETENSI
INTI 1
KI-1. Menerima ajaran agama
yang dianutnya
|
||||
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
1.1.1. Alam semesta ciptaan Tuhan
1.1.2. Benda-benda ciptaan Tuhan: batu, gunung,
pasir, dst
1.1.3. Makhluk hidup ciptaan Tuhan: binatang,
manusia, tumbuhan
1.1.4. Mensyukuri ciptaan Tuhan
1.1.5. Menjaga dan melestarikan ciptaan Tuhan.
1.1.6. Memanfaatkan ciptaan Tuhan
1.1.7. Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
|
|
||
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
1.1.1. Bersyukur
1.2.2. Menyayangi diri sendiri
1.2.3. Menyayangi sesama teman
1.2.4. Menghormati orang yang lebih tua
1.2.5. Menghormati orang yang lebih muda
1.2.6 Kelestarian lingkungan
1.2.7 Menghargai hasil karya diri
sendiri/orang lain
|
|
||
KOMPETENSI INTI 2
KI-2. Memiliki
perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri,
disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur,
dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh,
dan teman
|
||||
2.1 Memiliki perilaku
yang mencerminkan hidup sehat
|
2.1.1. Berolah raga
2.1.2. Makan yang teratur
2.1.3. Menjaga kebersihan
2.1.4. Menjaga kesehatan
2.1.5. Kebersihan diri sendiri
2.1.6. Kebersihan lingkungan
|
|
||
2.2 Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
2.2.1. Berani mencoba hal yang
baru
2.2.2. Mengetahui sebab akibat
2.2.3. Mengetahui apa yang terjadi jika
|
|
||
2.3 Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap kreatif
|
2.3.1. Mengembangkan hasil karyanya
2.3.2. Berkreasi
menggunakan berbagai media
|
|
||
2.4 Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap estetis
|
2.4.1. Bergerak sesuai dengan irama
musik
2.4.2. Menirukan gerakan sederhana
2.4.3. Berpakaian yang rapi dan
sopan
2.4.4. Penataan lingkungan
2.4.5. Adat istiadat,
budaya
|
|
||
2.5 Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap percaya diri
|
2.5.1. Berani bertanya.
2.5.2. Menyampaikan pendapat.
2.5.3. Berani tampil di depan umum
2.5.4. Mengerjakan tugas sendiri
2.5.5. Menunjukkan kebanggaan
terhadap hasil kerjanya
2.5.6. Menceritakan pengalaman
secara sederhana
2.5.7. Dapat menerima kritik
2.5.8. Mengikuti
perlombaan / kompetisi
|
|
||
2.6 Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
2.6.1. Perilaku baik / buruk.
2.6.2. Berangkat sekolah tepat
waktu.
2.6.3. Memakai seragam sekolah.
2.6.4. Bersikap sportif dalam
permainan
2.6.5. Mentaati peraturan / tata
tertib yang ada
2.6.6. Mengembalikan mainan pada
tempatnya setelah digunakan
|
|
||
2.7 Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika
orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
2.7.1. Saling hormat menghormati.
2.7.2. Sabar menunggu giliran
2.7.3. Mendengarkan temannya
berbicara.
2.7.4. Saling menghargai sesama
manusia
2.7.5. Mengendalikan emosi
|
|
||
2.8 Memiliki perilaku
yang mencerminkan kemandirian
|
2.8.1. Menyelesaikan tugas tanpa
bantuan.
2.8.2. Mengurus dirinya sendiri
2.8.3. Tidak cengeng
|
|
||
2.9 Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
|
2.9.1. Gotong royong / tolong
menolong
2.9.2 Tenggang rasa
2.9.3. Mau meminjamkan miliknya
dengan senang hati
2.9.4. Rasa empati pada orang lain
2.9.5 Mau
berbagi dengan teman
|
|
||
2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran kepada orang
lain
|
2.10.2. Mau Bermain dengan teman
2.10.3. Mau bekerja sama dengan
teman/orang lain
2.10.4. Dapat bekerja kelompok
2.10.5. Toleransi
|
|
||
2.11 Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
2.11.1. Menyesuaikan diri dengan
orang lain
2.11.2. Tidak mengganggu teman
2.11.3. Menyesuaikan diri dengan
lingkungan
2.11.4. Mudah
bergaul/berteman
|
|
||
2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung
jawab
|
2.12.1. Menyelesaikan tugas sampai
selesai
2.12.2. Memohon dan memberi maaf
2.12.3.Menyelesaikan pekerjaan tanpa dibantu orang lain
2.12.4. Memiliki rasa tanggung jawab
|
|
||
2.13 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
jujur
|
2.13.1. Tidak mengambil
barang yang bukan miliknya
2.13.2. Mengakui kesalahannya
2.13.3. Mengembalikan
milik orang lain
|
|
||
2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
rendah diri dan santun kepada orang tua, pendidik dan teman
|
2.14.1. Mengucapkan terimakasih bila mendapatkan sesuatu
2.14.2. Memperhatikan dan mendengarkan teman, orang
tua, dan orang yang lebih tua
2.14.3. Berbicara sopan
2.14.4. Memberi dan membalas salam
2.14.5. Saling memaafkan
|
|
||
KOMPETENSI
INTI 3 & 4
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman,
pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan
PAUDdengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar,
menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah
informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
KI-4. Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia
|
||||
3.1 Mengenal kegiatan beribadah
sehari-hari
|
3.1.1. Lagu-lagu keagamaan
3.1.2. Ibadah
3.1.3. Pengenalan do’a
3.1.4. Surat surat pendek
3.1.5. Tempat tempat ibadah
3.1.6. Kitab suci
3.1.7. Tokoh tokoh agama
3.1.8. Hari
hari besar agama
|
§
Mulai mengucapkan doa – doa pendek dan
melakukan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya
|
||
4.1 Melakukan kegiatan
beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
4.1.1. Menyanyi lagu lagu keagamaan
4.1.2. Beribadah
4.1.3. Hafalan doa sehari hari
4.1.4. Hafalan surat surat pendek
4.1.5. Pengenalan tempat tempat ibadah
4.1.6. Pengenalan kitab suci
4.1.7. Pengenalan tokoh agama
4.1.8. Peringatan hari hari besar agama
|
|||
3.2 Mengenal perilaku baik
sebagai cerminan akhlak mulia
|
3.2.1. Berterima kasih
3.2.2. Ucapan salam
3.2.3. Menghormati orang yang lebih tua
3.2.4. Menolong orang yang kesusahan
3.2.5. Memberi dan meminta maaf
3.2.6. Simpati terhadap teman yang sakit
3.2.7. Berbuat baik
|
§ Bersikap
sopan dan peduli melalui perkataan dan perbuatannya dengan bimbingan. Mis:
mengucapkan maaf, permisi, terimakasih.
§ Mulai
menunjukkan sikap mau menolong orang tua, pendidik, dan teman.
|
||
4.2 Menunjukkan perilaku santun
sebagai cerminan akhlak mulia
|
4.2.1. Mengucapkan terima kasih
4.2.2. Memberi dan membalas salam
4.2.3. Bersikap sopan pada orang tua,orang yang lebih tua
4.2.4. Membantu teman yang terkena musibah
4.2.5. Mau memberi dan memohon maaf
4.2.6. Menjenguk teman yang sakit
4.2.7. Melakukan perbuatan baik terhadap semua
|
|
||
3.3 Mengenal anggota tubuh,
fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
|
3.3.1. Anggota tubuh
3.3.2. Panca indra
3.3.3. Fungsi atau kegunaan anggota tubuh
3.3.4. Gerakan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst
3.3.5. Senam
3.3.6. Koordinasi motorik halus
|
§ Melakukan
berbagai gerakan motorik kasar dan
motorik halus yang seimbang, terkontrol, dan lincah
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan bergelayutan (berkibar)
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan melompat, meloncat,
dan berlari secara terkoordinasi
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu melempar sesuatu secara terarah
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu menangkap bola dengan tepat
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan antisipasi . Mis:
permainan lempar bola
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu menendang bola secara terarah
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu memanfaatkan alat permainan di luar dan
di dalam ruangan
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu menggunakan anggota badan untuk
melakukan gerakan halus yang terkontrol, mis; meronce
|
||
4.3 Menggunakan anggota tubuh
untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
4.3.1. Ciri ciri anggota tubuh
anak/orang lain
4.3.2. Kegunaan panca indra
4.3.3. Guna anggota tubuh
4.3.4. Jalan, lari, melompat, berjinjit, dst
4.3.5. Senam
4.3.6. Koordinasikan motorik halus
|
|||
3.4. Mengetahui cara hidup
sehat
|
3.4.1. Alat-alat kebersihan
3.4.2. Cuci tangan, mandi, menyisir rambut, menggosok gigi
3.4.3. Membuang sampah pada tempatnya
3.4.4. Berpakaian rapi
3.4.5. Melindungi diri dari percobaan kekerasan seksual (teriak dan
berlari).
3.4.6. Makan yang teratur
3.4.7. Makan makanan yang bergizi
3.4.8. Tata cara buang air kecil dan besar
3.4.9. Istirahat cukup
|
§ Mulai
melakukan hidup bersih dan sehat
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenali bagian tubuh yang harus
dilindungi dan cara melindungi dari kekerasan termasuk kekerasan sekual
§ Mulai
terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersih, sehat, dan bergizi
§ Menggunakan
toilet tanpa bantuan
|
||
4.4 Mampu menolong diri sendiri
untuk hidup sehat
|
4.4.1. Belajar/tata cara menggunakan alat-alat kebersihan
4.4.2. Belajar mencuci tangan, mandi, menyisir rambut, mengosok gigi
4.4.3. Kerja bakti membersihakan kelas dan lingkungan sekolah
4.4.4. Cara berpakaian yang rapi
4.4.5. Belajar cara melindungi diri dari percobaan kekerasan seksual
(teriak dan berlari).
4.4.6. Tata cara makan yang teratur
4.4.7. Terbiasa mengkonsumsi makanan yang bersih, sehat dan bergizi.
4.4.8. Praktek buang air kecil dan besar
4.4.9. Tata cara istirahat yang cukup
|
|||
3.5 Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
3.5.1. Konsep penjumlahan dan pengurangan
3.5.2. Mencari jejak
3.5.3. Menyusun puzel
|
§ Mampu
memecahkan masalah sederhana yang dihadapi dibantu oleh orang dewasa
§ Melanjutkan
kegiatan sampai selesai
|
||
4.5Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
|
4.5.1. Menghitung
hasil penjumlahan dan pengurangan dengan benda
4.5.2. Mengerjakan maze (mencari jejak) menuju suatu tempat/benda
4.5.3. Menyusun kembali kepingan puzel menjadi bentuk utuh
|
|||
3.6 Mengenal benda -benda
disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur,fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
3.6.1. Konsep
warna primer (merah,kuning biru) dan warna skunder
3.6.2. Bentuk: lingkaran, segi tiga, persegi, persegi pajang, oval,
kubus, kerucut, tabung
3.6.3. Ukuran: besar-kecil, panjang, pendek, berat-ringan, lama-sebentar,
sekarang-kemarin-besok.
3.6.4. Pola: pola satu indikator AB-AB, ABC-ABC. Pola dua indikator
AB-AB, ABC-ABC
3.6.5. Sifat: cair-padat-gas
3.6.6. Suara: sumber suara, jenis suara, cepat-lambat suara, keras-lunak,
tinggi-rendah, dll
3.6.7. Konsep dan lambang bilangan
|
§ Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu
mengenal benda dengan mengelompokkan berbagai benda berdasarkan ukuran mis ;
besar – kecil, panjang – pendek, tebal – tipis, berat - ringan
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan memasangkan benda
dengan pasangannya
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan mengurutkan benda
berdasarkan ukuran dari yang terpendek sampai yang terpanjang, terkecil -
terbesar
§ Melkukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk, ukuran
dan warna melauli kegiatan mengelompokkan
§ Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal konsep
besar – kecil, banyak – sedikit, panjang – pendek, berat – ringan, tinggi –
rendah melauli kegiatan membandingkan
|
||
4.6 Menyampaikan tentang apa
dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk,
ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui
berbagai hasil karya
|
4.6.1. Pencampuran macam - macam warna
4.6.2. Pengelompokkan benda berdasarkan bentuk
geometri
4.6.3. Perbedaan benda berdasarkan
kasar-halus,panjang pendek,besar-kecil dll
4.6.4. Penyusunan pola secara berurutan dan benar
4.6.5. Pengenalan sifat-sifat dari benda (cair,padat,gas)
4.6.6. Pengenalan bunyi atau suara-suara
tertentu
4.6.7. Pengenalan konsep dan lambang bilangan
|
|||
3.7 Mengenal lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,budaya, transportasi)
|
3.7.1. Nama / identitas anak
3.7.2. Anggota keluarga
3.7.3. Tempat ibadah
3.7.4. Alat transportasi
3.7.5. Budaya sekitar lingkungan anak
3.7.6. Cerita
3.7.7. Gerak dan lagu
|
§ Menyebutkan
nama anggota keluarga lain, teman dan jenis kelamin mereka
§ Menyebutkan
tempat dilingkingan sekitar
§ Menyebutkan
arah ke tempat yang sering dikunjungi pada radius yang lebih jauh (pasar,
taman bermain)
§ Menyebutkan
dan mengetahui perlengkapan/ astribut yang berhubungan dengan pekerjaan orang
– orang yang ada disekitarnya
§ Mengikuti
aturan.
|
||
4.7 Menyajikan berbagai
karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi)
|
4.7.1. Pengenalan identitas anak
4.7.2. Pengenalan anggota keluarga.
4.7.3. Pengenalan tempat-tempat ibadah
4.7.4. Macam-macam kendaraan (laut, darat, udara)
4.7.5. Menari sesuai irama musik
4.7.6. Bercerita
4.7.7. Praktek gerak lagu
|
|||
3.8 Mengenal lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
3.8.1. Macam -macam tanaman
3.8.2. Binatang yang hidup di air, udara & darat
3.8.3. Binatang piaraan
3.8.4. Cuaca: siang, malam, panas, hujan
3.8.5. Daerah pedesaan, perkotaan, pegunungan
pesisir dll
3.8.6. Bertanya dengan kata "apa",
"siapa", "dimana", "bagaimana",
"mengapa".
3.8.7. Perkembangbiakan makluk hidup
3.8.8. Proses kerja sesuai prosedur ilmiah. Misal:
membuat teh dimulai
dari menyediakan air panas, teh,gula, dan gelas.
|
§ Menunjuk
warna dan kegunaan benda – benda alam
§ Mengungkapkan
hasil karya yang dibuatnya secara sederhana yang berhubungan dengan benda –
benda yang ada dilingkungan alam
§ Menunjukkan
proses perkembangbiakan makluk hidup(mis:kupu – kupu, ayam, katak)
|
||
4.8 Menyajikan berbagai
karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentanglingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
4.8.1. Memelihara tanaman
4.8.2. Gerakan binatang,bercerita tentang binatang,
4.8.3. Pemeliharaan binatang piaraan.
4.8.4. Proses terjadinya gejala alam
4.8.5. Belajar suasana pedesaan, perkotaan,
pegunungan
4.8.6. Menggunakan kata "apa",
"siapa", "dimana", "bagaimana",
"mengapa".
4.8.7. Perkembangbiakan makluk hidup
4.8.8. Praktek kerja sesuai prosedur ilmiah. Misal: membuat
teh dimulai dari
menyediakan air panas, teh,gula, dan gelas.
|
|||
3.9 Mengenal teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,
dll)
|
3.9.1. Alat- alat rumah tangga.
3.9.2. Alat untuk bekerja (alat tukang kayu,alat
dokter,alat polisi dll)
3.9.3. Alat-alat permainan di sekolah
3.9.4. Alat-alat untuk sekolah
3.9.5. Alat-alat tehnologi sederhana (baling-baling,
pesawat-
pesawatan,kereta api- kereta apian,mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan
benang dll).
|
§ Menggunakan
cara penggunaan benda – benda tehnologi sederhana (mis: gunting, sekop, palu,
cangkul, pisu, gunting, kuku, sikat gigi, sendok, pembuka tutup botol, spons,
roda pada kendaraan dll)
§ Mengenali
bahan – bahan pembuatan tehnologi sederhana
|
||
4.9 Menggunakan teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,
dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
4.9.1. Pengenalan peralatan rumah tangga
4.9.2. Bermain peran sebagai tukang kayu,dokter,polisi dll
4.9.3. Mengembalikan alat-alat permainan setelah digunakan di sekolah
4.9.4. Mengelompokkan alat-alat untuk sekolah
4.9.5. Membuat alat-alat tehnologi sederhana (baling-baling, pesawat-
pesawatan,kereta api- kereta apian,mobil-mobilan, telepon-teleponan dengan
benang dll).
|
|||
3.10 Memahami bahasareseptif (menyimak dan
membaca)
|
3.10.1.Percakapan
3.10.2.Menirukan 2- 3 urutan
kata
3.10.3.Menceritakan isi buku
walaupun tidak sama tulisan dengan yang diungkapkan
3.10.4.Suku kata awal sama/suku
kata akhir sama
3.10.5.Identitas diri dengan
lengkap (nama lengkap, nama panggilan, alamat dll)
|
§ Menceritakan
kembali apa yang didengar dengan kosa kata yang terbatas
§ Melaksanakan
perintah sederhana sesuai dengan aturan yang disampaikan. Mis : aturan makan
bersama
|
||
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif
(menyimak dan membaca)
|
4.10.1.Percakapan dua arah atau
lebih
4.10.2. Menyusun 2-3 urutan kata dengan benar
4.10.3. Membaca gambar sederhana
4.10.4. Belajar tentang suku kata awal sama/suku kata akhir sama
4.10.5 . Menyebutkan nama sendiri dengan lengkap
|
|||
3.11 Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan
bahasa secara verbal dan non verbal)
|
3.11.1. Ekpresi wajah (senang, marah, sedih)
3.11.2. Pantomim
3.11.3. Lagu anak-anak
3.11.4. Syair
3.11.5. Tanya jawab tentang keterangan /informasi
3.11.6. Mengulang kalimat yang sudah didengar
3.11.7.Macam bunyi/suara
(teriakan,tertawa,menangis,pintu dibuka dll)
|
§ Menggunakan
kalimat pendek untuk berinteraksi dengan anak atau orang dewasa untuk
menyatakan apa yang dilihat dan dirasa
§ Menceritakan
gambar yang ada di dalam buku
§ Berbicara
sesuai dengan kebutuhan (kapan harus bertanya, berpendapat)
§ Bertanya
dengan menggunakan lebih 2 kata tanya seperti : apa, mengapa, bagaiman, dimana
|
||