SEMESTER/MINGGU : 2/4
HARI/TANGGAL
: Selasa , februari-
KELOMPOK/USIA
: B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB
TEMA : Pekerjaan / macam pekerjaan
KD: 1.2, 2.2, 2.4 ,2.7 ,3.5,4.5, 3.12,4.12
Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Ket.
|
Alat
dan Bahan
|
Penilaian
Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Macam pekerjaan
Menyanyi,
keaksaraan awal, puzzle, mewarnai gambar, mengenal perilaku benar dan salah,
mematuhi aturan
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt. Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak
terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
- berdoa
-Mengucapkan salam
-bercakap – cakap ttg macam pekerjaan
Menyanyi macam
profesi
- apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar
macam pekerjaan
|
Anak
dapat menjawab pertanyaan
Anak senang menyanyi
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area
Baca Tulis
-
Menyebutkan dan menuliskan macam pekerjaan ( yang dikenal anak)
|
Mengasosiasikan
|
Buku tugas, pensil
|
Anak
dapat menyebutkan dan menulis macam pekerjaan
|
|
|
|
|
|
Area Seni
-
Mewarnai gambar profesi kesukaan
|
Mengkomunikasikan
|
Gambar, krayon
|
Anak
dapat mewarnai gambar dg rapih
|
|
|
|
|
|
|
Area Agama
-
Memberi tanda V untuk anak yang rajin belajar dan X yang malas
|
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja, pensil
|
Anak
dapat mengenal perilaku baik dan buruk
|
|
|
|
|
|
Area
Matematika
Puzle gambar
profesi
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Puzzle aneka profesi
|
Anak bisa
menyelesaikan puzle
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
- doa makan, cuci tangan
-bermain bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi ttg kegt. Hari ini
-berdoa pulang, salam
|
|
|
Sikap
berdoa
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 2/4
HARI/TANGGAL : selasa , februari-
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Pekerjaan/ macam pekerjaan
KD:
1.2, 2.2,3.3,4.3,3.5,4.5,3.8,4.8, 3.2,4.12,3.15,4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Polisi yang gagah : sikap bersyukur
Menyanyi, menyusun huruf acak, menggambar,
melengkapi gambar, menyelesaikan masalah
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg polisi
Menyanyi lihat bapak polisi
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar polisi
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
Anak senang
menyanyi
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area Seni
-
Menggambar dari bentuk dasar lingkaran
|
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat menggambar dengan kreatif
|
|
|
|
|
|
Area Matematika
-”
Menyelesaikan soal pengurangan dengan benda
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja
pensil
|
Anak dapat menyelesaikan tugas penjumlahan
|
|
|
|
|
|
|
Area Motorik halus
-
Melengkapi
gambar yang belum sempurna/ selesai (menghubungkan garis yang masih putus – putus)
|
Mengkomunikasikan
|
Gambar, spidol
|
Anak dapat melengkapi gambar dg rapih
|
|
|
|
|
|
Area Agama
Menyusun huruf acak menjadi nama pekerjaan sesuai
gambar (urug, isilop, tolip, retkod, inatep)
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja
|
Anak dapat menyusun huruf menjadi kata
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 2/4
HARI/TANGGAL : rabu , februari
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : pekerjaan/ macam pekerjaan
KD:
1.2, 2.2, 2.4,
3.3,4.3,3.5,4.5,3.12,4.12, 3.15, 4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Petani yang baik :
Perilaku / sikap estetis, 3 M (mewarnai, mencocok,
menempel) gambar, melengkapi kalimat sederhana, membilang, mengurutkan gambar
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg profesi petani
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar profesi
petani
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|
||
Area Matematika
- Menghitung jumlah hasil
panen petani
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja,
pensil
|
Anak dapat menghitung dg benar
|
|
|
|
|
|
Area menulis dan membaca
- Melengkapi kalimat sederhana (petani menanam……., padi ditanam di
…….dst)
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja,pensil
|
Anak dapat melengkapi kalimat sederhana
|
|
|
|
|
|
|
Area Seni
-3 M (mewarnai, mencocok, menempel ) topi petani
|
Mengkomunikasikan
|
Gambar, krayon,
gunting, lem, buku merekat
|
Anak dapat mewarnai , menggunting dan menempel dg rapih
|
|
|
|
|
|
Area Bahasa
Mengurutkan gambar kegiatan petani
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja
|
Anak
mengurutkan cerita gambar seri
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
Mengetahui Magetan, februari Kepala
TK Guru
Klp. B
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 2/4
HARI/TANGGAL : Kamis , februari
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Pekerjaan/ macam pekerjaan
KD:
1.2, 2.3,
3.3,4.33.5,4.5, 3.12, 4.12,3.15,4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Sikap bersyukur / Dokter yang penolong :
Menebali lingkaran dan segiempat, membandingkan
benda, keaksaraan awal, perilaku/ sikap
kreatif
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg profesi dokter
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar Profesi
Dokter
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|
||
Area Motorik halus
-
Menebali lingkaran untuk profesi
kesehatan dan bentuk kotak untuk yang bukan
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja, pensil
|
Anak dapat menebali lingkaran dan kotak dg rapih
|
|
|
|
|
|
Area Matematika
- Membadingkan dua kumpulan benda dengan member tanda (≠ atau = )
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja,
pensil
|
Anak dapat membandingkan benda berdasarkan ukuran
|
|
|
|
|
|
|
Area Baca tulis
- Menyebutkan dan menulis kata yang mempunyai awalan suku kata DO
(dokter ,donat, dodol, doa,dosa )
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Buku tugas,
pensil
|
Anak dapat menyebutkan dan menulis kata yg mempunyai suku kata DO
|
|
|
|
|
|
Area Seni
Membuat
bentuk alat dokter dari plastisin/ clay
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
plastisin
|
Anak dapat membuat
alat dokter dari plastisin
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 2/4
HARI/TANGGAL : Jumat , Februari
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Pekerjaan/ macam alatpekerjaan
KD: 1.2, 2.4, 3.3,4.3, 3.5,4.5, 3.7,4.7, 3.15,4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Guru yang ramah :
Menyanyi, menebali tulisan, mengurutkan cerita
gambar seri, menjiplak, maze
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg profesi guru
Menyanyi lagu bhakti guru
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar profesi
guru
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
Anak senang
menyanyi
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area Bahasa
- Memberi nomer urut 1 – 4 cerita gambar seri
kegiatan
berangkat
sekolah
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja, pensil
|
Anak dapat mengurutkan cerita gambar seri
|
|
|
|
|
|
Area Matematika
-
Maze mencari jalan menuju ke sekolah
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja,
spidol
|
Anak dapat mencari jalan menuju ke sekolah
|
|
|
|
|
|
|
Area Motorik halus
- Menebali tulisan ustadz
dan ustadza
|
Mengkomunikasikan
|
Lembar kerja,
pensil
|
Anak dapat menebali dg rapih
|
|
|
|
|
|
Area Seni
Memberi warna merah untuk semua gambar yang ada
hubungannya dengan guru
|
Mengumpulkan
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja,
pensil
|
Anak dapat mengelompokkan dengan benar
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
SEMESTER/MINGGU : 2/4
HARI/TANGGAL : sabtu , Februari
KELOMPOK/USIA : B/ 5-6 tahun
TEMA/SUB TEMA : Pekerjaan / macam pekerjaan
KD: 1.2, 2.5, 3.3, 4.3, 3.7,4.7, 3.12, 4.12 3.15, 4.15
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Ket.
|
Alat dan Bahan
|
Penilaian Perkembangan anak
|
||||
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||||
Sikap
bersyukur/ Pekerjaan yang kusukai / cita- citaku :memasangkan
gambar, menyusun pola, keaksaraan awal, menggambar cita – citaku/ pekerjaan
yg kusukai
|
1.Penyambutan
(SOP)
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegt.
Pagi : doa pagi
Fisik motorik
|
|
|
Anak terbiasa berdoa
|
|
|
|
|
|
2.Pembukaan
(SOP)
-
berdoa
-Mengucapkan
salam
-bercakap
– cakap ttg macam pekerjaan yang kusukai (cita – citaku)
-
apersepsi
|
Mengamati
Menanya
|
Gambar macam
pekerjaan
|
Anak dapat menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3.Inti
|
|
|
|
|
|
|||
Area Bahasa
- Memasangkan gambar profesi dan tulisannya
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja, pensil
|
Anak dapat memasangkan gambar
|
|
|
|
|
|
Area Matematika
- Menyusun pola kata (ABC)
polisi, guru, pilot………
|
Mengasosiasikan
|
Lembar kerja pensil
|
Anak dapat menyususn pola
|
|
|
|
|
|
|
Area Baca Tulis
- Menyalin meniru macam
profesi dalam bahasa inggris (teacher,doctor,policeman,postman)
|
Mengasosiasikan
|
Buku tugas,
pensil
|
Anak dapat mengenal macam profesi dalam bahasa inggris
|
|
|
|
|
|
Area Bermain peran/ drama
brmain peran menjadi profesi yang disukai (dokter,
polisi, guru
|
Mengumpulkan
Mengkomunikasikan
|
Alat untuk
bermain peran
|
Anak berani
untuk tampil bermain peran
|
|
|
|
|
|
4. Istirahat
-
doa makan, cuci tangan
-bermain
bersama
|
|
|
Sikap waktu makan
|
|
|
|
|
|
5.Penutup
-Refleksi
-Diskusi
ttg kegt. Hari ini
-berdoa
pulang, salam
|
|
|
Sikap berdoa
|
|
|
|
|