Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan
Berbagai Model
Pembelajaran
Model tahapan
kegiatan
|
Kelompok
berdasarkan sudut kegiatan
|
Kelompok
berdasarkan kegt. pengaman
|
Area
|
Sentra
|
Penyiapan
lingkungan main
|
Guru menata
ragam main
sesuai
dengan sudut
yang akan digunakan
(mininal 4
sudut).
Satu sudut
dapat diisi dengan
Beragam
kegiatan
main.
|
Guru menata 4
tempat kegiatan main yang terdiri
dari 3 tempat
untuk kegiatan
utama dan 1
tempat untuk
kegiatanpengaman.
|
Guru menata
ragam main
sesuai dengan
area yang
akan digunakan
(minimal 4
area)- Satu
areadapat diisi
denganberagam
kegiatan main
|
Guru menata
ragam main
sesuai dg sentra yang digunakan
(minimal 4
Kegiatan
main).
Untuk anak
yang sudah mampu
Dapat
dilibatkan
Dalam penataan
Lingkungan
main
|
|
-
Di setiap tempat kegiatan main tersedia alat,
bahan, sumber atau media yang dapat dieksplorasi untuk menerapkan pendekatan
saintifik
-
Lingkungan yang disiapkan memungkinkan
terbangunnya pemahaman anak yang mendalam terhadap topik atau tema yang
dibahas
|
|||
Pembukaan
|
-
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan,
mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat ,bahan, sumber atau
media untuk diamati, baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan
tema/sub tema
-
Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan,
sumber atau media
-
Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan
Perasaannya
-
Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
|
|||
INTI
|
Anak
beraktifitas
di sudut untuk
mengumpulkan
informasi
|
Anak
beraktifitas
di sudut untuk
mengumpulkan
informasi
Guru
mendampingi
salah satu klp
agar anak mendapatkan
informasi yang
lebih optimal
|
Anak
beraktifitas di
area untuk
mengumpulkan
informasi
- Guru
melakukan
individualisasi
kepada anak
agar anak
mendapatkan
informasi yang
lebih optimal
|
Anak
beraktifitas
di sentra
untuk
mengumpulk
an informasi
- Guru
memberikan
pijakan agar
anak
mendapatkan informasi yang lebih optimal
|
|
-
Dalam kegiatan mengumpulkan informasi anak diberi
kesempatan untuk mengamati dan menanya secara lebih luas dan mendalam
-
Anak melakukan uji coba/eksperimen/praktek dengan
alat, bahan, sumber atau media yang tersedia secara individu maupun
berkelompok
-
Anak membandingkan, mengelompokkan, melakukan
pengukuran, dll dengan menggunakan alat, bahan, sumber atau media
-
Anak diberi kesempatan untuk membuat berbagai
karya dengan menggunakan alat, bahan, sumber atau media sesuai dengan minat,
ide dan kreativitas masing-masing
-
Guru
menghargai setiap ide yang dilontarkan oleh anak, mendorong anak untuk
memunculkan kreativitasnya, membangun minat anak dan juga terjadinya proses
belaja
-
Guru
memperjelas/mematangkan pengetahuan yang diperoleh anak serta mendorong anak
untuk dapat memperluas gagasan dan hasil karyanya
-
Guru memberikan penguatan atas pengetahuan baru
yang didapatkan anak agar menjadi bagian pengetahuan yang masuk ke dalam
ingatan anak.
|
|||
PENUTUP
|
-
Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman
yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
-
Dalam
proses ini anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali
pengetahuan lebih jauh lagi
-
Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk
terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
-
Guru menyampaikan rencana ke depan untuk
menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
|