Pedoman
Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Kurikulum 2013)
Pembelajaran merupakan bentuk penyelenggaraaan
pendidikan yang memadukan secara sistematis dan berkesinambungan suatu
kegiatan. Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan di lingkungan lembaga dan luar
lembaga dalam wujud penyediaan beragam pengalaman belajar untuk semua peserta
didik. Kegiatan pembelajaran sebagai suatu proses harus disusun berdasarkan
prinsip-prinsip pembelajaran. Sedangkan prinsip – prinsip pembelajaran pada
anak usia dini (PAUD) adalah sebagai
berikut :
1.
Berorientasi pada kebutuhan anak
Pada
dasarnya setiap anak memiliki kebutuhan
dasar yang sama, seperti kebutuhan fisik, rasa aman, dihargai, tidak
dibeda-bedakan, bersosialisasi, dan kebutuhan untuk diakui. Anak pada usia dini
sedang membutuhkan proses belajar untuk mengoptimalkan semua aspek
perkembangannya.
2.
Sesuai dengan perkembangan anak
Anak
usia dini memiliki karakteristisk khusus disemua area perkembangannya. Di aspek
fisik, anak telah memiliki kekuatan otot dan koordinasi visual motorik yang
semakin matang, di aspek bahasa, anak telah memiliki kosa kata yang cukup
sehingga mampu membangun komunikasi dengan orang lain, di aspek kognitif, anak
telah mampu melakukan hubungan logika sebab akibat dan pemecahan masalah,
sedangkan sosial emosional, anak telah mempunyai kemampuan untuk mengelola
perasaannnya sehingga memungkinkan untuk menjalin interaksi dengan teman dan
orang dewasa. Secara moral dan agama anak mulai dapat membedakan hal – hal yang
baik dan buruk.
3.
Sesuai dengan keunikan setiap individu
Anak
merupakan individu yang unik, masing – amsing mempunyai gaya belajar yang
berbeda. Ada anak yang lebih mudah belajarnya dengan mendengarkan (auditori),
ada anak yang lebih mudah belajarnya dengan melihat (visual) dan ada anak yang
harus belajar dengan bergerak (
kinestetik ). Anak juga memiliki minat yang berbeda – beda terhadap alat/bahan
yang dipelajari /digunakan, juga mempunyai bahasa yang berbeda, bakat yang
berbeda, cara merespon lingkungan, serta kebiasaan yang berbeda. Guru
seharusnya mempertimbangkan perbedaan individual anak, dan mengakui perbedaan
tersebut sebagai kelebihan masing – masing anak. Untuk mendukung hal tersebut
sebagai kelebihan masing – masing anak. Untuk mendukung hal tersebut guru harus
menggunakan cara yang beragam dalam membangun pengalaman anak, menyediakan kesempatan
bagi anak untuk belajar dengan cara yang sesuai dengan kekuatannya, serta
menyediakan ragam main yang cukup.
4.
Kegiatan belajar dilakukan melalui
bermain
Pembelajaran
dilakukan dengan cara yang menyenangkan , sehingga tidak boleh terjadi
pemaksaan atau penekanan. Selama bermain
anak mendapatkan pengalaman untuk mengembangkan aspek – aspek nilai agama dan
moral, fisik motorik, kognitif, bahasa dan sosial emosional. Pembiasaan dan
pembentukan karakter yang baik serta tanggung jawab, kemandirian , sopan santun,
dan lainnya ditanamkan melalui kegiatan yang menyenangkan.
5.
Pembelajaran berpusat pada anak.
Pembelajaran
di PAUD hendaknya menempatkan anak sebagai subjek pendidikan. Oleh karena itu
guru harus memberi kesempatan kepada anak – anak untuk pilihan, mengemukakan
pendapat, dan aktif melakukan atau mengalami sendiri untuk membangun
pengetahuannya sendiri. Guru bertindak sebagai fasilitator saja, bukan yang
menentukan segala sesuatu yang akan dikerjakan anak.
6.
Anak sebagai pembelajar yang aktif
Anak
bukanlah sebuah wadah yang kosong yang perlu diisi guru dengan berbagai
pengetahuan, tetapi anak merupakan
subjek/ pelaku kegiatan dan guru merupakan fasilitator (membantu dan
mengarahkan sesuai dengan kebutuhan masing – masing anak). Anak mempunyai rasa
ingin tahu yang besar, mempunyai banyak ide dan tidak bisa berdiam dalam jangka
waktu lama ,ijinkanlah anak untuk membangun pengetahuannya sendiri melalui
pengalaman dengan beraneka bahan dan kegiatan . Oleh karena itu guru harus
menyediakan berbagai bahan dan alat serta memberi kesempatan anak untuk
memainkannya dengan berbagai cara, dan memberikan waktu yang cukup kepada anak untuk mengenal lingkungannya
dengan caranya sendiri.
7.
Anak belajar dari konkrit keabstrak,
dari sederhana ke yang kompleks, dari gerakan ke verbal, dan dari sendiri ke
sosial
a.
Anak belajar mulai dari hal – hal yang
paling konkret yang dapat dirasakan oleh inderanya (dilihat, diraba, dicium,
dicecap, didengar) ke hal – hal yang bersifat abstrak/ imajinasi.
b.
Anak belajar dari konsep yang paling sederhana
ke konsep yang rumit , misalnya mula – mula anak memahami apel sebagai buah
kesukaannya, kemudian anak memahami apel sebagai buah yang berguna untuk
kesehatannya.
c.
Kemampuan komunikasi anak dimulai dengan
menggunakan bahasa tubuh lalu berkembang menggunakan bahasa lisan. Guru harus
memahami bahasa tubuh anak dan membantu mengembangkan kemampuan bahasa anak
melalui kegiatan bermain
d.
Anak memahami lingkungannya dimulai dari
hal – hal yang terkait dengan dirinya sendiri, kemudian ke lingkungan dan orang
– orang yang paling dekat dengan dirinya, sampai kepada lingkungan yang lebih
luas. Dengan demikian guru harus menyediakan alat – alat main dari yang paling
konkrit sampai alat main yang bisa digunakan sebagai pengganti benda yang
sesungguhnya.
8.
Menyediakan lingkungan yang mendukung
proses belajar
Lingkungan
merupakan sumber belajar yang sangat bermanfaat bagi anak. Lingkungan
pembelajaran berupa lingkungan fisik dan non fisik. Lingkungan fisik berupa
penataan ruangan, penataan alat main, benda – benda yang ada disekitar anak,
dan lingkungan non fisik berupa kebiasaan orang – orang sekitar, suasana
belajar, dan interaksi guru dan anak yang berkualitas, karena itu guru perlu
menata lingkungan yang menarik, menciptakan suasana hubungan yang menarik,
menciptakan suasana hubunngan yang hangat dengan anak.
9.
Merangsang munculnya kreativitas dan
inovasi
Pada
dasarnya setiap anak memiliki potensi kreativitas yang sangat tinggi, karena
itu berikan anak kesempatan untuk menggunakan bahan dengan berbagai jenis
tekstur ,bentuk dan ukuran dalam kegiatan permainannya, dan kesempatan untuk
belajar tentang berbagai sifat dan bahan – bahan, cara memainkan, bereksplorasi
dan menemukan.
Guru
perlu menghargai setiap kreasi anak apapun bentuknya sebagai wujud karya
kreatif mereka. Dengan kreativitas , nantinya anak akan memiliki pribadi yang
kreatif sehingga mereka dapat memecahkan masalah/ persoalan kehidupan dengan
cara – cara yang kreatif.
10.
Mengembangkan kecakapan hidup anak.
Kecakapan
hidup merupakan suatu ketrampilan dasar yang perlu dimiliki anak melalui
pengembangan karakter, yang berguna bagi kehidupannya kelak. Karakter yang baik
dapat dikembangkan dan dipupuk sehingga menjadi modal masa depan anak. Kecakapan
hidup diarahkan untuk membantu anak menajdi mandiri, tekun, bekerja keras,
disiplin dan jujur, percaya diri , menghargai kerjasama dan mampu membangun
hubungan dengan orang lain
11.
Menggunakan berbagai sumber dan media
belajar
Sumber
dan media belajar anak usia dini tidak terbatas pada alat dan media hasil
pabrikan, tetapi dapat menggunakan berbagai bahan dan alat yang tersedia di
lingkungan belajar sepanjang tidak
membahayakan anak. Air, tanah, pasir, batu – batuan , kerang, botol bekas,
karton bekas , baju bekas, sepatu bekas dan masih banyak lagi benda lainnya
yang dapat dijadikan sebagai media belajar. Dengan menggunakan bahan dan benda
yang ada disekitar anak, maka kepedulian anak terhadap lingkungan terasah untuk
ikut serta menjaga dan melestarikan lingkungan alam sekitarnya. Sumber belajar
juga tidak terbatas pada guru tetapi orang – orang lain yang ada disekitarnya.
Misalnya anak belajar pada petani,
polisi, tukang pos , penjual , satpam, dan lainnya dengan cara mengunjungi
tempat kerja mereka atau mendatangkan mereka ke sekolah PAUD / Taman Kanak - Kanak, untuk menjadi
sumber belajar/ pengetahuan atau inspirasi.
12.
Anak belajar sesuai dengan kondisi
sosial budayanya
PAUD
merupakan wahana untuk tumbuh kembang anak sesuai dengan potensi dengan
berdasarkan sosial budaya yang berlaku di lingkungannya. Pendidik seharusnya
mengenalkan budaya daerah seperti kesenian, bahasa, adat – istiadat, permainan
tradisionil, alat musik dan sebagainya untuk menjadi bagian dari pembelajaran
baik secara rutin, mapun pada saat – saat tertentu.
13.
Melibatkan peran serta orang tua
Keberhasilan
PAUD tidak bisa tercapai secara optimal tanpa keterlibatan orang tua. Guru
sebagai pendidik kedua harus menjalin kerjasama atau hubungan dengan orang tua
untuk mendapatkan informasi tentang anak agar dapat menumbuh kembangkan semua
potensi anak secara optimal. Orang tua harus dilibatkan dalam perencanaan dan
pelaksanaan program pendidikan di sekolah, sehingga diharapkan dapat menjamin
terjadinya keberlangsungan dan kesinambungan program antara apa yang dilakukan
guru di sekolah dengan orang tua di rumah.
14.
Stimulasi pendidikan bersifat menyeluruh
yang mencakup semua aspek perkembangan
Setiap
anak melakukan sesuatu/ aktivitas , sesungguhnya ia sedang mengembangkan
berbagai aspek perkembangan/ kecerdasannya. Sebagai contoh saat anak makan, ia
mengembangkan kemampuan bahasa (kosa kata tentang bahan makanan, jenis
makanan), mengembangkan gerakan motorik halus (memegang sendok, membawa makanan
kemulut), kemampuan kognitif ) ,membedakan
macam – macam rasa, membedakan jumlah makanan banyak- sedikit, kemampuan
sosial emosi ( duduk dengan sopan, saling berbagi), aspek moral agama (berdoa
sebelum dan sesudah makan). Program pembelajaran dan kegiatan anak yang
dikembangkan guru seharusnya ditujukan untuk mencapai kematangan semua aspek
perkembangan Kualitas pembelajaran dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana
kegiatan pembelajaran tertentu dapat menjadi alat perubah perilaku peserta
didik ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan.
Oleh
karena itu, pendidik PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan dan
melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan
dan perkembangan peserta didik. Untuk membantu kemampuan Pendidik PAUD dalam
menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat sebelum pelaksanaan
pembelajaran. Rencana pembelajaran harus mengacu kepada
karakteristik (usia, sosial budaya dan kebutuhan individual) anak yang terlibat
dalam pembelajaran.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran sebagai acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk:
• mendukung
keberhasilan pelaksanaan pembelajaran
• mengarahkan
guru untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan,
• mengarahkan
guru untuk membangun sikap, pengetahuan
dan keterampilan yang diharapkan dimiliki anak
• mendukung
keberhasilan pelaksanaan pembelajaran
Rambu-rambu
penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran:
• Mengacu pada kompetensi dasar (KD) yang memuat
sikap, pengetahuan, dan keterampilan utnuk mewujudkan ketercapaian Standar
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
(STPPA)
yang mencakup nilai agama dan moral,
motorik, kognitif, bahasa, social emosional dan seni.
• Memuat materi yang sesuai dengan KD dan dikaitkan
dengan tema.
• Memilih kegiatan
selaras dengan muatan/ materi pembelajaran
• Mengembangkan kegiatan main yang berpusat pada anak
• Menggunakan pembelajaran tematik
• Mengembangkan cara berfikir saintifik
• Berbasis budaya lokal dan memanfaatkan lingkungan
alam sekitar, sebagai media bermain anak
Menurunkan KD menjadi Materi/Muatan
Ajar
Pada
pembelajaran PAUD hal yang terpenting adalah proses belajar yang menumbuhkan
anak senang belajar, senang melakukan proses saintis, BUKAN menekankan pada
penguasaan materi karena penilaian atau assessment pada program anak usia dini
merujuk pada tahap perkembangan. Inilah keunikan kurikulum 2013 Pendidikan Anak
Usia Dini. Namun demikian proses pembelajaran pada anak usia dini yang
dilakukan melalui kegiatan bermain juga memberikan penambahan pengetahuan,
sikap, dan keterampilan anak yang sesuai dengan Kompetensi Dasar dengan
memperhatikan kemampuan yang sesuai tahap perkembangan anak pada usia tertentu
pada umumnya. Oleh karena itu pendidik juga harus mampu menurunkan materi yang sesuai
dengan Kompetensi Dasar.
Perlunya Pemahaman Materi:
1.
Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan
keterampilan anak
2.
Memperluas pengalaman bermain yang
bermakna
3.
Menumbuhkan minat belajar anak
Langkah penyusunan materi:
1.
Pahami inti muatan dari setiap
kompetensi dasar. Kemampuan apa yang diharapkan dari KD tersebut.
2.
Pahami keluasan cakupan materi yang
termuat dalam KD
3.
Pahami kedalaman materi yang sesuai
dengan tahap perkembangan anak.
4.
Sesuaikan dengan visi yang ingin
diwujudkan dan Tujuan yang ingin dicapai pada anak didik selama belajar di
Satuan TK Pembina Negeri.
5.
Tentukan prioritas materi yang mendukung
pencapaian KD
Contoh Pengembangan Materi
CONTOH
KOMPETENSI ISI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
KI-1: Menerima ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
- Benda-benda ciptaan Tuhan: batu, gunung,
pasir, dst
- Makhluk hidup ciptaan Tuhan: binatang,
manusia, tumbuhan
- Gejala alam: hujan, siang-malam, awan,
dll
|
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar
sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
- memelihara
diri sendiri: bangga dengan diri sendiri, tidak mengejek teman,
- memelihara
benda: membersihkan, menyimpan yang masih diperlukan, menggunakan dengan
tepat.
- memelihara
makhluk hidup yang ada di sekitar:memberi makan, menyiram bunga, dll
|
|
KI-3: Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh,
lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan
satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar,
menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah
informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
|
- Makanan, dan minuman sehat:
makanan/minuman yang diperlukan tubuh, kandungan, zat makanan, kehalalan,
- Kebiasaan sehat: mencuci tangan,
menggosok gigi, merawat mata, merawat gigi, merawat telinga
- Lingkungan sehat:membuang sampah,
|
3.6 Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya)
|
- warna primer
dan sekunder: biru, merah, kuning, ungu, hijau, jingga, merah muda
-
bentuk: lingkaran, segi tiga, persegi, persegi pajang, oval, kubus,
kerucut, tabung
-
ukuran: besar-kecil, panjang, pendek, berat-ringan, lama-sebentar,
sekarang-kemarin-besok.
-
Pola: pola satu indicator AB-AB, ABC-ABC. Pola dua indicator AB-AB,
ABC,ABC
-
Sifat: cair-padat-gas
- suara: sumber suara, jenis suara,
cepat-lambat suara, keras-lunak, tinggi-rendah, dll
|
|
dll
|
|
|
PROGRAM
SEMESTER (PROMES)
Perencanaan program semester
berisi daftar tema satu semester termasuk alokasi waktu setiap tema dengan menyesuaikan
hari efektif kalender pendidikan yang bersifat fleksibel. Tema
berfungsi sebagai wadah yang berisi bahan kegiatan untuk mengembangkan potensi
anak dan menyatukan seluruh kompetensi dalam satu kesatuan yang lebih berarti,
memperkaya wawasan dan perbendaharaan kata anak sehingga pembelajaran menjadi
lebih bermakna.
Penentuan tema dapat dikembangkan oleh satuan PAUD
atau mengacu pada contoh tema yang ada dalam Panduan. Langkah-langkah
penyusunan program semester adalah sebagai berikut:
a)
membuat daftar tema satu semester;
b)
memilih, menata dan mengurutkan tema yang
sudah dipilih
c)
menentukan alokasi waktu untuk setiap
tema;
d)
menjabarkan tema kedalam sub tema dan
dapat dikembangkan lebih rinci lagi menjadi sub-sub tema untuk setiap semester;
e)
mencermati kompetensi dasar yang sesuai
dengan sub tema yang akan dikembangkan.
f)
KD yang ditetapkan akan dipakai selama tema yang sama
g)
KD yang sudah dipilih untuk tema dapat
dibagi ke dalam beberapa kelompok yang disesuaikan dengan sub tema.
h)
KD yang diambil untuk sub tema tersebut
akan digunakan terus selama sub tema
dibahas.
i)
KD
yang sudah digunakan pada tema dan sub tema dapat diulang untuk digunakan
kembali pada tema yang berbeda
Dalam menyusun perencanaan program semester, lembaga
diberikan keleluasaan dalam menentukan format.
CONTOH
TEMA DAN CAKUPAN MATERI SEMESTER I DAN II PAUD
NO
|
WAKTU/MINGGU KE
|
TEMA
|
SUB TEMA
|
CAKUPAN MATERI
|
SEMESTER I (Ganjil) = 17 MINGGU
|
||||
1
|
Minggu 1 -4 (4 minngu)
|
Diri Sendiri/ Diriku
|
1.
Identitas minggu ke 1 (1 minggu)
|
Nama lengkap/ panggilan. Umur, alamat rumah
|
|
|
|
2.
Tubuhku minggu ke 2-3 (2
minggu)
|
Anggota tubuh, panca indera, guna/fungsi, ciri – ciri khas, kebersihan
dan kesehatan tubuh
|
|
|
|
3.
Kebutuhanku minggu ke 4 (1 minggu)
|
Makanan, minumana, mainan, dan macam kegiatan (hoby)
|
2
|
Minggu 5 – 9 (5 minngu)
|
Lingkunganku
|
1.
Rumahku minggu ke 5-6 (2 minggu)
|
Fungsi/guna rumah, bagian – bagian rumah, peralatan rumah, keluarga,
anggota keluarga
|
|
|
|
2.
Sekolahku minggu ke 7 -8 (2 minggu)
|
Fungsi sekolah, bagian – bagian sekolah, peralatan sekolah/kelas,
warga sekolah, tata tertib sekolah
|
|
|
|
3.
Masyarakat minggu ke 10 (1 minggu)
|
Lingkungan/ masyarakat disekitar anak / dekat dengan anak
|
3
|
Minggu 10 – 13(3 minggu)
|
Binatang
|
1.
Binatang di air minggu ke 11 ( 1 minggu)
|
Jenis/ macam binatang air. Bagian tubuh, manfaat & bahayanya, makanannya
|
|
|
|
2.
Binatang darat minggu ke 12 (1 minggu)
|
Jenis/ macam binatang darat, bagian tubuh, manfaat & bahaya
binatang darat, makanannya
|
|
|
|
3.
Binatang udara minggu ke 13 (1 minggu)
|
Jenis/ macam binatang udara, bagian – bagian binatang udara, manfaat dan
bahayanya, makanannya
|
|
|
|
4.
Binatang yang hidup di dalam tanah minggu ke 13 (1 minggu)
|
Jenis / macam binatang yang hidup di tanah, cara bergerak, manfaat dan
bahayanya, makanannya
|
4
|
Minggu 14 - 17 ( 4 minggu)
|
Tanaman
|
1.
Tanaman buah minngu ke 13 (1 minggu)
|
Macam/ jenis tanaman buah, bagian tanaman buah, manfaatnya.
|
|
|
|
2.
Tanaman sayur minggu ke 14 (1 minggu)
|
Macam / jenis tanaman sayur, bagian = bagiannya, manfaatnya
|
|
|
|
3.
Tanaman hias minggu ke
|
Macam/ jenis tanaman hias, bagian – bagiannya, manfaatnya, cara merawatnya
|
|
|
|
4.
Tanaman obat
|
Macam/ jenis tanaman obat, bagian – bagiannya, manfaatnya
|
SEMESTER II ( GENAP ) = 17 minggu
|
||||
5
|
Minggu 1 – 4 ( 4 minggu)
|
Rekreasi
|
1.
Tempat Rekreasi minggu ke 1 (1 Minggu)
|
Nama tempat rekreasi yang dikenal anak, tata tertib tempat rekreasi
|
|
|
|
2.
Kendaraaan minggu ke 2 -3 (2 minggu)
|
Jenis kendaraan (laut, darat, udara), bagian kendaraan, nama pengendaranya, tempat pemberhentian
kendaraan.
|
|
|
|
3.
Perlengkapan rekreasi minggu ke 4 (1 minggu)
|
Jenis/ macam perlengkapan rekreasi, fungsi/ gunanya
|
6
|
Minggu 5 – 6 ( 2 minggu)
|
Profesi
|
1.
Macam profesi minggu ke 5 (1 minggu)
|
Jenis / macam profesi yang dikenal anak, cita – citaku,
|
|
|
|
2.
Tempat dan tugas profesi minggu
ke 6 (1 minggu)
|
Tempat dan tugas profesi yang
dikenal anak
|
7
|
Minggu 7 – 8 ( 2 minggu)
|
Alat komunikasi
|
3.
Macam alat komunikasi minggu ke 7 – 8 (2minggu)
|
Macam alat komunikasi, cara menggunakannya,manfaat alat komunikasi
|
8
|
Minggu 9 -12 (4 minggu)
|
Negaraku
|
1.
Tanah airku minggu ke 9 – 10 ( 2minggu )
|
Nama negara, lambang negara, nama presiden dan wakil presiden, dasar
negara, bendera dan lagu kebangsaan
|
|
|
|
2.
Kotaku minggu ke 11 - 12 (2 minggu)
|
Nama kotaku, nama bupati/ walikota, kebanggan kotaku
|
9
|
Minggu 13 – 17 (5 minggu)
|
Alam semesta
|
1.
Benda – benda alam minggu ke 13 (1 minggu)
|
Jenis benda – benda alam ( tanah, air, pasir, batu dls), manfaat benda
alam
|
|
|
|
2.
Benda – benda langit minggu ke
14 (1 minggu)
|
Jenis benda langit ( matahari, bulan, bintang ) manfaat benda langit
|
|
|
|
3.
Gejala alam minggu ke 15 – 17 (3 minggu)
|
Macam/ jenis gejala alam, sebab terjadinya gejala alam/ banjir, tanah
longsor, proses terjadinya hujan, pelangi, gunung meletus.
|
Contoh Program Semester
No
|
Tema
|
Sub.
Tema
|
kompetensi dasar (KD)
|
Waktu
|
SEMESTER I
|
||||
1
|
Diri
Sendiri
|
1.
identitas (tubuhku, ciri – ciri)
2.
kesukaanku/ hobby
3.
kebutuhanku (makanan, minuman,
pakaian)
|
1.1.
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
1.2.Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.1
memiliki perilaku hidup sehat
2.2
memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.8
memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
3.1
/ 4.1 Mengenal Kegitan beribadah sehari – hari
3,3./4,3
Mengenal anggota tubuh , fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan halus
3.4/4.4
Mengetahui cara hidup sehat
3.8/4.8
mengenal Lingkungan alam (hewan. Tanaman, cuaca, tanah, air, dll)
3.12/4.12
Mengenal Keaksaraan awal
3.14/4.14
Mengenal kebutuhan dan keinginan dan minat diri
|
Minggu pertama bulan agustus sampai minggu kedua
bulan september 2015 (5 minggu)
Cat” minggu ketiga bulan agustus peringatan HUT RI
|
2.
|
Lingkunganku
|
1.
rumahku ( alamat rumah, yang
tinggal di rumah : keluargaku)
2.
sekolahku ( alamat sekolahku,
yang ada di sekolahku : kepala TK, guru, teman,dll)
3.
tempat wisata di tempatku : telaga sarangan)
|
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.4 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap estetis
2.8 memiliki perilaku yang
mencerminkan kemandirian
3.2/4.2 Mengenal perilaku baik sebagai
cerminan akhlak mulia
3.7/4.7 Mengenal lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.15/4.15 Mengenal berbagai karya dan
aktivitas seni
|
Minggu ketiga bulan september
sampai minggu ketiga bulan okyober 2015 ( 4 minggu)
|
3
|
Tanaman
|
1.
buah : pisang, mangga
2.
sayur : bayam/ wortel
|
1.1.
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.1 memiliki perilaku hidup sehat
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
3.4/4.4 Mengetahui cara hidup sehat
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari – hari dan bersikap kreatif
3.6/ 4.6 Mengenal benda – benda
disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri – ciri lainnya)
3.8/4.8 mengenal Lingkungan alam
(hewan. Tanaman, cuaca, tanah, air, dll)
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.15/4.15 Mengenal berbagai karya dan
aktivitas seni
|
Minggu keempat bulan oktober sampai minggu kedua bulan nopember 2015 ( 3 minggu)
|
4
|
Binatang
|
1.
ayam
2.
ikan
3.
kambing
|
1.1.
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.1 memiliki perilaku hidup sehat
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
3.4/4.4 Mengetahui cara hidup sehat
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari – hari dan bersikap kreatif
3.6/ 4.6 Mengenal benda – benda disekitarnya (nama,
warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri – ciri
lainnya)
3.8/4.8 mengenal Lingkungan alam
(hewan. Tanaman, cuaca, tanah, air, dll)
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.15/4.15 Mengenal berbagai karya dan
aktivitas seni
|
Minggu
ketiga bulan nopember sampai minggu
kedua bulan desember 2015 ( 4 minggu)
Cat : minggu keempat Peringatan Hari Ibu,
libur hari natal dan tahun baru
|
SEMESTER 2
|
||||
1
|
Pekerjaan
|
1.
petani
2.
guru
3.
polisi
|
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.5 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap percaya diri
2.6 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari ‘ hari untuk melatih
kedisiplinan
2. 12 Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap tanggung jawab
3,3./4,3 Mengenal anggota tubuh ,
fungsi dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan halus
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari – hari dan bersikap kreatif
3.9/4.9 Mengenal tekhnologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan
bermain, peralatan pertukangan dll)
3.10/4.10 Memahami bahasa resptif (menyimak dan
membaca)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.14/4.14 Mengenal kebutuhan dan
keinginan dan minat diri
|
Minggu ketiga januari sampai minggu
kedua februari 2016 ( 4 minggu)
|
2
|
Kendaraan
|
1.
bis
2.
kereta api
3.
pesawat
|
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.6 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari ‘ hari untuk melatih
kedisiplinan
2.7 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap sabar ( mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang
lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.10 memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai
dan toleran kepada orang lain
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari – hari dan bersikap kreatif
3.7/4.7 Mengenal lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) 3.11/4.11 Mengenal bahasa
ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
|
Minggu ketiga februari sampai
minggu ketiga maret 2016 ( 4 minggu)
|
3
|
Alat komunikasi
|
1. televisi
2. hp/
telepon
|
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.7 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap sabar ( mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang
lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.14 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik, dan
teman
3.2/4.2 Mengenal perilaku baik sebagai
cerminan akhlak mulia3.9/4.9 Mengenal tekhnologi sederhana (peralatan
rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan dll)
3.10/4.10 Memahami bahasa resptif (menyimak dan
membaca)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
|
Minggu ketiga maret sampai minggu
pertama april 2016 ( 2 minggu)
Catatan :
Minngu kedua Peringatan Hari Kartini
|
4
|
Tanah Airku
|
1. negaraku
( nama negara, atribut negara)
2. kota
kelahiranku ) nama kota, bupati, nama desa, camat, lurah, yang khas dari kotaku. desaku)
|
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.6 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari ‘ hari untuk melatih
kedisiplinan
2.11 Memiliki perilaku yang dapat
menyesuaikan diri
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari – hari dan bersikap kreatif
3.7/4.7 Mengenal lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
|
Minggu ketiga april sampai
minggu pertama mei 2016
(3minggu)
|
5
|
Alam Semesta
|
1. benda
langit ( matahari, bulan, bintang)
2. hujan
( tanda akan turun hujan, banjir)
3. gunung
meletus
|
1.1.
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanNya
1.2. Menghargai
diri sendiri , orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
2.2 memiliki perilaku sikap ingin tahu
2.9 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta banyuannya
3.5/4.5 Mengetahui cara memecahkan
masalah sehari – hari dan bersikap kreatif
3.8/4.8 mengenal Lingkungan alam
(hewan. Tanaman, cuaca, tanah, air, dll)
3.11/4.11 Mengenal bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
3.12/4.12 Mengenal Keaksaraan awal
3.13/4.13 Mengenal emosi diri dan orang
lain
|
Minggu kedua mei sampai minggu keempat mei 2016 (
3 minggu)
|
JUNI PERSIPAN PELEPASAN ANAK KELOMPOK B
|
a.
Muatan
Lokal :
1.
Baca
tulis Al-Qur’an (BTQ)Tujuan :
Menanamkan dan mengembangkan baca tulis Al-Qur’an
secara sederhana pada peserta didik
2.
Bahasa
Inggris
Tujuan :
Mengembangkan komunikasi
dalam bentuk lisan secara terbatas dan menambah perbendaharaan kata pada
peserta didik
3.
Komputer
Kids.
Tujuan :
Agar peserta didik memiliki
keterampilan dalam mengoperasikan komputer secara sederhana dan terbatas
melalui permainan yang mendidik.
4.
Outdoor
Learning dan Out Bound
Tujuan :
Memberikan pengalaman
pembelajaran yang kongkrit terkait dengan indikator dan tema Penyusunan RPPM memperhatikan hal-hal berikut:
1. Diturunkan
dari program
2. Berisi sub tema – KD –
materi – rencana kegiatan
3. Penyusunan kegiatan
mingguan disesuaikan dengan strategi pengelolaan kelas (area, sentra, kelompok
usia) yang ditetapkan masing-masing satuan PAUD..
Cara
penyusunan RPPM:
1.
Tuliskan
Identitas Program
a.
Smester/
bulan/ minggu
b.
Tema
c.
Kelompok
sasaran
d.
Kompetensi
dasar
2.
Mengembangkan
rencana mingguan
a.
Nomor
urut diisi sesuai urutan
b.
Sub
tema diambil dari bagian tema di program semester
c.
Materi
diturunkan dari pengetahuan yang akan dikenalkan sesuai KD
d.
Rencana
kegiatan diisi dengan jenis kegiatan yang akan dilakukan anak selama satu
minggu.
3.
Pengulangan
Materi
Materi yang ditetapkan pada setiap sub tema akan
digunakan terus selama sub tema tersebut dibahas tetapi disampaikan melalui
kegiatan bermain yang berbeda di setiap sentra/area/kegiatan sudut.
Contoh Rencana Program
Pembelajaran Mingguan (RPPM)
Rencana Program
Pembelajaran Mingguan (RPPM)
Taman Kanak-Kanak Kasih Ibu
Semester/minggu: 1/9
Kelompok : 4-5
tahun
KD: 1.2, 2.1, 2.11,
3.3-4.3, 3.6-4.6, 3.8-4.8, 3.10-4.10, 3.12-4.12, 3.15-4.15
No
|
Sub Tema
|
Materi
|
Rencana Kegiatan
|
1.
|
Pisang
|
•
Pisang karunia
Tuhan
•
Doa harian
•
Pisang makanan
sehat
•
Kegunaan anggota
tubuh untuk melakukan berbagai aktifitas
•
Konsep, warna,
ukuran dan tektur
•
Tanaman
•
kosa kata yang berhubungan dengan tanaman pisang
•
Identifikasi bunyi dan huruf
•
Kerjasama
•
Aneka kreasi tanaman pisang
|
1.
Pembiasaan
•
Bersyukur pisang
adalah karunia tuhan
•
Berdoa sebelum
dan sesudah makan
•
Mencuci tangan
sebelum makan
|
|
|
|
2. Kegiatan Bermain
•
Mengamati buah pisang
•
Membacakan cerita
yang berkaitan dengan buah pisang
•
Membaca poster
•
Mengelompokan
buah pisang berdasarkan warna dan ukuran
•
Mengamati kulit
buah pisang
•
Bermain peran
menanam pohon pisang
•
Bermain balok membuat toko olahan pisang
•
Membuat pisang
dari kertas
•
Menganyam dengan
daun pisang
•
Membuat pohon pisang dan menamai bagian2nya
•
Membuat pisang goreng
|
Contoh
2
RUANG
LINGKUP PEMBELAJARAN
TEMA/SUB
TEMA: DIRIKU/TUBUHKU
SEMESTER/MINGGU:
1/13
KELOMPOK:
B
KD: 1.1 – 1.2 – 2.3
– 2.5 – 2.8 – 2.10 – 3.3-4.3 – 3.4-4.4 – 3.12-4.12
MATERI:
Tubuhku ciptaan Tuhan, Berterima kasih sebagai kebiasaan
sopan, Bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh, Kerapihan berpakaian, Doa
sebelum dan sesudah belajar, Nama anggota tubuh dan merawatnya, Keaksaraan awal
nama anggota tubun.
|
|
||||
|
Rencana
pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) adalah perencanaan program harian yang
akan dilaksanakan oleh pendidik/pengasuh pada setiap hari atau sesuai dengan
program lembaga. Komponen RPPH, antara lain: tema/sub tema/sub-sub tema,
alokasi waktu, hari/tanggal, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan
penutup.
RPPH adalah
perencanaan program harian yang akan dilaksanakan oleh pendidik/pengasuh pada
setiap hari atau sesuai dengan program lembaga. Komponen RPPH, antara lain:
tema/sub tema/sub-sub tema, alokasi waktu, hari/tanggal, kegiatan pembukaan,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Cara Penyusunan RPPH:
1.
Disusun
berdasarkan kegiatan mingguan.
2.
Kegiatan
harian berisi kegiatan pembuka, inti, dan penutup.
3.
Pelaksanaan
pembelajaran dalam satu hari dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip
pembelajaran.
4.
Penyusunan
kegiatan harian disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing dan
menggunakan pendekatan saintifik.
5.
Kegiatan
harian dapat dibuat oleh satuan pendidikan dengan format sesuai kebutuhan
masing-masing.
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Harian (RPPH)
Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH)
Taman Kanak-Kanak Kasih Ibu
Semester /
bulan/Minggu ke : 1/Oktober /10
Hari / Tanggal : Senin - Jumat /1 -
5 Oktober 2014
Kelompok / Usia : A/4 – 5 Tahun
Tema / Sub Tema : Tanaman/pisang
Materi /Muatan Pembelajaran:
•
Pisang karunia Tuhan
•
Doa harian
•
Pisang makanan sehat
•
Kegunaan anggota tubuh untuk melakukan
berbagai aktifitas
•
Konsep, warna, ukuran dan tektur
•
Tanaman
•
kosa kata
yang berhubungan dengan tanaman pisang
•
Identifikasi
bunyi dan huruf
•
Kerjasama
•
Aneka
kreasi tanaman pisang
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Alat dan bahan
-
Buku cerita/poster/gambar/ majalah yang
berkaitan dengan tanaman pisang
-
Pohon pisang
-
Kertas
-
Lem
-
Gunting
-
Daun pisang kering
-
Pelepah pisang
-
Pewarna
-
Playdough
|
Alat dan bahan
-
Buku cerita/poster/gambar/majalah yang
berkaitan dengan tanaman pisang
-
Alat-alat pertanian
-
Miniatur/ model pohon pisang
-
Baju dan asesoris petani
|
Alat dan bahan
-
Buku cerita/poster/gambar/majalah yang
berkaitan dengan tanaman pisang
-
Gambar pisang berbagai warna
-
Gambar pisang berbagai ukuran
-
Piring kertas
-
Lem
-
Tali
|
Alat dan bahan
-
Buku cerita/poster/gambar/majalah yang
berkaitan dengan tanaman pisang
-
Balok-balok untuk membangun
-
Asesoris orang-orangan, tanaman,dst untuk main
peran mikro
|
Alat dan bahan
-
Buku cerita/poster/gambar /majalah yang
berkaitan dengan tanaman pisang
-
Buah pisang
-
Terigu
-
Minyak
-
Alat-alat memasak di dapur
-
Alat-alat makan
|
Pembukaan
-
Mengamati pohon pisang (bagian-bagian pohon,
tekstur buah pisang, jenis-jenis pisang )
-
Berdiskusi bagian-bagian pisang.
-
Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa
terimakasih terhadap Tuhan atas karunia tuhan tentang pisang.
-
Berdiskusi cara menanam dan mengolah pisang
-
Berdoa sebelum belajar
-
Menggunakan kata tolong, terima kasih, dan
maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
-
Mengenalkan kegiatan dan aturan yang
digunakan bermain.
|
||||
Inti
-
Mengamati pohon pisang
-
Membuat pisang dari kertas
-
Menganyam dengan daun pisang kering
-
Membuat bentuk pisang dari playdough
-
Mencap dengan pelepah pisang
|
Inti
-
Bermain peran tentang aktivitas
menanam pohon pisang dan mengolah pisang:
Ø
Seting kebun
Ø
Seting
dapur
Ø
Seting pasar/toko
Ø
Tempat kegiatan PAUD
|
Inti
-
Mengelompokkan pisang berdasarkan warna
-
Mengelompokkan pisang berdasarkan ukuran
-
Menyusun pola warna pisang (ABC)
-
Menyusun pola ukuran pisang (ABC)
|
Inti
Bermain dengan balok
-
Membaca buku bergambar yang memuat
bermacam-macam olahan pisang
-
Membuat bangunan “toko aneka olahan pisang”
dari balok
-
Menggunakan bangunan “toko” untuk diguna-kan
main peran mikro
|
Inti
Bermain membuat pisang goreng
-
Mengamati (melihat, memegang, mencicipi,
mencium)
-
Mengupas
pisang
-
Memotong pisang
-
Menggoreng pisang
|
Recalling
-
Merapikan mainan
-
Diskusi tentang perasaan diri selama
melakukan kegiatan bermain
-
Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
-
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
-
Bila ada perilaku yang kurang tepat harus
didiskusikan bersama.
|
||||
Penutup
-
Berdoa setelah belajar
-
Bernyanyi atau unjuk kerja
-
Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
|
Contoh 2. Model Sentra
Semester
/ bulan/Minggu ke : 1/Juli/2
Hari / Tanggal : Senin /14 Juli 2014
Kelompok / Usia : B/5 – 6 Tahun
Tema / Sub Tema : Diriku/Tubuhku
Materi
: Tubuhku ciptaan Tuhan
Menjawab
pertanyaan dengan sopan
Bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh
Kerapihan berpakaian
Doa sebelum dan sesudah belajar
Nama anggota tubuh dan merawatnya
Keaksaraan awal nama anggota tubuh
Kegiatan Main di : Sentra Persiapan
Alat dan bahan: - Huruf-huruf
dari kertas atau plastic
- Kertas
manila, gunting, lem, kapas, foto diri
- Kertas,
spidol, krayon
- Gambar
anggota tubuh, gunting, kertas untuk menempel, lem
PROSES
KEGIATAN:
A. Pembukaan
1. Bernyanyi
“ AKU”
2. Tepuk
“AKU”
3. Mengamati
diri sendiri (cirri-ciri, atribut yang dikenakan, huruf-huruf nama diri)
4. Berdiskusi
bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan yang harus dijaga
5. Diskusi
yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
6. Berdiskusi
cara berpakaian yang bersih, sopan, dan rapi sebagai bentuk menjaga tubuh
7. Berdoa
sebelum belajar
8.
Menggunakan kata tolong, terima kasih,
dan maaf dalam setiap kesempatan yang tepat
9.
Mengenalkan kegiatan dan aturan
yang digunakan bermain.
B. Inti
1. Menyusun
huruf nama diri
2. Membuat
hiasan dinding dengan foto diri
3. Menggambar
foto diri
4. Menggunting
dan menempel anggota tubuh
Recalling:
1. Merapikan
mainan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila
ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
C. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan selama hari ini
2. Berdiskusi
kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan
kegiatan untuk esok hari
5. Berdoa
setelah belajar.
D. RENCANA
PENILAIAN
1.
Sikap:
a.
Menyadari
tubuhnya sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan
dan keterampilan:
a.
Menunjukkan
bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain
b.
Menjaga
bajunya agar tetap rapi
c.
Dapat berdoa
sebelum dan sesudah belajar
d.
Dapat merawat
anggota tubuhnya
e.
Dapat
menunjukkan huruf awal dari nama anggota tubuh
Kualitas pembelajaran
dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran tertentu
dapat menjadi alat perubah perilaku peserta didik ke arah yang sesuai dengan
tujuan kompetensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, pendidik PAUD
diharapkan mampu merancang, mengembangkan dan melaksanakan kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan
peserta didik. Untuk membantu kemampuan Pendidik PAUD dalam menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran, dipandang perlu menyusun modul Perencanaan
Pelaksanaan Pembelajaran PAUD.