RENCANA
KEGIATAN HARIAN
MODEL
PEMBELAJARAN KELOMPOK
TK/BA/RA :……
Kelompok : Usia 3-4 Tahun
Semester/Minggu : I/1
Tema/Sub Tema : Alam Semesta/Keindahan Alam Semesta
Hari, Tanggal :
Waktu : 07.30 –
10.15
Kompetensi/Sub
Kompetensi:
·
Nilai-nilai Agama dan Moral: Merespons hal-hal yang
terkait dengan nilai agama dan moral
·
Motorik kasar
·
Bahasa:
·
Kognitif
·
Sosial-Emosional: Mampu mengendalikan emosi
Tujuan/Indikator
|
Nilai Karakter
|
Materi Ajar
|
Metode
|
Langkah Kegiatan
|
Media/Alat
/Sumber Belajar
|
Penilaian
|
||
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|||||
Setelah
kegiatan pembelajaran:
anak dapat:
meniru doa
pendek sesuai dengan agamanya yang diucapkan oleh guru
dengan benar(Agama dan Moral 1.2)
|
Religius
|
Praktik berdoa
|
Demontrasi
|
Pembukaan (…menit)
·
Mengucapkan salam
·
Berdoa
·
Mengecek kehadiran siswa
·
Bertanya jawab tentang lingkungkan di sekitar
diteruskan dengan menyanyikan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung”
|
Lafal doa dan gambar
anak sedang berdoa
|
Pengamatan
|
Lembar pengamatan
|
Ucapkan doa
sebelum belajar!
|
Anak dapat melempar dan menang-kap
bola dengan tepat (Motorik
kasar 2.3)
|
Kemandi-rian
|
Praktik melempar dan
menangkap bola
|
Demonstrasi
|
KEGIATAN INTI (…Menit)
Guru mendemonstra-sikan
cara melempar dan menangkap bola
Guru dan anak memraktikkan
melempar dan menangkap
|
Bola
|
Pengamatan
|
Lembarpengamatan
|
Lemparlah bola ke
depan!
Tangkaplah bola yang
dilempar oleh guru!
|
Anak dapat menunjukkan perilaku menghar-gai hak
orang
lain (harus antri, menunggu
giliran).
|
Disiplin
Kebersihan
|
Praktik antri, menunggu giliran untuk Cuci tangan
|
Praktik Langsung
|
Istrahat: antri,
menunggu giliran untuk Cuci tangan
|
Air, Ember, serbet,
sabun tangan
|
Pengamatan
|
Lembar pengamatan
|
Antri dan tunggu giliran untuk mencuci tangan!
|
Menceritakan isi cerita /dongeng
sederhana yang disampaikan
guru dengan runtut. (Bahasa 4.2)
|
·
Kemandirian
|
Bercerita/Mendongeng
|
Penugasan
|
·
Guru bertanya jawab tentang cerita yang pernah didengar
·
Guru membacakan cerita/dongeng.
·
Guru melakukan Tanya jawab tentang siapa
pelaku dalam cerita, siapa yang bersifat jelek, apa akibatnya, tempat
peristiwa dimana.
·
Beberapa anak diminta menceritakan kembali
dongeng yang telah didengarnya
|
Gambar /poster tentang Kancil
dan Pak Tani
|
Pengamatan
|
Lembar pengamatan
|
Ceritakan kembali
cerita yang kalian dengar!
|
Anak dapat menyebut bagian-bagian
suatu gambar seperti gambar
wajah orang, mobil, binatang,
dsb.dsb (kognitif)
|
Kemandi-rian
|
Bagian-bagian wajah,modil,
binatang
|
Tanya Jawab
Bernyanyi
Praktik langsung
|
·
Anak diajak bertanya jawab untuk mengenali
bagian-bagian gambar wajah orang dengan bernyanyi
dan mengenali
bagian
–bagian
mobil,
serta
binatang
·
Anak diminta menunjukkan bagian wajah dan
mobil yang hilang dan menempelkan kembali bagian yang hilang
|
Gambar Wajah orang dan
gambar mobil, gambar bitang,
Puzle
|
Pengamatan
|
Lembar pengamatan
|
Sebutkan nama
bagian-bagian yang ditunjuk oleh guru pada gambar wajah orang, gambar mobil,
dan gambar binatang!
|
|
|
|
|
PENUTUP (
Guru mengajak anak-anak
untuk menyimpulkan kegiatan yang dilakukan
Refleksi
Guru melakukan
penilaian
Guru memberikan tugas
(yang terkait dengan karakter dan kompetensi) untuk dikerjakan di rumah
|
|
|
|
|
Keterangan:
Penilaian karakter dilakukan dengan teknik observasi dan
bentuk instrument lembar observasi dengan
rubrik di bawah ini
Nilai Karakter
|
Indikator
|
Religius
|
Mengucap doa dengan sungguh sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
Disiplin
|
Antri tidak berebut
|
Kemandirian
|
Keberanian, tidak bergantung pada orang lain
|
Kebersihan
|
Mencuci tangan dengan bers
|
Tanggung Jawab
|
Menyelesaikan tugas/kegiatan sesuai dengan yang ditentukan
|
Identitas
I.Tujuan
Setelah kegiatan pembelajaran anak dapat
…..
Nilai Karakter: Religius, kedisiplinan,
kemandirian, kebersiha/kesehatan
II. Materi Ajar
III. Metode
IV. Langkah Kegiatan
Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Pendahuluan
……
|
|
Kegiatan Inti
………….
|
|
Penutup
…..
|
|
V. Media/Alat dan Sumber Belajar
VI. Penilaian