Selasa, 10 Juli 2012

Contoh RKH hasil worksgop PKPB di hotel Filadelphia batu Malang



RENCANA KEGIATAN HARIAN
MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK


TK/BA/RA                 :……
Kelompok                   : Usia 3-4 Tahun
Semester/Minggu       : I/1
Tema/Sub Tema        : Alam Semesta/Keindahan Alam Semesta
Hari, Tanggal            :
Waktu                                    : 07.30 – 10.15

Kompetensi/Sub Kompetensi:
·         Nilai-nilai Agama dan Moral: Merespons hal-hal yang terkait dengan nilai agama dan moral
·         Motorik kasar
·         Bahasa:
·         Kognitif
·         Sosial-Emosional: Mampu mengendalikan emosi



Tujuan/Indikator
Nilai Karakter
Materi Ajar
Metode
Langkah Kegiatan
Media/Alat
/Sumber Belajar
Penilaian

Teknik
Bentuk
Instrumen
Setelah kegiatan pembelajaran:
anak dapat:
meniru doa pendek sesuai dengan agamanya yang diucapkan oleh guru dengan benar(Agama dan Moral 1.2)
Religius
Praktik berdoa

Demontrasi
Pembukaan (…menit)
·         Mengucapkan salam
·         Berdoa
·         Mengecek kehadiran siswa
·         Bertanya jawab tentang lingkungkan di sekitar diteruskan dengan menyanyikan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung”

Lafal doa dan gambar anak sedang berdoa

Pengamatan

Lembar pengamatan

Ucapkan doa sebelum  belajar!
Anak dapat melempar dan menang-kap
bola dengan tepat (Motorik kasar 2.3)
Kemandi-rian
Praktik melempar dan menangkap bola
Demonstrasi
KEGIATAN INTI (…Menit)
Guru mendemonstra-sikan cara melempar dan menangkap bola

Guru dan anak memraktikkan  melempar dan menangkap


Bola
Pengamatan
Lembarpengamatan
Lemparlah bola ke depan!
Tangkaplah bola yang dilempar oleh guru!
Anak dapat menunjukkan perilaku menghar-gai hak orang
lain (harus antri, menunggu
giliran).

Disiplin
Kebersihan
 Praktik antri, menunggu giliran untuk  Cuci tangan
Praktik Langsung
Istrahat: antri, menunggu giliran untuk Cuci tangan
Air, Ember, serbet, sabun tangan
Pengamatan
Lembar pengamatan
Antri dan tunggu giliran untuk mencuci tangan!
Menceritakan isi cerita /dongeng
sederhana yang disampaikan guru dengan runtut. (Bahasa 4.2)
·  Kemandirian

Bercerita/Mendongeng
Penugasan
·      Guru  bertanya jawab tentang cerita yang pernah didengar
·     Guru membacakan cerita/dongeng.
·     Guru melakukan Tanya jawab tentang siapa pelaku dalam cerita, siapa yang bersifat jelek, apa akibatnya, tempat peristiwa dimana.
·     Beberapa anak diminta menceritakan kembali dongeng yang telah didengarnya

Gambar /poster tentang Kancil dan Pak Tani
Pengamatan
Lembar pengamatan
Ceritakan kembali cerita yang kalian dengar!
Anak dapat menyebut bagian-bagian
suatu gambar seperti gambar
wajah orang, mobil, binatang,
dsb.dsb (kognitif)
Kemandi-rian
Bagian-bagian wajah,modil, binatang
Tanya Jawab

Bernyanyi

Praktik langsung
·         Anak diajak bertanya jawab untuk mengenali bagian-bagian gambar wajah orang dengan bernyanyi
        dan mengenali
        bagian –bagian
        mobil, serta
        binatang

·         Anak diminta menunjukkan bagian wajah dan mobil yang hilang dan menempelkan kembali bagian yang hilang
Gambar Wajah orang dan gambar mobil, gambar bitang,
Puzle
Pengamatan









Lembar pengamatan
Sebutkan nama bagian-bagian yang ditunjuk oleh guru pada gambar wajah orang, gambar mobil, dan gambar binatang!




PENUTUP (
Guru mengajak anak-anak untuk menyimpulkan kegiatan yang dilakukan
Refleksi
Guru melakukan penilaian
Guru memberikan tugas (yang terkait dengan karakter dan kompetensi) untuk dikerjakan di rumah






Keterangan:
Penilaian karakter dilakukan dengan teknik observasi dan bentuk instrument lembar observasi dengan
 rubrik di bawah ini
Nilai Karakter
Indikator
Religius
Mengucap doa dengan sungguh sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
Disiplin
Antri tidak berebut
Kemandirian
Keberanian, tidak bergantung pada orang lain
Kebersihan
Mencuci tangan dengan bers
Tanggung Jawab
Menyelesaikan tugas/kegiatan sesuai dengan yang ditentukan




Identitas

I.Tujuan
Setelah kegiatan pembelajaran anak dapat …..

Nilai Karakter: Religius, kedisiplinan, kemandirian, kebersiha/kesehatan

II. Materi Ajar
III. Metode
IV. Langkah Kegiatan

Kegiatan
Nilai Karakter
Pendahuluan
……

Kegiatan Inti
………….

Penutup
…..


V. Media/Alat dan Sumber Belajar
VI. Penilaian