TK NEGERI PEMBINA KAWEDANAN MAGETAN SELALU MENEMANI ANDA

Kamis, 28 Juni 2012

contoh PTK BK


BAB I

PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah

Kreativitas merupakan istilah yang banyak digunakan baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Pada hakekatnya kreatif berhubungan dengan penemuan sesuatu mengenai hal yang menghasilkan sesuatu yang baru dengan menggunakan sesuatu yang telah ada. Sesuatu yang baru itu mungkin berupa perbuatan atau tingkah laku hasil-hasil kesusastraan dan lain-lain.
Peran guru dalam pembelajaran adalah mengembangkan kreativitas anak salah satunya mengembangkan kreativitas mewarna, karena dengan seni mewarna anak dapat menyampaikan ekspresinya sehingga otak kiri maupun otak kanan dapat berkembang secara optimal dan seimbang.
Dalam kenyataan kreativitas anak dalam seni mewarna masih memerlukan banyak bimbingan dan stimulasi dalam pembelajaran. Masih banyak siswa taman kanak-kanak yang hanya mengenal 2 atau 3 dari sekian jumlah warna, sehingga hasilnya belum sesuai dengan yang diharapkan.
Salah satu upaya untuk merangsang kreativitas anak agar mampu mengembangkan kreativitasnya dalam seni mewarna adalah melalui terapi menggambar, karena dengan menggambar dan mewarna anak lebih mudah mengembangkan imajinasinya. Dengan menggambar dan mewarnai anak lebih mudah mengembangkan imajinasinya. Anak lebih kreatif, mampu berinisiatif, mengekspresikan diri, menemukan kegembiraan dan untuk

menumbuhkan perasaan menghargai diri sendiri berkembang. Karena anak yang enggan atau malas luka atau kejam dapat menemukan kegembiraan dan kebebasan melalui menggambar. Bahkan dapat digunakan untuk perkembangan dan membebaskan mereka dari rasa malu serta menghalangi anak yang suka mengasingkan diri.
Pemilihan terapi menggambar sebagai upaya mengembangkan kreativitas anak dalam seni mewarna disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak yang dimulai dari bermain sambil belajar. Untuk mengembangkan kreativitas dalam seni mewarna siswa dituntut harus kreatif, selain itu faktor guru sangat dominan dalam membimbing siswa. Agar kemampuan tersebut dapat dicapai guru menggunakan teknik atau metode pembelajaran.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis akan mencoba mengadakan penelitian tentang kreativitas anak dalam seni mewarna melalui terapi menggambar. Adapun judul yang diambil dalam penelitian ini adalah “Pengembangan Kreativitas Seni Mewarnai Melalui Terapi Menggambar Anak Kelompok A TK Negeri Pembina Kawedanan.”

D.   Rumusan Masalah

Rumusan masalah dari penelitian tindakan kelas adalah apakah kreativitas seni mewarnai dapat dikembangkan melalui terapi menggambar di TK Negeri Pembina Kawedanan.

E.   Tujuan Penelitian

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk : mengetahui perkembangan kreativitas seni mewarna melalui terapi menggambar di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kawedanan.

D.   Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan memberi manfaat bagi :
1.    Siswa
a.    Dapat mengembangkan kreativitasnya terutama dalam mengembangkan seni mewarna.
b.    Dapat melatih kelenturan motorik halus melalui permainan alat tangan dan dapat mengenal berbagai macam warna.
c.    Dapat menumbuhkan kreatif dan imajinasi yang dimiliki.
d.    Dapat merangsang anak terlibat langsung dalam proses belajar.
2.    Guru
a.    Memotivasi guru mengembangkan kreativitas dalam seni mewarna selama proses belajar mengajar berlangsung.
b.    Guru mengetahui siswa yang mengalami kesulitan dan dapat mengadakan pendekatan kepada siswa.
c.    Proses belajar mengajar lebih menyenangkan.
3.    Peneliti Lain
       Memberi masukan sebagai bahan pertimbangan dalam upaya mengembangkan kreativitas seni mewarna melalui terapi menggambar pada anak dan peningkatan prestasi belajar kognitif, motorik dan seni siswa usia Taman Kanak-Kanak.
4.    Pengembangan Ilmu Pengetahuan
       Dapat mengembangkan kreativitas menggambar dan mewarnai melalui media komputer atau laptop.